Review Kia Sonet 2020: Saat Kia Hadirkan SUV Berwajah Agresif

21/08/2020

Share this post:

Kia Sonet 2020

Editor rate:

TBA

Lihat promo

Jika sebelumnya model Kia menawarkan tampilan elegan, kali ini Kia Sonet 2020 hadir dengan warna desain agresif serta berbagai keunggulan fitur terbaru Kia.

Review Kia Sonet 2020: Saat Kia Hadirkan SUV Berwajah Agresif
Review Kia Sonet 2020: Saat Kia Hadirkan SUV Berwajah Agresif
0 Gambar

Pengantar Kia Sonet 2020

Mari kita simak spesifikasi Kia Sonet 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Desain maskulin yang sporty

Fitur lengkap

Banyak pilihan mesin

Kekurangan

Ruang kabin terkesan tak terlalu lapang

Tenaga biasa untuk SUV

Belum ada kejelasan kapan masuk ke Indonesia

Kia memang sedang bergerak maju setelah kehadiran Kia Seltos di India serta diluncurkan di Indonesia tahun lalu. Setelah kemunculan Kia Carnival yang diperkenalkan Februari 2020 lalu, Kia tak ketinggalan menambah model barunya dengan kehadiran SUV Kia Sonet 2020. Versi produksi meluncur di India pada 12 Agustus lalu dan diprediksi akan ditawarkan di Indonesia.

peluncuran konsep Kia Sonet 2020 berwarna putih
SUV Kia Sonet diperkenalkan dalam versi konsep pada Februari 2020

Kemunculannya menjadi salah satu model yang paling diantisipasi di pasar otomotif India, termasuk pasar global. Mengingat Sonet digadang-gadang sebagai produk unggulan Kia di segmen SUV kompak. Jika dibawa ke Indonesia, Kia Sonet kemungkinan besar akan berhadapan dengan model baru Renault Triber.

Kia pertama kali memperkenalkan Kia Sonet dalam bentuk konsep ketika dipamerkan dalam Auto Expo di India pada bulan Februari silam. Sonet merupakan model ketiga Kia yang dikembangkan khusus untuk pasar India dan dibuat berdasarkan platform Hyundai Venue. Tak banyak perubahan antara versi konsep dengan mobil produksi yang rencananya akan dipasarkan September tahun ini.

peluncuran Kia Sonet 2020 berwarna merah di India
Peluncuran Kia Sonet 2020 di India pada pertengahan Agustus lalu

Layaknya Seltos, Kia Sonet 2020 dipasarkan dalam dua pilihan varian, Kia Sonet GT Line dan Tech Line. Masing-masing memiliki karakteristiknya tersendiri. Ingin tahu lebih lanjut? Simak review Kia Sonet 2020 dari tim Cintamobil.com di bawah ini.

Eksterior Kia Sonet 2020

Dua model yang dipasarkan Kia menawarkan tampilan yang agresif dan berani dengan sisi-sisi tegas menyelimuti eksterior Sonet. Perbedaan dari desain keseluruhan antara dua varian yaitu aksen merah yang terlihat pada grille, side skirt, bahkan setir dan kursi pada GT Line yang lebih sporty.

Review Kia Sonet 2020: Eksterior Depan

Eksterior depan tak memiliki perbedaan yang signifikan dibandingkan model Sonet yang diperkenalkan dalam bentuk konsep di awal tahun 2020 lalu. Desain grille depan dengan tampilan honeycomb memiliki aksen “Tiger Nose” yang menjadi ciri khas mobil baru Kia di seluruh dunia. Lampu depan dibuat sipit dengan lekukan mengikuti alur kap mesin sudah dilengkapi dengan lampu berteknologi LED serta DRL.

tampilan depan Kia Sonet 2020 berwarna merah
Tampilan depan Kia Sonet 2020

Ada lampu kabut dengan desain yang menjorok ke dalam, Kesan sporty Sonet terlihat dari skid plate berwarna silver yang tebal di pada bagian bawah, menjadikan fasia depan terkesan lebih maskulin. Terdapat aksen merah di atas bumper yang menandakan eksterior milik GT Line yang terasa lebih berani.

Review Kia Sonet 2020: Eksterior Samping

tampilan samping Kia Sonet 2020 berwarna merah
Tampilan samping Kia Sonet 2020

Kesan SUV langsung terasa ketika melihat profil samping Sonet. Meski memiliki dimensi yang terbilang kompak, Sonet terasa maskulin dengan ground clearance yang tinggi mencapai 190 mm, cladding yang menghiasi sisi bawah, serta roof rail guna memudahkan ketika membawa barang di atas atap. Desainnya menawan dengan struktur pilar C yang unik serta dilengkapi velg 16 inci alloy bergaya crystal cut.

Review Kia Sonet 2020: Eksterior Belakang

tampilan belakang Kia Sonet 2020 berwarna merah
Tampilan belakang Kia Sonet 2020

Penampilan belakang Sonet tak kalah maskulin dibandingkan model sebelumnya. Kesan yang ditawarkan terasa lebih modern dengan strip reflektor yang menghubungkan dua unit lampu belakang. Stop lamp sekunder terpasang pada bagian atas kaca belakang dengan spoiler belakang terintegrasi. Ada aksen reflektor yang mengapit bumper bawah secara horizontal menjadi pelengkap tampilan belakang mobil ini.


Interior Kia Sonet 2020

Tampilan dalamnya terasa futuristik dengan perpaduan desain menawan dari kedua model yang dipasarkan. Ada dua skema warna untuk kabin yang membedakan model GT Line dengan interior berwarna hitam dengan jahitan merah dan kombinasi warna hitam dan krem dengan jahitan perak bagi Tech Line.

Review Kia Sonet 2020: Dashboard

Senada dengan tampilan luar yang agresif, desain dashboard dibuat bergaya sporty. Yang paling menarik perhatian adalah kehadiran layar sentuh berukuran 10.25 inci yang mengakomodasi semua kebutuhan hiburan di dalam mobil. Sistem head unit sudah menggunakan tipe Connected Panel dengan HD touchscreen dengan sistem infotainment dan navigasi.

dashboard Kia Sonet 2020 berwarna hitam
Dashboard Kia Sonet 2020

Di bawah, beberapa tombol pengaturan masih digunakan dengan panel AC yang cukup unik dibandingkan mobil kebanyakan; berbentuk vertikal dan dilengkapi aksen chrome. Konsol tengah juga menawarkan perpaduan aksen chrome dengan finishing hitam sewarna interior. Tak ketinggalan terdapat cup holder dan armrest untuk menambah kenyamanan di dalam mobil.

Review Kia Sonet 2020: Setir

setir Kia Sonet 2020 berwarna hitam
Setir Kia Sonet 2020

Kesan sporty jelas terlihat pada setir flat-bottom berlapis kulit yang ditawarkan untuk Sonet. Desainnya tidak terlalu berbeda dari setir mobil Kia lainnya dengan aksen silver yang terlihat. Beberapa tombol pengaturan sudah dipersiapkan guna mempermudah mengakses berbagai fitur yang ditawarkan sepanjang perjalanan.

Review Kia Sonet 2020: Kursi

kursi Kia Sonet 2020 berwarna hitam
Kursi Kia Sonet 2020

Pengaturan kursi milik Sonet diprediksi sudah menggunakan pengaturan elektrik. Bahkan penghuni di dalam kabin sudah mendapatkan fitur kursi berventilasi pada kursi baris depan. Dilihat dari desain luar dan tampilan interiornya, ruang kaki dan ruang kepala yang ditawarkan cukup baik, apalagi jika dibandingkan dengan rata-rata tinggi badan penduduk Indonesia.

Review Kia Sonet 2020: Bagasi

bagasi Kia Sonet 2020 berwarna hitam
Bagasi Kia Sonet 2020

Dibuat berdasarkan Hyundai Venue, kapasitas bagasi yang ditawarkan tak begitu jauh berbeda. Mengingat kedua mobil memiliki kapasitas wheelbase yang hampir sama. Belum ada catatan resmi dari Kia. Namun beberapa media di India memprediksikan ruang bagasi Kia Sonet berkapasitas 350 L. Kapasitas ini akan lebih besar ketika bangku baris kedua direbahkan.

>>> KIA Luncurkan Sonet, SUV Mungil Terbaru di India

Fitur Kia Sonet 2020

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penghuni depan mendapatkan layar sentuh berukuran 10.25 inci yang mendominasi dashboard depan. Sedangkan varian tertinggi sudah mendapatkan instrument cluster semi digital. Selain layar terbesar di segmennya, fitur lainnya yang dibawa oleh Sonet termasuk teknologi mobil yang terhubung dengan UVO dengan 57 fitur, termasuk voice assist dan terkoneksi dengan 7 speaker dari audio Bose.

Tak hanya itu, kenyamanan berkendara di dalam kabin juga semakin lengkap bersama kehadiran pengisian daya nirkabel, kontrol iklim otomatis, ambient light serta LED sound mood yang eksklusif untuk Sonet, dan pembersih udara terintegrasi. Bahkan Sonet juga dibuat semakin lega dengan kehadiran sunroof yang menawarkan kesan mewah.

head unit Kia Sonet 2020 berwarna hitam
Kia Sonet sudah mendapatkan fitur head unit layar sentuh

Review Kia Sonet 2020: Fitur Keselamatan Aktif

Daftar sistem keselamatan yang ditawarkan pada mobil ini bisa dibilang lengkap untuk segmen SUV kompak. Ada sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electric Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA), Electronic Stability Control, Hill Start Assist, dan Vehicle Stability Control (VSC) sebagai fitur bantuan mengemudi.

Bahkan penghuni Sonet sudah dipersenjatai dengan enam airbag, sensor parkir depan dan belakang, sistem monitor tekanan udara pada ban, serta teknologi ISOFIX guna memberikan rasa aman ketika berkendara bersama anak-anak. Fitur yang terbilang lengkap, apalagi ketika semua sistem ini dibawa ke Indonesia tanpa terkecuali.

>>> Bengkel Garasi Motor, Servis KIA dan Hyundai Disini Tempatnya

Operasi Kia Sonet 2020

Di India, Kia Sonet dipasarkan dengan tiga pilihan mesin. Ada 2 mesin berbahan bakar bensin, yaitu Smartstream 4-silinder 1.2L dan mesin 1.0L T-GDi dengan turbo yang lebih bertenaga. Sonet juga mendapatkan mesin diesel 1.5L CRDi. Konsumen bisa memilih 5 pilihan transmisi. yaitu manual 5-percepatan, manual 6-percepatan, 7-percepatan DCT, 6-percepatan AMT, serta transmisi baru Starstream 6-percepatan iMT.

mesin Kia Sonet 2020 berwarna perak
Mesin Kappa 1.0L TGDi turbo milik Kia Sonet 2020

Teknologi iMT terbaru milik Kia diyakini akan memberikan rasa berkendara yang lebih menyenangkan bagi Sonet. Gearbox 6-percepatan iMT yang menawarkan perpindahan gigi yang lebih sedikit serta sistem kontrol layaknya transmisi manual. Ada beberapa mode berkendara yang ditawarkan serta sistem kontrol grip guna meningkatkan rasa berkendara bersama Sonet.

>>> CintamobilTV: Komparasi KIA Picanto GT Line VS Chevrolet Spark Premier 2019

Spesifikasi Kia Sonet 2020

Dimensi Kia Sonet 2020

Panjang x Lebar x Tinggi

3.995 x 1.790 x 1.647 mm

Jarak Poros Roda

2.500 mm

Ground Clearance

211 mm

Mesin Kia Sonet 2020

Tipe Mesin

Kappa 1.2L 4-silinder (bensin)

Kappa 1.0L T-GDi Turbo (bensin)

U-Line 1.5 CRDi (diesel)

Kapasitas Silinder

1.248 cc

998 cc

1.493 cc

Tenaga Maksimal

83 PS @ 6.000 rpm

120 PS @ 6.000 rpm

100 PS @ 4.000 rpm

Torsi Maksimal

115 Nm @ 4.000 rpm

172 Nm @ 1.500-4.000 rpm

240 Nm @ 2.000 rpm

Transmisi

5-Percepatan Manual

6-Percepatan Manual, 6-percepatan iMT, dan 7 DCT Otomatis

6-Percepatan Manual dan 6-Percepatan Otomatis

Kaki-Kaki Kia Sonet 2020

Suspensi Depan

TBA

Suspensi Belakang

TBA

Rem

TBA

Ban Depan

215/60 R16

Velg

16 inci

Daftar Harga Kia Sonet 2020

Meski sudah diperkenalkan pertengahan Agustus lalu, Kia Sonet baru akan dipasarkan di India pada September 2020 dan disusul berbagai negara lainnya. Harga Kia Sonet 2020 diprediksi mencapai 7.0 lakh rupee (atau setara dengan Rp 139 jutaan) di negara asalnya. Jika diimpor langsung ke Indonesia, mobil ini kami prediksi bisa dipasarkan dengan harga sekitar Rp 150 jutaan.

Kesimpulan Kia Sonet 2020

Jarang-jarang Kia menghadirkan tampilan sporty nan agresif dalam lini produknya. Dengan dimensi yang kompak, Kia Sonet 2020 memiliki berbagai keunggulan untuk menjadi SUV perkotaan yang sigap bermanuver di jalanan. Fitur yang ditawarkan pun terbilang lengkap dengan teknologi transmisi baru milik Kia hingga sistem penyaring udara dalam mobil. Jika dibawa ke Indonesia, Sonet akan menjadi penantang paling serius bagi Renault Triber yang baru diperkenalkan di Tanah Air. 

>>> Dapatkan berbagai review mobil terbaru lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

AUTO 9 MOBIL

DI Yogyakarta

Dwi Jaya Mobil

DI Yogyakarta

back to top