Review Honda Brio 2015

27/01/2018

Share this post:

Honda Brio 2015

Editor rate:

Daftar Harga Honda Brio Terbaru Lihat promo

Setelah sukses dengan mengeluarkan Honda Brio pada 2012 silam, kali ini PT. Honda Prospect Motor (HPM) selaku pemegang merek Honda memperkenalkan versi LCGC pada mobil ini, yaitu Honda Brio Satya pada tahun 2013 silam. Walaupun sedikit terlambat dari pesaingnya namun mobil city car dengan konsep LCGC besutan Honda ini memiliki fitur yang jauh lebih lengkap dibandingkan dengan pesaingnya. Apa saja kelebihan mobil ini? Selengkapnya bisa dibaca dalam review Honda Brio 2015 dibawah ini.

Review Honda Brio 2015
Review Honda Brio 2015
0 Gambar

Pengantar Honda Brio 2015

Mari kita simak spesifikasi Honda Brio 2015 di bawah ini.

Kelebihan

Desain mobil yang kompak dan sporty

Hemat bahan bakar dan ramah lingkungan

Walaupun mobil LCGC, tetapi memiliki fitur keselamatan yang cukup lengkap

Performanya cukup mumpuni

Kekurangan

Tidak semua tipe memiliki fitur-fitur penunjang

Desain interior terlihat biasa saja

Ruang bagasi tidak luas

gambar Honda Brio 2015 secara keseluruhan

Review Honda Brio 2015 - Mengusung konsep yang sama dengan model pertama (non LCGC), Honda Brio Satya tampil dengan desain yang lebih fresh dan lebih sporty. Honda Prospect Motor membuat desain ini agar dapat menarik minat kaum muda lewat mobil LCGC besutannya. Karena mengusung konsep LCGC, sudah pasti kandungan dalam mobil ini menggunakan bahan lokal yang mencapai 85 persen sesuai dengan ketentuan mobil LCGC yang diterapkan pemerintah. Walaupun begitu, mobil LCGC ini memiliki fitur-fitur penunjang yang jauh lebih baik dibandingkan dengan mobil lain di kelasnya. Review Honda Brio 2015 secara lengkap oleh cintamobil.com bisa dibaca dibawah ini.

Eksterior Honda Brio 2015

Karena mengusung konsep LCGC dan ditujukan untuk anak muda, eksterior Honda Brio 2015 terlihat cukup atraktif walaupun desainnya terlihat minimalis. Fitur-fitur yang terpasang pada bagian luar mobil ini membuat Honda Brio Satya terlihat lebih dinamis dan sporty.

  • Desain bagian depan

gambar bagian depan Honda Brio 2015 berwarna hijau

Bagian depan Honda Brio 2015 yang begitu sporty

Pada bagian depan mobil menggunakan head lamp multi reflektor 3 dimensi yang akan memberikan penerangan maksimal. Grille depan mobil ini memiliki Front Garnish berbentuk sabuk dan embel logo Honda yang semuanya beraksen krom. Fog lamp Honda Brio Satya didesain menggunakan bingkai dan berukuran agak kecil.

  • Desain bagian samping

gambar bagian samping Honda Brio 2015 berwarna hijau

Bagian samping Honda Brio yang terlihat dinamis

Pada bagian samping mobil ini tidaklah terlalu banyak menonjolkan kesan tertentu. Namun karena didesain menggunakan konsep LCGC, mobil ini terlihat lebih kompak. Selain itu ada lekukan di bagian pintu mobil yang membuat mobil ini terlihat lebih dinamis.

  • Desain bagian belakang

gambar bagian belakang Honda Brio 2015 berwarna hijau

Bagian belakang Honda Brio 2015 yang sporty

Pada bagian belakang mobil ini terpasang stop lamp Honda Brio berbentuk bulat yang berada di sudut luar kendaraan yang memberikan kesan unik dan sporty pada bagian belakang mobil ini. Ditambah dengan roof spoiler membuat bagian belakang mobil ini terlihat stylish dan elegan.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Honda Brio 2015

  • Dashboard dan setir

gambar dashboard dan setir Honda Brio 2015

Bagian interior Honda Brio 2015

Desain pada dashboard mobil ini terlihat biasa saja. Namun di bagian tengah dashboard sudah dilengkapi dengan fitur multimedia berupa Single Disc, MP3/WMA, Audio System Double Din AM/FM, Aux Input, Made for iPod (Tipe E), USB Port, serta Rear + Front Speaker (Tipe E & S) yang akan menghibur anda ketika sedang berkendara. Tidak lupa ada AC Control yang akan memberikan kenyamanan pada ruang kabin. Di bagian setir terpasang fitur Electric Power Steering yang akan memudahkan pengemudi mengendarai mobil ini.

  • Kursi

gambar kursi Honda Brio 2015 berwarna putih

Kursi Honda Brio 2015

Kursi yang digunakan oleh mobil ini sudah menggunakan bahan yang cukup baik. Namun kursi baris kedua sandaran terasa agak keras sehingga akan sedikit melelahkan ketika berjalan dalam jarak yang cukup jauh. Kursi baris kedua bisa dilipat untuk memberikan ruang bagasi yang lebih luas ketika sedang tidak digunakan.

  • Bagasi

gambar bagasi Honda Brio 2015 ketika mengangkut 3 galon air

Bagasi Honda Brio 2015 yang hanya mampu mengangkut 3 galon air

Karena mengusung konsep city car, sudah pasti bagasi pada mobil ini tidaklah luas. Namun kursi baris kedua bisa dilipat agar mampu memberikan ruang tambahan pada bagasi mobil ini.

>>> Baca juga:

Fitur Honda Brio 2015

gambar fitur airbag di bagian kursi depan mobil Honda Brio 2015

Airbag Honda Brio 2015

Sistem keselamatan yang terpasang pada mobil ini berupa pengereman yang cukup handal yang menggunakan teknologi ABS (Antilock Braking System) dan EBD (Electronic Brake Force Distribution) pada mobil dengan tipe S dan E. Dual SRS Airbags terpasang di semua tipe mobil untuk melindungi penumpang ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Rancangan struktur G-CON dan ACE, Side Impact Beam serta Pedestrian Safety Body pada eksterior mobil berfungsi untuk meminimalkan cedera baik pengemudi dan penumpang maupun pejalan kaki jika terjadi tabrakan. Fitur keamanan yang dipasang pada mobil ini berupa Wave Key untuk semua tipe, Keyless Entry, untuk tipe S dan E dilengkapi dengan Immobilizer Anti-Theft System, dan Security Alarm untuk menjaga mobil anda tetap aman.

>>> Baca juga: Harga Honda Jazz 2017, spesifikasi dan review lengkap

Operasi Honda Brio 2015

gambar bagian mesin mobil Honda Brio 2015

Mesin Honda Brio 2015

Walaupun mengusung konsep LCGC, mesin Honda Brio 2015 menggunakan mesin i-VTEC + DBW 1.2L SOHC silinder segaris berkapasitas 1.198 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 88 Ps pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 109 Nm pada putaran 4.500 rpm. Tenaga pada mobil ini disalurkan melalui transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 5 percepatan. Dan juga ada teknologi Drive By Wire yang berfungsi untuk membuka atau menutup Throttle Valve sehingga presisi akselerasi menjadi maksimal namun tetap irit bahan bakar. Mesin mobil ini juga sudah lolos uji emisi standar EURO 4 sehingga mobil ini layak disebut sebagai mobil LCGC.

>>> Klik sini untuk membaca semua tulisan review mobil di situs cintamobil.com

Spesifikasi Honda Brio 2015

Spesifikasi Honda Brio 2015 bisa dilihat di tabel berikut.

Mesin Honda Brio 2015

Tipe Mesin

1.2 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW

Kapasita Isi Silinder

1198 cc

Sistem Bahan Bakar

Fuel Injection

Jenis Bahan Bakar

Bensin

Daya Maksimal

88 Ps / 6.000 rpm

Torsi Maksimal

109 Nm / 4.500 rpm

Transmisi

Manual/Automatic 5-Speed

Standar Emisi

EURO 4

Dimensi Honda Brio 2015

P x L x T

3.610 x 1.680 x 1.485 mm

Jarak Poros Roda

2.345 mm

Jarak Terendah

165 mm

Berat Kosong

930 kg

Jumlah Penumpang (max)

5

Kapasitas Tangki BBM

35 L

Sistem Kemudi Honda Brio 2015

Sistem

Rack & Pinion with Electric Power Steering (EPS)

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

H-Shape Torsion Beam

Pengereman Honda Brio 2015

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Drum

Sistem Pengereman

ABS+EBD (tipe S&E only)

Kaki-kaki Honda Brio 2015

Ban

175 / 65 R14

Velg

Steel Wheel 14″

Daftar Harga Honda Brio 2015

Harga mobil Honda Brio 2015 bisa dilihat di tabel bawah ini.

Tipe mobil

Harga Honda Brio

Honda Brio Satya A M/T

Rp 114.900.000

Honda Brio Satya S M/T

Rp 119.900.00

Honda Brio Satya E M/T

Rp 125.900.000

Honda Brio Satya S A/T

Rp 149.600.000

Honda Brio Satya E A/T

Rp 157.600.000

*Catatan: harga bisa berubah sewaktu-waktu

Kesimpulan Honda Brio 2015

Untuk mobil dengan desain LCGC, Honda Brio sudah memberikan lebih dari apa yang diharapkan. Tidak hanya untuk anak muda, mobil ini juga cocok bagi mereka yang ingin memiliki mobil yang terjangkau namun tetap mempertahankan kemampuannya yang ramah lingkungan, hemat bahan bakar, dan memiliki banyak fitur-fitur penunjang baik hiburan maupun keselamatan. 

Handy Goeyana
Share this post:

Review lain

Harga Honda Odyssey 2017

06/10/2017

Editor rate:

Honda nampaknya tengah serius untuk menancapkan taringnya di tahun 2017 ini. Pabrikan asal Jepang ini terus memperbaharui katalognya seperti Honda CR-V, HR-V dan lain sebagainya. Seakan tak pernah puas, Honda kembali merilis Odyssey untuk meramaikan dan menggempur pasar. Mobil dengan segmentasi menengah ke atas ini dihadirkan sebagai jawaban untuk konsumen yang menginginkan MVP dengan kelas premium. Ada apa dengan mobil itu? Bacalah tulisan review Honda Odyssey 2017 di bawah ini.

Lihat juga

Mobil Honda Civic 2008 Indonesia

14/12/2017

Editor rate:

Honda Civic 2008 adalah salah satu sedan yang hingga saat ini masih mendapatkan nilai yang cukup tinggi di pasar Indonesia. Kemewahan dan juga kenyamanan yang ditawarkan menjadi salag satu alasan tersebut. Apa saja yang dimiliki oleh mobil ini? Bacalah tulisan tentang mobil Honda Civic 2008 Indonesia di bawah ini.

Lihat juga

All New Honda City 2016 Indonesia

16/12/2017

Editor rate:

Segmen sedan merupakan segmen mobil yang tak lekang oleh waktu. Hal tersebut nampaknya dipahami oleh berbagai produsen otomoti dunia yang terus konsisten hadirkan varian ini setiap tahunnya. Begitu juga dengan Honda. Pabrikan asal Jepang ini belum lama mengeluarkan seri anyar sedan andalan mereka Honda City. Mengingat mobil ini merupakan versi terbaru, tentunya Honda memberikan berbagai penyegaran di setiap sisi untuk mengikuti kebutuhan zaman. Yuk simaklah All New Honda City 2016 Indonesia.

Lihat juga

Spesifikasi Honda Civic 2010

21/12/2017

Editor rate:

Honda Civic 2010 yang menjadi produk generasi ke 8 dalam kiprah Honda, dihadirkan ke dalam dua versi segmen yakni segmen Sedan Coupe dan segmen Sedan Hatchback. Untuk pasar di Indonesia sendiri, PT. Honda Prospect Motor (HPM) menamakan Honda Civic 2010 ini dengan sebutan Honda Civic FD 1.8 i-VTEC dan Honda Civic FD 2.0 SOHC. Di kesempatan kali ini Cintamobil.com akan membahas tentang spesifikasi Honda Civic 2010.

Lihat juga

Harga Honda Accord 2008 Indonesia

26/12/2017

Editor rate:

Honda Accord merupakan sebuah mobil big sedan yang menjadi andalan Honda untuk menyaingi kompetitornya di kelas. Di segmen yang sudah penuh ini, pada tahun2008 Honda mengeluarkan Honda Accord yang memiliki tampilan yang lebih gagah. Apa saja yang ditawarkan oleh mobil ini bagi penggunanya? Dan berapa harga Honda Accord 2008 Indonesia?

Lihat juga