Spesifikasi Suzuki Splash 2013

01/04/2018

Share this post:

Suzuki Splash 2013

Editor rate:

Lihat promo

Suzuki Splash merupakan City Car yang dirancang guna memenuhi kebutuhan konsumen akan mobil murah. Bukan rahasia umum jika pabrikan asal Jepang ini memang mengincar segmen konsumen menengah ke bawah dan Splash, merupakan salah satu katalog unggulan mereka. Mobil yang diluncurkan lima tahun silam ini masih cukup trendi untuk dikenakan sampai hari ini. Bagaimana spesifikasi dari Splash 2013? Kami akan coba mengulasnya kembali untuk anda. Berikutnya spesifikasi Suzuki Splash 2013.

Spesifikasi Suzuki Splash 2013
Spesifikasi Suzuki Splash 2013
0 Gambar

Pengantar Suzuki Splash 2013

Mari kita simak spesifikasi Suzuki Splash 2013 di bawah ini.

Kelebihan

BBM irit

Kabin lega

Desain unik

Kekurangan

Seat belakang dirasa terlalu sempit

Kekedapan kabin kurang sempurna

Masih terdapat beberapa material yang terkesan murah

Gambar mobil Suzuki Splash 2013 saat melaju di medan yang kurang bersahabat

Tampilan mobil Suzuki Splash 2013

Spesifikasi Suzuki Splash 2013 - Suzuki nampaknya coba memanfaatkan momentum konsumen yang gencar membeli mobil dengan segmen ini di beberapa tahun belakangan dengan meluncurkan Suzuki Splash 2013. Green Car ini memang dihadirkan guna bersaing dengan beberapa nama yang sebelumnya sudah sustain macam Honda Jazz dan Toyota Yaris. Bahkan di tahun yang sama sejak mobil ini diluncurkan ke tanah air Splash boleh dibilang laku keras.

Laris manisnya Splash sendiri dibenarkan oleh pihak Suzuki. Menurut rilis yang kami terima, mobil ini berhasil membukukan penjualan hingga 117 persen pada bulan Desember 2013 lalu. Bahkan, mobil yang memiliki kubikasi 1,2 liter ini mampu mengalahkan berbagai mobil dengan kubikasi mesin di atasnya sungguh prestasi yang cukup baik bukan? Apa yang membuat mobil ini laris manis di pasaran? Berikut kami akan memaparkan spesifikasi Suzuki Spalsh 2013? Selamat membaca.

Eksterior Suzuki Splash 2013

Dari sisi terluarnya, Splash memiliki body yang mungil secara keseluruhan. Bahkan, mobil ini sendiri memiliki desain yang lumayan dinamis serta futuristik. Suzuki memang dikenal gemar mengeluarkan mobil dengan konsep nyeleneh, Karimun dan Jimny adalah dua diantaranya. Berbekal dua prototipe tersebut, Suzuki coba melebarkan sayap lagi dengan mengeluarkan Splash yang memiliki bentuk cukup unik. Untuk lebih detilnya, kita akan coba membedah satu demi satu bagian dari mobil ini.

  • Desain Bagian Depan

Gambar mobil Suzuki Splash 2013 berwarna biru dilihat dari sisi depan sedang berlaju di jalan

Sisi depan Splash nampak begitu maskulin

Di bagian depannya, Splash memiliki headlamp multi reflector dan leveling adjuster dengan ukuran yang cukup besar. Besarnya ukuran lampu utama tersebut juga membuat sisi depan dari mobil ini nampak begitu kontras dan cukup unik. Lampu tersebut mampu mengeluarkan penerangan maksimal karena sudah dilengkapi dengan teknologi halogen yang siap memberikan penerangan maksimal, terutama pada malam hari. Sementara itu, masih di bagian tengah, tersemat pula grill dengan tiga line horizontal. Grill berkelir black doff tersebut blak begitu maskulin lengkap dengan logo Suzuki sebagai pabrikan di bagian tengah.

Bergerak ke sisi bumper depan, tersemat pula kesan aerodinamis melalui front grill dengan aksen line yang sama dengan bagian atas. Tak hanya sekedar tempelan, grill ini juga mampu memberikan pendinginan alami kepada sisi mesin. Satu headline dari bagian depan adalah desain fascia-nya yang berbentuk v shape yang berdiri elegan. Mempercantik sisi depan, hadir pula fog lamp yang siap memberikan penerangan maksimal kepada lampu utama saat dibutuhkan

  • Desain Bagian Samping

Gambar mobil Suzuki Splash 2013 berwarna biru dilihat dari sisi samping sedang parkir di depan gedung yang mewah

Kesan dinamis tetap terjaga di bagian samping mobil ini

Kesan dinamis juga terasa di bagian samping dari mobil ini. Hal tersebut dapat dilihat melalui kehadiran dua list tipis di bagian samping. Satu berada di sisi tengah, dekat handle door dan saru lagi melengkung dengan presisi dari bagian depan hingga ke pintu tengah. Aura Suzuki juga cukup terasa di bagian depan melalui desain jendela mengotak 6abg disediakan. Menutup sisi samping, tersemat velg racing standar dengan ukuran 15 inci guna memberikan sedikit kesan sporty di bagian samping.

  • Desain Bagian Belakang

Mobil Suzuki Splash 2013 berwarna biru muda dilihat dari sisi belakang

Sisi belakang Splash tersa begitu standar

Sementara di bagian belakang, Suzuki coba memberikan penyegaran di sisi ini. Bila kebanyakan Green Car menampilkan desain yang standar di bagian butiran, maka Splash memberikan desain yang cukup unik. Hal ini dapat dilihat dengan hadirnya stop lamp yang memanjang ke bagian atas. Stop lamp tersebut hadir begitu elegan untuk menyelimuti bagian belakang. Sementara itu, wujud sedikit monyong juga disematkan melalui kehadiran bumper belakang yang di desain sedikit maju sehingga membuat kesan dinamis dari Green Car ini tetap terjaga.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Suzuki Splash 2013

Setelah menilik sisi luar dari mobil ini, kini tiba waktunya untuk kita menjelajah sisi dalam dari Suzuki Splash 2013. Meski merupakan varian City Car yang tergolog mungil, Splash rasanya tak lupa untuk menyematkan berbagai fitur terbaiknya di sisi dalam guna memberikan kenyamanan kepada penggunanya. Tak hanya itu, mobil ini juga memiliki material yang cukup mumpuni serta ruang yang cukup lumayan besar untuk memberikan keluesan serta menjaga mobilitas para penggunanya. Selain itu, apalagi yang coba ditawarkan oleh mobil ini? Berikut ulasannya.

  • Dashboard

Bagian dashboard mobil Suzuki Splash 2013 dengan warna utama yaitu abu-abu

Dashboard mobil ini sudah dilengkapi dengna fitur multimedia standar

Pada bagian terdepannya, yakni bagian dashboard, Splash melengkapi diri dengan menghadirkan head unit yang terpasang dengan gagah dalam wujud New Integrated Audio Syste. Melalui panel multimedia tersebut, berbagai fitur bisa dijumpai. Sebut saja USB, MP3, CD dan Radio. Meski belum dilengkapi dengan panel layar, rasanya apa yang ditawarkan Suzuki untuk City Car-nya ini dirasa lebih dari cukup mengingat harga kompetitif yang mereka tawarkan. Tak lupa pula, di sisi depan juga terpampang dual AC yang siap hantarkan kesejukan hingga ke kabin bagian belakang. Konsep dashboard On Dash Gear-Shift Control yang ditawarkan juga siap memberikan kemudahan kepada pengemudi yang hendak mengganti tuas persenelingnya guna mendapatkan performa mobil yang maksimal.

  • Steering

Beranjak sedikit ke bagian steering, Splash memiliki setir yang sudah didukung oleh steering switch control yang siap mengatur bebragai fitur yang berada di bagian dashboard melalui lingkar kemudi. Tak hanya itu, tersemat pula Electronic Power Steering yang siap memberikan kemudahan bantingan kepada pengemudi. Kehadiran fitur ini juga memastikan bahwa handling dari Splash 2013 dirasa cukup mudah untuk dikontrol. Sebagai pelengkap, hadir pula MID berkonsep analog yang siap memberikan informasi terkini seputar kendaraan mulai dari penggunaan bahan bakar, jarak tempuh yang dilalui, penanda sein, lapu depan dan lain sebagainya.

  • Seat

Gambar bagian kursi mobil Suzuki Splash 2013 berwarna biru

Seat berbahan kulit ini cukup nyaman untuk diduduki

Bergerak ke bagian seat, Splash memiliki seat yang tergolong nyaman dan lembut. Perpaduan dua warna antara hitam dan abu-abu membuat seat ini nampak begitu elegan dan jauh dari kesan murahan. Seperti yang diungkapkan di atas, meski merupakan mobil berukuran mungil, seat yang disediakan dirasa cukup mumpuni untuk menjaga mobilitas penggunanya. Satu yang terpenting, kursi di bagian belakang bisa dilipat dengan rasio 60:40. Jika anda memerlukan space besar, maka akan sangat disarankan untuk melipat seat bagian belakang. Sementara di seat terdepan, hadir pula sliding seat yang mampu memberikan keleluasaan ruang kaki guna membuat pengemudi di bagian depan tidak pegal saat menempuh perjalanan jauh.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

Fitur Suzuki Splash 2013

Gambar mobil Suzuki Splash 2013 berwarna merah dilihat dari sisi belakang

Mobil mungil ini sudah dilengkapi dengna pengereman ABS dan EDB

Meski memiliki body yang cukup kecil, Splash memiliki berbagai fitur penunajng yang dirasa cukup mumpuni untuk ukuran Green Car. Mobil ini sendiri sudah dilengkapi dengan berbagai fitur penunjang keselamatan terbaik dalam wujud kombinasi pengereman Anti-Lock Breaking System (ABS) + Electric Brake-force Distribution (EBD). Keduanya berfungsi untuk mengendalikan pengereman guna tampil optimal serta mencegah terjadinya terkuncinya ban saat pegereman darurat dilakukan. Meski belum dilengkapi dengan airbag, keamanan penggunanya bisa terproteksi sempurna berkat kehadiran seatbelt yang terbenam di seluruh kursi. Sementara untuk menjaga mobil agar tetap aman dari tindakan criminal, hadir pula fitur Immobilizer dan alarm. Cukup lumayan bukan apa yang ditawarkan oleh Suzuki Splash 2013 ini.

>>> Klik sini untuk lihat semua mobil Suzuki Splash dijual di pasar Indonesia

Operasi Suzuki Splash 2013

Gambar bagian mesin mobil Suzuki Splash 2013

Splash sudah dilengkapi mesin K12M DOHC-VVT

Membicarakan spesifikasi Suzuki Splash 2013 tanpa membedah bagian mesinnya bagaikan memakan sayur tanpa garam. Hambar. Untuk itu, kami coba memaparkan sektor permesinan pada mobil ini. Di bagian dapur pacunya, Splash sudah dilengkapi dengan mesin dengan 4 silinder. Mesin berkubikasi 1.197 cc ini mampu memberikan tenaga maksimal hingga 85 Ps setiap mencapai putaran 6.000 rpm dan mampu mencapai puncak torsi di titik 113 Nm pada putaran ke 4.500 rpm. Untuk sistem transmisinya sendiri, Splash menyediakan dua varian kepada konsumennya yakni automatic dan manual. Sebagai sebuah Green Car, Splash juga sudah dilengkapi dengan teknologi Multi Poin Injection (MPI) guna menekan konsumsi bahan bakar. Menilik spesifikasi mesin yang disediakan, rasanya Splash memang sangat cocok untuk digunakan membelah medan perkotaan yang sarat dengan kontur jalan stop and go.

>>> Lihatlah review mobil Suzuki lainnya di sini

Spesifikasi Suzuki Splash 2013

Lantas, bagaimana dengan spesifikasi Suzuki Splash 2013 ini?

Mesin

Seri mesin

K12M, DOHC-VVT, 4 in-line, 16 valve

Kubikasi

1197 cc

Tenaga maksimum (ps/rpm)

85 PS/6.000rpm

Torsi maksimum (kg.m/rpm)

113Nm/4.500rpm

Sistem bahan bakar

Multi-Point Injection

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

3.715 mm x 1680 mm x 1.618 mm

Wheelbase

2.360 mm

Tempat Duduk

4 Seat

Lain-lain

Ukuran Ban

185/60 R15

Suspensi Depan

MacPherson strut with coil spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Kapasitas Tangki

43 Liter

>>> Untuk tahu spesifikasi mobil-mobil lainnya, silahkan klik sini

Daftar Harga Suzuki Splash 2013

Karena termasuk dalam kategori mobil yang sudah lama diproduksi, cintamobil.com akan coba memprediksi berapa harga second dari mobil ini.

Tipe mobil

Harga Suzuki Splash

Suzuki Splash 2013

Rp 90-120 jutaan

Kesimpulan Suzuki Splash 2013

Suzuki Splash 2013 merupakan salah satu City Car produksi Suzuki yang laris manis di pasaran. Bentuk yang unik, mesin yang mumpuni serta fitur pengaman yang dirasa cukup menunjang membuat mobil ini laris manis bak kacang goreng di tahun 2013. Anda berminat membeli mobil ini untuk alasan nostalgia atau mengidamkan City Car yang bandel? Well, silahkan membelinya karena Splash 2013 memiliki harga yang terbilang lumayan kompetitif.

Heri Susanto
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

Review lain

Review Suzuki Swift GS 2016: Hatchback Paling Fun to Drive

Rp 170.000.000

21/12/2019

Editor rate:

Jika berbicara tentang Suzuki Swift, secara pamor mobil ini memang tidak sementereng Toyota Yaris dan Honda Jazz. Namun, mobil ini bisa jadi alternatif jika Anda membutuhkan sebuah hatchback yang memiliki unsur fun-to drive dan fitur melimpah.

Lihat juga

Review Toyota Glanza 2019: Hatchback Hybrid ‘Murmer’ Anak Pertama Toyota-Suzuki

12/06/2019

Editor rate:

Toyota akhirnya meluncurkan hatchback terbarunya di India pada 6 Juni lalu. Bermitra dengan Maruti Suzuki India, Toyota Glanza 2019 merupakan versi lain dari Maruti Suzuki Baleno facelift yang diluncurkan pada Januari 2019. Apa saja persamaan dan perbedaan kedua mobil ini?

Lihat juga

Review Mazda 2 GT 2020: Kompromi Positif Demi Raih Tahta Raja Hatchback Compact

31/01/2020

Editor rate:

Versi facelift dari Mazda 2 akhirnya masuk ke Indonesia di Indonesia. Apakah ubahan yang diberikan pada Mazda 2 GT 2020 mampu menambah daya tarik hatchback ini?

Lihat juga

Review Mazda 3 Hatchback 2019: Evolusi Signifikan Sang Generasi Ketujuh

27/12/2019

Editor rate:

Mazda 3 Hatchback 2019 menjadi bukti Mazda semakin mantap memasuki segmen mobil premium di Indonesia. Apa saja “evolusi” yang ditawarkan medium hatchback ini?

Lihat juga

Review Mini Cooper 5-Door 2015, Hatchback Klasik 5 Pintu Yang Lebih Praktis

04/08/2018

Editor rate:

Setelah menjadi trendsetter hatchback ikonik dengan Mini Cooper 3 pintu, kali ini Mini menghadirkan Mini Cooper 5 pintu untuk mereka yang lebih mementingkan fungsionalitas dan kepraktisan tanpa mengorbankan nilai utama sebuah mobil MINI. Review Mini Cooper 5-Door 2015 akan dijabarkan di bawah ini.

Lihat juga
back to top