Review Honda Civic 2015 Indonesia

18/01/2018

Share this post:

Honda Civic 2015

Editor rate:

Lihat promo

Honda Civic versi Sedan merupkan pilihan yang tepat bagi anda yang ingin tampil mewah dan modern. Jagoan Honda ini memang sejak lama dikenal sebagai mobil premium yang siap menaikan status penggunanya. Di tahun 2015 kemarin, Honda meluncurkan Civic. Seperti apa spesifikasi lebih lanjutnya? Silahkan membaca tulisan review Honda Civic 2015 Indonesia di bawah ini.

Review Honda Civic 2015 Indonesia
Review Honda Civic 2015 Indonesia
0 Gambar

Pengantar Honda Civic 2015

Mari kita simak spesifikasi Honda Civic 2015 di bawah ini.

Kelebihan

Tenaga Responsif

Bantingan Enteng

Irit Bahan Bakar

Kekurangan

Rem Terasa Lembek

Ruang Bangku Belakang Terlalu Pas-pasan

Tarikan Mesin Kurang Enak di Kecepatan Rendah

Gambar mobil Honda Civic 2015 berwarna coklat membawa kesan mewah pada katalognya kali ini

Civic Masih mengandalkan kesan mewah pada katalognya kali ini

Review Honda Civic 2015 Indonesia - Segmen mobil Sedan memang tak ada matinya. Tengok saja, meskupun industry otomotif tengah diramaikan berbagai mobil SUV, MVP hingga Green Car, peminat mobil yang kerap diasosiasikan dengan mobil para petinggi ini masih tetap ada. Stigma orang akan pemilik Sedan sebagai orang berada memang tak terbantahkan lagi. Menilik fakta tersebut, dua tahun yang lalu, Honda merakit salah satu Sedan andalannya Honda Civic 2015

Sedan yang sudah hadir sejak tahun 70an ini memang kerap bertansformasi setiap tahunnya. Hal ini sekaan menjadi bukti bahwa peminat Civic memang merupakan mobil yang selalu ditunggu setiap tahunnya. Dari tahun ke tahun, Civic terus mengalami perubahan yang signifikan. Bahkan dalam beberapa waktu belakangan ini, mobil asal Asia Timur ini telah mengeluarkan varian sportnya demi menjamah konsumen kelas atas. Lantas, bagaimana dengan spesifikasi Honda Civic 2015 yang sudah diluncurkan dua tahun lalu? Cintamobil.com telah merangkumnya untuk anda. Berikut ini adalah review Honda Civic 2015 Indonesia. Selamat membaca.

Eksterior Honda Civic 2015

Kesan maskulin dan dinamis langsung terasa dari mobil ini tatkala kita melihatnya dengan mata telanjang. Berbagai lekukan dan desain yang ciamik nampak membaur dalam satu kesatuan body mobil ini. Dari segi desain, Civic merupakan mobil yang sangat cocok untuk dikemudikan di jalanan perkotaan. Kesannya yang begitu stylish dan lekat dengan mereka yang berjiwa muda menjadikan Civic sebagai opsi bagi kaum urban perkotaan yang hendak memiliki mobil jenis Sedan. Untuk membedah lebih jauh tentang mobil ini, kita membahas tentang desain ekssterior Honda Civic 2015. Ada baiknya jika kita membedah sisi depannya terlebih dahulu.

  • Desain Bagian Depan

Sisi depan Civic ini tak jauh berbeda dengan seri-seri sebelumnya

Di bagian depan, Honda Civic 2015 Indonesia tampil kalem dengan dua guratan di bagian kap. Terlihat sederhana memang. Namun apabila ditelisik lebih jauh, guratan yang tersemat pada kap mesin ini juga memberikan warna tersendiri dan memberi kesan sedikit stylish. Honda nampaknya tak ingin membiarkan sisi ini kosong melompong. Sementara pada bagian lampu utama, desain menyipit menjadi andalan guna membuat sisi depan mobil ini menjadi lebih premium. Sementara pada sisi grill, Civic 2015 nampak “mencontek” saudara seibunya yakni Accord. Konsep grill menjaring sendiri memang sudah sangat lekat dengan Accord. Meski begitu, sebagai pembeda, Civic menyematkan aksen chrome pada bagian bawah guna mempercantik sekaligus memberikan kesan gagah pada sisi deppan.

Beranjak ke bagian bawah, Civic memiliki bumper berukuran medium yang membuatnya agak sedikit low. Untuk memberikan kesan dinamis pada sisi bumper, dihadirkan pula rongga udara pada bagian tengah. Sementara di sisi kiri dan kanan, dihadirkan pula list dengan aksen warna yang sama pada bagian bawah grill. Sebagai penutup, hadir pula lampu kabut yang siap berikan penerangan ekstra saat mobil diharuskan melaju pada medan yang kurang pencahayaan.

  • Desain Bagian Samping

Sisi samping nampak sporty bukan?

Bergerak ke sisi samping, Civic hadirkan kesan minimalis dengan menyelipkan gradasi tipis pada bagian bawah pintu. Di samping itu, kaki-kaki mobil ini juga terlihat begitu jenjang di samping meskipun terlihat low di bagian depan. Sisi samping ini hanya bermain dengan corak satu warna saja. Honda nampaknya paham betul cara untuk membuat salah satu Sedan favoritnya ini nampak begitu sporty tanpa harus memberikan banyak sentuhan. Sebagai penambah kesan sporty, velg dengan desain racing dihadirkan guna selimuti keempat roda Civic.

  • Desain Bagian Belakang

Kesederhanaan nampaknya menjadi role yang coba disematkan pada bagian belakang

Menyisir bagian belakang, kesan elegan lagi-lagi terpancar berkat menyempitnya bagian buritan dari mobil ini. Hal tersebut bisa dilihat dengan menyempitnya desain ruang pintu bagasi. Sementara bagian bumper dibuat lebih besar guna pancarkan kegagahan dari sisi belakang. Selain itu, kesna sipit juga dihadirkan melalui stop lamp dan rear combination lamp yang menyelimuti sisi belakang Civic. Sebagai pelengkap, kombinasi lampu-lampu kecil dihadirkan guna menyemarakan bagian buritan dari mobil ini. Secara keseluruhan, sisi eksterior Honda Civic 2015 merupakan kombinasi antara kemewahan yang ditawarkan Sedan namun dengan berbagai bumbu-bumbu khas anak muda melalui tampilannya yang dinamis nan elegan serta tentunya, tetap memberikan sporty di berbagai sisi.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Honda Civic 2015

Puas menilik bagian luar, kini tiba waktunya untuk membedah sisi interior Honda Civic 2015. Di bagian dalam, seperti Sedan pada umumnya, Civic masih menawarkan berbagai kenyamanan dan keamanan pengguna. Sisi kenyamanan diwakili oleh kabin yang lumayan kedap, material-material yang tersemat pada bagian peredaman, jok dan berbagai fitur yang tersemat pada head unit. Sementara keamanan sendiri dipresentasikan oleh fitur tambahan lainnya.

  • Dashboard

Gambar bagian dashboard mobil Honda Civic 2015 dan Sisi dashboard terlihat elegan

Sisi dashboard terlihat elegan

Di sisi dashboard misalnya, sentuhan dua warna diberikan Honda guna pancarkan kesan sporty dan elegan dalam satu waktu. Kesan sporty diwakilkan oleh warna hitam sementara kesan elegan oleh warna lainnya. Di samping, itu, bagian head unit sendiri tersusun dari dua lapis. Lapis pertama digunakan untuk layar sentuh multi fungsi yang siap suguhkan fitur infotaiment, sementara sisi lainnya sebagai panel tombol untuk mengganti berbagai fitur di atasnya. Cukup ringkas memang apa yang disajikan oleh Civic.

Bicara tentang fitur infotaiment, melalui panel layar sentuh berukuran Sedang tersebut, pengguna bisa mengakses berbagai lagu kesukaan melalui perangkat digital maupun analog. Semua disesuaikan sesuai selera. Di samping layar utama tersebut, tebenam Ac dengan desain yang cukup nyentrik. Hal ini sendiri bisa menjadi nilai jual, maupun bumerang. Karena secara tak langsung, desain ini sendiri membuat permukaan panel menjadi sedikit berantakan. Namun kami menilai, kesan tak biasa ini menjadi nilai tambah dan merupakan keberanian Honda untuk tampil beda.

  • Steering

Gamabr bagian setir mobil Honda Civic 2015 dan bagian Setir ini sudah dilengkapi dengan steering switch control

Setir Civic sudah dilengkapi dengan steering switch control

Bergeser ke bagian steering, mobil ini tentunya sudah dilengkapi dengan fitur powersteering yang siap memberikan bantingan ringan saat dipacu di berbagai medan. Tak hanya itu, fitur tambahan lain seperti steering swich control dan pengatur mode berkendara juga telah dihadirkan. Setir ini juga sudah didukung dengan teknologi telekopstik yang memungkinkan penggunanya bisa dapatkan posisi setir terbaik. Sebagai pelengkap, hadir pula panel speedometer yang cukup futuristic. Panel ini sendiri terbelah menjadi dua sisi. Bisa dibilang, penyampaian informasi terkini seputar kendaraan yang diberikan akan cukup informative dan beda dari biasanya.

  • Kursi

Gamabr bagian kursi mobil Honda Civic 2015 dan Balutan warna hitam dope membuat seluruh kursi nampak begitu elegan

Balutan warna hitam dope membuat seluruh kursi nampak begitu elegan

Sementara pada sisi kursi, dua seat bagian depan bisa diatur sesuai selera. Pengendara maupun pengemudi bisa mengatur posisi duduknya sesuai selera. Selain itu, material leather yang disuguhkan pada seluruh seat bisa dibilang cukup mumpuni untuk menunjang kenyamanan sepanjang perjalanan. Sayangnya, seat bagian belakang tak cukup bersahabat bagi mereka yang memiliki tubuh tinggi karena ruang untuk kaki dan kepala yang disediakan cukup terbatas. Hal ini seakan menjadi pemakluman karena ruang-ruang tersebut memang tak mampu dimaksimalkan layaknya SUV maupun MVP. Tentu saja, sisi ini tak menjadi masalah besar bukan?

>>> Baca juga:

Fitur Honda Civic 2015

Gamabr Fitur rear parking sensor di mobil Honda Civic 2015 akan mempermudah pengendara mendapatkan posisi parkir terbaik

Fitur rear parking sensor siap mempermudah pengendara mendapatkan posisi parkir terbaik

Bicara tentang fitur, tentunya Civic sudah dibekali dengan fitur yang siap menunjang keamanan dan keselamatan penggunanya. Mobil ini sendiri sudah dilengkapi dengan pengereman ABS yang siap memberikan proteksi terhadap ban mobil agar tak tergelincir saat diharuskan melakukan pengereman darurat. Dengan adanya support dari ABS, proteksi terhadap ban akan sangat terjamin. Selain itu, meski mobil nampak begitu cocok dengan kontur perkotaan, bukan berarti mobil ini tak bisa melaju di medan yang sulit. Justru Civic mampu membelah berbagai medan yang kurang bersahabat seperti tanjakan tinggi, jalan berkelok dan lain sebagainya. Mengapa demikian? Rahasianya terdapat pada fitur traction control dan hill assist yang tersemat pada Civic 2015. Kombinasi keduanya diklaim siap memberikan kemudahan bagi mobil saat melewati berbagai medan sulit tersebut.

Sementara pada bagian dalam, keamanan penumpang juga sangat terproteksi dengan hadirnya fitur air bag yang tersemat di berbagai penjuru. Kehadiran air bag ini juga memberikan keamanan bagi seluruh penggunanya. Terlebih lagi keamanan tambahan juga diberikan melalui sabuk pengaman yang tersemat di seluruh kursi. Keselamatan anak-anak juga menjadi prioritas Honda Civic. Sedan satu ini juga sudah memberikan proteksi tambahan berupa Child Safety Rear Door Locks.

Sebagai tambahan disematkan pula sensor parking yang bisa diintegrasikan dengan layar sentuh di bagian depan. Kehadiran sensor ini cukup berguna bagi mereka yang kerap menemui kesulitan parkir kendaraan. Dengan keberadaan sensor parkir ini, pengguna bisa melihat berbagai objek di bagiand epan maupun belakang. Cukup praktis bukan?

>>> Ingin dapat informasi terlengkap tentang mobil yang Anda akan beli, klik sini untuk baca tulisan review mobil terlengkap

Operasi Honda Civic 2015

Gambar bagian mesin mobil Honda Civic 2015 Indonesia

Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal dan irit bahan bakar

Honda Civic 2015 Indonesia sendiri mengusung mesin CVT 16-Valve SOHC i-VTEC dengan empat silinder. Penggunaan CVT ini praktis  meninggalkan mesin sebelumnya yang bertipe manual guna mempermudah pengemudi dalam memacu kendaraannya. Selain itu, mesin berkapasitas 1,8 liter tersebut mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 143 ps pada putaran 6500 rpm. Sementara untuk torsinya sendiri, mobil ini mampu melontarkan daya puntir hingga 129 Nm pada putaran 4300 rpm. Soal pengiritan bahan bakar, mobil ini sudah didukung dengan dua teknologi yakni Multi-Point Fuel Injection dan Eco Assist guna menghasilkan tenaga maksimal sekaligus menekan penggunaan bahan bakar. Keduanya merupakan kombinasi ideal guna mengirit bahan bakar dimanapun mobil dipacu.

Spesifikasi Honda Civic 2015

Bagaimana dengan spesifikasi mobil ini? cintamobil.com akan menjelaskan lebih mendetil spesifikasi Honda Civic 2015 untuk anda.

Mesin Honda Civic 2015

Seri mesin

CVT 16-Valve SOHC i-VTEC

Kubikasi

1798 cc

Tenaga Maksimum (ps/rpm)

142 / 6000

Torsi Maksimum (Nm/rpm)

129 / 4300

Kapasitas Tangki

50 Liter

Dimensi Honda Civic 2015

P x L x T

4556 mm x 1435 mm x 1752 mm

Jarak Sumbu Roda

2700 mm

Tempat Duduk

5 Seat

Lain-lain Honda Civic 2015

Ban

P195 / 65 R15 89H

Suspensi Depan

Multi Link

Suspensi Belakang

Multi Link

Daftar Harga Honda Civic 2015

Berapa harga yang bisa ditebus untuk membawa pulang mobil ini? Silahkan lihat harga Honda Civic 2015 di tabel bawah ini. 

Harga Honda Civic 2015

Honda Civic 2015

Rp 250 Jutaan (Second)

Kesimpulan Honda Civic 2015

Siapapun yang berjiwa muda dan menyukai Sedan pastinya akan menjadikan Honda Civic sebagai prioritas. Bagaimana tidak, Sedan yang tak lekang oleh waktu ini terus mengalami perubahan guna mengikuti kebutuhan zaman. Di samping itu, mobil yang cukup irit bahan bakar ini juga tergolong sebagai mobil yang bandel. Sehingga, anda yang menyukai berakselerasi dengan kecepatan tinggi akan sangat cocok mengendarai Civic. Tertarikkah anda untuk membawa pulang mobil yang sudah dirilis dua tahun lalu ini? Well, pilihan di tangan anda.

Heri Susanto
Share this post:

Review lain

Review Honda Accord 2019: Sedan Tercanggih Di Kelasnya

24/07/2019

Editor rate:

PT Honda Prospect Motor meluncurkan Honda Accord 2019 di GIIAS 2019, apa saja teknologi dikandungnya sehingga layak disebut terbaik di kelasnya?

Lihat juga

Review Honda Civic Turbo Sedan 2016: Semakin Sporty dengan Mesin Turbo

05/02/2020

Editor rate:

Honda Civic Turbo Sedan 2016 bisa menjadi pilihan sedan bergaya sporty untuk digunakan sehari-hari. Sekeren apakah sedan yang kini disuntikkan turbo oleh Honda?

Lihat juga

Review All New Honda City 2020: Evolusi sebuah sedan perkotaan

Rp 270.064.385

28/11/2019

Editor rate:

Setelah siklus lima tahun dari generasi keempat, Honda menghadirkan generasi ketujuh All New Honda City yang kini lebih sporty, bertenaga, namun lebih efisien. Dengan modal ketiga hal tersebut, akankah City generasi baru ini meneruskan pendahulunya yang sukses besar di pasar Asia?

Lihat juga

Review Toyota Corolla Altis Hybrid 2019: Mid-Size Sedan Toyota Semakin Tampil Ramah Lingkungan & Asyik Dikemudikan

13/09/2019

Editor rate:

Generasi keempat Toyota Corolla Altis kini siap hadir ke Indonesia membawa dua inovasi besar-besaran. Inovasi ini ialah teknologi mesin hybrid dan arsitektur Toyota New Generation Architecture (TNGA). Apakah dua inovasi ini siap membawa sedan medium Jepang ini menjadi salah satu penantang penting di pasar mobil baru di Indonesia?

Lihat juga

Profil Toyota Crown 2018: Inovasi Tiada Henti Sedan 'Mahkota' Kebanggaan Negeri Sakura

28/06/2018

Editor rate:

Usia Toyota Crown yang sudah menginjak lebih dari 6 dekade tidak menghentikan sedan eksekutif ini untuk terus berinovasi. Lewat generasi ke-15, Toyota Crown 2018 memupuk asa menjadi sedan eksekutif Jepang yang memiliki inovasi tiada henti di segala aspek kenikmatan dan kedinamisan berkendara.

Lihat juga