Review KIA Grand Sedona Diesel 2019: Fitur Semakin Lengkap Dan Aman

31/12/2019

Share this post:

Kia Grand Sedona 2019

Editor rate:

Lihat promo

Big MPV (Multi Purpose Vehicle) andalan negeri ginseng ini kini semakin lengkap dan aman. Inilah ulasan kami mengenai Review KIA Grand Sedona Diesel 2019

Review KIA Grand Sedona Diesel 2019: Fitur Semakin Lengkap Dan Aman
Review KIA Grand Sedona Diesel 2019: Fitur Semakin Lengkap Dan Aman
0 Gambar

Pengantar Kia Grand Sedona 2019

Mari kita simak spesifikasi Kia Grand Sedona 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Performa mantab

Kabin mewah

Fitur keselamatan makin lengkap

Pelek sudah 18 inch

Kekurangan

Harga jual mahal

Audio hanya 4 speaker + 2 tweeter

Jaringan aftersales KIA masih terbatas

Ubahan yang dilakukan hanya minor

Gambar menunjukkan emblem KIA Grand Sedona

Selain menggebrak dengan Picanto dan Rio, KIA juga menyegarkan Grand Sedona

Review KIA Grand Sedona Diesel 2019 - Eksistensi PT Kreta Indo Artha dalam menancapkan kembali brand KIA di Tanah Air benar-benar tidak main-main. Setelah memboyong city car dan compact hatchback mereka yang bertabur fitur menarik dan lengkap yakni KIA All New Picanto dan All New Rio, KIA Indonesia juga menghadirkan KIA Grand Sedona Diesel 2019 yang kini menawarkan fitur lebih lengkap dan juga jaminan keselamatan.

Gambar menunjukkan emblem KIA

Inikah tanda-tanda kebangkitan KIA di Tanah Air?

Big MPV asal Negeri Ginseng ini seakan menggertak lawan-lawan lainnya asal Jepang. Karena berdasarkan hasil tes kami pada KIA Grand Sedona lansiran tahun 2018, mobil MPV bongsor bermesin diesel ini memiliki berpotensi melibas lawan-lawan di kelasnya. Selain karena keleluasaan kabinnya, mesinnya juga menyenangkan untuk digunakan dalam perjalanan jauh. Lantas, bagaimana impresi kami mengenai mobil ini? Simak terus ulasan kami ini sampai habis.

Eksterior Kia Grand Sedona 2019

Review KIA Grand Sedona Diesel 2019: Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan KIA Grand Sedona Diesel 2019

Tampang depannya kini lebih manis

Dari depan, perbedaan langsung dapat terlihat dari model sebelumnya. Kini, KIA Grand Sedona terbaru ini menggunakan grille dengan desain baru yang berlapis finishing chrome yang memberikan sentuhan aura lebih mewah. Bentuk bumper pun kian manis dengan kehadiran lis krom yang mengapit Fog Lamp berteknologi LED .

Gambar menunjukkan headlamp KIA Grand Sedona Diesel 2019

Headlamp sudah mengusung LED dengan proyektor

Membawa KIA Grand Sedona Diesel 2019 ini berjalan pada kegelapan malam juga akan semakin tenang berkat lampu utama depan yang sudah menggunakan teknologi LED. Grand Sedona sebelumnya masih mengandalkan bohlam halogen biasa. Lampu berteknologi LED ini memberikan pencahayaan lebih terang, hemat daya, dan mempunyai respon cepat saat dinyalakan.

Review KIA Grand Sedona Diesel 2019: Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping KIA Grand Sedona Diesel 2019

Tidak ada perbedaan pada tampilan samping mobil ini

Sementara di bagian samping, mobil KIA Grand Sedona Diesel ini, tidak menampilkan perbedaan dengan KIA Grand Sedona yang dijual setahun sebelumnya. Masih dengan sosok yang bongsor, mobil ini mendapatkan velg two tone berdiameter 18 inci yang dipadu ban lansiran Kumho 235/60 R18

Gambar menunjukkan spion KIA Grand Sedona Diesel 2019

Spion besar menjamin visibilitas ke belakang makin baik

Review KIA Grand Sedona Diesel 2019: Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang KIA Grand Sedona Diesel 2019

Hanya bumper belakang yang membedakan antara Grand Sedona baru dengan lawas

Di bagian belakang, perbedaan dengan edisi sebelumnya ada pada bagian bawah bumper belakang KIA Grand Sedona. Kini terdapat penggunaan lekukan yang lebih sporty pada rumah mata kucing di masing-masing sisi dari sebelumnya yang berbentuk pipih memanjang. Sementara lampu belakangnya masih dipertahankan dari model sebelumnya, namun kini sudah menggunakan lampu berteknologi LED.

Gambar menunjukkan shark Fin Antenna KIA Grand Sedona Diesel 2019

Antenna sudah mengusung model sirip hiu yang keren dan dinamis

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Kia Grand Sedona 2019

Review KIA Grand Sedona Diesel 2019: Layout Dasbor

Gambar menunjukkan layout dasbor KIA Grand Sedona Diesel 2019

Meski tetap mewah, namun desain dasbor tidak ada ubahan sejak 2016

Meski mengutamakan unsur fungsional dan menggunakan bahan kulit berkualitas, namun, tidak ada perbedaan berarti pada dashboard Kia Grand Sedona 2019 ini jika dibandingkan dengan model 2016. Desainnya terbilang klasik untuk era digital yang tengah berkembang saat ini. Namun Anda jangan khawatir, tempat penyimpanan yang berlimpah memberikan keunggulan dalam hal kepraktisan dan pengaturan AC juga sudah berteknologi digital.

Review KIA Grand Sedona Diesel 2019: Kursi

Gambar menunjukkan kursi depan KIA Grand Sedona Diesel 2019

Kursi depan nyaman dan empuk bagai sofa di rumah, pengaturannya pun sudah elektris

Terlahir sebagai MPV mewah asal Korea, sudah pasti Kia Grand Sedona Diesel 2019 memiliki kabin yang mampu memanjakan seluruh penghuninya. Bagi pengemudi dan penumpang depan misalnya, pada joknya sudah disediakan fitur electric seat untuk memudahkan pengaturan kursi.

Gambar menunjukkan kursi baris kedua KIA Grand Sedona Diesel 2019

Begitupun depan jok dibaris kedua, nyaman...

Hebatnya mobil KIA Grand Sedona terbaru ini sebenarnya mampu mengakomodasi hingga 11 penumpang berkat fitur Variable Seat Variant. Betul, Anda tidak salah baca, 11 orang. Dengan tiga penumpang “terakhir” bisa dimuat dengan memasang jok baris keempat yang tersimpan di balik lantai bagasi.

Gambar menunjukkan kursi baris dan keempat ketiga KIA Grand Sedona Diesel 2019

Jika semua kursi digunakan, mobil ini dapat menampung hingga 11 penumpang

Tentu saja, akan sulit untuk bicara banyak soal kenyamanan ketika semua jok dalam keadaan terpasang. Maka, untuk kenyamanan kami lebih menyarankan untuk tetap pada konfigurasi 7-seater saja, lengkap dengan captain seat. Pada konfigurasi 3-baris, semua baris tetap mendapatkan kelegaan kabin diinginkan.

Review KIA Grand Sedona Diesel 2019: Setir

Gambar menunjukkan setir KIA Grand Sedona Diesel 2019

Setirnya mantab digenggam

Tangan Anda akan senang menggenggam setir KIA Grand Sedona teranyar ini. Selain ia sudah dibalut kulit yang kandikombinasi dengan beberapa panel kayu. Setir ini juga dapat diatur naik dan turun (tilt) serta maju dan mundur (telescopic), sehingga posisi mengemudi ideal mudah tercapai di mobil ini. Disamping itu, tombol pengaturan pada lingkar kemudi juga lengkap, baik untuk Multi Information Display (MID) maupun sekadar mengatur audio.

Gambar menunjukkan tombol pengatur cruise control di KIA Grand Sedona Diesel 2019

Pengatur cruise control terletak di spoke sebelah kanan

Review KIA Grand Sedona Diesel 2019: Bagasi

Gambar menunjukkan bagasi KIA Grand Sedona Diesel 2019

Bagasi amat lapang jika kursi paling belakang tidak digunakan

Melakukan perjalanan jarak jauh dengan MPV Diesel ini kian menyenangkan, sebab bagasinya ekstra lega, Anda tak akan kesulitan membawa koper dengan ukuran besar. Apalagi seluruh kursi di belakang dapat diatur maju mundur untuk menambah kelegaan kabin. Tapi ingat, bagasi yang besar ini hanya akan Anda dapatkan apabila kursi baris paling belakang tidak digunakan. Jika digunakan, tidak ada space tersedia sama sekali.

>>> Baca juga:

Fitur Kia Grand Sedona 2019

Review KIA Grand Sedona Diesel 2019: Pintu Geser Elektris

Gambar menunjukkan dual power sliding door KIA Grand Sedona Diesel 2019

Pintu geser memudahkan akses keluar masuk

Mobil ini tidak hanya asyik untuk dikemudikan sendiri saat sopir Anda tidak masuk kerja. Namun, saat menggunakan jasa pengemudi, fitur pintu geser elektris ini sangat memudahkan Anda dalam keluar dan masuk mobil. Ditambah lantai mobil tidak terlalu tinggi membuat proses naik dan turun Anda lebih mudah. Bagi Anda yang memiliki anak-anak tidak perlu khawatir, karena pintu ini juga memiliki fitur anti terjepit.

Review KIA Grand Sedona Diesel 2019: In-Car Entertaiment System

Gambar menunjukkan tombol pengaturan audio di setir KIA Grand Sedona Diesel 2019

Head unit mumpuni, sayang jumlah speaker dan tweeter layaknya mobil kompak

Amat disayangkan, untuk mobil MPV mewah sebesar ini speakernya hanya terdapat empat  buah speaker utama dipadu dengan dua buah tweeter. Padahal, kabin yang besar membutuhkan speaker yang lebih banyak plus dibutuhkan subwoofer dan juga power. Beruntung, head unit layar sentuh 7 inch-nya sudah mampu terkoneksi dengan smartphone Anda, plus mampu terhubung dengan Apple Car Play dan Android Auto.

Review KIA Grand Sedona Diesel 2019: Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan ban dan pelek KIA Grand Sedona Diesel 2019

Keempat cakram siap menghentikan laju MPV kencang ini

Meski dimensinya bongsor, mesinnya pun tidak pelan, namun Anda tidak perlu khawatir dengan fitur keselamatannya. Empat rem cakram siap menghentikan laju mobil dengan smooth berkat adanya ABS+EBD. Tak hanya itu saja, untuk KIA Grand Sedona Diesel 2019 ini telah dilengkapi dengan Electronic Stability Control untuk menjaga mobil tidak keluar dari jalurnya. Dan 6 buah airbag akan melindungi Anda ketika terjadi kecelakaan fatal.

Review KIA Grand Sedona Diesel 2019: Dual Sunroof

Gambar menunjukkan sunroof di KIA Grand Sedona Diesel 2019

Dual sunroof akan menambah aura mewah dan lega pada kabin

Aura kabin KIA Grand Sedona Diesel 2019 ini makin luas dan juga mewah berkat adanya fitur dual sunroof ini. Sunroof depan pada KIA Grand Sedona teranyar ini dapat dibuka tutup secara elektrik hanya dengan sentuhan ringan saja, sedangkan bagian belakang tidak dapat terbuka. Namun demikian, Anda yang memiliki anak kecil akan menyenangi adanya fitur ini. Meskipun, harus diakui fitur ini tidak boleh terlalu sering terpakai di negara Indonesia yang memiliki iklim tropis.

>>> Intip Harga Kia Picanto Bekas, Sempat Populer Sebelum Era LCGC

Operasi Kia Grand Sedona 2019

Gambar menunjukkan mesin KIA Grand Sedona Diesel 2019

Mesin kencang dan potensial

Kia Grand Sedona Diesel 2019 ini dipersenjatai mesin diesel berkode R Engine Common Rail Direct Injection berkapasitas 2.199 cc. Mesin ini mampu melontarkan daya 200 ps pada 3.800 rpm dan torsi puncak sebesar 440 Nm pada rentang 1.750 rpm hingga 2.750 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 8-percepatan yang menjamin kehalusan selama berkendara.

Gambar menunjukkan tuas transmisi KIA Grand Sedona Diesel 2019

Tenaga tersalur melalui transmisi otomatis 8 percepatan

Mungkin ada yang bertanya mengapa tingkat percepatannya banyak sekali bila dibandingkan dengan mobil bermesin bensin. Sebabnya adalah karakter mesin diesel yang punya ‘nafas’ pendek, dengan jumlah ‘pilihan gigi’ rapat dan banyak, ia akan terbantu saat berakselerasi. Apalagi transmisi ini turut membantu kehematan mobil ini. Pada model sebelum facelift, KIA mengklaim konsumsi bahan bakarnya antara 10,2 – 15 km/liter.

Gambar menunjukkan kaki-kaki depan KIA Grand Sedona Diesel 2019

Kaki-kaki memberikan rasa percaya diri saat kecepatan tinggi

Karena tidak ada ubahan teknis pada mobil ini, maka Cintamobil.com akan coba ceritakan impresi berkendaranya pada varian sebelum facelift. Saat kami mencoba langsung KIA Grand Sedona Diesel model 2018 dan melakukan manuver mendadak, mobil tetap mau nurut dan terasa anteng saja. Berbeda sekali ketika kami mencoba saudaranya sesama Korea di kelas yang sama, yakni big MPV.

Gambar menunjukkan kaki-kaki belakang KIA Grand Sedona Diesel 2019

Meski begitu, redaman suspensinya tetap nyaman

Entakan tenaganya juga terasa nikmat. Seolah Anda sejenak terlupa bahwa saat ini Anda sedang membawa sebuah MPV berbadan bongsor. Dari diam ke 100 km/jam bisa dibilang cukup cepat untuk mobil sebesar ini. Prediksi kami ia mampu menempuh akselerasi dari 0 ke 100 km/jam dibawah 12 detik saja. Kenyamanan mobil ini juga patut diacungi jempol, itu kami rasakan saat duduk di bangku baris kedua dan disetiri. Sungguh terasa nyaman.

>>> Komparasi KIA Picanto GT Line VS Chevrolet Spark Premier 2019

Spesifikasi Kia Grand Sedona 2019

Berikut ini adalah spesifikasi KIA Grand Sedona Diesel 2019

Mesin KIA Grand Sedona Diesel 2019
Seri Mesin  R Engine, 2.2L CRDi, DOHC, 16V
Jumlah Silinder  4 Silinder
Jumlah Katup  16 Katup (2 inlet & 2 outlet per silinder)
Pasokan Bahan Bakar  Common Rail Direct Injection
Tenaga Maksimum  198,5 Hp (200 PS) @ 3.800 rpm
Torsi Maksimum  441,6 Nm @ 1.750 - 2.750 rpm
Kapasitas Silinder  2,199 cc
Bore X Stroke  85,4 mm X 96,0 mm
Tipe Transmisi  Otomatis 8 Percepatan, Penggerak Roda Depan
Rangka KIA Grand Sedona Diesel 2019
Panjang X Lebar X Tinggi  5.115 mm X 1.985 mm X 1.740 mm
Wheelbase  3.060 mm
Radius Putar  5,6 Meter
Jumlah Pintu  5 Pintu
Kapasitas Penumpang  8 - 11 Penumpang
Kapasitas Tangki  80 Liter
Suspensi/Kaki-Kaki KIA Grand Sedona Diesel 2019
Suspensi Depan & Belakang  MacPherson Strut & Coupled Torsion Beam Axle
Sistem Kemudi  Rack And Pinion, Hydraulic
Rem Depan & Belakang  Ventilated Disc & Disc
Pengereman  ABS, EBD
Teknologi Safety Sasis  Advance High Strength Steel and Press Hot Stampling
Struktur Sasis  Monokok, C-Segment
Jenis Ban  Kumho Crugen KL33, 235/60 R18

Daftar Harga Kia Grand Sedona 2019

Inilah harga KIA Grand Sedona terbaru saat ini.

TIPE MOBIL

HARGA KIA GRAND SEDONA BARU (OTR)

KIA Grand Sedona Gasoline

Rp635.000.000

KIA Grand Sedona Diesel

Rp680.000.000

Kesimpulan Kia Grand Sedona 2019

Gambar menunjukkan review KIA Grand Sedona Diesel 2019

Belilah KIA Grand Sedona Diesel 2019 ini jika Anda...

Dengan banderol harga sebesar Rp 680 juta, Big MPV asal Korea Selatan ini tak hanya menyuguhkan sosok bongsor, mewah dan tentunya kabin yang lapang. KIA Grand Sedona Diesel 2019 terasa menyenangkan dikendarai maupun disopiri. Kepraktisan di dalam kabin membuatnya mampu mengakomodasi sebuah keluarga besar. Jantung pacu dieselnya cukup mumpuni untuk mengusung sosoknya yang besar, sekaligus memberikan jaminan efisiensi. Namun Anda perlu ingat bahwa jaringan servis KIA belum sebanyak rival-rivalnya.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

AUTO 9 MOBIL

DI Yogyakarta

Dwi Jaya Mobil

DI Yogyakarta

Review lain

Review Toyota Alphard Hybrid 2018: Efisiensi Tertinggi MPV Premium Toyota

23/12/2019

Editor rate:

Toyota Alphard Hybrid 2018 merupakan level tertinggi MPV premium Toyota, dengan suntikan motor listrik untuk efisiensi, ramah lingkungan dan kenyamanan terbaik.

Lihat juga

Review Mitsubishi Xpander Cross 2019: Penantang Baru Di Kelas LSUV

13/11/2019

Editor rate:

Inilah varian terbaru dari Mitsubishi Xpander di Indonesia. Mitsubishi Xpander Cross 2019 yang tak hanya menjadi penantang di kelas small MPV, namun juga langsung menantang kelas LSUV. Ia akan bersaing langsung dengan Toyota All New Rush, Daihatsu All New Terios dan Honda BR-V.

Lihat juga

Review New Daihatsu Sigra 1.2 X Deluxe A/T 2019: Varian 'Nanggung'?

14/10/2019

Editor rate:

Inilah salah satu model termurah dari Daihatsu Sigra terbaru dengan varian bermesin 1200 cc yang dilengkapi transmisi otomatis. Namun, ia hanya beda Rp 5,5 juta dari tipe dibawahnya dan beda 3 item saja. Lantas apakah mobil ini layak beli? Simak ulasan kami mengenai New Daihatsu Sigra 1.2 X Deluxe A/T 2019

Lihat juga

Review Toyota New Calya 1.2 G 2019: Fitur Nambah Banyak, Cuman Lebih Mahal Rp 2 Juta...

16/09/2019

Editor rate:

Setelah 3 tahun masa peredaran di bumi Indonesia, akhirnya Toyota Calya mendapatkan penyegaran yang cukup banyak. Inilah review kami mengenai mobil Toyota New Calya 1.2 tipe G yang pada hari ini (16/9) PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi meluncurkan Calya versi penyegaran ini ke pasar mobil tanah air.

Lihat juga

Review Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid 2019: Tingkatkan Efisiensi, Low MPV Suzuki Kini Semakin Cinta Lingkungan

10/09/2019

Editor rate:

Suzuki Ertiga menjadi salah satu pemain low MPV yang cukup berhasil memberikan impresi menarik, salah satunya karena alasan efisiensi konsumsi BBM. Dan baru-baru ini, Suzuki memperkenalkan konsep mobil Suzuki Ertiga yang diberikan teknologi mild hybrid, yang mereka namakan Suzuki All New Ertiga Smart Hybrid Vehicle by Suzuki. Seperti apa sosok mobil ramah lingkungan dari Suzuki ini?

Lihat juga