Review Datsun GO Panca 2014: Mobil Hatchback Murah Dan Punya Fitur Nyaman? Ini Pilihan Terbaiknya

16/09/2019

Share this post:

Datsun GO 2014

Editor rate:

Lihat promo

Tepat di tanggal 20 Agustus 2014, Datsun GO Hatchback hadir di Tanah Air untuk pertama kalinya. Menjadi model kedua setelah perilisan GO+ yang berdiri di kategori LMPV, di awal tahun serupa. Apa saja fiturnya? Simak informasi selengkapnya dalam review Datsun GO Panca 2014.

Review Datsun GO Panca 2014: Mobil Hatchback Murah Dan Punya Fitur Nyaman? Ini Pilihan Terbaiknya
Review Datsun GO Panca 2014: Mobil Hatchback Murah Dan Punya Fitur Nyaman? Ini Pilihan Terbaiknya
0 Gambar

Pengantar Datsun GO 2014

Mari kita simak spesifikasi Datsun GO 2014 di bawah ini.

Kelebihan

Harganya sangat terjangkau

Tampilan cukup oke, ringkas dan cocok dijadikan kendaraan sehari-hari di kota rawan macet

Performa mesin 1.2 Liter, bertenaga untuk ukuran mobil Hatchback

Kekurangan

Desain Aero Kit hanya didapati pada tipe T-Active saja

Fitur keselamatan dan hiburan hanya tampil standar saja

Bangku kedua punya ruang kaki dan ruang kepala kurang lega

Review Datsun GO Panca 2014 - Mungkin sebagian mereka yang ingin membeli mobil satu ini, mempertanyakan, “Siapa Datsun? Apakah merek tersebut oke di pasaran?” Saran kami, Anda tak perlu ragu. Mengingat sejarah Datsun sudah dimulai sejak tahun 1933 silam.

Nama Datsun diambil dari nama belakang dari investornya yakni Kenjiro Den, Rokuro Aoyama dan Meitaro Takeuchi. DAT adalah singkatan dari Den, Aoyama dan Takeuchi. DAT-Son alias anak dari DAT, akhirnya diubah menjadi Datsun, oleh Nissan. Yap, di tahun 1933, Nissan secara resmi mengambil alih usaha Datsun, sehingga sah-sah saja bagi Nissan untuk mengubah namanya. Apalagi Son punya makna kehilangan dalam bahasa Jepang. Alhasil namanya diubah menjadi Datsun.

Sejarah Datsun dimulai sejak lama yang awalnya menggunakan nama belakang dari pendirinya yakni DAT-Son

Inilah orang-orang di balik sejarah DAT-Son, sebelum menjadi Datsun di tahun 1933

Lebih dari 30 tahun lamanya, Datsun vakum di kancah otomotif. Tapi Nissan sendiri melihat bahwa Datsun masih punya tempat spesial di hati penggemarnya, maka tahun 2014 menjadi tahun untuk menghidupkan kembali Datsun secara global. Nissan menyasar negara-negara dengan pertumbuhan ekonomi tinggi seperti Indonesia, India dan Rusia.

Datsun GO Panca 2014 adalah mobil Hatchback yang punya kapasitas tampung 5 orang dengan harga terjangkau

Datsun GO Hatchback resmi diluncurkan tanggal 20 Agustus 2014

Di Indonesia misalnya, terdapat dua model yang diluncurkan di tahun 2014 yakni Datsun GO+ 7-Seater di kategori LMPV dan Datsun GO 5-Seater di segmen Hatchback. Keduanya juga dibanderol dengan harga super murah, mengikuti kebijakan pemerintah akan Low Cost Green Car (LCGC). Tapi khusus di kesempatan kali ini, Cintamobil.com akan memberikan review Datsun GO Panca 2014.

Eksterior Datsun GO 2014

Di antara pesaing lainnya seperti Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, desain eksterior Datsun GO Panca 2014 terlihat unik. Kami menilai cenderung sporty, ringkas dan juga punya kesan anak muda banget. Paling menarik adalah varian T-Active karena sudah mengaplikasikan Aero Kit, berbeda dengan tipe T dan T-Option.

Review Datsun GO Panca 2014: Eksterior Depan

Raut wajah depan Datsun GO Panca 2014 dikemas dengan sporty, manis ketika dipandang lebih lama. Grille berwarna hitam dipadu logo Datsun pada sisi tengah, sukses menyampaikan identitasnya. Tak kalah menarik adalah segi lampu, menggunakan Halogen sehingga memberi penerangan apik di malam hari. Tapi dari pantauan kami, cukup disayangkan fitur lampu kabut absen di semua variannya.

Eksterior Depan Datsun GO Panca 2014 menggunakan lampu Halogen dan Grille berkelir hitam

Datsun GO T-Active mendapat sentuhan Aero Kit di beberapa sisi bodinya

Review Datsun GO Panca 2014: Eksterior Samping

Untuk tipe Datsun GO Panca T-Active, bodi sampingnya dihias menarik dengan Body Side Moulding, gestur sporty lebih terasa ketimbang tipe lainnya. Cukup menarik dan sukses memberi aroma sporty, sesuai tema Hatchback pada umumnya.

Eksterior Samping Datsun GO Panca 2014 tampil dengan gaya sporty berkat Side Body Moulding khusus pada tipe T-Active

Bisa diamati adanya Side Body Moulding pada sisi bawah bodi sampingnya

Tapi ada sisi yang kami kurang suka yakni pada sektor ban, menggunakan ukuran 155/70 R13, terkesan cingkrak apalagi desainnya terlihat biasa-biasa saja. Tenang saja, jika Anda memang sepakat dengan kritik kami, Anda masih bisa mengganti pelek baru yang bernuansa lebih sporty.

Review Datsun GO Panca 2014: Eksterior Belakang

Untuk urusan bodi belakang Datsun Go Panca 2014, kabar baiknya Anda akan mendapatkan sebuah Roof Spoiler. Sebuah barang wajib pada Hatchback, menurut kami. Di sisi lain, terdapat pula Rear Diffuser pada sisi bemper, yang tugasnya serupa yakni meningkatkan kesan sporty.

Eksterior Belakang Datsun GO Panca 2014 menghadirkan aksesoris menarik seperti Roof Spoiler dan Rear Diffuser

Rear Spoiler memberi kesan lebih sporty sebagai mobil Hatchback

>>> Editor's Pick:


Interior Datsun GO 2014

Untuk ukuran mobil Hatchback LCGC, kami sangat suka kabin interior Datsun GO Panca 2014. Singkat cerita, ruang kabin terasa lega, fitur-fiturnya cukup memudahkan dan juga Simple. Mereka yang baru transisi dari sepeda motor ke mobil, akan merasakan bahwa mobil satu ini tampil cukup nyaman dan mudah dioperasikan.

Review Datsun GO Panca 2014: Dashboard

Meski dari kategori harga, Datsun GO Panca tergolong murah tapi dashboard tidak dirancang kosong melompong. Anda akan mendapatkan sebuah panel audio 1 DIN, Mobile Docking Station, AC dan empat buah Blower. Dingin AC dan alunan musik bisa menemani Anda sepanjang hari.

Dashboard Datsun GO Panca 2014 sudah dilengkapi fitur seperti AC dan audio 1 DIN

Inilah dashboard Datsun GO, dikemas cukup rapi dan punya fitur-fitur standar

Yang sedikit jadi kekurangan adalah pada sektor Power Window. Fitur satu ini hanya didapati pada dua pintu depan. Sayangnya lagi, fitur pengaturan Power Window di pintu belakang dan Lock Window tidak juga dihadirkan, berbeda dengan kompetitor lainnya.

Review Datsun GO Panca 2014: Setir

Dari kemudi setir, tidak banyak yang bisa kami bahas. Desain Datsun Go Panca 2014 menggunakan tiga palang dengan logo Datsun pada sisi tengah. Adapun hal cukup informatif dihadirkan pada Speedometer, mudah dibaca baik dari informasi kecepatan, jarak tempuh hingga konsumsi bahan bakar.

Setir Datsun GO Panca 2014 sudah dilengkapi Speedometer yang menjelaskan kondisi kendaraan saat ini

Speedometer dirasa sudah cukup informatif bagi pengendara

Review Datsun GO Panca 2014: Kursi

Berbeda dengan Datsun GO+ yang 7-Seater, GO Panca hanya menampung 5 orang saja. Jika Anda punya anggota keluarga tidak terlalu banyak, alangkah baiknya memilih model satu ini.

Kursi Datsun GO Panca 2014 merupakan formasi dua deret/baris yang mampu menampung hingga lima orang sekaligus

Suasana kursi belakang terasa kurang lega dari segi ruang kaki

Jika bicara soal kualitas kursi, Datsun GO Panca sudah cukup nyaman. Tapi jujur saja kami menyayangkan bangku belakangnya, terasa kurang lega soal ruang kaki dan ruang kepala. Terlepas dari itu, kursinya masih nyaman-nyaman saja dan tidak mentok hingga atap atau sampai lutut menekuk rapat.

>>> Info Menarik:

Fitur Datsun GO 2014

Nah, bagaimana jika bicara soal fitur Datsun GO Panca 2014? Ada beberapa hal menarik yang bisa Anda dapatkan.

Review Datsun GO Panca 2014: Fitur Keselamatan

Pada lampu utama Halogen, nyatanya sudah didukung fitur Follow Me Home. Fungsinya adalah ketika Anda tiba di rumah pada malam hari, matikan lampu utama dan mesin. Setelah itu, tekan tuas lampu dim dan lampu akan menyala. Keluar dari mobil dan kunci, lampu tersebut akan tetap menyala sekitar 20 detik. Tentu hal ini memudahkan ketika Anda pulang ke rumah di malam hari, supaya tak mudah terantuk dengan batu atau memberi penerangan saat membuka kunci pintu rumah.

Tak perlu khawatir dengan maling, mengingat Datsun GO Panca punya fitur Immobilizer, Keyless Entry dan Alarm. Tambahan lain adalah sabuk pengaman 3 Points AELR di bangku depan dan 3 Points + 2 Points pada bangku belakang. Menariknya, fitur-fitur tersebut sudah disediakan di semua tipenya.

Fitur Datsun GO Panca 2014 hadir dengan kelengkapan standar seperti Airbag, Alarm, Keyless Entry, Immobilizer dan fitur lampu Follow Me Home

Tersedia pula Airbag di kursi pengendara sehingga lebih menjamin soal keselamatan

Review Datsun GO Panca 2014: Fitur Hiburan

Meski tak ditemui adanya fitur hiburan Premium, tapi kami sangat suka akan apa yang dihadirkan pada Datsun GO Panca. Mulai dari tipe T-Option dan T-Active, sudah mendapatkan panel audio 1 DIN. Format yang disediakan juga sudah cukup membantu yakni USB dan AUX Jack. Alhasil Anda bisa memutar musik dari Handphone via kabel USB. Kualitas suaranya sendiri sudah lumayan, menggunakan dua unit speaker pada sisi depan.

>>> Eitsss, jangan lupa untuk membandingkan dengan mobil Hatchback serupa

Operasi Datsun GO 2014

Jantung mekanisnya dipersenjatai dengan kapasitas 1.198 cc berkode HR12DE. Dari catatan resminya, operasi mesin Datsun GO Panca 2014 mampu menyemburkan daya hingga 68 HP dipadu catatan torsi sebesar 104 Nm. Untuk mobil berukuran ringkas, tenaga tersebut dirasa sangat cukup.

Mesin Datsun GO Panca 2014 mampu digeber hingga mencapai daya 68 HP dan torsi puncak 104 Nm

Mesinnya dibekali kapasitas cukup besar untuk sebuah Hatchback yakni 1.198 cc

Tapi bagi Anda yang menyukai transmisi matik, cukup disayangkan karena Anda tidak akan mendapatkan sensasi tersebut pada model ini. Pasalnya, Datsun GO Panca hanya menawarkan transmisi percepatan 5 manual saja.

>>> Tertarik untuk mengetahui model Datsun lainnya? Klik di sini untuk informasi selengkapnya

Spesifikasi Datsun GO 2014

Untuk hal teknis, Anda bisa membaca informasi spesifikasi Datsun GO Panca 2014 di bawah ini.

SPESIFIKASI DATSUN GO PANCA 2014

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

3.785 mm x 1.635 mm x 1.485 mm

Wheelbase

2.450 mm

MESIN

Tipe Mesin

HR12DE 1.2 Liter

Kapasitas Silinder

1.198 cc

Daya Maksimum

68 HP

Torsi Maksimum

104 Nm

Sistem Transmisi

5 Percepatan Manual

HANDLING

Suspensi Depan

McPherson Strut dengan Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum

Ukuran Ban

155/70 R13

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Daftar Harga Datsun GO 2014

Untuk model keluaran tahun 2014, tak lagi dijual baru. Dengan kata lain, Anda baru bisa membelinya dalam kategori bekas. Berikut daftar harga Datsun GO Panca 2014.

TIPE MOBIL

HARGA DATSUN GO PANCA BEKAS

Datsun GO Panca (2014)

Kisaran Rp. 70 jutaan hingga Rp. 80 jutaan

Kesimpulan Datsun GO 2014

Bagi pembaca yang ingin mobil Hatchback murah tapi punya fitur-fitur standar lengkap, saran kami adalah Datsun GO Panca 2014. Desain luarnya terasa cukup modern, bakal disukai oleh kalangan muda, keluarga hingga eksekutif. Bodinya yang ringkas dipadu mesin 1.2 Liter, akan terasa menyenangkan ketika dikendarai setiap hari. Di sisi lain, Datsun GO Panca sangatlah cocok untuk mereka yang bertransisi dari sepeda motor menuju mobil baru.

>>> Jangan lupa untuk terus menyimak review mobil terbaru dan terlengkap hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Daihatsu Ayla SE A/T 2019, Maaf Hanya 10 Unit Saja!

Rp. 98.150.000

30/07/2019

Editor rate:

Anda mencari mobil kompak dan ingin tampil beda? Mungkin ini mobil untuk Anda. Ia diperkenalkan di ajang GIIAS 2019 dan hanya tersedia 10 unit untuk seluruh Indonesia! Lantas apa bedanya ia dengan Daihatsu Ayla biasa? Jangan berpaling dari website ini, karena seperti biasa kami akan melakukan ulasan mendalam terhadap mobil Daihatsu Ayla SE A/T 2019 ini untuk Anda.

Lihat juga

Review Toyota New Agya 1.2 L M/T Gymkhana 2017

Rp 131.500.000

29/03/2019

Editor rate:

Dalam acara peluncuran skuat 2019 di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (13/3), Toyota Team Indonesia (TTI) memamerkan empat mobil balap mereka tahun ini, salah satunya adalah Toyota New Agya Gymkhana. Karena penasaran dengan mobil mungil yang mendadak jadi sangar ini, Cintamobil.com pun ingin mereviewnya.

Lihat juga

Review Toyota Yaris Heykers 2016, Yaris Untuk Berpetualang

18/05/2018

Editor rate:

Siapa bilang sebuah Toyota Yaris enggak bisa diajak berpetualang ke medan dengan kondisi jalan yang sulit? CintaMobil.com membuktikannya dengan pengetesan yang tidak biasa... Tunggu apa lagi, kita langsung review Toyota Yaris Heykers 2016.

Lihat juga

Review Honda Jazz 2014

28/12/2018

Editor rate:

Lahir sejak tahun 2004 kini Honda Jazz menjelma menjadi sebuah hatchback alias mini MPV yang paling diperhitungkan oleh rival-rivalnya, bagaimana pendapat kami mengenai mobil ini? Berikut ini review Honda Jazz 2014 oleh kami Cintamobil.com

Lihat juga

Review Datsun Cross 2019: Solusi Mobil Keluarga Gaya Tangguh & Dana Terjangkau

19/08/2019

Editor rate:

Zaman sekarang membeli mobil keluarga memerlukan pertimbangan yang sangat matang. Selain soal gaya, kemampuan berkendara, serta harga mobil yang terjangkau juga jadi pertimbangan untuk konsumen membeli sebuah mobil. Bisa jadi Datsu Cross 2019 adalah salah satu pilihan untuk konsumen Indonesia yang menginginkan mobil keluarga rasa tangguh dengan dana terjangkau. Apa sebabnya?

Lihat juga
back to top