Review Toyota Avanza S 2006

15/12/2018

Share this post:

Toyota Avanza 2006

Editor rate:

Lihat promo

Toyota Avanza tipe S hadir pada tahun 2006 sebagai jawaban atas hadirnya Suzuki APV dan Mitsubishi Maven. Apakah mobil ini mampu memikat hati konsumen Indonesia yang cinta akan mobil keluarga?

Review Toyota Avanza S 2006
Review Toyota Avanza S 2006
0 Gambar

Pengantar Toyota Avanza 2006

Mari kita simak spesifikasi Toyota Avanza 2006 di bawah ini.

Kelebihan

Jaringan Servis Sangat Baik

Kaki-kaki tangguh

Radius putar kecil

Kekurangan

Rasio gigi kurang halus sehingga mesin agak meraung di tol

Kabin seharusnya bisa lebih mewah

Bahan plastik yang digunakan murah

 

Review Toyota Avanza S 2006 - Pada bulan Oktober tahun 2006 Toyota memperkenalkan keluarga baru di jajaran Toyota Avanza, yakni Avanza varian S bermesin 1500 cc dengan pilihan transmisi manual dan otomatis yang menjadi flagship di Avanza. Mesin yang digunakan oleh varian baru ini adalah unit 3SZ-VE berkapasitas 1500 cc VVT-i yang mampu menelurkan tenaga 109 dk di putaran 6000 rpm dan torsi 141 nm pada kitiran 4400 rpm. Model ini diluncurkan sekaligus untuk menggantikan posisi tipe 1.3 S AT. Ada beberapa perbedaan khusus di Avanza termewah ini. Antara lain grill, pelek alloy 15 inchi, radio/tape bertipe dual din, dan bumper depan yang menyatu membentuk aerokit sehingga lebih keren.

Tampak sebuah mobil merek Toyota Avanza S 2006

Toyota Avanza disiapkan untuk menghadang Suzuki APV yang dulu bertarung dikelas yang sama, yakni people carrier

Sayangnya enggak semua kabar berhembus dalam posisi yang baik saat itu, karena akibat kondisi ekonomi yang melemah pada tahun ini. Penjualan Toyota Avanza agak sedikit mengalami penurunan bila dibandingkan tahun sebelumnya (2005). Tepatnya turun 2.663 unit, yaitu menjadi 52.260 unit dari tahun sebelumnya yang berada di angka 54.893 unit. Namun, tetap saja Toyota Avanza menjadi mobil yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia, siapa yang enggak mau ditawarkan sebuah MPV murah, dengan kapasitas 7 penumpang, berdimensi kompak, dan menggendong mesin yang bertenaga lagi hemat bahan bakar. So, bagaimana pendapat kami mengenai mobil ini? Berikut ini review kami mengenai Toyota Avanza S 2006.

Eksterior Toyota Avanza 2006

Seperti biasa, kami akan ajak Anda mengelelingi mobil 360 derajat. Mungkin Anda akan bosan dengan cara kami ini, namun cara seperti ini dirasa sangat perlu, agar Anda lebih mudah menilai serta mengenali mobil yang sedang kami bahas ini. Berikut ini review kami mengenai Toyota Avanza S 2006.

Review Toyota Avanza S 2006 : Tampilan Depan

Tampilan depan mobil Toyota Avanza S 2006 berwarna silver

Tampilan depan Toyota Avanza tipe S ini lebih sporti dari dua tipe dibawahnya yakni tipe G dan tipe E

Pertama kita lihat dari bagian depan Toyota Avanza S 2006 ini, bagian depan mobil ini langsung dibedakan dari penggunaan bumper serta grill yang lebih sporti dari dua tipe Avanza dibawahnya. Bagusnya, desain bumper Toyota Avanza S 2006 ini dibuat menyatu dengan aerokitnya, sehingga bentuknya menjadi one piece alias satu kesatuan. Serta, grill depannya yang didominasi dengan kisi horizontal berlapis krom dua buah yang tampil elegan sekaligus sporti. Oh ya, rumah foglamp Toyota Avanza S 2006 ini juga tampil beda, dengan bentuk lingkaran yang diameternya lebih besar. Baik lampu utama maupun lampu kabut masih menggunakan bohlam halogen.

Review Toyota Avanza S 2006 : Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping mobilToyota Avanza S 2006

Sama seperti tampilan depannya, kesan sporti dan lebih berisi seakan ingin ditonjolkan Toyota Avanza varian tertinggi ini

Beralih ke bagian samping, eksterior Toyota Avanza ini seakan ingin sekali menonjolkan kesan yang lebih sporti dan berisi dibandingkan dengan dua varian dibawahnya. Toyota Avanza varian tertinggi ini menggunakan tambahan side skirt yang lebih sporti, dan juga pakai pelek 15 inchi, dan ban Bridgestone B250 yang cengkraman ke permukaan jalannya baik. Oh ya, Toyota Avanza S 2006 ini juga mendapat tambahan pemanis di bagian eksterior sampingnya, seperti penggunaan handel pintu berlapis krom, juga cover spion yang dilengkapi dengan lampu sein LED.

Review Toyota Avanza S 2006 : Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan Tampilan belakang mobil Toyota Avanza S 2006

Tampilan belakang Toyota Avanza S 2006 ini lebih gemuk, dan juga sporti bila dibandingkan dua varian lainnya

Ke bagian buritan Anda akan mendapati bagian belakang Toyota Avanza S 2006 ini lebih gemuk dan juga sporti apabila dibandingkan dua varian lainnya yang posisinya memang dibawah Avanza S 2006. Sayangnya, jika aerokit pada bagian depan terlihat lebih menyatu dan juga rapi karena terkesan tidak ada sambungan. Kerapihan ini tidak akan Anda temui saat melihat bumper bagian belakangnya, yang terkesan aftermarket banget dengan body kit seakan menempel pada bagian luar dari bumper belakang. Untunglah, kesan sporti tetap didapat berkat penggunaan spoiler belakang yang desainnya pas dengan mobilnya.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Toyota Avanza 2006

Bagian eksteriornya sudah kita bahas, kini saatnya kita membahas bagian interiornya. Apakah banyak ubahan dari dua varian dibawahnya? Mari kita simak review Toyota Avanza S 2006 bagian interiornya.

Review Toyota Avanza S 2006 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan Layout Dasbor Sebuah Toyota Avanza S 2006

Sebenarnya layout dasbornya masih sama dengan dua varian dibawahnya, hanya saja ada sedikit beda fitur

Kalau Anda perhatikan, sebenarnya layout atau tampilan dasbornya masih sama saja dengan dua varian dibawahnya, yaitu G dan E. Namun, ada sedkit perbedaan fitur. Seperti kini, dilengkapi dengan head unit bermodel dual din dengan kelengkapan mampu membaca musik yang tersimpan di kepingan MP3, kaset dan CD. Dan juga memiki kemampuan untuk memutar format musik MP3. Selain itu, kini terdapat twetter yang dipasang pada pilar A bagian kanan dan kiri, sehingga mampu memperbaiki kualitas reproduksi suara dari audio Toyota Avanza S 2006 ini. Yang jelas, suara vokal dari penyanyi favorit Anda kini lebih terdengar jelas.  

Review Toyota Avanza S 2006 : Kursi

Gambar Kursi depan pada mobil Toyota Avanza S 2006

Kursi depannya berbusa tebal, namun sayangnya tidak nyaman diduduki saat perjalanan jauh

Kalau dilihat, memang benar, kursi depan dan belakang Toyota Avanza S 2006 ini memilki busa yang cukup tebal, sehingga terkesan nyaman dan empuk ketika diduduki. Namun sayangnya kursi ini tidak terlalu nyaman jika diduduki saat perjalanan jauh. Hal ini disinyalir karena ketinggian jok yang terlampau tinggi, dan juga sandaran paha yang kurang dapat menyangga dengan baik paha saat perjalanan jauh. Namun, beruntunglah, mobil-mobil yang muncul pada tahun ini masih enggak pelit fitur sandaran kepala. Headrest pada Toyota Avanza S 2006 ini dapat dengan leluasa diatur ketinggiannya sesuai kepala Anda.

Review Toyota Avanza S 2006 : Bagasi

Gambar ruang Bagasi mobil Toyota Avanza S 2006

Ketika jok belakang dilipat, alhasil didapatlah bagasi belakang yang luas

Bagasi belakang Toyota Avanza S 2006 ini memang tidak seluas Suzuki APV GX yang merupakan rivalnya dahulu kala dikelas yang sama yakni people carrier. Namun, bisa dikatakan cukup untuk kelas ini. Apalagi mekanisme pelipatannya enggak sesulit rivalnya itu, dan ditambah lagi saat melipat kursinya, tidak terlalu dirasakan berat yang mengganggu. Namun, satu yang sangat disayangkan, yaitu tidak adanya tuas pembuka pintu bagasi pada Toyota Avanza S 2006. Sebuah kelemahan yang menurut kami krusial, karena Anda harus membuka tuas bagasi dari dalam, tepatnya dibawah jok pengemudi disamping tuas pembuka tangki BBM.

>>> Baca juga:

Fitur Toyota Avanza 2006

Eksterior maupun interior Toyota Avanza S 2006 telah kita bahas, kini saatnya mengintip apa saja fitur yang ditawarkan oleh mobil ini. Berikut ini review kami mengenai fitur dari Toyota Avanza S 2006.

Review Toyota Avanza S 2006 : Rem ABS

Salah satu kelebihan Toyota Avanza S 2006 dibandingkan dengan pesaing terdekatnya yaitu Mitsubishi Maven dan Suzuki APV adalah Avanza sudah dilengkapi dengan sistem pengereman anti mengunci yang akrab disebut dengan ABS. Cara kerja ABS juga mudah dipahami, sensor akan mendeteksi gerak setiap roda, dan menyesuaikan tekanan minyak rem atawa oli rem. Jika didapati roda hampir kehilangan cengkraman atau mengunci, secara otomatis modul akan mengurangi pompaan oli rem, sehingga gejala rem mengunci yang membuat jarak pengereman semakin jauh dapat dicegah.

Review Toyota Avanza S 2006 : Spion Elektrik Dan Power Window

Fitur ini nampaknya remeh, namun ternyata kelengkapan ini sangat membantu pengemudi untuk mengatur sudut spion agar lebih mudah dipantau oleh sang pengemudi. Anda tinggal hanya perlu menekan tombol yang terletak disebelah kanan pada bagian bawah kisi AC, atau tepatnya sejajar dengan tombol pengoprasian power window. Oh, ya satu lagi power window pada mobil ini juga sudah tersedia untuk semua jendela pada mobil ya. Fitur yang sangat spesial pada zamannya, dan sudah dapat dinikmati pada mobil berharga terjangkau seperti Toyota Avanza S 2006 ini.

Review Toyota Avanza S 2006 : Radio Tape 

Kepadatan jalan, dan juga jarak perjalanan yang harus ditempuh mungkin membuat Anda jenuh dan ingin mendapatkan hiburan. Untuk itulah, Toyota mengerti, dan memberikan fitur radio tape yang termasuk lengkap di zamannya. Head unit ini mampu memutar kepingan CD dan juga MP3, serta memiliki kemampuan untuk membaca format lagu yang tersimpan berbentuk MP3, AAC, dan CD biasa. Sebuah fitur yang bisa dibilang revolusioner pada zamannya dan juga memiliki nilai tersendiri bila dibandingkan dengan rival pada masanya.

>>>  Aneh, Tak Ada Asap Dan Api Toyota Avanza Meledak Usai Isi BBM

Operasi Toyota Avanza 2006

Review Toyota Avanza S 2006 : Performa

Gambar menunjukkan Top Speed mobil Toyota Avanza S 2006

Kecepatan maksimum Toyota Avanza S 2006 adalah 180 km/jam

Meski hanya mengandalkan mesin berkapasitas 1500 cc dengan kode mesin 3SZ-VE, namun jangan main-main dengan performanya. Karena mesin ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 109 daya kuda pada putaran mesin 6000 rpm serta menghasilkan jambakan torsi 141 Nm yang dapat dirasakan di kitiran 4400 rpm. Kecepatan puncak mobil ini benar-benar dapat ditunjukkan oleh spidometernya yakni 180 km/jam. Namun, karena ini adalah sebuah mobil MPV, ada baiknya Anda tidak usah mencoba kecepatan maksimum maupun membawanya bermanuver ekstrim ditikungan. Suspensi mobil ini juga lebih proper bila dibandingkan dengan Avanza dibawahnya.

Gambar bagian Mesin Toyota Avanza 2006 3SZ-VE 2006

Mesin 3SZ-VE yang dipakai di Toyota Avanza S 2006 ini lebih bertenaga dari varian Avanza lainnya

>>> Pertarungan Panas Light Commercial Vehicle, Wuling Formo 1.2 Passenger Van vs Toyota Avanza 1.3 Transmover

Spesifikasi Toyota Avanza 2006

Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Avanza S 2006.

Mesin Toyota Avanza S 2006

Seri mesin

3SZ-VE, DOHC, VVT-i

Bahan Bakar

Bensin

Tenaga Maksimum

109 Hp @ 6000 rpm

Torsi Maksimum

141 Nm @ 4400 rpm

Kapasitas Silinder

1495 cc

Klaim Top Speed / Realita

No Data / 180 km/jam

Transmisi Tipe

4 Percepatan Otomatis dan 5 Percepatan Manual

Rangka Toyota Avanza S 2006

Panjang Keseluruhan

4.120 mm

Lebar Keseluruhan

1.630 mm

Tinggi Keseluruhan

1.695 mm

Jarak Poros Roda

2.655 mm

Kapasitas Tangku

45 liter

Suspensi / Kaki-Kaki Toyota Avanza S 2006

Ban

Bridgestone B250

Pelek

R15

Power Steering

Hidrolik

>>> Klik sini untuk simak kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Avanza lainnya

Daftar Harga Toyota Avanza 2006

Saat ini harga Toyota Avanza S 2006 ditawarkan dengan kisaran harga Rp 75 juta hingga Rp 80 juta, tentunya tergantung kondisi aktual kendaraan. Kalau Anda ingin melihat pilihan mobil bekas Toyota Avanza S 2006 bisa langsung Anda lihat disini. Hanya di Cintamobil.com

>>> Ingin tahu harga dan promo mobil lain? Jangan lupa klik sini untuk update harga dan promonya

Kesimpulan Toyota Avanza 2006

Gambar mobil Toyota Avanza S 2006 berwarna silver dilihat dari sisi depan

Daya tahan luar biasa, mesin hemat dan bertenaga serta mampu mengangkut 7 penumpang, membuat mobil ini layak Anda pertimbangakan

So, is this car for you? Dengan budget hanya Rp 75 juta Anda akan mendapatkan sebuah mobil keluarga yang mampu menampung 7 penumpang, berdimensi kompak, serta menggendong mesin yang bertenaga lagi hemat bahan bakar. Toyota Avanza S 2006 ini hanya untuk Anda yang cinta keluarga dan enggak mau ribet urusan spare part mobil serta daya tahannya.

>>> Anda sedang cari informasi tentang mobil-mobil lain? Klik sini untuk lanjut baca artikel reivew mobil yang menarik lain

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

back to top