Review Nissan X-Trail 2016

15/12/2017

Share this post:

Nissan X-Trail 2016

Editor rate:

Daftar Harga Nissan X-Trail Terbaru Lihat promo

Dengan banyak minat masyarakat terhadap mobil Sport Utility Vehicle (SUV) yang kemudian membuat banyak perusahaan otomotif terus berinovasi menciptakan mobil SUV yang nyaman dan memiliki tampilan yang modern. Salah satu produsen handal, Nissan, menghebohkan tanah air dengan menghadirkan Nissan X-Trail 2016. Bagaimana informasi selengkapnya? Yuk kita simak sobat dalam tulisan review Nissan X-Trail 2016 ini.

Review Nissan X-Trail 2016
Review Nissan X-Trail 2016
0 Gambar

Pengantar Nissan X-Trail 2016

Mari kita simak spesifikasi Nissan X-Trail 2016 di bawah ini.

Kelebihan

SUV dengan Ground Clearance yang cukup tinggi

Memiliki fitur yang mumpuni baik dalam aspek keselamatan dan hiburan terutama pada sistem Around View Monitor

Desain eksterior yang cukup macho dan garang

Kekurangan

Bangku ketiga yang sangat sempit sehingga lebih banyak digunakan untuk menambah kapasitas bagasi

Dengan menghadirkan fitur-fitur terbaru tentu saja akan memberikan dampak pada harga sparepart yang akan terasa lebih sedikit tinggi

Nama Nissan di Indonesia yang masih terbilang belum populer memberikan dampak pada aspek jaringan after sales yang minim dan menurunnya harga jual kembali

Review Nissan X-Trail 2016 - Pada acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014, Nissan merilis produk barunya yakni Nissan X-Trail. Sontak hal ini membuat Nissan menjadi salah satu partisipan yang akan bersaing di pangsa pasar Indonesia khususnya di kelas SUV. Pada tahun 2017 ini, Nissan X-Trail merajai penjualan di kelasnya yang mampu menjual 1.221 unit. Sedangkan untuk pesaingnya, Honda CR-V, mampu menjual 1.124 unit yang kemudian meraih posisi kedua setelah Nissan. Wah, informasi ini menjadi semakin menarik sobat. Pada kesempatan kali ini, Cintamobil.com akan mengupas tuntas segala hal tentang Nissan X-Trail 2016. Yuk kita simak review Nissan X-Trail 2016 ini.

Eksterior Nissan X-Trail 2016

Hal pertama yang akan dibahas adalah desain eksterior Nissan X-Trail 2016. Dari desain luarnya, Nissan X-Trail 2016 memiliki tampilan yang mewah dan cukup gahar yang tentu saja akan cocok untuk kalangan pria dewasa. Desainnya yang cukup macho dapat menarik perhatian banyak khalayak ramai terutama saat berjalan di tengah kota yang ramai. Di sesi ini, Cintamobil.com akan membagi bahasan ini menjadi tiga bagian yakni desain bagian depan, desain bagian samping dan desain bagian belakang.

Tampilan bagian depan Nissan X-Trail 2016 berwarna silver sedang parkir di tempat dengan banyak pohon

Desain bagian depan Nissan X-trail 2016

  • Desain Bagian Depan

Nissan X-Trail 2016 telah dibekali dengan headlamp auto On/Off yang memiliki teknologi LED Daytime Running Light. Hal ini tentu saja mampu memberikan tampilan yang modern dan gagah. Sedangkan di sisi lain, lampu ini mampu memberikan penerangan yang cukup khususnya pada area-area yang minim lampu kota di malam hari. Front Bumper juga ditampilkan dengan konsep gagah dan cukup tinggi sehingga mampu memberikan kesan atletis pada mobil ini. Fitur fog lamp juga telah disematkan seperti kendaraan-kendaraan mewah lainnya, yang tentu saja mampu memberikan penerangan yang cukup ketika berjalan di kondisi cuaca yang buruk dan berkabut.  Logo berbentuk trapesium terbalik melengkapi keindahan dari logo Nissan yang  mampu memberikan ciri khas kebanggaan Nissan.

Tampilan bagian samping mobil Nissan X-Trail 2016 berwarna silver sedang parkir di tengah sawah rumput

Desain bagian samping Nissan X-Trail 2016

  • Desain Bagian Samping

Pada bagian sampingnya, terdapat Side Skirt yang kemudian memberikan kesan elegan dan modern. Roof Rail juga disematkan pada bagian atas mobil ini yang memberikan tampilan SUV berkelas modern. Ukiran tegas dan berisi pada bagian sampingnya, membuat mobil ini terlihat elegan dan mewah. Ukuran ban yang besar 225 / 60 R18 dikemas dengan velg yang berdesain sporty. Hal ini juga memberikan ground clearance sebesar 210 mm yang kemudian dapat membuat mobil ini berjalan dengan nyaman di berbagai medan.

Bagian belakang Nissan X-Train 2016 berwarna coklat tua sedang berjalan di jalan Jakarta Indonesia

Bagian belakang dikemas dengan tail light 

  • Desain Bagian Belakang

Bagian belakangnya, Nissan X-Trail 2016 dikemas dengan Tail Light yang berukuran besar dengan posisi horizontal. Hal ini juga dilengkapi dengan Stop Lamp berteknologi LED yang tentu saja memberikan daya konsumsi yang irit dan penerangan yang cukup pada bagian belakang mobil. Logo Nissan dan X-Trail juga dihadirkan sebagai penanda ciri khas Nissan X-Trail.

>>> Baca juga: 


Interior Nissan X-Trail 2016

Setelah membahas tentang desain eksteriornya, kini saatnya Cintamobil.com akan membahas interior Nissan X-Trail 2016. Secara sekilas, interior Nissan X-Trail 2016 dikemas dengan material yang berkualitas dan memiliki fitur canggih. Ruang kabin yang cukup luas menjadikan fitur unggulan tentunya sebagai mobil berkelas SUV.

Gambar bagian dashboard mobil Nissan X-Trail 2016 dengan warna utama yaitu hitam

Dashboard memberikan kesan elegan dengan panduan warna hitam 

  • Dashboard

Pada bagian dashboard, Cintamobil.com sungguh terpeson dengan fitur-fitur canggih dan desain interiornya. Material pelapis dashboard yang cukup lembut memberikan kesan elegan dengan perpaduan warna hitam yang elegan. Panel audio visual berukuran 7 inci dilengkapi dengan sistem touchscreen. Di bagian layarnya juga terdapat tombol  2DIN AM/FM CD Player yang sudah mendukung format MP3. Advanced Drive-Assist Display di bagian kemudi dikemas apik dengan fungsi memantau kondisi kendaraan baik dari informasi waktu, bahan bakar dan lainnya.

Gambar setir mobil Nissan X-Trail 2016 berwarna hitam

Gambar setir mobil Nissan X-Trail 2016

  • Setir

Nissan X-Trail 2016 memiliki Steering Switch Audio Control, yang bukan hanya berguna untuk kontrol kemudi kendaraan tetapi juga dilengkapi dengan fitur tombol pengaturan audio untuk mengatur sistem audio musik secara praktis. Sedangkan untuk masalah desain, steering wheel-nya dikemas apik dengan bentuk segitiga terbalik yang menggembung dan dikemas apik dengan logo Nissan. Hal ini tentu saja membuat pengemudi merasa nyaman memegang stir kemudi dari Nissan X-Trail 2016 ini. Kenyamanan ini juga didukung dengan setir yang sudah bertipe scopic sehingga kita dapat mengatur senyaman mungkin jarak tangan kita menyentuh setir.

Gambar interior Nissan X-Trail 2016 dengan banyak kursi di dalam berwarna hitam

Kursi berbahan dasar kulit berwarna hitam

  • Kursi

Nissan X-Trail 2016 menggunakan kurisi yang berbahan dasar kulit dengan balutan warna hitam sehingga memberikan kesan elegan bagi penumpangnya. Kursi pada deret pertama, dilengkapi dengan Electric Seat yang bisa mengontrol posisi kursi ke atas bawah ataupun ke belakang dan ke depan, sehingga pengemudi dapat duduk dengan posisi yang nyaman. Kursi pada bangku kedua juga dilengkapi dengan fitur premium yakni kursi dapat digeser ke depan untuk keleluasaan dan kenyamanan ruang kaki. Di sisi lain, kursi di bangku kedua ini dapat dilipat dengan rebah rata atau tidur sehingga ruang bagasi dapat menjadi semakin luas. Sedangkan untuk masalah kapasitas, Nissan X-Trail 2016 mampu menampung hingga 8 orang dengan spesifikasi tiga sap jok.

Gambar ruang bagasi mobil Nissan X-Trail 2016

Pintu di ruang bagasi ini akan terbuka secara otomatis

  • Ruang Bagasi

Di bagian ruang bagasi, Nissan X-Trail 2016 ini dilengkapi dengan fitur canggih yakni Hands Free (Touchless) Back Door System. Pintu bagasi akan terbuka secara otomatis hanya dengan satu ketukan pada tombol di bagian dashboard. Hal ini juga dapat dilakukan lewat kunci mobil atau Intelligent Key dan tombol manual pada bagian pintu bagasi. Fitur ini dapat dinikmati hanya pada tipe Nissan X-Trail 2016 2.0 CVT dan 2.5 CVT. Untuk ruang bagasinya, Nissan X-Trail 2016 mampu menampung 5 sampai 6 tas berukuran besar jika kursi bagian kedua dilipat rata. Cukup lega bukan?

>>> Mungkin Anda ingin baca:

Fitur Nissan X-Trail 2016

Tiba saatnya, Cintamobil.com membahas fitur Nissan X-Trail 2016 yang akan dibagi menjadi dua topik bahasan yakni fitur keamanan dan fitur hiburan. Yuk kita simak sobat.

gambar menggambarkan Fitur chasis control di Nissan X-Trail 2016

Fitur chasis control

  • Fitur Keamanan

Dual SRS Airbag menjadi fitur pertama yang dimiliki Nissan X-Trail 2016. Komponen ini ditempatkan pada kursi bagian depan sehingga dapat meminimalisir dampak kecelakaan sehingga bagian tubuh dari pengemudi dapat terlindungi. Fitur unggulan pertama adalah dilengkapinya Around View Monitor pada bagian panelnya yang berfungsi untuk memantau 360 derajat dari posisi kendaraan anda dengan empat kamera yang ditampilkan secara split up pada panel display. Hal ini tentu saja akan sangat berguna ketika melakukan proses parkir di area yang cukup sempit sehingga mobil anda dapat tidak membentur objek di sekitar anda. Fitur 3 Point Seat Belt juga dihadirkan pada tiap-tiap bangku yang tentu saja akan membuat para penumpang merasa nyaman selama perjalanan. Mobil ini juga dilengkapi dengan sistem pengereman Anti-Lock Breaking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA) sehingga pengemudi dapat melakukan pengereman dengan empuk dan handal. Tidak lupa juga Nissan X-Trail 2016 dilengkapi dengan kunci Immobilizer dan Vehicle Security System sehingga kendaraan anda akan terhindar dari aksi pencurian.

  • Fitur Hiburan

Untuk fitur hiburan, Nissan X-Trail 2016 memberikan fitur audio yang cukup mumpuni dilengkapi dengan touchscreen. Mobil ini juga memiliki kualitas audio yang mumpuni sehingga penumpang dapat mendengarkan kualitas musik favorit yang memuaskan. Ada juga fitur AC yang bisa mengatur tingkat kesejukan yang berbeda baik pada bagian kiri ataupun kanan. Pada bagian lampu depannya, Nissan X-Trail 2016 dikemas dengan teknologi Follow Me Home yang dimana fitur ini akan aktif apabila anda memarkir kendaraan anda dan menekan lampu Dim dan mematikan mesin. Ketika anda keluar dari dan mengunci kendaraan anda, maka lampu depan anda akan tetap menyala kurang lebih 30 detik dengan maksud memberikan pencahayaan kepada anda ketika memasuki garasi rumah anda. Tidak berhenti di situ, Nissan X-Trail 2016 juga dilengkapi dengan sistem Welcome Light yang dimana lampu pada bagian spion akan menyala selama 5 detik ketika anda menekan tombol unlock pada kunci anda dengan fungsi memberikan penerangan dan kemudahan kepada anda dalam mengakses tuas pintu kendaraan terutama dalam kondisi area yang minim cahaya lampu.

>>> Untuk cek harga Nissan X-Trail 2010, silahkan klik sini

Operasi Nissan X-Trail 2016

Sistem operasi Nissan X-Trail 2016 dibesut dengan mesin dua tipe yakni MR20DD 2.0 Litre pada tipe 2.0 M/T dan 2.0 CVT, sedangkan QR25DE pada tipe 2.5 CVT. Semua tipenya dibesut padu dengan ramuan mesin 16 katup DOHC dan dual CVTCS. Perbedaan pada tipe mesinnya, memberikan perubahan isi silinder yakni 1.997 cc pada tipe 2.0 dan 2.488 cc pada tipe 2.5. Daya pacu pada tipe Nissan X-Trail 2.0 memiliki daya maksimum 144 Ps dan torsi maksimum 20.4 Kg.m. Sedangkan daya pacu tipe Nissan Xtrail 2.5 memiliki daya maksimum 171 Ps dan torsi maksimum 23.8 Kg.m. Sedangkan untuk tipe manual, Nissan X-Trail dibekali dengan sistem transmisi 6 percepatan dan untuk tipe CVT, Nissan X-Trail dibekali dengan XTRONIC CVT dengan mode manual. Sistem bahan bakar pada tipe 2.0 dibekali dengan Direct Injection sedangkan pada tipe 2.5 dibekali dengan Multi Point Injection.

>>> Apakah Anda sedang cari mobil Nissan X-Trail 2004, klik sini untuk pilih salah satu mobilnya

Spesifikasi Nissan X-Trail 2016

Setelah rampung membahas banyak hal tentang hal tentang Nissan X-Trail 2016, kini Cintamobil.com akan memberikan spesifikasi Nissan X-Trail 2016.

Tipe mobil

2.0 MT

2.0 CVT

2.5 CVT

Mesin Nissan X-Trail 2016

Tipe mesin

MR20DD 2.0 Litre DOHC 16 Valve, Dual Continous Valve Timing Control System (Dual CVTCS)

QR25DE 2.5 DOHC 16 valve , Dual Contionous Valve Timing System (Dual CVTCS)

Kapasitas Silinder

1.997 cc

2.488 cc

Suplai Bahan Bakar

Direct Injection

Multi Point Injection

Daya Maksimum

144 PS/6000 RPM

171 PS/6000 RPM

Torsi Maksimum

20.4 Kg.m.4.400 RPM

23.8 Kg.m/4.400 RPM

Suspensi Nissan X-Trail 2016

Suspensi Depan

Independent Macpherson Strut with Stabilizer Bar

Suspensi Belakang

Independent Multi Link with Stabilizer Bar

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Disc

Ukuran Ban

225 / 65 R17

225 / 60 R18

Daftar Harga Nissan X-Trail 2016

Akan tidak lengkap rasanya jika kita belum mengetahui berapa harga yang dipatok untuk mobil Nissan X-Trail 2016 ini. Pada sesi ini, Cintamobil.com akan memberikan daftar harga Nissan X-Trail 2016.

Tipe Mobil

Harga Nissan X-Trail 2016

Nissan X-Trail 2.0 M/T

IDR. 395.000.000

Nissan X-Trail 2.0 CVT

IDR. 419.600.000

Nissan X-Trail 2.5 CVT

IDR. 451.800.000

>>> Inilah harga Nissan X-Trail 2016, langsung klik yuk

Kesimpulan Nissan X-Trail 2016

Dapat disimpulkan, Nissan X-Trail 2016 merupakan mobil SUV yang cukup menawan cocok untuk peminatnya yang berjiwa petualang. Desain eksterior yang dihadirkan cukup mumpuni dengan banyak penggunaan teknologi LED pada setiap lampunya. Desain interiornya yang terbalut apik didukung dengan fitur mumpuni seperti Around View Monitor dikemas apik dengan panel audio Touchscreen berukuran 7 inci. Fitur keselamatan dan fitur hiburan Nissan X-Trail 2016 tidak akan mengecewakan peminatnya sehingga mobil ini memang sengaja dikonsep supaya penumpang merasa nyaman dalam perjalanan. Spesifikasi yang layak diacungi jempol menjadi fitur unggulan tersendiri. Bagaimana tidak, Nissan dihadirkan ke dalam dua tipe isi silinder yakni 1.997 cc dan 2.488 cc. Proses bahan bakar juga akan dipastikan irit dikarenakan teknologi Direct Injection sudah dihadirkan pada tipe 2.0 dan Multi Direct Injection pada tipe 2.5. Segala kemewahan yang mumpuni ini tentu juga memberikan sedikit dampak negatif yang salah satunya seperti harga sparepart yang akan cukup mahal. Tapi kekurangan-kekurangan yang telah dijelaskan sebelumnya, tidak akan terasa begitu signifikan jika mobil ini merupakan mobil impian anda. Cintamobil.com juga berasumsi dari segala kemewahan yang dihadirkan tentu juga akan ada sedikit resiko negatif. Secara keseluruhan, Cintamobil.com merasa mobil Nissan X-Trail 2016 patut untuk dimiliki oleh anda karena segala kelebihannya sungguh menggoda.

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Nissan Juke 2018 Indonesia

Rp. 280.000.000

07/12/2017

Editor rate:

Nissan Juke yang sukses membawa desainnya menjadi trend semenjak tahun 2010, akan menghadirkan generasi terbarunya di tahun 2018 mendatang. Dengan informasi ini, tentu saja akan banyak sekali perubahan yang signifikan pada Nissan Juke. Meski perjalanan Nissan masih belum dikategorikan populer di Indonesia, tetapi Nissan selalu menghadirkan produk-produk yang inovatif dan mumpuni. Inilah tulisan tentang Nissan Juke 2018 Indonesia.

Lihat juga

Review Nissan Note 2017: Muncul Dengan Gaya Sporty-Elegan

01/07/2017

Editor rate:

Setelah peluncurannya di Negeri Gajah Putih, Nissan Indonesia pun membawa hatchback Nissan Note 2017 ini ke pasar otomotif Tanah Air melalui jalur impor ASEAN.

Lihat juga

Review Nissan March 1.2 AT 2017: Pilihan City Car yang Lebih Murah dari LCGC

01/01/2020

Editor rate:

Nissan March 1.2 AT 2017 menawarkan pilihan harga city car lebih baik dari LCGC. Lalu keunggulan apa lagi yang ditawarkan? Simak ulasannya di bawah ini.

Lihat juga

Test Drive Nissan Terra VL 4x2 2018

05/08/2018

Editor rate:

Kejayaan masa lalu memang menyenangkan untuk diingat, kendati kondisi kini dan dahulu itu berbeda. Namun bukan berarti kesuksesan masa lampau tidak bisa terulang kembali. Bisa jadi kesuksesan Nissan Terrano di masa pertengahan 1990an dapat diulang kembali oleh Nissan Terra, SUV ladder frame ini baru saja kami test drive di acara GIIAS 2018. Berikut ini Test Drive Nissan Terra VL 4x2 2018.

Lihat juga

Review Nissan GT-R Nismo 2020: 'Godzilla' Tumbangkan Euphoria Toyota Supra

28/04/2019

Editor rate:

Selepas kehadiran Toyota Supra di beberapa bulan lalu, tampaknya Nissan tak mau kalah dengan memberikan pembaruan pada model legendarisnya yakni GT-R. Performanya kini benar-benar bertambah garang yang digadang-gadang menjadi kandidat terberat dari Toyota Supra. Mari kita simak informasinya dalam review Nissan GT-R Nismo 2020.

Lihat juga
back to top