Review TATA ACE EX2 2017: Si Gajah Kecil Dengan Kekuatan Besar

17/08/2020

Share this post:

Tata Ace 2017

Editor rate:

Rp. 89.400.000

Jual beli mobil Tata bekas, baru harga murah, kondisi terbaik di seluruh Indonesia Lihat promo

Pick up asal India ini diklaim sebagai pick up mini pertama di Indonesia yang mampu menanjak dengan beban berat sekalipun, simaklah review TATA ACE EX2 2017 ini

Review TATA ACE EX2 2017: Si Gajah Kecil Dengan Kekuatan Besar
Review TATA ACE EX2 2017: Si Gajah Kecil Dengan Kekuatan Besar
0 Gambar

Pengantar Tata Ace 2017

Mari kita simak spesifikasi Tata Ace 2017 di bawah ini.

Kelebihan

Konsumsi solar irit

Daya angkut hingga 1 ton

Kualitas buatan (bodi tebal dan presisi)

Kekurangan

Tidak ada power steering

Minim fitur dibanding rivalnya

Jaringan servis tak sebanyak rival

Pabrikan asal India ini cukup jeli dalam melihat peluang pasar. Sebab, konsumen yang membutuhkan kendaraan angkut ringan masih cukup banyak di Tanah Air. Ambil contoh, pedagang air isi ulang kemasan, pelapak beras, ataupun penjual gas tiga kilogram. Dibandingkan dengan motor tiga roda yang kurang safety dan agak kurang dalam hal fleksibilitas dan utilitas, maka TATA Motors menawarkan mode ACE EX2 dengan jargon si gajah kecil berkekuatan besar.

Gambar TATA ACE EX2

Mampukah ia melawan Daihatsu Hi-Max?

Tentu tagline yang diusung tidak asal kecap saja. TATA ACE EX2 2017 diklaim sebagai pick up mini pertama di Indonesia yang mampu menanjak dengan beban berat sekalipun. Meski pada akhirnya TATA ACE EX2 ini mendapat lawan tangguh dari Jepang yakni Daihatsu Hi-Max, namun TATA ACE EX2 tetap punya pelanggan tersendiri. Lantas, seberapa menarik pick up yang didatangkan bulat-bulat dari negeri Bollywood tersebut? Mari simak review TATA ACE EX2 2017 hingga tuntas.

Eksterior Tata Ace 2017

Review TATA ACE EX2 2017: Tampilan Depan

Gambar tampilan depan TATA ACE EX2 Moko 2017

Bumper depan tidak dicat

Oleh karena mobil pick up ini mampu ‘disulap’ dengan beragam bentuk, maka untuk foto kali ini kami sengaja menggunakan TATA ACE EX2 2017 dalam bentuk moko alias mobil toko. Dari depan, ia tampak fungsional, namun tidak bisa dikatakan spesial. Headlampnya sudah mengusung model kristal multireflektor dengan bohlam jenis halogen biasa. Dan seperti khasnya mobil buatan India, terdapat reflektor mata kucing yang membentang di depan bumper depannya.

Review TATA ACE EX2 2017: Tampilan Samping

Gambar TATA ACE EX2 Moko 2017

Berkat bak luas, jadi cocok untuk dibuat mini moko

Lanjut ke bagian sampingnya, tampilannya tampak kurus dengan ukuran diameter velg yang hanya 13 inci. dimensi moko buatan karoseri yang ‘digendong’ TATA ACE EX2 ini punya dimensi panjang 2.260 mm alias lebih panjang 120 mm dibandingkan dengan ukuran bak angkut standar yang diusung ACE EX2 ini. Bahan yang digunakan adalah fiberglass agar punya bobot yang ringan namun tetap kuat, serta memiliki tiga bukaan pintu di samping kanan, kiri dan belakang.

Review TATA ACE EX2 2017: Tampilan Belakang

Gambar tampilan belakang TATA ACE EX2 2017

Versi moko ini lebarnya lebih melar 6 cm dari versi bak biasa

Pada tampilan buritan dari TATA ACE EX2 2017 ini secara umum masih sama dengan TATA ACE EX2 tanpa ada karoseri moko ini. Hanya saja, kini lebarnya bertambah 6 centimeter karena adanya konstruksi karoseri dari mobil toko ini. Uniknya, penutup bak belakang masih dapat dibuka dengan normal selayaknya mobil pengangkutan barang, yang membedakan adalah kini terdapat pintu moko yang menjadi satu dengan atap karoserinya. Dan sama seperti tampilan depan, terdapat reflektor mata kucing yang membentang di belakang.

>>> Review TATA Xenon HD Diesel 3.0L 2017: Pick Up Tangguh Dari India


Interior Tata Ace 2017

Review TATA ACE EX2 2017: Layout Dashboard

Gambar layout dashboard TATA ACE EX2 2017

Layoutnya sederhana

Secara umum, layout dashboardnya dibuat fungsional layaknya mobil niaga. Namun, layout dashboard seperti ini memang terlihat kuno apabila dibandingkan langsung dengan rival di kelasnya yakni Daihatsu Hi-Max. Tidak terdapat tachometer di panel instrumennya, minus power steering, apalagi peranti pendingin udara (AC). Tapi, meski demikian dashboard ini tetap praktis karena terdapat satu buah laci penyimpanan tertutup, soket pemantik rokok, pengatur ketinggian sorot lampu, serta jam digital.

>>> Review Tata Super Ace HT 2017, Spesifikasi dan harganya

Fitur Tata Ace 2017

Review TATA ACE EX2 2017: Bak Angkut

Gambar TATA ACE EX2

Dimensi bak angkut TATA lebih unggul dari rivalnya asal Jepang

Nilai jual utama dari TATA ACE EX2 2017 adalah daya angkutnya yang besar. Mulai dari bak angkutnya sendiri yang memiliki dimensi 2.140 mm x 1.420 mm x 300 mm. Artinya dibandingkan dengan rival terdekatnya yakni Daihatsu Hi-Max, pick up mini lansiran PT TATA Motors Distribusi Indonesia ini unggul panjang 205 mm serta lebar 25 mm, dan lebih tinggi 15 mm. Jelas, dimensi bak yang besar membuatnya akan lebih menguntungkan pengusaha yang memiliki TATA ACE EX2 ini.

Gambar TATA ACE EX2 2017 membawa gajah

Bobot maksimum yang dapat diangkut mencapai 1 ton

Berlanjut ke bobot maksimum yang dapat diangkut oleh TATA ACE EX2 2017 ini, untuk sektor ini sebenarnya pick up rakitan India ini sama dengan rivalnya. Sebab ia mampu mengangkut beban maksimum hingga 1 ton. Sayangnya, ia tidak dilengkapi dengan power steering dan radius putarnya kelewat besar, jadi untuk bermanuver tidak akan seluwes rivalnya asal Jepang tersebut. Tetapi satu hal yang kami suka adalah, kualitas besi bak mobil ini tebal dan kokoh.

Gambar TATA ACE EX2 Moko (Mobil Toko)

Kualitas besi bak TATA tidak diragukan lagi

Review TATA ACE EX2 2017: Snorkel

Gambar Bak Angkut TATA ACE EX2 2017

Dikelasnya hanya TATA ACE EX2 yang pakai snorkel

Di kelasnya, ia adalah satu-satunya pick up mini yang dilengkapi dengan fitur snorkel. Jadi, saat melewati banjir atau bahkan genangan air, saringan udara tidak akan kemasukan air yang menyebabkan mesin mobil menjadi mati dan mogok. Adanya snorkel ini membuat seharusnya TATA ACE EX2 2017 ini tangguh saat menerjang banjir, namun meski demikian kami tetap tidak merekomendasikan Anda untuk melibas genangan air, karena mobil itu tidak dirancang untuk berenang layaknya perahu.

Operasi Tata Ace 2017

Gambar TATA 275 Diesel di TATA ACE EX2

Mesin tanpa busi ini hanya punya dua piston saja

TATA ACE EX2 dilengkapi dengan mesin berkode TATA 275 berkapasitas bersih 702 cc dengan konfigurasi 2-silinder segaris. Mesin berjumlah silinder genap ini mempunyai output tenaga sebesar 16 PS atau sekitar 14,5 Hp pada putaran mesin 3.200 rpm, serta torsi 38 nm saat rotasi mesin 2.000 rpm. Tenaga dan torsi tersebut lantas disalurkan ke dua roda belakang melalui transmisi manual 5-percepatan.

Gambar Operasi TATA ACE EX2 2017

Konsumsi solar diklaim hingga 18 kilometer per liter

Sayangnya, mesin diesel yang digunakan masih tergolong teknologi rendah, sehingga getaran mesin dan suaranya sangat terdengar jelas bahkan hingga ke kabin. Namun, efek positifnya adalah konsumsi solar pick up mini ini sangat irit, bahkan diklaim mampu mencapai 18 kilometer per liter berdasarkan laporan konsumen pick up ini untuk pemakaian di kondisi bervariasi. Namun, angka itu akan berbeda tiap kondisi operasional.

Spesifikasi Tata Ace 2017

Berikut ini adalah spesifikasi TATA ACE EX2 2017.

Mesin TATA ACE EX2 2017

Seri mesin

 TATA 275 IDI, 2 Silinder Segaris

Pasokan Bahan Bakar

 Indirect Injection Diesel Engine

Jumlah Katup

 4 Katup (1 Inlet & 1 Outlet Per Silinder)

Tenaga Maksimum

 14,5 Hp (16 Ps) @ 3.200 Rpm

Torsi Maksimum

 38 Nm @ 2.000 Rpm

Kapasitas Silinder

 702 cc

Bore X Stroke

 75,0 mm x 79,5 mm

Tipe Transmisi

 Manual, 5-percepatan RWD
Rangka TATA EX 2017

Panjang X Lebar X Tinggi

 3.800 mm x 1.500 mm x 1.861 mm

Jarak Sumbu Roda

 2.100 mm

Radius Putar

 8,6 Meter

Dimensi Bak

 2.140 mm x 1.420 mm x 300 mm

Jumlah Tempat Duduk

 2 Tempat Duduk

Berat Kotor

 885 Kilogram

Kapasitas Tangki

 30 Liter
Suspensi/Kaki-Kaki TATA ACE EX2 2017

Suspensi Depan & Belakang

 Depan: Parabolic Leaf Spring

 Belakang: Parabolic Leaf Spring

Sistem Kemudi

 Mechanical, Variable Ratio non Power Assisted

Rem Depan & Belakang

 Disc Brakes & Drum Brakes

Teknologi Sistem Pengereman

 N/A

Teknologi Safety Sasis

 N/A

Struktur Sasis

 Ladder Frame, Commercial Segment (Mini Pick Up)

Pelek

 Steel, 13 Inci

Jenis Ban

 Bias, 155 R13 LT 8PR

Daftar Harga Tata Ace 2017

Gambar Harga TATA ACE EX2 2017

Harga barunya enggak sampai Rp 90 jutaan  

Saat ini TATA ACE EX2 masih dijual dalam keadaan baru dengan banderol Rp 89.400.000. Ia menjadi satu-satunya mobil yang dilego dalam keadaan baru dengan harga kurang dari Rp 100 juta. Tapi, jika Anda merasa keberatan, Anda bisa mencari versi secondnya yang dijual mulai berkisar Rp 50 hingga Rp 60 juta tergantung kondisi aktual kendaraan. Serta, Anda juga bisa memanfaatkan layanan TATA OK untuk mencari kendaraan bekas merek TATA dengan kualitas yang lebih terjamin.

Kesimpulan Tata Ace 2017

Gambar Kesimpulan review TATA ACE EX2

Jika Anda mencari pick up ringan yang irit BBM namun kuat, maka ini jawabannya

Jika Anda mencari armada pick up kecil dengan kapasitas muatan maksimal 1 ton yang punya konsumsi BBM irit dan harga yang terjangkau, maka TATA ACE EX2 ini adalah kendaraan niaga yang pas untuk Anda. Tapi, mesti diingat Anda harus ‘tega’ terhadap driver Anda yang membawa mobil ini, atau pun otot tangan Anda mesti kuat karena putaran setir di pick up asal India ini tidaklah ringan, serta belum dilengkapi dengan AC. Juga, jaringan servis TATA yang belum sekuat rivalnya asal Jepang, harus menjadi pertimbangan.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top