Review Toyota Great Corolla 1992: Pecinta Mobil Klasik? Mari Bernostalgia Dengan 'GreCo'

17/04/2019
editor rate: 3,7 user rate: 4,0
Toyota selalu dikenal dalam menciptakan mobil-mobil terbaik hingga saat ini. Salah satu contohnya adalah Toyota Great Corolla 1992 atau seringkali disingkat GreCo. Pecinta mobil klasik sudah pasti menyukai GreCo, mengingat desain bodinya terlihat masa relevan dengan mobil-mobil masa kini. Adapun tenaga yang ditawarkan oleh mesinnya sejalan lurus dengan performa Handling-nya. Lewat artikel ini, mari kita bernostalgia bersama dalam review Toyota Great Corolla 1992.

PENGANTAR Toyota Corolla 1992

Review Toyota Great Corolla 1992 - Salah satu sedan ternama milik Toyota adalah Great Corolla. Model sedan satu ini memiliki karismatik tersendiri yang nyatanya masih tetap digandrungi oleh masyarakat Tanah Air. Hal ini juga terbukti dari banyaknya komunitas Toyota Greco yang tersebar di beberapa kota.

Pertama kali hadir, Great Corolla masuk di Indonesia pada medio 1992 dengan menawarkan tiga tipe meliputi 1.6 SE.G, 1.6 SE dan 1.3 SE. Kehadirannya digadang-gadang untuk menggantikan sesepuhnya yakni Toyota Twin Cam. Sebagai saksi bisu kesuksesan klan Corolla di Indonesia ini, GreCo sempat diberikan Facelift pada tahun 1994 dengan menawarkan dua tipe saja meliputi 1.6 SE dan 1.6 SE.G. Sayangnya, fitur Auto Retract dipangkas untuk model Facelift-nya.

Jika dibandingkan dengan sesepuhnya yakni Twin Cam, perbedaan signifikan bisa diamati pada bodi Toyota Greco 1992 yang dirancang lebih halus dan di sisi lain menawarkan kapasitas mesin lebih besar di angka 1.600 cc (Varian SE.G). Namun jika Anda ingin performa mesin cukupan, tersedia juga pilihan varian mesin 1.300 cc berkode 2E (Varian SE) yang dibuat mirip dengan Toyota Twin Cam.

Review Toyota Great Corolla 1992: Pengantar Toyota Great Corolla 1992 yang terlihat cukup elegan

Beginilah tampilan Toyota Great Corolla ketika masih dalam kondisi baru di zamannya

Namun kala itu, masyarakat Tanah Air cenderung memilih Toyota Great Corolla SE.G dikarenakan mesin 1.600 cc yang diusungnya, sudah dilengkapi teknologi injeksi, sedangkan pada varian SE masih belum. Barulah pada tahun 1994 hingga 1996, semua Great Corolla menggunakan mesin 1.600 cc. Bagaimana? Apakah Anda merasa tertarik untuk memiliki mobil klasik satu ini? Coba simak dulu penjelasan lengkapnya dalam review Toyota Great Corolla 1992.

EKSTERIOR Toyota Corolla 1992

Salah satu paling spesial terletak pada desain eksterior Toyota Great Corolla 1992. Bisa Anda amati bahwa bodi luarnya memiliki tampilan yang tak lekang oleh waktu, Timeless Design. Meski mobil ini terhitung 20 tahun lebih, tapi desainnya masih relevan dengan mobil-mobil baru saat ini. Inilah salah satu alasan mengapa Toyota Great Corolla masih memiliki harga yang stabil.

Review Toyota Great Corolla 1992: Eksterior Depan

Sisi depannya terlihat apik dengan Bonnet memanjang dipadu dua lampu minimalis. Meski sekilas terlihat sedikit sipit, namun kualitas pencahayaannya sudah tergolong mumpuni. Hal tersebut juga ditunjang oleh dua lampu kabut yang disematkan di kedua ujung bempernya. Perlu menjadi catatan bahwa lampu kabut ini sifatnya masih opsional, mungkin akan sedikit susah bagi Anda untuk mencari Great Corolla berlampu kabut.

Review Toyota Great Corolla 1992: Eksterior Depan Toyota Great Corolla 1992 dikemas dengan Grille minimalis

Tampilan depannya dikemas cukup minimalis dan dirancang dengan sentuhan lebih halus dari Toyota Twin Cam

Review Toyota Great Corolla 1992: Eksterior Samping

Dimensi bodinya yang memiliki panjang 4.270 mm, terlihat sangat proporsional. Di sisi lain, desainnya terlihat elegan namun juga berkelas, berkat lekukan lebih halus daripada Toyota Twin Cam.

Pelek-nya sendiri sudah dihias menarik lewat material besi yang ditutup Dop. Sekilas melihat, tampilannya terlihat elegan sebagai mobil sedan keluaran tahun 1990-an.

Review Toyota Great Corolla 1992: Eksterior Belakang

Entah mengapa, kami sangat menyukai bodi belakangnya. Dikemas cukup seksi, tegas namun juga terlihat elegan. Adapun sisi lampu belakangnya juga hadir dengan format Combination, menggabungkan lampu Stop dan lampu sein dalam satu garis lurus membentang dari ujung ke ujung. Semua tercampur menjadi suatu tatanan yang elok dipandang, sekelas sedan mewah milik orang papan atas.

Review Toyota Great Corolla 1992: Eksterior Belakang Toyota Great Corolla 1992 dikemas dengan lampu unik

Sisi belakang juga memiliki esensi klasik tersendiri lewat desain lampunya yang memanjang

>>> Simak juga:

INTERIOR Toyota Corolla 1992

Jika berbicara bahan yang digunakan untuk mengemas interior Toyota Great Corolla 1992, jawabannya adalah berkualitas serta berkelas. Namun di sisi lain, ada kekurangan tersendiri yakni dari dimensi kabin yang cenderung agak sempit untuk menampung 5 orang.

Review Toyota Great Corolla 1992: Dashboard

Meski hanya dilengkapi dengan fitur standar, namun jangan salah, mobil yang memiliki panel audio untuk memutar kaset/tape sudah tergolong sangat modern di zamannya. Toyota Great Corolla nyatanya memiliki hal tersebut.

Review Toyota Great Corolla 1992: Dashboard Toyota Great Corolla 1992 dikemas cukup ergonomis

Lini dashboard dibekali panel audio klasik yang hanya mampu memutar kaset/tape

Dashboard-nya sendiri dikemas dengan bahan berkualitas serta dirancang ergonomis. Ya, semua fitur-fitur seperti audio dan penyejuk AC sudah sangat mudah dijangkau oleh pengendara.

Review Toyota Great Corolla 1992: Setir

Merambah kemudi setirnya, tampilannya sederhana dan tidak bisa dibandingkan dengan model setir masa kini. Maklum, mobil ini sudah dirilis lebih dari 20 tahun yang lalu. Namun menariknya, Anda sudah dibekali fitur Tilt Steering untuk mengatur posisi mengemudi yang pas untuk Anda.

Review Toyota Great Corolla 1992: Setir Toyota Great Corolla 1992 dikemas dengan model 4 palang

Kemudi setir juga sudah dilengkapi fitur Power Steering

Review Toyota Great Corolla 1992: Kursi

Lini kursi sendiri mampu menampung hingga 5 orang sekaligus, cocok untuk kegiatan keluarga hingga acara Hangout bersama sahabat Anda. Namun perlu menjadi catatan bahwa ruang kaki pada bangku deret belakang terasa sangat sempit. Penumpang dipastikan tidak dapat selonjoran santai, tak memiliki banyak ruang untuk bergerak.

Review Toyota Great Corolla 1992: Kursi Toyota Great Corolla 1992 mampu menampung lima orang sekaligus

Bisa Anda amati bahwa ruang kaki pada kursi belakang terasa kurang lega

>>> Informasi menarik lainnya:

FITUR Toyota Corolla 1992

Untuk sekelas mobil sedan lawas, fitur Toyota Great Corolla 1992 terbilang sangat lengkap. Semua aspek keselamatan sudah terpenuhi dalam jangkauan standar.

Review Toyota Great Corolla 1992: Fitur Keselamatan

Aspek menarik terletak pada kemudi setirnya yang sudah didukung Power dan Tilt Steering. Hal ini sudah sangat ciamik, memutar setir sudah cukup enteng dan tidak membutuhkan banyak tenaga. Sebagai mobil sedan bertaraf mumpuni, fitur satu ini sudah sangat membantu Anda dalam melakukan manuver.

Di sisi lain, rangka bodinya juga sudah didukung Side Impact Beam yang berfungsi untuk meminimalisir benturan dari arah samping sehingga penumpang dapat lebih aman ketika terjadi kecelakaan.

Fitur keselamatan standar lainnya juga dihadirkan seperti Power Window, Central Door Lock Serta Seatbelt ELR. Sayang, fitur Airbags di kursi pengendara sifatnya masih opsional. Jika fitur satu ini terbilang penting bagi Anda, ada baiknya mencari mobil Toyota Great Corolla bekas yang sudah dibekali Airbags.

Review Toyota Great Corolla 1992: Fitur Hiburan

Seperti yang disampaikan pada aspek dashboard, tersaji sebuah panel audio yang hanya dapat memutar kaset/tape serta radio AM/FM. Mungkin bagi Anda hal ini sebuah kekurangan namun berbeda bagi kami yang menganggapnya menarik. Setidaknya, kaset-kaset musik klasik yang dimiliki keluarga Anda bisa dioperasikan lewat panel audio tersebut. Cukup menyenangkan rasanya untuk bernostalgia pada musik-musik lawas.

>>> Amati juga mobil-mobil terbaru besutan Toyota yang dirilis belum lama ini

OPERASI Toyota Corolla 1992

Jujur saja, kami lebih menyukai performa mesin 1.600 cc daripada varian 1.300 cc. Meski berkapasitas lebih besar namun tingkat keiritannya cukup ramah di kantong. Sebagai informasi tambahan saja, tingkat konsumsi bahan bakarnya mencapai 11-13 Km/Liter (luar kota).

Model operasi mesin Toyota Great Corolla 1992 berkapasitas 1.600 cc menggunakan kode 4A-FE yang mampu menyuguhkan daya maksimum 115 HP setara 6.000 Rpm. Pada putaran bawah, Anda sudah bisa merasakan daya yang cukup menggigit. Nantinya, tenaga tersebut disalurkan ke roda menggunakan transmisi 5 percepatan manual.

Review Toyota Great Corolla 1992: Operasi Mesin Toyota Great Corolla 1992 menawarkan dua tenaga yakni 1.3 Liter dan 1.6 Liter

Pada varian 1.6 Liter, mesinnya didukung sistem injeksi berbeda dengan varian 1.3 Liter yang masih menerapkan karburator

Kemampuan mesinnya sendiri sudah siap diadu dengan mobil saat ini seperti halnya Toyota Yaris. Apalagi jika berada di Rpm rendah, Anda akan seketika merasakannya. Namun perlu menjadi catatan bahwa performa mesin masih sangat prima dan dirawat berkala oleh pemiliknya.

>>> Jangan lupa untuk membandingkan dengan mobil sedan menarik lainnya

spesifikasi Toyota Corolla 1992

Untuk lebih memahami spesifikasi Toyota Great Corolla 1992, Anda bisa melihat tabel di bawah ini.

SPESIFIKASI TOYOTA GREAT COROLLA 1992

Model

1.3 Liter

1.6 Liter

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.270 mm x 1.685 mm x 1.380 mm

Jarak Poros Roda

2.465 mm

Ground Clearance

150 mm

Radius Putar Minimum

4,8 m

MESIN

Tipe Mesin

1.3 Liter 2E 4 Silinder Segaris 12 Katup SOHC

1.6 Liter 4A-FE 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC

Kapasitas Silinder

1.298 cc

1.587 cc

Daya Maksimum

82 HP / 6.000 Rpm

115 HP / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

104 Nm / 5.200 Rpm

147 Nm / 4.700 Rpm

Sistem Transmisi

5 Tingkat Percepatan Manual / 4 Percepatan Otomatis

HANDLING

Sistem Suspensi

Coil Spring

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin Tanpa Timbal

Sistem Bahan Bakar

Karburator

Injection

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

50 Liter

kelebihan & kekurangan Toyota Corolla 1992

Supaya Anda semakin mudah mempertimbangkan, Cintamobil.com juga sudah menyiapkan pertimbangan mengenai kelebihan dan kekurangan Toyota Great Corolla 1992.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Salah satu model sedan yang memiliki desain eksterior Timeless Design

Untuk sekelas mobil yang sudah berumur lebih dari 20 tahun, Anda harus benar-benar mengecek kualitas seluruh komponennya

Sparepart mudah dicari dan biaya perawatan cukup terjangkau

Kendala yang sering dialami untuk mobil lawas ini terletak pada Power Steering serta kaki-kaki mobil

Handling-nya terkenal nyaman jika dibandingkan dengan mobil-mobil keluaran saat ini

Pada putaran Rpm tinggi, mesin terasa kurang bertenaga

Performa mesin mumpuni dan bisa diadu dengan Toyota Yaris

-

daftar harga Toyota Corolla 1992

Untuk saat ini, Anda hanya bisa mendapatkannya dalam kondisi bekas. Sejatinya, membeli mobil sedan satu ini tak ada ruginya karena harga jualnya relatif stabil. Berikut daftar harga Toyota Great Corolla 1992.

TIPE MOBIL

HARGA TOYOTA GREAT COROLLA BEKAS

Toyota Great Corolla

IDR. 40 jutaan – 60 jutaan

>>> Tertarik untuk memiliki mobil klasik satu ini? Simak harga Toyota Great Corolla tahun 2012 di sini

Video Toyota Corolla 1992

KESIMPULAN Toyota Corolla 1992

Salah satu produk menarik miliki Toyota adalah Great Corolla. Desain bodinya dirancang untuk tampil modern dan masih relevan jika dibandingkan dengan mobil-mobil keluaran saat ini. Adapun unsur klasik yang dibawa pada mobil lewat panel audio kaset/tape, sukses membawa perasaan nostalgia. Pasalnya, mobil ini banyak diidam-idamkan dahulu oleh masyarakat Tanah Air. Apabila Anda tertarik dengannya, ada baiknya Anda mengecek seluruh fungsi komponen secara detail, mengingat Toyota Great Corolla sudah berumur lebih dari 20 tahun di Indonesia.

>>> Ketahui kelebihan dan kekurangan dari mobil impian Anda, dengan mengamati review mobil terbaru di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil