Review Ford Ranger 2009 Double Cabin

20/01/2018

Share this post:

Ford Ranger 2009

Editor rate:

Daftar Harga Ford Ranger Terbaru Lihat promo

Ford Ranger 2009 Double Cabin bisa dibilang merupakan mobil yang cukup istimewa. Pasalnya, mobil ini merupakan prototype perdana Ranger untuk menyasar industri otomotif. Berbekal desain dan mesin yang mumpuni, mobil ini cukup menggambarkan Ford sebagai mobil 4x4 yang tangguh dan siap mengarungi berbagai medan yang menghalangi. Ada apa yang menarik dari mobil Double kabin ini? Berikut ini adalah review Ford Ranger 2009 Double Cabin.

Review Ford Ranger 2009 Double Cabin
Review Ford Ranger 2009 Double Cabin
0 Gambar

Pengantar Ford Ranger 2009

Mari kita simak spesifikasi Ford Ranger 2009 di bawah ini.

Kelebihan

Tenaga Besar

Bantingan Ringan

Kapasitas Kargo Besar

Kekurangan

Sparepart Sulit Didapatkan

Interior Terkesan Murah

Interior Sempit

 

Gambar mobil Ford Ranger 2009 berwarna abu-abu sedang berhenti di pinggir jalan

Pickup Truck andalan Ford ini nampak begitu tangguh, bahkan saat berhenti sekalipun

Review Ford Ranger 2009 Double Cabin - Ford Ranger merupakan salah satu mobil berjenis Double Cabin yang eksis sejak lama. Mobil besutan parbikan asal Amerika Serikat ini memang sudah cukup terkenal di negara asalnya. Ekspansi pun dilakukan Ford untuk mengibarkan katalognya tersebut. Tepat di tahun 2009 lalu, Ranger generasi pertama dirilis ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

Indonesia sendiri sejatinya bukan negara yang familiar dengan mobil jenis ini. Pasalnya, kebanyakan konsumen di tanah air cenderung memilih mobil Green Car, SUV, MVP hingga sport. Meski demikian, ceruk Double Cabin jelas masih terbuka cukup lebar karena tak sedikit pula peminat mobil yang dibilang sebagai mobil “lelaki sejati” ini. Selain itu, Ford Ranger 2009 Double cabin ini boleh dibilang mobil yang masih mengusung citarasa Amerika karena bentuknya yang boxy. Di generasi selanjutnya, Ranger seakan melupakan jatidiri sebagai mobil asal negara adidaya tersebut dan bermain dengan desain yang hampir-hampir mirip dengan pickup truck asal Asia lainnya. Di samping desainnya, apa lagi yang membuat Ranger generasi pertama ini menjadi begitu istimewa? Berikut review Ford Ranger 2009 Double Cabin. Selamat membaca.

 

Eksterior Ford Ranger 2009

Sebagai awal, sisi luar, atau eksterior akan kita bedah satu per satu terlebih dahulu. Secara keseluruhan, sisi eksterior Ford Ranger 2009 Double cabin memang cukup berotot dan terasa “laki banget”. Desain mengotak yang Ford sematkan juga seakan mempertegas jatidiri dari mana mobil ini berasal. Selain kekar, body Ranger juga terasa begitu aktraktif dan terasa jenjang.

  • Desain Bagian Depan

Gambar mobil Ford Ranger 2009 double cabin berwarna silver dilihat dari bagian depan

Kaki yang jenjang, grill yang besar serta lampu yang menyalak membuat mobil ini sangat cocok untuk pria sejati

Di sisi depan, Ranger memiliki tampilan yang mengotak entah dari sisi grill, headlamp hingga bumper. Di bagian grill misalnya, Ford mendesain rongga udara ini dengan tekstur tiga garis yang saling bersinergi satu sama lain. Warna grill yang mengikuti warna dasar body juga membuat mobil ini tampil gagah meski tanpa hadirnya sentuhan chrome. Di sebelahnya, terpampang headlamp yang juga memiliki desain mengotak. Headlamp multi projector ini juga siap membantu penerangan mobil saat berada di medan yang minim pencahayaan. 

Di bagian bumper, Ford memberikan jarak sepersekian mili demi memberikan space antara grill dan bumper. Desain bumper besar yang mengotak ini juga terbilang begitu aerodinamis karena sudah disematkan dua rongga udara dengan desain melintang di sisi atas dan putus-putus di bagian bawah. Begitu cantik dan gagah memang apa yang coba ditampilkan Ranger pada bumpernya ini. Sebagai pelenglap sisi depan, hadir pula lampu senja dengan desain bulat beserta rumahnya yang sedikit diselipkan aksen chrome. Sisi depan sendiri ditutup dengan hadirnya spoiler berwarna silver guna pertegas kokohnya bagian wajah dari Ranger.

  • Desain Bagian Samping

Gambar mobil Ford Ranger 2009 double cabin berwarna biru dilihat dari sisi samping sedang parkir di depan pantai di Indonesia

Sisi sampingnya masih pancarkan kekokohan

Sementara di sisi samping, kesan sederhana nampaknya coba diaplikasikan Ford untuk Ranger. Di sisi ini, Ford tak banyak memberikan sentuhan, baik berupa lekukan yang membentang ke belakang maupun ornament lainnya. di sisi ini, kita hanya akan menemui spion dengan aksen chrome dan footstep dengna warna senada. Namun pada beberapa warna tertentu, Ranger hadirkan kesan two tone colour pada sisi bawahnya. Kehadiran two tone colour ini juga memberikan kesegaran tersendiri pada bagian samping.

  • Desain Bagian Belakang

Gambar mobil Ford Ranger 2009 double cabin berwarna biru dilihat dari sisi samping sedang parkir di dekat pantai dengan bagian belakang menuju ke luar

Sisi belakang hadir dengan desain yang cukup sederhana

Lompat ke belakang, Ranger memiliki ruang kargo yang cukup luas. Anda yang gemar bepergian dengan membawa barang bawaan yang cukup besar seperti koper, sepeda maupun benda lainnya dipastikan akan terbantu dengna kehadiran kargo ini. Selain benda-benda yang sifatnya personal, kargo ini juga sanggup untuk menopang material berat lainnya seperti mesin, potongan kayu dan lain sebagainya. Tak hanya didesain untuk membawa barang berukuran besar, Ranger juga mempercantik sisi ini dengan kehadiran footstep berukuran sedang dengan aksen warna hitam dope dan stop lamp berukuran sedang yang berukuran sedang.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Ford Ranger 2009

Masuk ke bagian dalam, Ranger memiliki desain interior yang cukup luas layaknya mobil-mobil SUV. Disini, penumpang maupun pengemudi dimanjakan dengan hadirnya material kabin yang mumpuni untuk meredam berbagai noise dari luar dan seat berbahan leather yang cukup nyaman untuk diduduki. Selain itu, perjalanan juga akan terasa spesial karena mobil ini sudah menghadirkan panel multimedia yang siap berikan suasana berbeda sepanjang perjalanan.

  • Dashboard

Gambar bagian dashboard mobil Ford Ranger 2009 double cabin

Ketangguhan tetap diperlihatkan Ford untuk sisi dashboard yang dimilikinya

Di bagian dashboard, warna hitam dope dan cream bisa dipilih pada sisi ini. Anda yang memiliki jiwa petualang pastinya akan memilih warna hitam. Sementara anda yang ingin tampil elegan bisa memilih warna cream. Namun untuk warna terakhir, dipasikan butuh perhatian ekstra karena kemungkinan menempelnya noda akan cukup besar. Di bagian tengah, tersemat panel multimedia seperti CD Player, dan Radio. Bisa dikatakan, panel ini tak menghadirkan sesuatu yang spesial. Hal ini boleh jadi merupakan sebuah pemakluman karena mobil ini memang dirilis di tahun 2009 yang mana di tahun tersebut, sangat jarang mobil yang menyematkan panel layar sentuh. Sebagai pelengkap, berbagai speaker aktif sudah disematkan di berbagai penjuru kabin guna hasilkan kualitas suara terbaik sebagai teman mengarungi medan yang tengah dilalui.

  • Setir

Setir Ford Ranger 2009 Double Cabin sudah dilengkapi dengan steering switch control

Sisi setir sudah dilengkapi dengan steering switch control 

Bergeser ke bagian setir, Ranger sudah dilengkapi dengan steering switch control yang mana fitur ini mampu mempermudah pengemudi dalam mengakses fitur di bagian dashboard seperti mengganti lagu dan mengatur volume suara dari lingkar kemudi. Sebagai pelengkap, setir ini juga sudah dilengkapi dengan powersteering guna mempermudah bantingan kendaraan saat dibutuhkan. Sebagai pelengkap, speedometer dengan tiga panel analog juga dihadirkan untuk memberitahu informasi terkini seputar kendaraan kepada pengemudi mulai dari penggunaan bahan bakar, jarak tempuh hingga penggunaan perseneling.

  • Kursi

Gambar kursi belakang Ford Ranger 2009 nampak sempit dan jauh dari kata nyaman

Sisi kursi belakang nampak sempit dan jauh dari kata nyaman

Sementara pada bagian seat depan, jarak kursi bisa diatur berkat kehadiran sliding seat. Artinya penumpang maupun pengemudi bisa mendapatkan ruang yang cukup mumpuni untuk kaki-kaki mereka. Di bagian belakang, sejatinya ruang yag disediakan agak kurang luas. Sehingga kesan sempit begitu terasa di bagian ini, terutama untuk mereka yang memiliki tubuh tinggi dan kaki yang jenjang. Sebagai proteksi keamanan, seluruh seat juga sudah dilengkapi dengan seatbelt.

>>> Baca juga:

Fitur Ford Ranger 2009

Gamabr mobil Ford Ranger 2009 double cabin berwarna biru dilihat dari sisi samping

Rager 2009 sudah dilengkapi dengan fitur pengereman ABS

Mobil yang dirancang untuk melintasi berbagai medan ini juga sudah dilengkapi dengan serangkaian fitur guna menunjang performa dan berikan keamanan serta keselamatan penggunanya. Berbagai fitur seperti pengereman ABS yang berfungsi untuk meminimalisir resiko terkuncinya ban saat terjadi pengereman darurat. Selain itu, dua airbag juga sudah dihadirkan di dua seat terdepan guna meminimalisir terjadinya resiko cidera apabila mobil mengalami kecelakaan. Sebagai pelengkap hadir pula Engine Immobilizer yang siap difungsikan apabila mobil mengalami mati mesin secara mendadak. Fitur ini sendiri dengan segera akan membuat mesin kembali menyala seperti sedia kala.

>>> Ingin melakukan survei tentang harga dan spesifikasi mobil-mobil lainnya, silahkan klik sini

Operasi Ford Ranger 2009

Gambar bagian mesin mobil Ford Ranger 2009 Double Cabin

Mesin berkapasitas besar ini mampu menopang Ranger melintasi berbagai medan terjal

Ford Ranger telah dibekali dengan dua tipe mesin yakni mesin 2,5 liter turbo dan 2,9 liter non turbo. Untuk mesin pertama, mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 143 hp pada putaran 3.500 rpm. Sementara untuk torsinya sendiri, mobil ini mampu memuntahkan daya puntir hingga 330 Nm pada putaran 1.800 rpm. Pada mesin kedua, tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 156 hp pada putaran 3.200 rpm. Sementara torsinya sendiri bisa mencapai 380 Nm pada putaran 1.800 rpm, cukup besar bukan?

>>> Untuk cek harga semua mobil di Indonesia, silahkan klik sini

Spesifikasi Ford Ranger 2009

Bagaimana spesifikasi Ford Ranger 2009 Double Cabin ini? Cintamobil.com telah merangkumnya untuk anda.

Mesin Ford Ranger 2009 Double Cabin

Seri mesin

2,5 turbodiesel & 2,9 non turbodiesel dengan 4 silinder segaris

Tenaga Maksimum (ps/rpm)

143 hp/3.500 rpm (2,5) & 156 hp/ 3.200 rpm (2,9)

Torsi Maksimum (Nm/rpm)

330 Nm/1.800 rpm (2,5) & 380 Nm/1.800 rpm (2,9)

Transmisi

5 Speed Manual dan 5 Speed Automatic

Dimensi Ford Ranger 2009 Double Cabin

Panjang x Lebar  x Tinggi

5171 mm x 1811 mm x 1719 mm

Jarak Sumbu Roda

3197 mm

Tempat Duduk

3 Seat

Lain-lain Ford Ranger 2009 Double Cabin

Ban

P225/70R15

Suspensi Depan

Independent front suspension

Suspensi Belakang

Independent rear suspension

Berat

2313 kg

Daftar Harga Ford Ranger 2009

Berapa harga yang harus ditebus untuk membawa pulang mobil ini? Bedasarkan data yang kami himpun, budget yang dikeluarkan demi memasukan Ranger ke garasi rumah terbilang cukup kompetitif. Berikut ini adalah harga Ford Ranger 2009 Double Cabin terbaru.

Tipe mobil

Harga Ford Ranger 2009 Double Cabin

Harga Ford Ranger 2009

Rp 140 Jutaan (second)

Kesimpulan Ford Ranger 2009

Ford Ranger 2009 Double Cabin yang sangat mampu untuk melahap berbagai medan ekstrim. Meski memiliki tubuh yang besar, handling mobil ini nyatanya cukup ringan. Ranger sejatinya sangat cocok untuk membelah berbagai medan yang sulit ditempuh oleh mobil-mobil konvensional. Meski begitu, mobil ini juga sangat pas untuk dibawa di jalanan perkotaan yang sarat dengan kontur stop and go. Anda tertarik untuk membawa pulang mobil ini?

Heri Susanto
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

All New Ford Everest 2017 Indonesia

15/01/2018

Editor rate:

Memiliki mobil yang tangguh, gagah dan kokoh merupakan dambaan para pecinta otomotif. Bagi yang memiliki jiwa petualang pastinya akan pilih mobil dengan tiga ciri khas tersebut. Di Indonesia terdapat berbagai jenis mobil yang memiliki tiga kriteria tersebut. Salah satunya adalah Ford Everest. Mobil yang pertama kali debut di tahun 2003 menuai sukses di negara asalnya. Bahkan tiga tahun lalu, Everest telah diperkenalkan seri anyarnya. Apa tampilan All New Ford Everest 2017 Indonesia?

Lihat juga

Ford Focus 2017 Indonesia

Rp. 418.000.000

15/01/2018

Editor rate:

Segmen hatchback memang memiliki peminat tersendiri di industri otomotif, tak terkecuali pasar otomotif nasional. Mobil yang sangat bernuansa anak muda ini memang menjadi dambaan generasi milenial yang hendak memiliki mobil namun tetap ingin tampil sylish. Setelah melepas Ford Fiesta, pabrikan otomotif asal negeri pemerkasa PBB tersebut juga meluncurkan hatchback lain yaitu Ford Focus. Apa yang ditawarkan Focus kepada calon konsumennya?Berikut ini Ford Focus 2017 Indonesia.

Lihat juga

Review Ford Everest 2015

14/01/2018

Editor rate:

Ford Everest merupakan SUV garapan Ford yang sudah lama malang melintang. Mobil yang memulai debutnya pada tahun 2003 di Thailand memang mengecap berbagai kesuksesan. Ketangguhan dan kenyamanan yang ditawarkan mobil ini seakan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta otomotif dimanapun mereka berada. Dua tahun lalu, tepatnya di tahun 2015, Ford meluncurkan Everest. Apa saja keistimewaan yang ditawarkan oleh mobil yang sanggup melahap berbagai medan ini? Simaklah review Ford Everest 2015.

Lihat juga

Review Mercedes-Benz A 45 AMG 2015: Monster Kompak Affalterbach Paling Affordable

11/01/2020

Editor rate:

Berbasis Mercedes-Banz A-Class, apakah Mercedes-Benz A 45 AMG 2015 tepat jika disebut sebagai menjadi “monster Affalterbach” paling kompak & terjangkau?

Lihat juga

Review Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014: SUV Kompak Penuh Fitur Kelahiran ‘Negeri Samba’

20/12/2019

Editor rate:

Mencari mobil SUV keluarga yang tangguh untuk perkotaan dan mampu dibawa berpetualang? Bisa jadi Ford EcoSport 1.5L Titanium 2014 dapat menjadi pilihan Anda.

Lihat juga