Review Nissan X-Trail 2008

29/12/2018
editor rate: 4,0 user rate: 4,0
Perlu waktu delapan tahun bagi Nissan untuk mengembangkan X-Trail generasi ke-2 yang berkode bodi T31, seperti apa pendapat kami mengenai Nissan X-Trail T31 tahun 2008 ini? Berikut ini adalah review Nissan X-Trail 2008 T31 hanya di Cintamobil.com

PENGANTAR Nissan X-Trail 2008

Gambar mobil  Nissan X-Trail ST 2.0 2008 berwarna hitam

Tahun 2008 Nissan menyediakan varian bermesin 2000 cc bertransmisi manual 6 percepatan yang tampilannya seperti ini

Review Nissan X-Trail 2008 T31 - Perlu setidaknya delapan tahun bagi Nissan untuk segera mengelurakan generasi kedua dari Nissan X-Trail. Sebenarnya kami awak redaksi Cintamobil.com sempat bingung, apa yang menyebabkan Nissan global begitu lama mengeluarkan generasi kedua dari Nissan X-Trail yang punya kode bodi T31. Apakah model Nissan X-Trail generasi pertama yang punya kode T30 se-abadi Mercedes-Benz G-Glass atau se-macho Land Rover Defender, sehingga desainer Nissan global cenderung agak 'malas' mengganti model, dan hanya bermain pada penambahan varian saja, atau karena hal lainnya. Meski dalam sepak terjangnya di Indonesia, Nissan X-Trail sempat menjadi market leader penjualan SUV di Indonesia, tepatnya pada tahun 2005, namun karena 'keterlambatan' ini, posisi Nissan X-Trail sempat diambil alih oleh musuh bebuyutannya yakni Honda CR-V yang hadir dengan model revolusioner pada tahun 2007.

Gambar mobil Nissan X-Trail 2008 2.5 CVT T31 berwarna hitam dilihat dari sisi depan

Varian menengah dengan trim ST menggendong mesin QR25DE dengan kapastian 2500 cc XTronic CVT

Sedikit menengok sejarah tentang hadirnya Nissan X-Trail di Indonesia, PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) menghadirkan Nissan X-Trail pada tahun 2001 dengan format CBU, saat itu hadir sebagai tes pasar disela-sela Nissan Terrano sebagai SUV andalan Nissan saat itu. Langkah yang diambil Nissan ini bisa dibilang cerdas, karena Terrano hajat hidupnya hanya bertahan hingga 5 tahun saja setelah Nissan X-Trail diperkenalkan. Saat itu X-Trail dipersenjatai dengan unit mesin QR20DE yang berkapasitas 1.998 cc dengan tenaga sebesar 140 Ps atau sekitar 137,5 Hp serta torsi 200 Nm. Nissan X-Trail ternyata mendapatkan sambutan cukup hangat, hal ini membuat PT NMI 'serius' di pasar ini. Terbukti pada tahun 2003 Nissan X-Trail dengan mesin berkode QR25DE 2500 cc diluncurkan di Indonesia, masih dengan kode bodi T30 dan semua variannya menggunakan transmisi otomatis 4 percepatan dengan torque converter.

Gambar mobil Nissan X-Trail 2.5 XT T31 2008 berwarna hitam dilihat dari sisi depan yang sedang parkir di halaman depan rumah

Varian tertinggi Nissan X-Trail 2008 menggunakan kode tipe XT

Satu tahun sebelum kemunculan Nissan X-Trail generasi ke-2, PT NMI meluncurkan Nissan X-Trail versi Nismo yang dipersenjatai dengan transmisi manual 5 percepatan, dan mesin QR20DE. Versi Nismo ini tampil lebih agresif dengan body kit yang lebih berani serta dilengkapi dengan striping 'NISMO'. Baru-lah pada tahun 2008 Nissan Indonesia meluncurkan Nissan X-Trail generasi kedua dengan kode bodi T31, kali ini Nissan meluncurkan varian X-Trail ini secara 'lengkap'. Ada X-Trail bermesin MR20DE yang merupakan kerjasama dengan Renault. Mesin ini berkapasitas 1.997 cc dan mampu menghasilkan tenaga 139,3 Hp serta torsi sebesar 198 Nm. X-Trail bermesin 2000 cc ini dikawinkan dengan transmisi manual 6 percepatan dengan rasio rapat. Sementara untuk X-Trail yang bermesin 2500 cc masih menggunakan basis mesin QR25DE yang sama dengan sebelumnya, bedanya mesin ini dikawinkan dengan transmisi sejuta rasio alias CVT. Ada 3 varian yang ditawarkan yakni Standar 2.0, ST, dan yang paling tinggi XT. So, agar lebih jelas mari kita simak ulasan Nissan X-Trail 2008 T31 ini.

EKSTERIOR Nissan X-Trail 2008

Review Nissan X-Trail 2008 T31 : Tampilan Depan

Tampilan depan mobil Nissan X-Trail 2008 T31 berwarna abu-abu

Tampilan depan Nissan X-Trail T31 ini begitu gagah dengan bentuk mengkotak dan grill V-Shape khas Nissan

Jika dilihat dari depan, sebenarnya tampilan depan Nissan X-Trail ini masih terinspirasi dengan Nissan X-Trail generasi sebelumnya yang pakai kode bodi T30. Namun, di Nissan X-Trail dengan kode bodi T31 ini tampil lebih lebih mengkotak dan kaku. Lihat saja tampilan depan mobil ini, yang penuh dengan guratan garis tegas, dan juga gagah. Bahkan grill V-Shape mobil ini juga membuat tampilan depan Nissan X-Trail 2008 T31 ini semakin gagah. Headlampnya kini menggunakan model dua cluster yang terpisah untuk lampu kota serta lampu dekat dan lampu sorot jauh. Khusus untuk tipe XT, dilengkapi dengan lampu sorot yang cahayanya sangat terang dan titik fokusnya baik. Pun begitu dengan lampu utamanya yang sudah dilengkapi dengan projector meski bohlamnya masih halogen H4 biasa.

Review Nissan X-Trail 2008 T31 : Tampilan Samping

Tampilan samping mobil Nissan X-Trail 2008 T31 berwarna hitam

Tampilan sampingnya kini lebih mengkotak apabila dibandingkan dengan X-Trail generasi sebelumnya yaitu T30

Tampilan samping mobil ini kini lebih mengkotak apabila dibandingkan langsung dengan Nissan X-Trail generasi pertama yang pakai kode bodi T30. Desainnya kini macho serta gagah namun tidak lekas meninggalkan kesan mewahnya. Khusus untuk tipe XT dan ST dilengkapi dengan spion tanduk yang sangat membantu apabila hendak parkir di gang sempit, karena dari spion imut itulah, posisi ban depan dapat diketahui dengan baik dan presisi serta masih untuk varian bermesin 2000 cc serta varian 2500 cc tipe ST dan XT, dilengkapi dengan spoiler belakang yang ukurannya besar guna membantu roda belakang mendapatkan daya cengkram yang lebih baik ketika kecepatan tinggi. Untuk desain pelek sendiri berbeda antara varian bermesin 2000 cc dengan 2500 cc ST dan XT, meski keempat roda sudah menggunakan rem cakram dan dilengkapi dengan ABS, EBD, dan BA.

Review Nissan X-Trail 2008 T31 : Tampilan Belakang

Tampilan belakang mobil Nissan X-Trail 2008 T31 berwarna hitam

Tampilan belakang X-Trail T31 jauh lebih cantik dan berkharisma dari T30

Tampilan belakang Nissan X-Trail T31 jauh terlihat lebih cantik dan berkharisma apabila dibandingkan dengan Nissan X-Trail T30. Karena, meski desainnya kini lebih tegas dan mengkotak, namun guratan garis desainnya membuat mobil ini tidak tetrlihat kaku meski desainnya mengkotak. Tak heran, Nissan X-Trail sering diandalkan oleh pihak kepolisian dan juga pihak Tentara Nasional Indonesia sebagai mobil dinas dan mobil patroli pengawalan atawa PATWAL. Apalagi performa dari mesin Nissan X-Trail ini bisa dikatakan buas dan enak sekali akselerasinya. Salah satu hal yang unik di Nissan X-Trail T31 ini adalah letak lampu tanda mundur berwarna putih yang diletakkan pada bagian bawah bersamaan dengan bumper. Memang menjadi lebih rapi, namun tidak semua orang di sekitar Nissan X-Trail ini sadar keberadaan lampu mundur tersebut.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

INTERIOR Nissan X-Trail 2008

Review Nissan X-Trail 2008 T31 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan Layout dasbor Nissan X-Trail 2008 T31

Dasbor Nissan X-Trail T31 memang mengkotak namun dasbor ini fungsional dan praktis

Layout dasbor Nissan X-Trail T31 ini punya desain yang senada dengan tampilan eksteriornya yaitu mengkotak. Meski desainnya kaku dan kotak namun fungsional dari dasbor Nissan X-Trail T31 2008 ini sangat praktis. Ada dua tempat penyimpanan tertutup, yang terletak pada bagian tengah atas dasbor, serta satu buah laci penyimpanan tertutup didepan kursi penumpang depan. Bahkan dibawah kursi penumpang depan ada laci khusus yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan sepatu dan juga benda basah lainnya seperti payung. Lalu ada dua buah cup holder yang dilengkapi dengan pendingin untuk minuman kaleng Anda. Jujur saja, kami sangat menyukai kepraktisan dari dasbor Nissan X-Trail T31 2008 ini, sayangnya meski modelnya tidak sebaik rivalnya asal Jepang lain seperti Honda CR-V yang punya desain dasbor mewah dan tampak luas.

Review Nissan X-Trail 2008 T31 : Layout Kursi

Gambar menunjukkan Layout kursi Nissan X-Trail T31 2008

Kelima penumpang dewasa dapat duduk dengan nyaman di kursi Nissan X-Trail T31

Kelima penumpang dewasa dapat duduk dengan nyaman didalam kabin Nissan X-Trail 2008 T31 ini, karena busa joknya empuk, bahan yang digunakan juga lembut, serta kursinya juga cukup besar. Meski harus diakui untuk sektor akomodasi Nissan X-Trail 2008 T31 ini harus bertekuk lutut dari musuh bebuyutannya yaitu Honda CR-V yang mempunyai akomodasi luar biasa mengagumkan untuk mobil dikelasnya. Mulai dari ruang kepala alias headroom, ruang lengan atau legroom hingga kelegaan kabin Nissan X-Trail 2008 T31 ini masih harus mengakui keunggulan Honda CR-V. Sektor akomodasi terutama kursi memang bukan kelebihan utama atau hal yang bisa dibanggakan dari sebuah Nissan X-Trail 2008 T31. Namun setidaknya kursi mobil ini sudah cukup dan cukup memeluk pengemudi dan penumpang depan ketika mobil akan bermanuver cepat.

Review Nissan X-Trail 2008 T31 : Bagasi

Gambar menunjukkan ruang Bagasi Nissan X-Trail T31 2008

Salah satu bagian istimewa di interior Nissan X-Trail T31 adalah bagasinya yang praktis dan tahan air

Salah satu kelebihan Nissan X-Trail 2008 T31 yang enggak dimiliki oleh pesaingnya dikelas ini adalah bagasi mobil inil. Karena salah satu bagian istimewa pada sisi interior Nissan X-Trail T31 adalah pada bagasinya yang praktis serta tahan air. Apalagi bagasi mobil ini didukung dengan lantai yang keras dan juga kuat. Anda bisa lebih bebas meletakkan benda basah di laci pada bagian bawah bagasi mobil ini. Hebatnya, untuk mengakses ban serep tidak perlu melakukan usaha ekstra seperti harus ngolong, karena tinggal angkat saja lantai bagasi paling bawah, maka ban serep, dongkrak, serta kunci-kunci yang dibutuhkan akan langsung terlihat. Tentu saja ini akan memudahkan bagi pengemudi wanita yang cenderung ogah repot ketika ingin mengakses ban serep.

>>> Baca juga:

FITUR Nissan X-Trail 2008

Review Nissan X-Trail 2008 T31 : Ringkasan Fitur Hiburan

Gambar menunjukkan Ringkasan Fitur Huburan Nissan X-Trail T31 2008

Pada saat peluncurannya di tahun 2008, semua varian X-Trail T31 belum dilengkapi dengan head unit bermonitor seperti digambar ini

Untuk sektor hiburan, memang lagi-lagi Nissan X-Trail 2008 T31 harus mengakui keunggulan seteru abadinya yaitu Honda CR-V. Karena pada saat pertama kali peluncurannya pun sektor hiburan dari mobil ini sudah 'kalah set' dari Honda CR-V. Bahkan untuk tipe tertinggi yaitu XT sekalipun belum dilengkapi dengan head unit dengan monitor. Meski Honda CR-V tipe tertinggi dengan mesin K24 berkapasitas 2400 cc juga belum dilengkapi dengan head unit bermonitor. Namun, untuk fitur serta kualitas suara head unit Nissan X-Trail T31 2008 kalah bagus bila dibandingkan dengan head unit lansiran Kenwood yang terpasang di Honda CR-V. Maka enggak heran, banyak yang mengganti head unit bawaan mobil dengan head unit aftermarket yang sudah built in dengan monitor.

Review Nissan X-Trail 2008 T31 : Multi Information Display

Gambar menunjukkan fitur Multi Information Display Nissan X-Trail T31 2008

Di tahun 2012 Nissan melakukan penyegaran pada X-Trail T31, salah satu bentuk penyegarannya adalah panel spidometer yang lebih modern seperti ini

Salah satu hal istimewa yang ada di Nissan X-Trail 2008 T31 adalah hadirnya on board computer dalam format multi information display yang terletak diantara dua buah cluster spidometer. Sayangnya latar belakang oranye pada multi information display di Nissan X-Trail 2008 T31 ini kurang menarik dan enggak semenarik kepunyaan rivalnya yaitu CR-V. Untunglah hal tersebut dengan cepat disadari oleh Nissan dan PT NMI mengganti dengan multi information display model terbaru yang lebih enak untuk dilihat pada tahun 2012.

Review Nissan X-Trail 2008 T31 : Ringkasan Fitur Keselamatan

Sebagai SUV medium, Nissan X-Trail 2008 T31 juga dilengkapi dengan fitur keselamatan yang mumpuni, ada ABS, EBD, dan BA serta Dual SRS Airbag.

>>> Ingin Liburan? Perhatikan Tips Aman di Jalan dari Nissan Indonesia Berikut

OPERASI Nissan X-Trail 2008

Gambar bagian Mesin QR25DE Nissan X-Trail T31 2008

Nissan X-Trail generasi T30 dikenal buas, namun generasi T31 ini lebih ramah terhadap penggunaan bahan bakar

Mesin Nissan X-Trail 2008 T31 ini menggendong mesin QR25DE untuk yang berkapasitas 2500 cc, dan juga mesin MR20DE yang merupakan mesin hasil kerjasama antara Renault dengan Nissan. Jika Nissan X-Trail generasi sebelumnya dikenal boros bahan bakar, maka tidak pada generasi ketiga ini. Semua berkat penerapan katup variabel dan juga transmisi sejuta rasio Xtronic CVT yang dapat dioperasikan secara manual. ECU dari mobil ini juga pintar, karena mampu membaca 1000 karakter pengemudi dan akan menyesuaikan sesuai dengan gaya mengemudi Anda. Untuk sektor pengendalian nampaknya Nissan X-Trail harus mengakui keunggulan dari Honda CR-V.

>>> Kelebihan dan Kekurangan Nissan X-Trail 2017

spesifikasi Nissan X-Trail 2008

Berikut ini adalah spesifikasi Nissan X-Trail T31 2008.

Mesin Nissan X-Trail T31 2008

Seri mesin

QR25DE, Dual CVTC

Bahan Bakar

Bensin dengan oktan 92

Tenaga Maksimum

170 Hp

Torsi Maksimum

237 Nm

 Kapasitas Silinder

2.488 cc

Bore X Stroke

89 mm X 100 mm

Tipe Transmisi

Xtronic CVT

Rangka Nissan X-Trail T31 2008

Panjang Keseluruhan

4.630 mm

Lebar Keseluruhan

1.796 mm

Tinggi Keseluruhan

1.689 mm

Jarak Poros Roda

2.629 mm

Kapasitas Tangki

65 liter

Suspensi/Kaki-Kaki Nissan X-Trail T31 2008

Ban

Dunlop Grandtrek

Pelek

Alloy

Power Steering

EPS

kelebihan & kekurangan Nissan X-Trail 2008

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Nissan X-Trail 2008 menurut Cintamobil.com

Kelebihan

Kekurangan

Mesin kencang

Transmisi CVT bila salah perawatan rentan bermasalah

Handling dan performa terbaik di kelasnya

Fitur kalah banyak dibandingkan pesaingnya

Radius putar kecil, dan lincah bermanuver

Bentuk tidak se-revolusioner Honda CR-V yang jadi pesaing utama mobil ini di tahun itu

>>> Klik sini untuk baca artikel review mobil Nissan lainnya

daftar harga Nissan X-Trail 2008

Harga Nissan X-Trail 2008 T31 ditawarkan dari harga Rp 135 juta sampai Rp 180 juta.

>>> Perlu informasi tentang harga dan promo mobil Nissan lain? Cepat klik sini untuk dapat informasi terupdate dan terlengkap

Video Nissan X-Trail 2008

KESIMPULAN Nissan X-Trail 2008

Gambar mobil  Nissan X-Trail T31 2008 berwarna hitam dilihat dari sisi depan

Ingin SUV kencang, nyaman, gagah, dan berharga terjangkau? Nissan X-Trail T31 bekas solusinya

So, is this car for you? Jika Anda menginkan SUV yang nyaman, gagah, serta harganya terjangkau maka Nissan X-Trail T31 2008 adalah solusinya. Apalagi bengkel spesialis Nissan saat ini sudah tersebar luas diberbagai daerah di Indonesia.

>>> Dapatkan informasi terlengkap tentang mobil lainnya dengan klik sini

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil