Review Honda CR-V Facelift 2020: Ubahan Minor Dengan Hasil Major

29/07/2020

Share this post:

Honda CR-V 2020

Editor rate:

Rp. 686.000.000

Harga Honda CR-V Terbaru Lihat promo

Meluncur lebih dulu di Thailand tepatnya di ajang Bangkok Motor Show 2020, Honda CR-V Facelift 2020 ini mendapat cbahan minor dengan harapan hasil major

Review Honda CR-V Facelift 2020: Ubahan Minor Dengan Hasil Major
Review Honda CR-V Facelift 2020: Ubahan Minor Dengan Hasil Major
0 Gambar

Pengantar Honda CR-V 2020

Mari kita simak spesifikasi Honda CR-V 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Fitur keselamatan bertambah

Varian diesel irit dan bertenaga

Handling terbaik di kelasnya

Kekurangan

Belum ada varian bensin 1500 turbo dan hybrid

Interior minim ubahan

Harga mahal

Foto Honda CR-V Turbo

All-new Honda CR-V pertama kali diperkenalkan di Tanah Air tahun 2017

Honda CR-V Facelift 2020 akhirnya muncul pertama kali di kawasan ASEAN, tepatnya di Thailand pada ajang bergengsi Bangkok Motor Show 2020. Setelah sebelumnya digadang-gadang akan memulai debutnya di Vietnam. Honda CR-V versi penyegaran ini sebenarnya hadir dengan ubahan luar yang terlihat minor, namun berkat pembaruan yang cukup banyak di bagian kabin, membuat Honda CR-V Facelift 2020 ini terasa pantas untuk mendapatkan hasil (penjualan) yang major.

Gambar Honda CR-V Facelift 2020

Versi faceliftnya lebih dahulu 'mejeng' di Bangkok Motor Show 2020

Menurut bocoran yang tim Cintamobil.com dapat, CR-V teranyar ini sudah siap masuk Indonesia. Namun, dikarenakan pandemic COVID-19 membuat rencana tersebut sedikit tertunda. Sedikit melihat sejarah, Honda CR-V adalah SUV yang kehadirannya cukup fenomenal dan disambut baik oleh konsumen di Indonesia. Sejak tahun 2000, CR-V seakan ‘set the standard’ sebuah SUV modern di Tanah Air. Lantas, bagaimana ulasan kami mengenai mobil ini? Simak hingga tuntas review Honda CR-V Facelift 2020 ini.

Eksterior Honda CR-V 2020

Review Honda CR-V Facelift 2020: Tampilan Depan

Gambar tampilan depan Honda CR--V Facellift 2020

Bahasa desain solid wing face dipertahankan dan terdapat beberapa perbedaan detail

Tampilan eksterior depan Honda CR-V Facelift 2020 ini masih mengandalkan bahasa desain solid wing face yang berkarakter gagah, sporty dan aerodinamis. Hanya sedikit ubahan yang dilakukan Honda Thailand untuk versi facelift ini, antara lain grille depan yang tebal kini menggunakan kelir piano black dari yang sebelumnya chrome, di samping itu desain bumper juga mengalami ubahan jadi terlihat lebih sporty. Walau desainnya tidak terlihat aerodinamis, namun para engineer Honda sudah memikirkan agar tetap efisien mengalirkan angin.

Gambar headlamp Honda CR-V Facelift 2020

Headlamp sudah full LED

Hingga trim tertinggi, kini Honda CR-V facelift tidak dilengkapi dengan foglamp. Namun, hal tersebut bukannya tanpa alasan, mengingat headlamp dengan bohlam LED (Light Emitting Diode) dinilai sudah memadai untuk memberikan penerangan di depan. Ini juga mengikuti tren-tren mobil mewah keluaran Eropa kekinian, yang sudah tidak lagi menggunakan foglamp pada produk-produk terbaru mereka. Tapi, tetap tersedia lampu DRL (Daytime Running Light) untuk menambah visibilitas pengendara dari arah berlawanan.

Review Honda CR-V Facelift 2020: Tampilan Samping

Gambar tampilan samping Honda CR-V Facelift 2020

Selain velg, tak ada beda detail lainnya di CR-V facelift ini

Lanjut ke bagian eksterior samping Honda CR-V Facelift 2020 ini, tidak terlihat terlalu banyak ubahan dari versi sebelum penyegaran. Garis-garis body masih sama dengan model sebelumnya. Hanya saja velg dengan diameter 18 inci kini menggunakan desain anyar yang terlihat lebih sporty namun tetap tidak meninggalkan kesan elegan. Tiap spoke (palang) pada velg ini juga dirancang khusus agar aerodinamis dan mampu membuang udara yang terjebak di balik velg. Warna cosmic blue metallic yang Anda lihat ini merupakan kelir terbaru pada CR-V versi facelift ini.

Gambar ban dan velg Honda CR-V Facelift 2020

Velg 18 inci seperti ini hanya ada di tipe tertinggi

Review Honda CR-V Facelift 2020: Tampilan Belakang

Gambar tampilan belakang Honda CR-V Facelift 2020

Stoplamp kini dismoke hitam agar lebih sporty

Bila Anda kurang jeli, di bagian buritan Honda CR-V Facelift ini, Anda tidak akan menemukan perbedaan apapun, karena dari garis desain plus lekukan pintu bagasinya masih sama saja dengan model sebelum facelift. Tapi, sebenarnya ada beberapa pembeda, di antaranya adalah mika stoplamp belakang yang kini menggunakan akses smoke berwarna agak kehitaman sehingga menimbulkan kesan sporty. Lalu, terdapat sensor di bawah bumper belakang untuk mengoperasikan fitur pembuka pintu belakang otomatis.

Gambar tampak belakang Honda CR-V Facelift 2020

Ornamen di bumper belakang membuat kesan elegan


Interior Honda CR-V 2020

Review Honda CR-V Facelift 2020: Layout Dashboard

Gambar layout dashboard Honda CR-V Facelift 2020

Dashboard CR-V facelift ini bertabur material berkualitas dan desainnya tidak kaku

Masuk ke dalam interior, secara umum layout dashboard yang disajikan Honda CR-V versi penyegaran ini masih sama saja dengan sebelum facelift. Baik dalam hal permainan kombinasi warna dashboard, sampai penggunaan wood panel masih serupa dengan model pre-facelift. Secara umum tidak ada keluhan mengenai dashboard ini, karena sudah pakai material empuk, finishing oke, dan penggunaan dominan warna hitam menambah kesan mewah serta tidak memantulkan sinar matahari saat berkendara di panas terik.

Review Honda CR-V Facelift 2020: Memory Seat

Gambar memory seat Honda CR-V Facelift 2020

Memory seat memungkinkan Anda memiliki 2 setup posisi berkendara yang berbeda

Memory seat menjadi salah satu kelengkapan terbaru yang dihadirkan Honda di interior CR-V Facelift. Berkat adanya fitur ini, Anda dapat melakukan program terhadap posisi duduk favorit Anda. Menggunakan fitur ini juga mudah, Anda tinggal tentukan posisi mengemudi favorit Anda, lalu tekan tombol ‘SET’ dan tombol ‘1’ atau ‘2’ pada gagang pintu dalam. Tentunya fitur ini sangat membantu, terlebih jika CR-V terbaru ini sering digunakan berdua dengan pasangan Anda atau anak Anda.

Review Honda CR-V Facelift 2020: Wireless Charging

Gambar wireless charging Honda CR-V Facelift 2020

Letakkan saja smartphone Anda selama perjalanan dan baterai akan terisi ulang

Melakukan perjalanan jauh dengan Honda CR-V Facelift 2020 ini semakin menyenangkan dengan adanya fitur wireless charging yang terletak di depan cup holder tengah SUV medium ini. Jadi, jika smartphone Anda sudah kompatibel dengan pengisian daya nirkabel maupun fast charging, Anda tinggal letakkan saja di tempat yang sudah tersedia, maka nanti daya baterai ponsel Anda akan terisi dengan sendirinya. O ya, agar aki awet, pastikan lakukan pengecasan saat mesin hidup ya.

Review Honda CR-V Facelift 2020: Center Console

Gambar canter console Honda CR-V Facelift 2020

Tuas transmisi diganti tombol membuat kesan high tech

Nuansa high tech juga dihadirkan oleh Honda CR-V Facelift 2020 ini untuk varian bermesin diesel. Sebab, tuas transmisi yang biasanya diletakkan mendominasi konsol tengah, kini digantikan dengan tombol-tombol elektris. Anda tak perlu lagi menggeser tuas, dan hanya perlu menekan tombol. Jelas ini sangat memudahkan apalagi untuk wanita yang merupakan salah satu konsumen dominan SUV ini. Penggunaan tombol yang menggantikan tuas transmisi ini juga mengeliminir kelemahan rusaknya tombol pembebas di tuas transmisi CR-V lawas.

Review Honda CR-V Facelift 2020: Bagasi

Gambar bagasi Honda CR-V Facelift 2020

Kabin luas demikian juga bagasinya

Salah satu senjata utama Honda CR-V sejak pertama kali muncul di Indonesia adalah akomodasi kabinnya yang demikian baik. Meski bentuknya tinggi dan macho dahulu kala, namun akomodasi dan kepraktisan mobil ini terkenal baik. Dan pada Honda CR-V Facelift 2020 ini bukanlah suatu pengecualian. Kini, memasukkan barang semakin mudah dengan adanya fitur pembuka pintu belakang otomatis, jadi meski di kedua tangan Anda penuh barang bawaan dan hendak membuka bagasi, Anda tinggal ayunkan kaki saja di bawah bumper, maka bagasi terbuka otomatis.

Fitur Honda CR-V 2020

Review Honda CR-V Facelift 2020: Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar Honda Lane Watch di Honda CR-V Facelift 2020

Honda Lane Watch akan meminimalisir blind spot

Di versi penyegaran Honda CR-V ini, Honda melengkapi SUV medium andalannya ini dengan fitur Honda sensing. Honda Sensing adalah suatu sistem keselamatan terintegrasi yang mengandalkan radar untuk menambah fitur keselamatannya. Radar tersebut diletakkan pada emblem ‘H’ di depan mobil dan sensor ultrasonik di balik spion tengah. Kemampuan pindai radar ini cukup bisa diandalkan di berbagai kondisi.

Gambar Honda Sensing di Honda CR-V Facelift 2020

Dua 'mata' pintar ini akan memindai keadaan di depan dan memberikan action yang dibutuhkan

Fitur Honda Sensing yang ditanam pada Honda CR-V Facelift 2020 ini meliputi Collision Mitigation Brake System (CMBS) terintegrasi dengan Forward Collision Warning (FCW), Road Departure Mitigation System (RDM) terintegrasi dengan Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assist System (LKAS), Driver Attention Monitor (DAM), Agile Handling Assist (AHA) , Adaptive Cruise Control (ACC) terintegrasi dengan Low Speed Follow (LSF) dan Auto-High Beam.

Gambar Agile Handling Assist di Honda CR-V Facelift 2020

Fitur AHA diklaim akan 'mempertajam' handling mobil

Review Honda CR-V Facelift 2020: In-Car Entertaiment System

Gambar In-Car Entertaiment System Honda CR-V Facelift 2020 built in Google Maps

Jangan kuatir tersesat selama perjalanan, sudah ada GPS

Sistem In-Car Entertainment System yang diusung Honda CR-V Facelift 2020 ini sudah cukup baik di kelasnya. Karena telah mengusung head unit dengan layar sentuh 7 inci, serta terdapat empat speaker, dua tweeter, serta satu midbass di mobil ini untuk menghasilkan kualitas suara yang jernih. Tak hanya itu saja, head unit ini juga sudah mampu terkoneksi dengan gadget Anda, sebab ia sudah kompatibel dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

Gambar In-Car Entertaiment Honda CR-V Facelift 2020 built in Apple CarPlay and Android Auto

Audio juga sudah support Apple CarPlay dan Android Auto

Anda juga tidak perlu kuatir tersesat saat di perjalanan bersama mobil ini, sebab Honda CR-V Facelift 2020 ini telah dilengkapi built in navigation yang dapat menunjukkan Anda lebih cepat sampai lokasi tujuan. Sayangnya, hampir tidak ada tombol fisik pada head unit ini, sehingga akan menyulitkan ketika hendak pengaturan audio di mobil ini, beruntung ia sudah memiliki tombol audio di palang setir sebelah kiri yang mempermudah Anda untuk melakukan pengaturan audio ringan.

Gambar head unit Honda CR-V Facelift 2020

Bentang layar head unit layar sentuh ini adalah 7 inch

Review Honda CR-V Facelift 2020: Multi Information Display

Gambar panel meter Honda CR-V Facelift 2020

MID menjadi lebih menarik dan sudah full digital

Bagian panel speedometer yang merangkap layar Multi Information Display (MID) di mobil ini merupakan salah satu bagian terbesar yang diubah oleh Honda pada Honda CR-V facelift. Kini, tampilannya menjadi full digital layaknya Honda Accord, sudah tidak tersedia lagi jarum analog fisik seperti di saudara satu basisnya yang berbentuk sedan yakni Civic.

Gambar Multi Information Display Honda CR-V Facelift 2020

Kesan canggih makin terpancar dengan penggunaan format full digital

Meski ubahannya hanya ada pada panel meter bagian tengah, tetapi ini menimbulkan kesan canggih dan kekinian. Informasi yang disajikannya juga semakin lengkap, bila sebelumnya hanya mampu menampilkan informasi konsumsi bahan bakar real time, konsumsi bbm rata-rata, jarak tempuh A dan B, serta suhu luar mobil, kini lebih lengkap.

Gambar MID Honda CR-V Facelift 2020 terhubung ke Bluetooth Telephony

MID ini juga dapat terkoneksi dengan bluetooth

Adapun beberapa informasi yang mampu tersaji di MID terbaru ini antara lain, kompas, bluetooth telephony, sistem navigasi, informasi audio, dan tentunya segala informasi yang dapat disajikan pada Honda CR-V sebelum facelift ini juga sudah tersedia. Yang menyenangkan adalah, kombinasi warna MID ini dibuat oleh Honda secara cukup menarik.

Gambar MID Honda CR-V facelift 2020 dapat menampilkan kompas untuk navigasi perjalanan

Kompas juga sudah tersedia

Review Honda CR-V Facelift 2020: Sunroof

Gambar sunroof di Honda CR-V Facelift 2020

Sunroof membuat kabin makin berkesan luas

Fitur panoramic sunroof pada Honda CR-V facelift 2020 ini membuat kabin makin terasa luas. Sunroof ini dapat dibuka secara otomatis dan mampu tergeser dan terangkat (slide and tilt). Yang menyenangkan, meskipun sunroof ini cukup besar, tetapi tidak sedikitpun mengurangi headroom. Tak heran, akomodasi Honda menjadi salah satu yang terbaik di kelasnya.

Operasi Honda CR-V 2020

Gambar mesin N16 i-DTEC 2 Stage Turbo Honda CR-V Facelift 2020

Mesin diesel dengan teknologi 2 Stage Turbo dikombinasi katup variabel i-DTEC

Di Thailand, CR-V tidak memiliki varian mesin bensin 1.500 cc turbo, melainkan dua pilihan mesin yang kemungkinan tidak akan dijual disini. Model top of line pakai mesin 4-silinder diesel berkode N16 two stage turbocharger dengan kapasitas bersih 1.597 cc. Mesin tanpa busi ini punya output tenaga 160 PS pada putaran mesin 4.000 rpm serta torsi 350 Nm mulai rotasi mesin 2.000 rpm. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke semua roda melalui transmisi otomatis 9-percepatan.

Gambar paddle shift di Honda CR-V Facelift 2020

Perpindahan 'gigi' dapat dilakukan melalui paddle shift

Sedangkan pilihan powertrain satunya adalah mesin bensin 4-silinder 2.400 cc dengan kode K24. Mesin yang cukup legendaris di line up CR-V sejak generasi kedua ini dapat menghasilkan tenaga 173 Ps pada putaran mesin 6.200 rpm dan torsi 224 Nm di putaran 4.000 rpm. Tenaga dan torsi tersebut tersalur ke dua roda depan melalui transmisi CVT. O ya, versi AWD (All Wheel Drive) tadi hanya tersedia di mesin diesel ya. Bagaimana untuk versi Indonesia? Kemungkinan varian Hybrid akan mendarat di Tanah Air.

Spesifikasi Honda CR-V 2020

Berikut ini adalah spesifikasi Honda CR-V Facelift 2020.

Mesin Honda CR-V Facelift 2020

Seri mesin

 Diesel: N16, 4-silinder, DOHC, i-DTEC 2 STAGE TURBO

 Bensin: K24, 4-silinder, DOHC, i-VTEC

Pasokan Bahan Bakar

 Diesel: Common Rail Direct Injection

 Bensin: Programmable Fuel Injection (PGM-FI)

Jumlah Katup

 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)

Rasio Kompresi

 Diesel: 16,0:1

 Bensin: 10,0:1

Tenaga Maksimum

 Diesel: 158,5 hp (160 ps) @ 4.000 rpm

 Bensin: 171,5 hp (173 ps) @ 6.200 rpm

Torsi Maksimum

 Diesel: 350 nm @ 2.000 rpm

 Bensin: 224 nm @ 4.000 rpm

Kapasitas Silinder

 Diesel: 1,597 cc

 Bensin: 2,356 cc

Bore X Stroke

 Diesel: 76,0 mm X 88,0 mm

 Bensin: 87,0 mm X 99,1 mm

Tipe Transmisi

 Diesel: Otomatis 9-percepatan AWD (All Wheel Drive)

 Bensin: CVT FWD (Front Wheel Drive) & AWD

Rangka Honda CR-V Facelift 2020

Panjang X Lebar X Tinggi

 4,571 mm X 1,855 mm X 1.690 / 1,679 mm

Jarak Sumbu Roda

 2,662 mm

Ground Clearance

 4WD: 208 mm

 2WD: 198 mm

Kapasitas Tangki

 57 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Honda CR-V Facelift 2020

Suspensi Depan & Belakang

 Depan: MacPherson Strut Independent with Stabilizer Bar

 Belakang: Multi-link independent with stabilizer bar

Sistem Kemudi

 Rack and Pinion Dual Power with Electric Voltage (DP-EPS)

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc Brake & Disc

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA, Brake Override System, Honda Sensing

Teknologi Safety Sasis

 G-CON + ACE™

Struktur Sasis

 Monokok, SUV C-Segment

Pelek

 4WD: Alloy, 18 Inch

 2WD: Alloy, 17 inch

Jenis Ban

 4WD: Radial, 235/60R18

 2WD: Radial, 235/65R17

Daftar Harga Honda CR-V 2020

Gambar menunjukkan tampilan depan Honda CR-V Facelift 2020

Harganya di Thailand tembus Rp 800 jutaan!

Honda CR-V Facelift 2020 dalam dua varian mesin dan lima trim, range harga di negeri Gajah Putih tersebut adalah mulai 1.369.000 baht atau jika dikonversi rupiah sekitar Rp 632,7 juta, hingga 1.759.000 baht atau sekitar Rp 812,9 juta. Varian termahal adalah 1.6 DT-EL 4WD 7-Seater seperti mobil yang kami review kali ini.

Kesimpulan Honda CR-V 2020

Gambar Honda CR-V Facelift 2020 sedang dipajang di Bangkok Motor Show 2020

Ia segera dijual di Indonesia

Rasanya tentu tidak sabar ingin segera melihat penampakan SUV medium ini di Tanah Air. Namun sayangnya, pandemi membuat seluruh rencana pabrikan dalam memperkenalkan model baru di Indonesia menjadi terhambat. Dan Honda CR-V Facelift 2020 masih menjadi salah satu mobil SUV bensin yang patut diperhitungkan, sebab ia nyaman, punya mesin kencang, dan handling yang memukau. Ubahan minor dengan hasil major mungkin dapat dengan mudah diperoleh jagoan Honda ini. Tetapi, CR-V tidak bisa ‘santai’ lagi, sebab rivalnya dari pabrikan berlogo triple elips siap menantang, yakni Toyota Corolla Cross.

>>> Klik sini untuk lanjut simak review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

Review lain

Review Dan Test Drive All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019, Performa Serupa Namun Lebih Murah Rp 40 Juta

21/06/2019

Editor rate:

Setelah mengulas tipe tertinggi dari All New Honda CR-V 1.5L Turbo yaitu Prestige, kini kami mendapat kesempatan istimewa untuk mengetes langsung dengan jarak yang panjang tipe menengah dari Al New Honda CR-V 1.5L Turbo ini. Inilah review dan test drive kami terhadap mobil All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019.

Lihat juga

Review Honda CR-V 2.4 Prestige 2013: Dengan Hanya Rp. 200 Jutaan, Anda Bisa Peroleh SUV Flagship Honda

25/11/2019

Editor rate:

Apakah Anda sedang mencari Sport Utility Vehicle (SUV) dengan fitur melimpah dan fun to drive? Jika iya, maka jangan lupakan Honda CR-V 2.4 Prestige 2013. Model SUV flagship Honda ini, saat barunya dulu dijual di kisaran Rp. 400 jutaan dan kini model bekasnya punya harga nyaris setengahnya. Mari kita simak review Honda CR-V Prestige 2013.

Lihat juga

Review Honda CR-V 2020: Ucapkan Selamat Datang Pada SUV Hybrid Pertama Besutan Honda

16/10/2019

Editor rate:

Honda CR-V 2020 akhirnya mendarat di Amerika Serikat, mengusung teknologi Hybrid untuk pertama kali dalam sejarah. Fitur-fiturnya pun semakin lengkap, memprioritaskan kenyamanan berkendara serta bodi tangguh. Mari kita intip bersama dalam review Honda CR-V 2020.

Lihat juga

Review Honda Civic Hatchback RS 2020: Ubahan Minimalis Nan Memikat

Rp. 499.000.000

13/02/2020

Editor rate:

PT Honda Prospect Motor akhirnya memperbaharui tampilan mobil New Honda Civic Hatchback RS, tentu ini langkah tepat mengingat ia telah beredar sejak 2017.

Lihat juga

Review Honda Civic Hatchback 2017, Reinkarnasi Sang Legenda Civic Estilo

11/04/2018

Editor rate:

Setelah 21 tahun hanya hadir dengan model sedan, Honda Civic Hatchback akhirnya kembali ke Tanah Air. Dan sebagaimana versi sedan, ia juga hadir dengan mesin berteknologi Turbo. Berikut ini adalah review Honda Civic Hatchback 2017, reinkarnasi sang legenda Civic Estilo.

Lihat juga
back to top