Review Hyundai Tucson GLS 2016: Tucson Terganteng Di Indonesia

27/06/2020

Share this post:

Hyundai Tucson 2016

Editor rate:

RP220.000.000

https://cintamobil.com/daftar-harga-hyundai-tucson Lihat promo

Hyundai Tucson yang kita bahas ini adalah generasi Tucson terganteng di Indonesia, seperti apa ulasannya, simak hingga tuntas Review Hyundai Tucson GLS 2016 ini

Review Hyundai Tucson GLS 2016: Tucson Terganteng Di Indonesia
Review Hyundai Tucson GLS 2016: Tucson Terganteng Di Indonesia
0 Gambar

Pengantar Hyundai Tucson 2016

Mari kita simak spesifikasi Hyundai Tucson 2016 di bawah ini.

Kelebihan

Mesin efisen mengolah BBM

Desain eksterior menawan

Handling tajam

Kekurangan

Tipe GLS punya fitur terbatas

Belum dilengkapi VSC (Vehicle Stability Control)

Lampu depan belum LED (Light Emitting Diode)

Foto Hyundai Tucson GLS 2005

Tucson masuk pasar mobil Indonesia tahun 2005

Review Hyundai Tucson GLS 2016 - Hyundai Tucson pertama kali menggebrak pasar mobil Tanah Air di tahun 2005. Saat itu PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) melihat adanya peluang di kelas SUV. Apalagi, saat itu pemain di kelas SUV masih sedikit, hanya nampak Suzuki Escudo dan Honda CR-V saja. Tapi bukan perkara mudah untuk membuat Tucson diterima di Tanah Air, desainnya yang unik dan tak lazim malah membuatnya kurang mendapat respons publik.

Foto layout dashboard Hyundai Tucson GLS 2005-2007

Layout dashboard ini rancangan putra bangsa asli Surabaya, Jawa Timur

Padahal Tucson generasi pertama ini hadir dengan segudang keunggulan yang tidak dimiliki rivalnya. Contoh, transmisi triptonik yang disebut Hyundai sebagai Shiftronic hanya ada di Tucson saat itu. Tak heran, slogan ‘Shift The Tucson Way’ jadi nilai jual utama Tucson generasi pertama saat itu. Apalagi, desain interior dan exterior Tucson generasi ini terdapat campur tangan putra bangsa bernama Sandy Hartono yang asli Surabaya.

Gambar Hyundai Tucson generasi kedua

Bentuk Tucson generasi kedua lebih diterima di Tanah Air

Tucson generasi kedua lahir pada tahun 2010. Model ini cukup bisa diterima di pasar mobil Indonesia. Ini terbukti dari lebih banyaknya Tucson generasi kedua ini wira-wiri di jalanan Tanah Air dibanding pendahulunya. Tucson generasi ini tetap hadir dalam satu varian mesin, yakni unit 4-silinder 2.000 cc berkode Theta II. Sepanjang lima tahun masa edar, Tucson generasi ketiga ini beberapa kali mendapat facelift dan tambahan tipe, seperti hadirnya trim XG dan Limited yang sudah ada tambahan sunroof.

Foto Hyundai Tucson generasi ketiga

Inilah Tucson dengan desain terganteng di Indonesia

Hingga akhirnya pada tahun 2016 Hyundai Tucson generasi ketiga meluncur, tepatnya di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016. Tucson generasi ini jauh lebih ganteng dan seakan melompat dua generasi dari Tucson generasi sebelumnya. Desain tampan ini merupakan buah tangan desainer kenamaan Peter Schreyer dan Thomas Burkle yang juga mantan desainer VW Group. Lantas, bagaimana impresi kami mengenai Tucson generasi ketiga ini? Silahkan ikuti review Hyundai Tucson GLS 2016 ini sampai tuntas.

Eksterior Hyundai Tucson 2016

Review Hyundai Tucson GLS 2016: Tampilan Depan

Foto tampilan depan Hyundai Tucson GLS 2016

Grill hexagonal jadi ciri khas bahasa desain anyar Hyundai

Tampilan eksterior depan Hyundai Tucson tipe GLS 2016 ini kental dengan nuansa yang benar-benar fresh. Bahasa desain yang digunakan adalah Fluidic Sculpture 2.0, yang mana mobil dibuat aerodinamis nan cantik. Pada bagian depan ini pula, Anda akan disuguhkan dengan grille depan berbentuk hexagonal yang merupakan signature dari desain Hyundai kekinian. Bahkan, meski usianya kini sudah memasuki lima tahun, desain mobil ini tetap terlihat cantik.

Foto headlamp Hyundai Tucson GLS 2016

Lampu utama belum LED tapi sudah HID 4300 Kelvin

Untuk sektor penerangan, Anda tidak perlu khawatir sebab Hyundai Tucson GLS 2016 ini sudah dilengkapi headlamp dengan model projector. Meski belum mengusung bohlam berjenis LED (Light Emitting Diode) seperti SUV kekinian, namun lampu depan mobil ini sudah mengusung bohlam jenis Xenon HID (High Intensity Discharge) dengan kemampuan pancaran cahaya hingga 4300 kelvin. Sayangnya, untuk high beam (lampu jauh) masih mengandalkan bohlam jenis halogen biasa.

Review Hyundai Tucson GLS 2016: Tampilan Samping

Foto tampilan samping Hyundai Tucson GLS 2016

Tampilan samping tak kalah menggoda dari versi facelift 2020

Lanjut ke bagian samping eksterior Hyundai Tucson GLS 2016 ini, tidak seperti Tucson facelift yang terdapat window belt dengan kelir chrome, pada model pre-facelift ini baik pilar A, B hingga C diberi kelir hitam. Namun, tampilan mobil ini tetap menggoda, sebab ia dibekali dengan pelek alloy berdiameter 17 inci, yang dibalut dengan ban Kumho Crugen asli Korea berukuran 225/60R17. Karena tipe GLS ini jadi trim terendah, maka Anda tak akan menemukan lampu sein di spion pada mobil ini.

Foto ban dan pelek Hyundai Tucson GLS 2016

Rem cakram sudah tersedia di keempat roda

Desain velg-nya sendiri juga cukup memukau, dengan model multi spoke dipadu kelir dua warna, yakni silver dan abu-abu (gun metal). Ketika berputar pelek ini terlihat keren, karena jari-jari seakan terlihat rapat dan rem cakram pada keempat roda pada Tucson GLS ini makin terekspos. Secara umum, tidak ada komplain mengenai tampilan eksterior samping Hyundai Tucson tipe GLS rakitan 2016 ini.

Review Hyundai Tucson GLS 2016: Tampilan Belakang

Foto tampilan belakang Hyundai Tucson GLS 2016

Tampilan belakangnya begitu tampan

Pada tampilan belakang Hyundai Tucson GLS 2016 ini juga menampilkan kesan dinamis bak SUV keluaran Jerman. Itu bisa terlihat dari desain buritan yang didominasi dengan lekuk-lekuk tajam nan proporsional yang enak dilihat. Belum lagi desain stoplamp-nya yang seakan membantu mobil ini terlihat lebih tampan. Kami rasa, jika emblem Hyundai pada Tucson ini diganti dengan emblem merk Eropa tetap masih pantas.

Foto kamera parkir Hyundai Tucson GLS 2016

Kamera parkir menunjukkan bagian belakang di spion tengahnya

Saat Anda hendak parkir mundur juga tidak perlu khawatir. Sebab selain Hyundai Tucson GLS 2016 ini sudah dilengkapi dengan empat buah sensor parkir yang dapat memprediksi seberapa dekat dengan objek di belakang mobil ini, ia juga dilengkapi dengan satu buah kamera parkir yang kameranya terletak di atas plat nomor. Sayangnya, meski kualitas kameranya lumayan baik, dudukan kamera ini kurang rapi penempatannya.


Interior Hyundai Tucson 2016

Review Hyundai Tucson GLS 2016: Layout Dashboard

Foto layout dashboard Hyundai Tucson GLS 2016

Kombinasi dua warna membuatnya cukup terlihat mewah

Beralih ke interiornya, nuansa dinamis tetap diteruskan hingga bagian dalam Hyundai Tucson GLS 2016 ini. Kombinasi warna dominan hitam dipadu dengan kelir silver dan beberapa aksen chrome membuat tampilan Tucson trim GLS ini terlihat cukup mewah. Layout dashboard yang tinggi juga tidak menjadi masalah, sebab posisi duduk dapat diatur delapan arah plus setir dapat diatur tinggi rendah dan maju-mundurnya.

Review Hyundai Tucson GLS 2016: Bagasi

Foto bagasi Hyundai Tucson GLS 2016

Kapasitas bagasi menurun 71 liter dari generasi sebelumnya

Tucson tipe GLS lansiran 2016 ini juga pas untuk menjadi mobil yang digunakan untuk pelesir liburan ke luar kota. Sebab, selain ia mampu menampung 5 penumpang termasuk pengemudi dengan nyaman, Tucson generasi ketiga ini juga menyodorkan kapasitas bagasi yang cukup lapang yakni 513 liter. Sayangnya, kapasitas bagasi ini menurun 72 liter dari Tucson generasi sebelumnya.

Review Hyundai Tucson GLS 2016: Setir

Foto setir Hyundai Tucson GLS 2016

Diameter setir pas dan mantap digenggam

Lingkar kemudi dari Hyundai Tucson GLS 2016 ini desainnya cukup baik dan nyaman digenggam. Karena ia sudah dibalut dengan kulit imitasi dan lingkar diameternya pas. Apalagi ia juga dilengkapi dengan pengaturan tilt and telescopic yang membuat postur tubuh seperti apapun dapat menemukan posisi duduk ideal saat mengemudi. Apalagi ia juga dibantu kursi yang dapat diatur ketinggiannya (height adjuster).

Fitur Hyundai Tucson 2016

Review Hyundai Tucson GLS 2016: Multi Information Display

Foto multi information display Hyundai Tucson GLS 2016

Informasi MID cukup lengkap

Layar multi information display pada Hyundai Tucson GLS 2016 ini juga menyajikan informasi yang cukup lengkap. Mulai dari informasi konsumsi bahan bakar real time, konsumsi bahan bakar rata-rata, kecepatan rata-rata, speedometer digital, informasi waktu berkendara, suhu luar kendaraan, dan tentu saja tripmeter A, B dan odometer. Sayangnya, meski informasinya lengkap tapi font-nya agak kuno, seperti layar LCD kalkulator kuno.

Review Hyundai Tucson GLS 2016: In-Car Entertaiment System

Foto In-Car Entertaiment System Hyundai Tucson GLS 2016

Audio jadi kekurangan Hyundai Tucson tipe GLS

Sama seperti kakaknya Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi 2016, sistem audio adalah salah satu kekurangan Hyundai Tucson GLS 2016 ini, karena selain ia tidak dilengkapi dengan head unit layar sentuh, jumlah speakernya pun sedikit. Tercatat hanya ada 4 speaker dan 2 buah tweeter saja di mobil yang masuk kelas medium SUV ini.

Foto head unit terintegrasi Hyundai Tucson GLS 2016

Konektivitas sangat terbatas

Jelas suaranya tidak bisa diharapkan, Cintamobil.com pun sudah mencoba sendiri dan kami menyarankan Anda jika membeli mobil ini agar melakukan upgrade sistem tatanan suaranya. Konektivitasnya juga buruk, sebab smartphone Anda tidak akan dapat terkoneksi ke sistem audio Hyundai Tucson GLS 2016 ini.

Review Hyundai Tucson GLS 2016: Pengaturan AC

Foto tombol pengaturan AC Hyundai Tucson GLS 2016

Meski tanpa climate control tapi pengaturannya cukup lengkap

Hyundai Tucson GLS 2016 memang belum dilengkapi dengan pengaturan AC model climate control yang dapat menjaga suhu sesuai dengan yang telah diatur. Namun, pengaturan AC di Tucson sudah cukup lengkap. Dari mulai arah semburan yang bisa diatur ke kaki maupun ke badan, juga terdapat defroster kaca depan dan defogger kaca belakang, bahkan ia juga dilengkapi dengan heater (penghangat).

Foto Ventilasi AC belakang Hyundai Tucson GLS 2016

Ventilasi AC menjamin penyebaran dingin lebih cepat merata

Lebih menyenangkan lagi, meski Tucson ini hanya SUV dengan dua baris tempat duduk, namun ia sudah dilengkapi dengan saluran AC untuk penumpang belakang yang letaknya menyatu dengan konsol tengah bagian belakang. Meskipun ventilasi AC ini hanya bisa diatur buka tutup dan mengarahkan semburan saja, namun ini sudah cukup untuk mobil yang dijual seharga Rp 385 juta saat kondisi baru (tahun 2016).

Operasi Hyundai Tucson 2016

Foto mesin NU 2.0L Hyundai Tucson GLS 2016

Mesin 2.000 cc ini cukup hemat namun sedikit kurang tenaga di putaran bawah

Sumber tenaga Hyundai Tucson GLS 2016 ini disusupi mesin 4-silinder 2.000 cc dengan kode NU. Mesin ini punya pasokan bahan bakar Multi Point Injection (MPI), dan sudah pakai katup ganda pada masing-masing silindernya alias DOHC (Dual Overhead Camshaft). Demi menambah performanya, mesin berbahan bakar ini juga mengusung teknologi katup variabel D-CVVT.

Foto tuas transmisi Hyundai Tucson GLS 2016

Transmisi 6-percepatan dapat dipindahkan secara manual

Mesin ini mampu diperas tenaganya dan menghasilkan tenaga 157 ps atau sekitar 155,5 hp pada putaran mesin 6.200 rpm dan torsi sebesar 20,0 kgm atau setara 196 Nm yang dicapai pada rotasi mesin 4.000 rpm. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi otomatis 6-percepatan yang dapat diatur perpindahannya secara manual (shiftronic).

Foto Hyundai Tucson GLS 2016

Akselerasi dari diam ke 100 km/jam hanya butuh sekitar 11 detik

Mesin ini cukup hemat, di dalam kota kami bisa mencapai konsumsi bahan bakar 10,1 kilometer per liter (km/l). Sedangkan saat melaju konstan di jalan bebas hambatan ia menghabiskan 1 liter untuk 16 kilometer. Hal ini dapat dicapai karena rasio gigi mobil buatan negeri ginseng ini cukup ‘halus’. Saat melaju 100 km/jam putaran mesin hanya bertengger di 2.000 rpm. Akselerasinya juga cukup baik, 0 ke 100 km/jam berada di kisaran 11,1 detik.

Spesifikasi Hyundai Tucson 2016

Berikut ini adalah spesifikasi Hyundai Tucson GLS 2016

Mesin Hyundai Tucson GLS 2016

 Seri mesin

 NU 2.0 MPI, DOHC, D-Cvvt

 Pasokan Bahan Bakar

 Multi Point Injection

 Jumlah Katup

 4 Katup Per Silinder (2 Inlet & 2 Outlet)

 Tenaga Maksimum

 155,5 Hp (157 Ps) @ 6.200 rpm

 Torsi Maksimum

 196 Nm (20,0 Kgm) @ 4.000 rpm

 Kapasitas Silinder

 1,999 cc

 Bore X Stroke

 81.0 mm X 97.0 mm

 Tipe Transmisi

 6 Percepatan Otomatis, Penggerak Roda Depan (FWD)

  Rangka Hyundai Tucson GLS 2016

  Panjang X Lebar X Tinggi

 4.475 mm x 1.850 mm x 1.651 mm

 Jarak Sumbu Roda

 2.670 mm

 Jarak Terendah Ke Tanah

 163 mm

 Jumlah Tempat Duduk

 5-Seats

 Kapasitas Tangki

 62 Liter

  Suspensi/Kaki-Kaki Hyundai Tucson GLS 2016

Suspensi Depan & Belakang

 Depan: MacPherson Strut

 Belakang: Multi Link Suspension 

Sistem Kemudi

 Rack and Pinion with Motor Driven Power Steering (MDPS)

Rem Depan & Belakang

 Disc Brake & Disc

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA

Teknologi Safety Sasis

 Advanced High Strength Steel (AHSS)

Struktur Sasis

 Monokok, SUV C-Segment

 Pelek

 Alloy, 17 inch

Jenis Ban

 Kumho Crugen, 225/60 R17

Daftar Harga Hyundai Tucson 2016

Foto tampilan belakang Hyundai Tucson GLS 2016

Harga bekas mobil ini cukup menggoda

Hyundai Tucson GLS 2016 kini dijual dalam kondisi bekas dengan harga berkisar antara Rp 220 hingga Rp 270 juta. Tapi perlu diingat, harga tersebut tidak mengikat, karena sangat tergantung dari kondisi aktual kendaraan. Pastikan juga, saat Anda hendak menebus SUV ganteng ini, catatan servisnya harus lengkap dan teratur, agar tidak merepotkan Anda di kemudian hari.

>>> Dapatkan informasi terlengkap tentang harga Hyundai Tucson di sini

Kesimpulan Hyundai Tucson 2016

Foto kesimpulan review Hyundai Tucson GLS 2016

Jadi apakah Tucson GLS 2016 ini cocok untuk Anda?

Jika Anda mencari SUV ganteng buatan Korea dengan harga yang kini sudah terjangkau, maka Hyundai Tucson GLS 2016 ini adalah mobil yang tepat untuk Anda. Apalagi handlingnya juga cukup menggoda. Tapi, Anda harus paham jika jaringan servis Hyundai tidak seluas rival-rivalnya asal Jepang, jadi lokasi bengkel perlu menjadi pertimbangan Anda.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak review mobil lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

POWER AUTO

Banten

MOCIL DIPO

DKI Jakarta

Palbapang Motor Yk

DIY Yogyakarta

Review lain

Review Hyundai i20 R5 2019

12/03/2019

Editor rate:

Jika reli kelas World Rally Championship atau WRC terasa terlalu tinggi serta tidak semua pereli dapat berlaga di kelas tersebut, dan juga kelas R2 terlalu nanggung, Anda dapat mencoba kelas ini, R5 yang memang didedikasikan untuk 'customer racing' atawa kaum privateer. Ini pendapat kami mengenai salah satu mobil yang berlaga di kelas R5 atau WRC2, sebuah Hyundai i20 R5 spek 2019.

Lihat juga

Review Hyundai Tucson GLS 2005: SUV Enak Dengan Harga Bekas Kini Rp 60 Jutaan

05/10/2019

Editor rate:

Inilah SUV yang cukup diperhitungkan merek lain asal Jepang. Kehadirannya mampu mencuri perhatian dengan bentuk tak lazim plus transmisi otomatis shifttronic. Lantas, dengan harga bekasnya yang kini hanya Rp 60 jutaan, layakkah ia untuk dimiliki?

Lihat juga

Review Hyundai Tucson GLS 2012: Alternatif SUV Kompak Dengan Harga Terjangkau

12/12/2019

Editor rate:

Kehadiran Hyundai Tucson mampu memberikan warna baru di segmen SUV kompak Indonesia. Simaklah review Hyundai Tucson GLS 2012 yang kami hadirkan berikut ini.

Lihat juga

Review Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015: Edisi Khusus Seharga Low MPV

Rp 250.000.000

16/06/2020

Editor rate:

Ingin mendapatkan mobil edisi khusus berkualitas? Ada Hyundai Santa Fe 2.4 D-Spec Limited 2015 dengan mesin yang bertenaga dan fitur canggih dengan harga terjangkau.

Lihat juga

Review Hyundai H-100 2016: Andalan Kendaraan Niaga Hyundai

Rp 100.000.000

15/05/2020

Editor rate:

Jika Anda mencari pengganti Mitsubishi L300, Anda bisa beralih ke Hyundai H-100 2016dengan kelengkapan fitur kenyamanan dan keselamatan sepanjang berkendara.

Lihat juga