Review Honda City i-DSI 2003: Sedan Dengan Kepraktisan Mini MPV

19/08/2020

Share this post:

Honda City 2003

Editor rate:

Rp. 75.000.000

Harga Honda City Terbaru Lihat promo

Honda memang selalu concern dengan kepraktisan produknya, tak terkecuali dengan City yang punya kepraktisan bak mini MPV, yuk simak Review Honda City i-DSI 2003

Review Honda City i-DSI 2003: Sedan Dengan Kepraktisan Mini MPV
Review Honda City i-DSI 2003: Sedan Dengan Kepraktisan Mini MPV
0 Gambar

Pengantar Honda City 2003

Mari kita simak spesifikasi Honda City 2003 di bawah ini.

Kelebihan

Konsumsi BBM hemat

Fitur ultra seat mengesankan

Akomodasi jadi yang terbaik di kelasnya

Kekurangan

Tenaga lemah

Bila kurang perawatan EPS dan CVT rawan bermasalah

Power window sisi driver sering seret

Gambar Emblem i-DSI di Honda City i-DSI 2003

Total City generasi ini sudah terjual lebih dari 6.000 unit

Honda City adalah salah satu produk tersukses yang dijual PT Honda Prospect Motor di Tanah Air selain Honda Jazz yang mana adalah saudara satu basisnya. Saat pertama kali diluncurkan pada tahun 2003, Honda City mencatat angka penjualan sebanyak 7.680 unit. Jumlah tersebut meningkat pada tahun 2004, hingga mencapai 8.330 unit sepanjang tahun tersebut. Pada tahun 2005 sendiri, Honda City hingga bulan September lalu telah meraih angka penjualan sebanyak 6.053 unit.

Gambar Honda City andalan Honda Racing Indonesia

Honda City juga menjadi andalan tim Honda Racing Indonesia hingga tahun 2006

Jumlah tersebut menegaskan dominasi Honda City dalam pasaran mini sedan dengan pangsa pasar sebesar 56,8% (tidak termasuk taksi). Dengan demikian, tercatat sebanyak 22.063 unit Honda City telah terjual di seluruh Indonesia sejak diluncurkan pada tahun 2003. Meluncurnya Honda City bermesin i-DSI pada tahun 2003 ini merupakan jawaban dari Toyota Vios yang juga meluncur di tahun yang sama. Kesuksesan Honda City ini juga tidak hanya tercermin melalui angka penjualan yang dicapainya.

Gambar Honda City i-DSI 2003

Honda City i-DSI punya segudang prestasi

Di Indonesia, Honda City juga telah memborong berbagai penghargaan, termasuk meraih Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) untuk kategori sedan selama tiga tahun berturut-turut, sejak 2003 hingga 2005 . Pada tahun 2004, Honda City berjaya sebagai “Best Mini Sedan” di ajang Jakarta Motor Show 2004. Tapi, berbeda dengan City tahun sebelum 2003, sedan kecil ini kini diimpor utuh dari Thailand. Lantas, bagaimana impresi kami mengenai Honda City i-DSI 2003? Simak ulasan sedan dengan kepraktisan ala mini MPV ini.

Daftar mobil bekas terbaru

Lihat Semua

Eksterior Honda City 2003

Review Honda City i-DSI 2003: Tampilan Depan

Gambar tampilan depan Honda City i-DSI 2003

Tampilan depan simpel nan elegan

Tampilan eksterior depan dari Honda City i-DSI ini berkesan simpel namun elegan. Meskipun belum tersedia foglamp yang dapat menjadi sumber penerangan saat berkendara di jalan berkabut, tetapi ia tetap tidak meninggalkan efisiensi saat membelah angin. Sebab, secara keseluruhan, desain bodi dari Honda City varian i-DSI ini dapat memberikan tingkat aerodinamis lebih tinggi dibanding sedan sekelas lainnya (dengan nilai coefficient drag 0,29), yang pada akhirnya dapat mendukung efisiensi bahan bakar.

Review Honda City i-DSI 2003: Tampilan Samping

Gambar tampilan samping Honda City i-DSI 2003

Tangkai spion di luar bodi demi tampilan keren dan aerodinamika yang baik

Lanjut ke bagian eksterior sampingnya, pada Honda City i-DSI 2003 ini lagi-lagi tampil lebih kalem dibandingkan dengan varian VTEC yang sporty. Hal tersebut terlihat dari penggunaan velg 14 inci yang palangnya tebal dengan finishing polished dibanding VTEC yang menggunakan motif spoke lebih rapat. Tersedia side body moulding guna menghindarkan pintu baret akibat benturan. O ya, desain spionnya menggunakan tangkai luar tidak menyatu dengan pintu demi visibilitas serta aerodinamika yang lebih baik.

Review Honda City i-DSI 2003: Tampilan Belakang

Gambar tampilan belakang Honda City i-DSI 2003

Volume bagasi mencapai 500 liter

Pada bagian buritan Honda City i-DSI ini juga senada dengan eksterior depannya yang kalem, tidak terlalu banyak pernik menarik di sini kecuali ornamen chrome memanjang di atas plat nomor yang juga menjadi penutup bukaan bagasi. Secara umum tidak ada komplain terhadap bentuk belakang sedan kompak ini. O ya, fungsi penyimpanan pada Honda City juga semakin komplit dengan bagasi lapang berkapasitas 500 liter, atau setara dengan mobil mewah.


Interior Honda City 2003

Review Honda City i-DSI 2003: Layout Dashboard

Gambar layout dashboard Honda City i-DSI 2003

Dashboard senada dengan Honda Jazz

Interior Honda City juga didesain oleh Honda guna mempertegas konsep yang ditawarkan pada mobil ini. Dashboard two tone nya dikawal dengan nuansa beige pada trim, kursi serta panel bernuansa kayu (wood panel) untuk memberikan aura kemewahan pada City varian i-DSI ini. Tombol pengatur fitur pada sedan kompak ini juga mudah untuk diraih oleh tangan pengemudi.

Review Honda City i-DSI 2003: Kursi

Gambar kursi Honda City i-DSI 2003

Kabin luas, sebagaimana ciri khas mobil Honda

Lima penumpang termasuk pengemudi dapat duduk dengan nyaman di dalam kabin Honda City i-DSI 2003 ini. Sebab headroom serta legroomnya jauh lebih luas bila dibandingkan dengan rival senegaranya yakni Toyota Vios dan Suzuki Baleno. Sayangnya hanya empat penumpang saja yang mendapatkan seatbelt serta headrest yang proper di sini, sebab penumpang yang duduk di kursi belakang tengah hanya dapat sabuk pengaman dua titik.

Review Honda City i-DSI 2003: Setir

Gambar setir Honda City i-DSI 2003

Steermatic merupakan satu-satunya di kelasnya

Posisi mengemudi yang cukup ideal cukup mudah didapatkan pada Honda City i-DSI 2003 ini, sebab setirnya dapat diatur posisinya untuk naik dan turun meski belum tersedia fitur telescopic. Makin spesial, karena ada fitur 7-Speed Steermatic khusus varian i-DSI bertransmisi CVT, yang memungkinkan pengemudi melakukan perpindahan gigi melalui tombol di roda kemudi. Tinggal tekan tombol ‘+’ untuk naik gear dan ‘-’ untuk turun gigi.

Fitur Honda City 2003

Review Honda City i-DSI 2003: Ultra Seat

Gambar kursi ultra seat pada Honda City i-DSI 2003

Ultra Seat punya tiga mode pengaturan

Fleksibilitas ruang kabin New Honda City varian i-DSI ini didukung oleh teknologi “Ultra Seat”, yang memungkinkan kursi diatur sesuai dengan berbagai keperluan. Setidaknya ada tiga mode yang dapat dipilih, yakni Refresh Mode, Tall Mode, Long Mode, dan Utility Mode Sayangnya tidak seperti pada varian VTEC, kursi belakang City i-DSI ini tidak dilengkapi dengan under seats drawer.

Review Honda City i-DSI 2003: Panel Instrumen

Gambar panel instrumen Honda City i-DSI 2003

Panel meter masih sederhana

Panel instrumen pada Honda City i-DSI 2003 ini masih relatif sederhana tanpa adanya Multi Information Display (MID). Hanya tersedia panel penunjuk putaran mesin serta speedometer di tengah. Sementara untuk indikator posisi shifter gigi ada pada bagian kanan menjadi satu dengan instrumen tangki bahan bakar. Odometer pada Honda City i-DSI ini juga sudah menganut sistem digital demikian juga dengan tripmeter A serta B-nya.

Review Honda City i-DSI 2003: In-Car Entertaiment System

Gambar head unit Honda City i-DSI 2003

Head unit lansiran JVC

Honda City i-DSI 2003 ini memiliki tatanan audio yang sama persis dengan Honda Jazz yang juga menjadi produk satu basisnya. Ia mengandalkan head unit berukuran dual DIN lansiran JVC yang mampu menangkap siaran radio AM serta FM, memutar kaset, CD maupun MP3. Kualitas reproduksi suara audio dari keempat speakernya juga lumayan baik, meski tidak dilengkapi dengan tweeter sebagai standar.

Operasi Honda City 2003

Sesuai dengan namanya, Honda City i-DSI 2003 ini memiliki mesin berteknologi i-DSI (intelligent Dual & Sequential Ignition). Mesin ini memiliki output tenaga 88 PS atau sekitar 86,5 HP pada putaran mesin 5.500 rpm, dan torsi sebesar 128 Nm mulai dari 2.700 rpm saja. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke dua roda depan melalui dua pilihan transmisi, yakni otomatis CVT dengan simulasi 7-percepatan Steermatic dan manual 5-percepatan

Gambar Mesin L15A4 Honda City i-DSI 2003

Mesin City i-DSI punya 8 busi macam mesin V8

Sistem i-DSI mempunyai ruang pembakaran yang compact dan dua busi pada tiap silindernya. Sistem dual & sequential ignition mengatur waktu urutan pengapian dari kedua busi, yaitu pada langkah hisap dan langkah buangnya, berdasarkan kecepatan dan beban kerja mesin. Pengaturan ini memungkinkan pembakaran yang lebih cepat dan menyeluruh serta momen puntir yang besar pada kecepatan rendah-menengah. Sistem tersebut akhirnya menghasilkan keseimbangan tinggi antara pemakaian bahan bakar yang ekonomis dan tenaga yang cukup responsif meski tidak seagresif varian VTEC.

Spesifikasi Honda City 2003

Berikut ini adalah spesifikasi Honda City i-DSI 2003.

Mesin Honda City i-DSI 2003

Seri mesin

 L15A, 4-Silinder, SOHC, i-DSI (intelligent Dual & Sequential Ignition)

Pasokan Bahan Bakar

 Programmable Fuel Injection (PGM-FI)

Jumlah Katup

 8 Katup (1 Inlet & 1 Outlet per Silinder)

Tenaga Maksimum

 86,5 Hp (88 Ps) @ 5.500 rpm

Torsi Maksimum

 128 Nm @ 2.700 rpm

Kapasitas Silinder

 1,496 cc

Bore X Stroke

 73.0 mm X 89.4 mm

Tipe Transmisi

 Otomatis CVT Simulasi 7-percepatan & Manual 5-percepatan (FWD)

Rangka Honda City i-DSI 2003

Panjang X Lebar X Tinggi

 4.390 mm X 1.690 mm X 1.485 mm

Jarak Sumbu Roda

 2.450 mm

Radius Putar

 4,7 Meter

Kapasitas Tangki

 42 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Honda City i-DSI 2003

Suspensi Depan & Belakang

 Depan: MacPherson Strut with coil spring & stabilizer

 Belakang: H-shape Torsion Beam

Sistem Kemudi

 Rack and Pinion with Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Disc Brake & Drum

Teknologi Sistem Pengereman

 N/A

Teknologi Safety Sasis

 Honda G-Force Control Technology (G-CON), Side Impact Beam

Struktur Sasis

 Monokok, Sedan B-Segment

Pelek

 Alloy, 14 inch

Jenis Ban

 Radial, 175/55 R14

Daftar Harga Honda City 2003

Gambar daftar harga Honda City i-DSI 2003

Baiknya beli yang transmisi manual saja

Honda City i-DSI 2003 kini ditawarkan dalam kondisi bekas dengan kisaran harga Rp 65 juta hingga Rp 75 juta. Namun, harga tersebut tidak mengikat dan sangat tergantung dari kondisi aktual kendaraan. Saran kami, pilih varian bertransmisi manual, sebab jika Anda tidak paham riwayat pengguna sebelumnya, transmisi CVT-nya rawan bermasalah, apalagi jika sempat salah isi oli transmisi matiknya. Ingat, perbaikan transmisi CVT itu tidak murah.

Kesimpulan Honda City 2003

Gambar kesimpulan review Honda City i-DSI 2003

City adalah sedan dengan kepraktisan mini MPV

Jika Anda mencari sebuah sedan kompak yang lega, dan praktis layaknya sebuah mini MPV, maka Honda City i-DSI 2003 ini adalah mobil yang pas untuk Anda. Terlebih jaringan servis Honda sudah tersebar di mana-mana sehingga membuat Anda lebih tenang. Tapi, perlu diingat usianya yang sudah lebih dari 10 tahun membuat Anda perlu ekstra saat melakukan pengecekan.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

Review lain

Review Honda Jazz VTEC 2005: Power Up Your Life!

Rp. 100.000.000

02/08/2020

Editor rate:

Honda Jazz VTEC merupakan jawaban PT Honda Prospect Motor akan pilihan pasar yang lebih luas, mengusung tagline power up your life, seberapa menarik mobil ini?

Lihat juga

Review Honda Jazz i-DSI 2004: Cikal Bakal Compact Hatchback Terpopuler Di Tanah Air

Rp. 75.000.000

31/07/2020

Editor rate:

Honda Indonesia menggerbrak pasar anak muda dengan Honda Jazz di tahun 2004, inilah review Honda Jazz i-DSI 2004 yang jadi cikal bakal hatchback kompak pupuler

Lihat juga

Review Honda CR-V Facelift 2020: Ubahan Minor Dengan Hasil Major

Rp. 686.000.000

29/07/2020

Editor rate:

Meluncur lebih dulu di Thailand tepatnya di ajang Bangkok Motor Show 2020, Honda CR-V Facelift 2020 ini mendapat cbahan minor dengan harapan hasil major

Lihat juga

Review Honda Accord 3.5 V6 2008: Accord Bermesin Pintar

Rp 160.000.000

06/06/2020

Editor rate:

Tahun 2000an pabrikan Jepang mulai berani memasukkan line-up mesin besar di sedan mewahnya, salah satunya Honda Accord 3.5 V6 yang ternyata punya mesin pintar

Lihat juga

Review Honda Civic Hatchback RS 2020: Ubahan Minimalis Nan Memikat

Rp. 499.000.000

13/02/2020

Editor rate:

PT Honda Prospect Motor akhirnya memperbaharui tampilan mobil New Honda Civic Hatchback RS, tentu ini langkah tepat mengingat ia telah beredar sejak 2017.

Lihat juga
back to top