Review Suzuki Splash 2010: Bodi Boleh City Car, Tapi Tingkat Kenyamanan Setara MPV

19/09/2019

Share this post:

Suzuki Splash 2010

Editor rate:

Lihat promo

Ingatkah Anda dengan sosok Suzuki Splash? Mobil mungil tapi punya kapasitas kabin super lega. Ya, secara dimensi sosoknya lebih cocok dikatakan mirip City Car. Tapi, soal kenyaman sudah bisa disejajarkan dengan Multi Purpose Vehicle (MPV). Ada rencana membelinya? Mari kita simak review Suzuki Splash 2010.

Review Suzuki Splash 2010: Bodi Boleh City Car, Tapi Tingkat Kenyamanan Setara MPV
Review Suzuki Splash 2010: Bodi Boleh City Car, Tapi Tingkat Kenyamanan Setara MPV
0 Gambar

Pengantar Suzuki Splash 2010

Mari kita simak spesifikasi Suzuki Splash 2010 di bawah ini.

Kelebihan

Harganya dibanderol sangat terjangkau

Handling-nya cukup stabil dan empuk

Ruang interior cukup unik dengan Tachometer pada sisi dashboard dan Speedometer ala Racing

Kekurangan

Tidak ada fitur Wiper/Defogger pada kaca belakang

Fitur-fiturnya tampil sederhana dan minim

Kaca spion masih pelipatan manual

Review Suzuki Splash 2010 - Perjalanan mobil satu ini nyatanya cukup panjang, dimulai dari pengiriman 10 teknisi Jepang ke Eropa untuk melakukan observasi lebih lanjut tentang minat masyarakat sana. Barulah pada tahun 2006, mobil konsep besutan Suzuki ini hadir diperkenalkan pertama kali di ajang Paris Motor Show. Merasa tak puas, akhirnya versi massal diluncurkan di tahun 2007, tepat di acara Frankfurt Motor Show. Barulah India menjadi negara berikutnya, menciptakannya dalam versi massal mulai tahun 2009.

Suzuki Splash Concept hadir dengan desain futuristik di tahun 2006, sebelum akhirnya dijual dalam versi massal

Suzuki Splash Concept ketika diperkenalkan di acara Paris Motor Show 2006

Masih ingat di benak kami bahwa Suzuki Splash pertama kali diluncurkan di Tanah Air pada bulan Maret 2010. Kala itu, sosoknya masih diimpor langsung dari India. Oke, namanya Splash di Indonesia tapi di India sana lebih dikenal sebagai Suzuki Ritz.

Sempat mengejutkan ketika peluncurannya, mengingat pernyataan Endro Nugroho selaku Marketing Director PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) menuturkan, “Karena di Indonesia tidak Familiar dengan nama Mini Van, maka kami sebut sebagai Mini MPV.” Padahal, secara dimensi, Suzuki Splash lebih cocok digolongkan pada jajaran City Car.

Suzuki Splash 2010 meluncur sebagai model City Car tapi punya kenyamanan setara MPV

Inilah sosok Suzuki Splash yang diluncurkan di Indonesia

Terlepas dari pendapat tersebut, kami cukup menyadari bahwa kelegaan kabin Suzuki Splash memang sangat nyaman. Cocok memang jika disebut Mini MPV dari perspektif kelegaan kabin. Lantas, apa saja kelebihan lainnya? Berikut kita bedah bersama dalam review Suzuki Splash 2010.

Eksterior Suzuki Splash 2010

Memang sih, jika ditilik dari segi eksterior Suzuki Splash 2010, tampilannya terkesan ringkas dan mungil. Dari catatan resminya, dimensi bodi keseluruhan menggunakan formasi panjang 3.715 mm, lebar 1.680 mm dan tinggi 1.618 mm. Suatu rancangan mumpuni yang siap diajak meliuk-liuk di area kemacetan.

Review Suzuki Splash 2010: Eksterior Depan

Wajah depan dihias apik dengan Grille super besar dipadu logo Suzuki tertancap tegas. Warnanya pun dikemas hitam sehingga lebih memberi kesan sporty. Adapun sektor lampu utama menggunakan ukuran besar berbahan kaca kristal, ditunjang oleh lampu kabut pada bemper depan. Sekilas melihat, kami cukup suka dengan desainnya, mirip-mirip mobil Eropa di eranya.

Eksterior Depan Suzuki Splash 2010 hadir dengan bemper depan yang cukup besar

Wajah depannya kental akan nuansa mobil Eropa

Review Suzuki Splash 2010: Eksterior Samping

Bodi samping terlihat biasa saja, dirancang cukup Simple. Memang, sepertinya esensi ringkas lebih ditekankan pada model satu ini. Di sisi lain, kami juga suka dengan tatanan pelek 8 palang yang dikemas sporty. Ukurannya pun dirancang proporsional, sesuai dengan keseluruhan dimensi bodinya.

Eksterior Samping Suzuki Splash 2010 tampak manis dengan pelek berdesain sporty

Bodi sampingnya tampak Simple dan ringkas ala mobil City Car

Review Suzuki Splash 2010: Eksterior Belakang

Keunikan baru kami rasakan pada sektor buritannya. Agak sedikit mengkotak, mengingatkan kami pada desain bodi Honda Freed. Kotak dan sedikit pipih, menyampaikan kesan lebih dinamis. Sedangkan dari segi pilar C, lampunya lebih mirip Hyundai Atoz. Kami juga menemukan kekurangan seperti absennya fitur Wiper pada kaca belakangnya.

Eksterior Belakang Suzuki Splash 2010 dilengkapi dengan lampu mirip Honda Freed

Sektor buritan terkesan ramping dan pipih, punya keunikan tersendiri

>>> Editor's Pick:


Interior Suzuki Splash 2010

Bukan hanya kami, banyak orang juga mengakui bahwa interior Suzuki Splash 2010 benar-benar terasa lega. Dimensi Wheelbase misalnya, menggunakan dimensi 2.360 mm, persis seperti dimensi Suzuki Karimun. Tak menampik pula bahwa Platform Suzuki Splash mengadopsi dari kakaknya, Swift.

Review Suzuki Splash 2010: Dashboard

Kekurangan kami rasakan dari panel dashboard. Fitur-fitur yang dihadirkan terkesan standar seperti sistem audio 1 DIN, pengaturan AC dan Blower. Kurang atraktif soal fitur hiburan. Ditambah lagi, nuansa kabin yang didominasi warna hitam dan sedikit ornamen Silver. Boleh dibilang, akan sedikit membosankan jika berlama-lama dalam kabinnya.

Dashboard Suzuki Splash 2010 dilengkapi dengan Tachometer, panel AC dan sistem audio 1 DIN

Dashboard-nya terkesan standar dan punya fitur sedikit minim

Hal unik yang kami temui adalah panel Tachometer yang dipasang tepat di atas dashboard sisi kanan. Dari sisi ini, kami menilai bahwa Suzuki ingin menampilkan sensasi berkendara lebih sporty bagi sang pengendara. Terkesan dipaksakan tapi masih lumayan untuk menunjang atmosfer kabinnya.

Review Suzuki Splash 2010: Setir

Ada hal menarik di balik kemudi setirnya yakni tampilan Speedometer-nya, dikemas ala Racing berbentuk bundar. Hal ini tentu saja dapat meningkat sensasi berkendara yang lebih sporty. Soal kekurangan, banyak pihak menyayangkan bahwa setirnya belum didukung fitur Tilt Steering.

Setir Suzuki Splash 2010 menggunakan model tiga palang dilengkapi dengan logo Suzuki

Kemudi setirnya tampak sporty dengan Speedometer ala Racing

Review Suzuki Splash 2010: Kursi

Berkat dimensi Wheelbase yang apik, kursinya menjadi lebih lega. Rancangan jok kursi dengan lantai terbilang cukup tinggi, serasa lupa sedang menaiki mobil MPV sungguhan. Apalagi, bodinya yang tinggi juga membantu memberi ruang lebih pada jarak kepala ke atapnya. Menariknya, kapasitas tampung sudah sangat nyaman untuk lima orang sekaligus.

Kursi Suzuki Splash 2010 mampu menampung hingga 5 orang sekaligus

Kursinya sangat baik soal ruang kepala karena postur bodinya yang tinggi

>>> Baca juga:

Fitur Suzuki Splash 2010

Sejatinya fitur Suzuki Splash 2010 terbilang beragam, tapi sayang masih dalam kategori standar saja. Bukaan jendela misalnya yang sudah didukung konfigurasi elektrik serta lampu depan bisa diatur ketinggiannya. Tapi kami juga memantau adanya kekurangan seperti pengaturan pelipatan spion yang masih bersifat manual.

Jujur saja, fitur-fiturnya masih sederhana sekali. Dari pantauan kami, hanya terdapat tambahan suspensi belakang Torsion Beam dan Coil Spring, MacPherson Strut serta Coil Spring pada suspensi depan. Alhasil, suspensi dapat mengayun empuk meski berada di kecepatan tinggi. Salah satu racikan khusus, mengapa Suzuki Splash terkenal lincah.

>>> Tertarik untuk tahu model-model terbaru Suzuki? Simak daftar selengkapnya di sini

Operasi Suzuki Splash 2010

Untuk urusan jantung pacunya, operasi mesin Suzuki Splash 2010 menggunakan kode K12M berkapasitas 1.197 cc. Hentakan responsif baru terasa ketika menyentuh kisaran 4.500 Rpm. Daya yang dihasilkan mampu mencapai 85 PS setara 6.000 Rpm, dipadu ayunan torsi puncak di angka 113 Nm pada putaran 4.500 Rpm. Asyiknya lagi, mobil satu ini menawarkan transmisi manual 6 percepatan atau 4 percepatan otomatis.

Mesin Suzuki Splash 2010 dipersenjatai dengan kapasitas silinder 1.197 cc

Mesinnya mampu menyemburkan daya hingga 85 PS dan torsi puncak 113 Nm

Suspensinya yang tergolong kuat, bermain apik dalam meredam guncangan, sehingga tampil sangat nyaman ketika melewati jalan bergelombang. Di sisi lain, bodinya yang ringkas serta punya Ground Clearance, tampil unggul untuk dijadikan kendaraan sehari-hari di area perkotaan rawan macet.

>>> Bandingkan pula sosoknya dengan mobil City Car lainnya di sini

Spesifikasi Suzuki Splash 2010

Untuk informasi lebih lengkap soal spesifikasi Suzuki Splash 2010, Anda bisa melihat di tabel di bawah ini.

SPESIFIKASI SUZUKI SPLASH 2010

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

3.715 mm x 1.680 mm x 1.618 mm

Jarak Poros Roda

2.360 mm

Radius Putar Minimum

4,7 m

MESIN

Tipe Mesin

1.2 Liter K12M 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC VVT

Kapasitas Silinder

1.197 cc

Daya Maksimum

85 PS / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

113 Nm / 4.500 Rpm

Sistem Transmisi

6 Percepatan Manual / 4 Percepatan Otomatis

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Strut dan Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam dan Coil Spring

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Drum

Ukuran Ban

185/60 R15 (Tipe GL)

165/80 R14 (Tipe STD)

Sistem Kemudi

Electronic Power Steering

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

43 Liter

Sistem Bahan Bakar

Multi Point Injection (MPI)

Daftar Harga Suzuki Splash 2010

Menilik harga barunya dulu dijual mulai Rp. 148 jutaan. Tapi tahukah Anda bahwa daftar harga Suzuki Splash 2010 bekas kini dibanderol sangat terjangkau?

TIPE MOBIL

HARGA SUZUKI SPLASH 2010 BEKAS

Suzuki Splash 1.2 Liter

Kisaran Rp. 70 jutaan hingga Rp. 80 jutaan

Kesimpulan Suzuki Splash 2010

Suzuki Splash 2010 adalah sosok mobil ringkas dengan tampilan interior ala Racing. Sosoknya yang berdiri dengan dimensi mirip Hatchback namun kenyamanan sekelas mobil MPV, sempat ramai dibicarakan. Kota rawan macet, akan mudah dilewati oleh model satu ini. Tapi di antara kelebihannya, mobil satu ini terkesan minor soal fitur-fiturnya yang terkesan sederhana dan kurang lengkap. Jangan salah sangka dulu, jika dirasa Anda butuh sebuah mobil 5-Seater dengan harga sangat terjangkau, Suzuki Splash 2010 berdiri di barisan terdepan.

>>> Ikuti juga review mobil terlengkap lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

back to top