Review Lexus RX300 F SPORT 2020: Volume Maker Penjualan Lexus Indonesia

10/07/2020

Share this post:

Lexus RX 2020

Editor rate:

Rp. 1.475.000.000

Harga Lexus RX Terbaru Lihat promo

Lexus RX menjadi backbone penjualan Lexus di Indonesia, lantas sebenarnya seperti apa istimewanya mobil ini? Mari simak Review Lexus RX300 F SPORT 2020...

Review Lexus RX300 F SPORT 2020: Volume Maker Penjualan Lexus Indonesia
Review Lexus RX300 F SPORT 2020: Volume Maker Penjualan Lexus Indonesia
0 Gambar

Pengantar Lexus RX 2020

Mari kita simak spesifikasi Lexus RX 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Mesin bertenaga

Fitur lengkap

Harga kompetitif dibanding pesaingnya

Kekurangan

Jaringan servis Lexus masih terbatas

Varian hybrid tidak dijual di Indonesia

Varian 7-seater tidak dijual di Tanah Air

Gambar Lexus RX generasi pertama dan keempat

Lexus RX gen pertama adalah rebadge Toyota Harrier XU10

Review Lexus RX300 F SPORT 2020 - Bicara mengenai kesuksesan Lexus RX tentunya tidak lepas dari peran serta Toyota Harrier. Maklum saja, dahulu kala sebelum Lexus model RX (Radiant X-Over) ini booming di Amerika, Eropa dan Jepang plus tak terkecuali Indonesia, Toyota Harrier terlebih dahulu dikenal publik, dan Harrier generasi pertama adalah mobil yang menjadi basis dari Lexus RX generasi pertama. Bahkan bisa dibilang Lexus RX generasi pertama merupakan rebadge dari Toyota Harrier berkode bodi XU10.

Gambar Lexus RX dari generasi ke generasi

Lexus RX punya kisah yang cukup panjang

Begitu juga dengan Lexus RX generasi kedua, masih menggunakan basis yang disodorkan oleh Toyota Harrier dengan kode bodi XU30 pada tahun 2003. Generasi kedua ini cukup diminati konsumen terutama di benua Amerika.Tiga tahun masa peredaran Lexus RX generasi kedua ini, Lexus International akhirnya mengembangkan sistem hybrid untuk model SUV yang pertama di dunia, dan mulai diperkenalkan pada tahun 2006 dengan nama Lexus RX 400h. Huruf ‘h’ di belakang angka merupakan tanda powertrain hybrid.

Foto Lexus RX generasi ketiga

Lexus RX generasi ketiga resmi diimpor PT Toyota Astra Motor ke Tanah Air

Lexus RX400h ternyata cukup diterima di pasar mobil dunia terutama di Amerika, sebab ia halus, bertenaga besar, dan cukup nikmat dikemudikan. Terbukti Lexus RX generasi kedua ini bertahan hingga 6 tahun masa peredaran sebelum tahun 2008 muncul Lexus RX generasi ketiga. PT Toyota Astra Motor sendiri selaku distributor Lexus di Tanah Air memasukkan Lexus RX generasi ketiga ini dan cukup mendapat sambutan antusias penyuka SUV premium di Indonesia.

Foto Lexus RX 300 F SPORT 2020

Hingga hari ini Lexus RX menjadi tulang punggung penjualan Lexus Indonesia

Memasuki tahun 2012 Lexus RX generasi ketiga facelift, dan versi ini juga dijual di Indonesia secara resmi. Lanjut ke tahun 2015 dimana Lexus RX generasi keempat meluncur. Atap dengan gaya floating menjadi ciri khas Lexus RX generasi ini. Ia mendapat sambutan yang baik di berbagai belahan dunia tak terkecuali Tanah Air. Lexus RX menjadi primadona dan banyak dimiliki orang kaya di Indonesia. Market Lexus RX generasi keempat ini sanggup menjadi backbone penjualan Lexus Indonesia hingga hari ini. Dan kini saatnya Cintamobil.com membahas versi facelift dari Lexus RX, simaklah review Lexus RX300 F SPORT 2020 yang jadi volume maker penjualan Lexus di Indonesia.

Eksterior Lexus RX 2020

Review Tampilan Depan Lexus RX300 F SPORT 2020

Foto tampilan depan Lexus RX300 F SPORT 2020

Spindle grille Lexus ini terinspirasi dari pohon palem Indonesia

Melihat tampilan depan dari desain eksterior Lexus RX300 F SPORT 2020 ini langsung tersirat kesan sporty dibandingkan dengan tipe Luxury. Hal itu terlihat dari desain spindle grille pada bagian muka yang berkesan provocative elegant layaknya Lexus kekinian. Bedanya dengan tipe Luxury, di F SPORT grille-nya dibuat jaring mirip aksen sarang lebah. O ya, Grille yang indah ini merupakan ciri khas Lexus kekinian dan terinspirasi dari pohon palem yang asli Indonesia.

Foto headamp Lexus RX300 F SPORT 2020

Lampu depan sidaj LED dan sein dapat menyala sekuensial

Seperti halnya model-model Lexus saat ini, headlamp depan sudah mengadopsi bohlam LED (Light Emitting Diode) berjumlah tiga buah baik untuk low beam (lampu dekat) dan juga high beam (lampu jauh)-nya. Keistimewaannya tak sampai di situ, headlamp ini juga dirancang untuk diposisikan rendah yang berguna untuk memperbaiki nilai aerodinamika mobil. Tentunya tidak lupa, lampu sein berbohlam LED yang dapat menyala sekuensial dari bagian dalam ke luar juga turut mempercantik mobil ini saat menyala.

Review Tampilan Samping Lexus RX300 F SPORT 2020

Foto Tampilan samping Lexus RX300 F SPORT 2020

Atap floating roof menambah kesan dinamis

Lanjut ke bagian eksterior samping Lexus RX300 F SPORT 2020 ini, keanggunannya semakin terlihat jelas dengan garis-garis siluet tajam pada sekujur body bahkan hingga ke atapnya dengan desain floating roof yang berkesan dinamis. Kesan sporty juga semakin mencuat dengan penggunaan tangkai spion dengan lekuk yang sporty. Namun, desain rumah spion berikut tangkainya ini bukan hanya gaya-gayaan saja, karena sudah diperhitungkan oleh insinyur Lexus demi memperoleh nilai aerodinamika yang baik.

Foto F SPORT logo di Lexus RX300 F SPORT 2020

Tiap Lexus mendapat sentuhan takumi tak terkecuali RX ini

Seluruh body part dari tiap Lexus yang keluar dari pabriknya di Jepang ini dikerjakan dengan jumlah kerja keras (amount of hard work) yang tinggi. Dan tentunya itu semua tidak lepas dari sentuhan tangan dingin Lexus Takumi. Sekedar informasi, Lexus Takumi adalah pekerja Lexus yang sangat berpengalaman di bidangnya, untuk menjadi Lexus Takumi minimal membutuhkan waktu 60.000 jam kerja di bidangnya. Tak heran, setiap produk Lexus tak terkecuali Lexus RX300 F SPORT 2020 ini mendapat sentuhan pekerjaan dengan kualitas yang sangat baik.

Review Tampilan Belakang Lexus RX300 F SPORT 2020

Foto tampilan belakang Lexus RX300 F SPORT 2020

Wiper 'sembunyi' membuat tampilan belakang berkesan clean

Pada tampilan belakang Lexus RX300 F SPORT 2020 ini kesan sporty langsung mencuat, desain atap hingga kaca belakang yang landai membuatnya seolah tercipta sebagai sebuah SUV (Sport Utility Vehicle) coupe, padahal ia adalah crossover murni. Jika Anda bertanya mengapa SUV semewah ini tidak dilengkapi dengan penyeka kaca belakang, maka Anda harus memeriksa di balik spoiler belakangnya, sebab wiper belakang berserta jet washernya sengaja disembunyikan di sana guna mendapatkan kesan clean.

Foto stoplamp Lexus RX300 F SPORT 2020

Lampu belakang sudah mengadopsi bohlam full LED

Keindahan berpadu dengan nafas sporty di buritan ini disempurnakan lagi oleh penggunaan stoplamp LED. Pada versi facelift ini terdapat L-shape LED yang mencitrakan kesan elegan di Lexus RX300 F SPORT 2020 ini. Tampilannya kian cantik saat lampu turning signal-nya menyala sekuensial dari bagian dalam ke luar. O ya, demi mendukung kesan sporty, terdapat ornamen di bawah bumper belakang yang menyerupai tail pipe knalpot, namun itu hanya hiasan saja, karena ujung knalpot aslinya dicondongkan ke bawah.

>>> Upgrade Wajah & Fitur, The New Lexus RX Series Siap Akomodir Tiga Gaya Hidup Konsumen Lexus Masa Kini


Interior Lexus RX 2020

Review Layout Dashboard Lexus RX300 F SPORT 2020

Foto layout Dashbord Lexus RX300 F SPORT 2020

Dasbor pakai material empuk

Masuk ke bagian interior, Lexus RX akan menyambut Anda dengan kemewahan yang premium. Hampir semua bagian diselimuti oleh trim empuk yang bukan hanya mewah dilihat namun juga menyenangkan ketika disentuh. Perpaduan warna brushed silver, hitam, dan merah seakan memeriahkan kabin tanpa kehilangan nafas sporty. Khusus untuk trim F SPORT ini disediakan dua warna interior, yakni hitam dan flare red (merah menyala).

Review Kursi Lexus RX300 F SPORT 2020

Foto kursi depan Lexus RX300 F SPORT 2020

Jok dilapis semi aniline leather yang mewah dan lembut

Duduk di kursi Lexus RX300 F SPORT 2020 ini Anda akan merasa betah berlama-lama, karena selain joknya empuk dan sudah dibalut kulit berkualitas yang bernama semi aniline leather, ia juga sudah dapat diatur secara elektris. Terdapat delapan arah pengaturan kursi pengemudi ini, plus setting lumbar support juga sudah tersedia, sementara untuk penumpang depan pengaturannya juga sudah ditenagai listrik namun tidak tersedia lumbar support.

Review Setir Lexus RX300 F SPORT 2020

Foto layout dashboard Lexus RX300 F SPORT 2020

Setir nyaman digenggam

Beralih ke bagian setir, Anda juga akan senang menggenggam setir di Lexus RX300 F SPORT 2020 ini, sebab ia sudah dapat diatur tilt and telescopic serta dibungkus kulit berkualitas yang tidak panas dan anti licin. Terlebih ukuran diameter setirnya juga pas, tidak terlalu besar dan mantap digenggam. Terdapat banyak tombol pengaturan di setir ini, spoke (palang) sebelah kiri untuk pengaturan audio, dan spoke kanan untuk mengatur Multi Information Display (MID) di panel spidometer.

Review Bagasi Lexus RX300 F SPORT 2020

Foto bagasi Lexus RX300 F SPORT 2020

Bagasi cukup lapang guna menampung barang untuk bepergian

Lexus RX ini sudah menjadi mobil untuk menunjang kebutuhan gaya hidup serta hobi pemiliknya. Para pengusaha maupun pimpinan perusahaan sukses kerap membawa serta Lexus RX300 F SPORT 2020 ini untuk menemani kala bermain golf maupun bersepeda. Makanya RX juga menyediakan bagasi yang luas, walau Lexus tidak menyebut secara rinci berapa liter kapasitas bagasinya namun ia cukup luas, Anda bisa lihat sendiri di foto. Untuk membuka bagasi ini ada tiga cara, pertama dari tuas di kabin, kedua via tuas di pintu belakang dan ketiga dengan mengayunkan kaki di bawah bumper belakang.

Foto power back door Lexus RX300 F SPORT 2020

Pintu bagasi elektrik dan tersedia fitur touchless power back door

Fitur Lexus RX 2020

Review G Sensor Lexus RX300 F SPORT 2020

Gambar G Sensor Lexus RX300 F SPORT 2020

G Sensor hanya tersedia di tipe F SPORT

G (Gravity) Sensor ini hanya tersedia di Lexus RX300 dengan trim F SPORT, fitur ini disematkan oleh Lexus demi menambah kesan sporty pada RX ini. Jadi ketika berakselerasi maupun mengerem Anda dapat mengetahui berapa G Force yang diterima oleh kendaraan dan diteruskan ke badan Anda. G Sensor ini disajikan dengan animasi menarik yang menjadi satu dengan MID di panel instrumen. Cara kerja G Sensor pada Lexus RX300 F SPORT 2020 ini juga mirip sensor gyro pada smartphone.

Review Head Up Display Lexus RX300 F SPORT 2020

Foto Head Up Display Lexus RX300 F SPORT 2020

HUD memudahkan pengemudi memantau berbagai informasi penting

Panel instrumen Lexus RX300 F SPORT 2020 memang cantik dan menarik untuk dilihat. Namun, menengok panel meter saat mobil melaju menimbulkan bahaya tersendiri. Untunglah Lexus RX300 F SPORT 2020 ini sudah dilengkapi dengan Head Up Display (HUD). Menariknya, HUD ini tidak menggunakan kaca seperti di mobil kebanyakan, namun menggunakan pantulan hologram yang ditembak langsung ke kaca. HUD ini menyajikan beragam info penting seperti kecepatan, kompas, hingga konsumsi BBM real time.

Review Lexus RX300 F SPORT 2020: In-Car Entertaiment System

Foto In-Car Entertaiment System Lexus RX300 F SPORT 2020

Salah satu Takumi yang mensetting audio Lexus adalah orang Indonesia, membanggakan!

Bisa dibilang, saat Anda membeli mobil ini, Anda sudah tidak perlu lagi upgrade audio system pada Lexus RX300 F SPORT ini. Sebab ia telah dilengkapi dengan tatanan suara keluaran Mark Levinson Premium Surround Sound Audio System dengan 15 speaker sebagai teman hiburan selama perjalanan. LCD 12,3 inch-nya juga sudah mampu terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Cintamobil.com sudah coba sendiri kualitas audio di mobil ini dan terdengar sangat mengagumkan, apalagi salah satu Lexus Takumi yang mensetting audio pada mobil-mobil Lexus adalah orang Indonesia.

Review Lexus RX300 F SPORT 2020: Touchpad Interface

Foto touchpad interface Lexus RX300 F SPORT 2020

Respon touchpad agak lambat

Salah satu fitur yang menjadikan mobil-mobil Lexus terasa mewah adalah touchpad interface-nya. Touchpad interface ini ditempatkan secara ergonomis di tengah kabin, menjadikannya intuitif dan mudah digunakan untuk mengakses berbagai fitur yang ada di mobil. Responnya memang tidak secepat touchscreen, namun kualitas buatan touchpad ini kokoh dan menunjang kemewahan kabin Lexus RX300 F SPORT 2020 ini.

>>> Lexus Safety System+ Akan Ditanamkan pada Seluruh Mobil Lexus Tahun Depan

Operasi Lexus RX 2020

Foto mesin 8AR-FTS Lexus RX300 F SPORT 2020

Twin scroll turbo system di mesin ini mampu meminimalisir turbo lag

Lexus RX300 F SPORT 2020 ini ditenagai dengan mesin 4-silinder 2.000 cc dengan kode 8AR-FTS. Ini merupakan mesin favorit Lexus dan produk Toyota kelas atas. Mesin berkapasitas bersih 1.998 cc yang sudah dilengkapi turbocharger ini diklaim memiliki tenaga hingga 235 hp di rentang rotasi mesin 4.900 rpm hingga 5.600 rpm dan torsi 350 Nm yang sudah mulai terasa sejak putaran mesin 1.650 rpm hingga 4.400 rpm. Tenaga dan torsi tersebut tersalur ke dua roda depan melalui transmisi otomatis 6-percepatan.

Foto ban dan pelek Lexus RX300 F SPORT 2020

Seluruh Lexus RX yang dijual di Indonesia berpenggerak roda depan

Mesin berkode 8AR-FTS ini dilengkapi dengan turbocharger yang istimewa. Sistem induksi udara paksa pada mobil ini menggunakan twin scroll turbo system yang mana turbonya memang tunggal alias hanya satu buah, namun memiliki dua jalur exhaust paths. Penerapan turbo jenis ini membuat aliran udara lebih lancar, alhasil akan dapat meminimalisir lag (jeda) saat turbo belum mulai spooling (turbo mulai berputar memampatkan udara ke mesin). Tak heran Lexus RX300 F SPORT 2020 ini punya performa yang memadai.

Spesifikasi Lexus RX 2020

Berikut ini adalah spesifikasi Lexus RX300 F SPORT 2020.

Mesin Lexus RX300 F SPORT 2020

Seri mesin

 8AR-FTS, Inline 4, Turbo, VVT-i, DOHC

Pasokan Bahan Bakar

 Direct Injection

Jumlah Katup

 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)

Tenaga Maksimum

 236 Hp @ 4.800 - 5.600 rpm

Torsi Maksimum

 350 Nm (280 lb-ft) @ 1.650 - 4.400 rpm

Kapasitas Silinder

 1,998 cc

Bore X Stroke

 86.0 mm X 86.0 mm

Tipe Transmisi

 Otomatis 6-percepatan, Penggerak Roda Depan (FWD)

Rangka Lexus RX300 F SPORT 2020

Panjang X Lebar X Tinggi

 4.890 mm X 1.895 mm X 1.690 mm

Jarak Sumbu Roda

 2,790 mm

Ground Clearance

 200 mm

Kapasitas Tangki

 72 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Lexus RX300 F SPORT 2020

Suspensi Depan & Belakang

 Depan: Independent MacPherson Strut

 Belakang: Independent Double Wishbone

Sistem Kemudi

 Rack and Pinion with Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc Brake & Disc

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA

Teknologi Safety Sasis

 Body by Lexus

Struktur Sasis

 Monokok, SUV C-Segment

Pelek

 Alloy, 20 inch (F-Sport)

Jenis Ban

 Dunlop SP Sport Maxx 050, 235/55 R20 (F-Sport)

Daftar Harga Lexus RX 2020

Foto emblem RX300 pada Lexus RX300 F SPORT 2020

Lexus RX300 F SPORT 2020 ini dibanderol Rp1,42 milliar

Lexus RX300 F SPORT 2020 ini dijual dengan harga Rp 1.475.000.000 on the road, sementara jika Anda merasa kemahalan dan ingin mendapatkan Lexus RX dengan harga lebih terjangkau, Anda bisa membeli Lexus RX300 Luxury 2020 yang dijual lebih murah Rp 50.000.000 seharga Rp 1.425.000.000. Namun, apabila Anda membeli trim Luxury, Anda tidak akan mendapatkan emblem F SPORT, tuning suspensi khusus, dan tentunya G sensor seperti di tipe F SPORT.

Kesimpulan Lexus RX 2020

Foto kesimpulan review Lexus RX300 F SPORT 2020

Lexus Concierge Service siap melayani Anda 7x24 jam

Lexus RX sukses menjadi volume maker Lexus di Indonesia bukan tanpa alasan, ia mewah, punya fitur lengkap, kencang, dan berkelas. Jika Anda adalah pengusaha sukses ataupun opinion leader yang ingin mencari SUV yang enak saat disopiri maupun sebagai penumpang, maka Lexus RX300 F SPORT 2020 ini adalah mobil yang pas untuk Anda. Memang, jaringan servisnya belum seluas rivalnya asal Jerman, namun Anda tak perlu khawatir, sebab durabilitas Lexus sudah teruji kuat layaknya Toyota dan layanan Lexus Concierge Service siap melayani Anda 7x24 jam. So, apakah Anda tertarik membeli mobil ini?

Arfian Alamsyah
Share this post:
Arfian Alamsyah
Penulis
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Review lain

Review Lexus IS 2021: Sport Sedan Jepang Penantang Eropa

TBA

24/06/2020

Editor rate:

Sport sedan asal Jepang ini digadang-gadang mampu meruntuhkan dominasi sedan sport asal Eropa, benarkah? Cari tahu dalam Review Lexus IS 2021 berikut ini

Lihat juga

Review Lexus UX 250h 2018

31/07/2018

Editor rate:

Lexus UX 250h 2018 memulai debutnya pada New York Auto Show bulan Maret 2018 lalu. Pabrikan asal negeri sakura ini seolah menjawab tantangan rivalnya asal Jerman dan Swedia untuk bertarung di kelas kompak crossover yang menyasar pasangan muda mapan, atau eksekutif muda. lalu apakah varian tertinggi dari Lexus UX Series ini layak dimiliki oleh pangsa pasar yang di sasar Lexus tersebut?

Lihat juga

Review Lexus RC 350 F-Sport 2019

01/01/2019

Editor rate:

Bagi Anda yang bosan dengan kupe buatan Jerman dan ingin mencoba hal baru, maka mobil ini merupakan jawabannya. Dia cantik, atletis, dan lincah. Ini pendapat kami mengenai Review Lexus RC 350 F-Sport 2019 hanya di Cintamobil.com.

Lihat juga

Review Lexus LM 350 2020: Bukan Sekadar Alphard Berlogo 'L'

Rp. 3.035.000.000

07/07/2020

Editor rate:

Jika Anda beranggapan Toyota Alphard masih terasa kurang mewah, maka kemungkinan mobil ini lebih pas untuk Anda, mari simak review Lexus LM 350 2020 ini...

Lihat juga

Review Lexus RX 350L 2018: Kini Hadir Dengan Kapasitas 7 Penumpang

13/06/2018

Editor rate:

Untuk menjangkau lebih banyak lagi keluarga di Indonesia yang menginginkan SUV 7 penumpang namun tetap merasakan kemewahan, Lexus meluncurkan RX 350L untuk memenuhi itu semua. Pada rekor penjualan SUV Lexus sebelumnya, berdasarkan data Gaikindo yang menyebutkan bahwa, model RX lah yang paling laris, terjual hingga 975 unit pada tahun 2017. Ini review Lexus RX 350L 2018.

Lihat juga