Review MG HS 2020: Siap Jadi Penantang Serius Toyota Corolla Cross

26/08/2020

Share this post:

MG HS 2020

Editor rate:

Rp 429.800.000

Lihat promo

Pabrikan asal Inggris yang kini dimiliki oleh Tiongkok ini tak tinggal diam dengan meluncurnya Toyota Corolla Cross, karena mereka langsung launching MG HS 2020

Review MG HS 2020: Siap Jadi Penantang Serius Toyota Corolla Cross
Review MG HS 2020: Siap Jadi Penantang Serius Toyota Corolla Cross
0 Gambar

Pengantar MG HS 2020

Mari kita simak spesifikasi MG HS 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Desain sangat 'Eropa'

Transmisi Dual Clutch

Kabin lega nan sporty

Kekurangan

Tidak tersedia varian hybrid

Hanya tersedia satu trim

Jaringan servis MG terbatas

Gambar logo MG

Akhirnya MG luncurkan SUV andalan keduanya

Pemain di kelas SUV C-segment 5-seaters yang dihuni oleh Mitsubishi Eclipse Cross, Mazda CX-30, dan Toyota Corolla Cross kini semakin ramai dengan adanya pendatang baru. Mobil yang jadi newcomer ini adalah MG (Morris Garage) dengan model HS. Tidak ada keterangan resmi apa akronim dari HS itu sendiri, yang jelas menurut MG Motor Indonesia selaku agen pemegang merek MG di Indonesia, SUV MG HS ini masuk di kelas yang sama dengan ketiga jagoan asal Jepang tersebut.

Foto Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020

MG HS siap tahan gempuran Corolla Cross?

Sebagai pendatang baru, tentunya MG HS juga memiliki segudang ‘senjata’ untuk memenangkan pertarungan yang sudah sangat sengit di kelas ini, lantas apakah SUV desain Inggris yang mempunya dua trim yaitu EXCITE dan IGNITE ini siap menjadi penantang serius Toyota Corolla Cross seperti yang digadang-gadang? Mari simak hingga tuntas Review MG HS 2020 ini agar Anda mengetahui secara jelas seperti apa mobil ini. Let’s check it out.

Eksterior MG HS 2020

Review MG HS 2020: Tampilan Depan

Foto tampilan depan MG HS 2020

Grill hexagonal tiga dimensi jadi ciri khas MG

Mulai dari tampilan eksterior depan MG HS 2020 ini, untuk MG HS yang Anda sedang lihat ini merupakan trim IGNITE yang menjadi top of the line di jajaran line up MG HS. Tak heran, ia dilengkapi beberapa detail dan fitur menarik, seperti headlamp dan foglamp yang sudah menganut bohlam jenis LED (Light Emitting Diode) serta ia dilengkapi dengan grille berdesain hexagonal tiga dimensi khas MG.

Foto headlamp MG HS 2020

Headlamp sudah LED

Review MG HS 2020: Tampilan Samping

Foto tampilan samping MG HS 2020

Desain aerodinamis namun tetap cantik

Lanjut ke tampilan eksterior samping MG HS ini, Anda akan melihat desain yang aerodinamis namun tetap cantik. Maklum saja, meskipun kini merek MG sudah diakuisisi oleh SAIC Motors asal China, tetapi pusat rekayasa teknis mobil mereka tetap di Inggris begitu pula dengan desain mobil ini yang juga orang Eropa. Velg 18 inci yang diusung tampak kekar dengan desain multispoke.

Foto ban dan velg MG HS 2020

Velg punya desain keren

Review MG HS 2020: Tampilan Belakang

Foto tampilan belakang MG HS 2020

Knalpot ganda seakan menyiratkan performa mobil ini

Kesan cantik tetap ditunjukkan MG HS ini hingga ke buritan. Stoplamp sudah mengusung bohlam full LED dengan turing signal yang dapat menyala sekuensial dari bagian dalam ke luar seperti halnya mobil lansiran Lexus. O ya, juga terdapat third stop lamp pada spoiler belakang MG HS 2020 ini. Plus ornamen menyerupai ujung knalpot ganda seakan menunjukkan betapa baiknya performa mobil ini.

Foto stoplamp MG HS 2020

Rear combination lamp di buritan menyala cantik


Interior MG HS 2020

Review MG HS 2020: Layout Dashboard

Gambar layout dashboard MG HS 2020

Dashboard bertabur material empuk

Masuk ke bagian interiornya, Anda akan disambut dengan interior yang mewah paduan dari tiga warna, yakni hitam, merah dan sedikit satin silver. Kualitas buatan dashboard MG HS ini juga demikian baik, karena banyak terdapat material empuk yang nyaman ketika disentuh oleh tangan. Pusat informasi berada di tengah dan terpusat pada layar infotainment 10 inci yang dapat dioperasikan secara touchscreen.

Review MG HS 2020: Kursi

Gambar kursi depan MG HS 2020

Jok depan mirip kepunyaan Mercedes-Benz GLA Class

Duduk di kursi MG HS 2020 ini Anda akan cukup terkesan, karena material jok kulitnya cukup lembut ditambah dengan busa jok yang cukup empuk saat diduduki. Sayangnya, model jok depan yang sporty ini tidak bisa diatur ketinggian headrestnya karena pakai model yang menyatu layaknya Mercedes-Benz GLA Class yang pernah kami ulas juga reviewnya. Untunglah lima penumpang termasuk pengemudi dapat duduk dengan nyaman di dalam sebab sudah tersedia 5 seatbelt tiga titik serta hedroom dan legroomnya luas.

Gambar layout kursi MG HS 2020

Lima penumpang dapat duduk dengan nyaman

Review MG HS 2020: Setir

Gambar setir MG HS 2020

Setir nyaman digenggam

Pegang lingkar kemudi dari MG HS trim IGNITE ini dan Anda akan makin terkesan dengan kualitas buatan SUV C-segment berbanderol Rp 400 jutaan ini. Setirnya sudah dibungkus kulit dan terdapat banyak tombol pengatur fitur baik itu untuk mengatur MID (Multi Information Display), voice command, maupun mengatur sistem audio. Sayangnya, setir ini hanya bisa diatur naik turun saja secara manual karena tidak tersedia fitur telescopic.

Review MG HS 2020: Bagasi

Foto bagasi MG HS 2020

Bagasi cukup luas

Proses memasukkan barang bawaan akan menjadi lebih mudah dengan adanya fitur power tailgate. Anda tinggal kantungi saja kunci keyless entry MG HS ini, lalu ayunkan kaki di bawah bumper belakang untuk membuka pintu bagasi mobil ini. Begitu juga ketika hendak menutup, Anda tinggal tekan tombol saja di pintu bagasi atau tombol di dekat pengemudi. Sayangnya, tidak ada informasi mengenai berapa liter kapasitas bagasi yang dimiliki SUV ini.

Fitur MG HS 2020

Review MG HS 2020: Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar 6 Airbag di MG HS 2020

Fitur keamanannya tak perlu diragukan lagi

Rating bintang lima dari pemeringkat keselamatan Euro NCAP (European New Car Assessment Program) dan ANCAP (Australasian New Car Assessment Program) memastikan pengendara MG HS dapat menikmati berkendara yang berkelas sekaligus aman. Fitur keselamatan yang prima juga didukung oleh enam titik airbags, yang terdiri dari dua front side airbags, dua side airbags, serta dua side curtain airbags, Auto Vehicle Hold (AVH), Electronic Differential System, Door Opening Warning (DOW), dan lain sebagainya. Selain itu, kenyamanan ekstra juga diciptakan melalui kualitas udara terbaik di dalam kabin kendaraan karena sistem sirkulasi udara MG HS telah dilengkapi dengan PM 2.5 air filter yang dapat menyaring polusi udara seperti debu dan asap. Tercatat, ada lebih dari 25 fitur keselamatan yang tertanam pada MG HS yang membuktikan keagresifannya sebagai SUV terbaik di kelasnya.

Review MG HS 2020: Panel Instrumen

Gambar panel instrumen dan MID pada MG HS 2020

Panel instrumen modern nan keren

Satu lagi hal spesial yang ada pada MG HS 2020 ini, yakni panel instrumennya yang terlihat modern dan keren. Posisi jarum speedometer dan takometernya berlawanan (contra) ketika bergerak menimbulkan kesan yang unik. Tapi, tak hanya itu saja, MG HS ini juga dilengkapi dengan MID (Multi Information Display) yang mampu menampilkan konsumsi BBM, Tire Pressure Monitoring System, odometer, dan juga tripmeter.

Review MG HS 2020: Pengaturan Mode Berkendara

Gambar tombol Super Sport MG HS 2020

Tekan tombol SUPER SPORT untuk berkendara lebih agresif

Terdapat lima pengaturan mode berkendara pada MG HS 2020 ini. MG HS menyediakan lima ragam mode, yaitu Eco, Normal, Sport, Super Sport, & Custom, yang dapat dipersonalisasi untuk semakin memberikan kontrol dan kebebasan penuh dalam berkendara! Untuk mode Super Sport terdapat tombol shortcut-nya pada lingkar kemudi berwarna merah yang desainnya mirip dengan mobil Mercedes-AMG GT 53 4MATIC.

Operasi MG HS 2020

Gambar mesin SGE LYX 1.5T GDI di MG HS 2020

Mesin andalkan milik GM

MG HS dipersenjatai dengan mesin berkode SGE LYX dengan kapasitas 1,490 cc 4-silinder berpasokan bahan bakar Gasoline Direct Injection, plus Turbocharged. Mesin ini dikembangkan oleh General Motors sejak tahun 2013. Ia mampu menghasilkan tenaga hingga 162 PS atau sekitar 160,5 HP pada putaran mesin 5.500 rpm serta torsi 250 NM di rotasi mesin mulai 1.500 hingga 4.400 rpm. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi kopling ganda 7-percepatan.

Foto tim Cintamobil.com test drive MG HS 2020

Rasa berkendaranya lumayan enak

Spesifikasi MG HS 2020

Berikut ini adalah spesifikasi MG HS 2020.

Mesin MG HS 2020
 Seri mesin

 SGE LYX 1.5T GDI, 4-silinder, Turbocharger, DOHC

 Pasokan Bahan Bakar

 Gasoline Direct Injection

 Jumlah Katup

 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet Per Silinder)

 Tenaga Maksimum

 160,5 HP (162 PS) @ 5.500 rpm

 Torsi Maksimum

 250 NM @ 1.500 - 4.400 rpm

 Kapasitas Silinder

 1,490 cc

 Bore X Stroke

 74,0 mm X 86,6 mm

 Tipe Transmisi

Twin Clutch Sportronic Transmission 7-Speeds, Penggerak Roda Depan (FWD)

  Rangka MG HS 2020
  Panjang X Lebar X Tinggi

 4,574 mm X 1,876 mm X 2,078 mm

 Jarak Sumbu Roda

 2,720 mm

 Jarak Terendah Ke Tanah

 145 mm

 Radius Putar

 5,95 Meter
 Kapasitas Tangki

 55 Liter

  Suspensi/Kaki-Kaki MG HS 2020
 Suspensi Depan & Belakang

 Depan: McPherson struts and stabiliser bar

 Belakang: Independent multilink and stabiliser bar

 Sistem Kemudi

 Rack And Pinion, with Electronic Power Assisted

 Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc Brake & Ventilated Disc

 Teknologi Sistem Pengereman

 ABS + EBD + EBA
 Teknologi Safety Sasis

 Side Impact Beam

 Struktur Sasis

 Monokok, Full Space Frame SUV C-Segment

 Pelek

 Alloy, 18 inch

 Jenis Ban

 Good Year EfficientGrip SUV, 235/50R18

Daftar Harga MG HS 2020

Foto emblem HS di MG HS

Tipe IGNITE ini dihargai tidak sampai Rp 430 juta

MG HS tersedia dalam dua pilihan tipe, yaitu Excite dan Ignite. MG HS Excite ditawarkan mulai dari Rp 369.800.000 (OTR Jakarta), sementara MG HS Ignite ditawarkan mulai dari Rp 429.800.000 (OTR Jakarta). Scarlet Red, Black Knight, Arctic White, dan Silver Metallic adalah empat warna yang dapat dipilih untuk merefleksikan kesan sporty, berkelas, dan elegan.

Kesimpulan MG HS 2020

Foto kesimpulan review MG HS 2020

Sayang jaringan servisnya masih (sangat) terbatas

Mobil ini memang bisa menjadi penantang Toyota Corolla Cross, berkat desain cantik, fitur lengkap, mesin bertenaga, serta kabin yang mewah. Apalagi harga yang ditawarkan nyaris lebih murah Rp 60 juta dibandingkan dengan Corolla Cross termahal itu, namun Anda harus benar-benar mempertimbangkan jika mobil ini belum memiliki jaringan purna jual yang kuat di Tanah Air.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top