Review Daihatsu Ceria 2003: ‘Mbahnya LCGC’ Dijual Hanya Rp. 30 Jutaan Saja

08/08/2019
editor rate: 3,6 user rate: 4,5
Sebelum muncul mobil Low Cost Green Car (LCGC) seperti saat ini, nyatanya ada mobil murah loh sobat di tahun 2000-an. Yap, namanya adalah Daihatsu Ceria, menggunakan Platform mungil Kei Car ala Jepang. Keunggulannya adalah harganya yang super murah. Tak heran, kami menyebutnya “Mbahnya LCGC”. Berikut review Daihatsu Ceria 2003.

PENGANTAR Daihatsu Ceria 2003

Review Daihatsu Ceria 2003 - Mengaca pada Negeri Sakura, mobil yang dibahas kali ini lebih dikenal sebagai Daihatsu Mira. Sosoknya berdiri di ranah Kei Car, mengedepankan bodi mungil dan praktis.

Daihatsu Mira adalah Kei Car yang dijual di pasar Jepang

Inilah Daihatsu Mira yang dijual untuk pasar Jepang, cikal bakal Daihatsu Ceria

Di Malaysia sendiri, mobil ini dinamai Perodua Kancil yang diproduksi mulai tahun 1994 hingga 2009. Nah, perlu diketahui pula bahwa Perodua Kancil ini mengadopsi langsung Daihatsu Mira L200 namun diberikan sedikit modifikasi.

Perodua Kancil menjadi mobil terlaris di Malaysia pada tahun 1990-an, mengadopsi basis dari Daihatsu Mira

Perodua Kancil mengadopsi langsung Daihatsu Mira dan diberikan sedikit modifikasi

Perjalanannya di Malaysia cukup memberikan buah manis penjualan, diminati oleh para pemula dan banyak bisnis les mengemudi. Alasannya karena bodi kecil sehingga praktis untuk kegiatan parkir serta terkenal sangat irit bahan bakar. Produksinya pun kian meningkat mulai dari 50.000 unit pada Desember 1995, 100.000 unit di awal tahun 1997 dan 250.000 unit di tahun 1998.

Di Indonesia, Daihatsu Ceria hadir di tahun 2000-an, merupakan versi Rebadged dari Perodua Kancil. PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) tampaknya ingin mengikuti jejak manis kesuksesan Kancil di Malaysia. Pada versi pertamanya, Daihatsu Ceria terlihat cukup mirip dengan pendahulunya di Jepang yakni Mira. Namun di artikel kali ini, Cintamobil.com akan membahas versi Facelift-nya dalam review Daihatsu Ceria 2003.

Daihatsu Ceria hadir di Indonesia dengan harga sangat terjangkau di tahun 2000-an

Daihatsu Ceria Facelift yang tampil lebih modern dan stylish

EKSTERIOR Daihatsu Ceria 2003

Salah satu alasan kami tidak membahas versi pertamanya, dikarenakan desain eksterior Daihatsu Ceria 2003 terlihat lebih modern dan stylish. Versi pertamanya sendiri masih terkesan jadul, wajar saja, masih mengadopsi desain Daihatsu Mira yang notabene merupakan mobil 1990-an.

Review Daihatsu Ceria 2003: Eksterior Depan

Pada wajah depan, kami malah lebih fokus pada logo Daihatsu yang masih dikemas unik. Ya, berlatar biru dan memiliki ukuran minimalis, sukses membuat kami bernostalgia kembali. Hal menarik lain juga terdapat sisi Grille, menggunakan desain Mesh dengan dua formasi. Sekilas mirip dengan Kidney Grille BMW.

Eksterior Depan Daihatsu Ceria 2003 sudah menggunakan lampu utama berbentuk bundar

Sekilas melihat Grille-nya, cukup mirip dengan Kidney Grille kepunyaan BMW

Pada versi Facelift-nya ini, Daihatsu Ceria tampaknya ingin menampilkan kesan lebih Retro ketimbang versi sebelumnya. Lihat saja lampu depan dan lampu sein yang dikemas dengan ukuran bundar. Meski perubahannya terkesan minor, tapi kami cukup suka, setidaknya masih lebih stylish ketimbang versi pertamanya.

Review Daihatsu Ceria 2003: Eksterior Samping

Bodinya mungil ala Kei Car, baru terasa ketika mengamati bodi sampingnya. Memang, rancangan bodi semacam ini memberikan banyak kelebihan seperti kemudahan parkir dan meliuk-liuk di kemacetan kota. Tapi sayangnya, desain bodi yang cenderung kotak dan banyak sudut tajam, membuat Daihatsu Ceria kurang diminati.

Eksterior Samping Daihatsu Ceria 2003 dihias apik dengan ban berukuran 12 inci

Dimensi bodinya ringkas tidak monoton tapi masih terlihat relevan dengan model Hatchback saat ini

Review Daihatsu Ceria 2003: Eksterior Belakang

Bodi belakangnya mendapat ubahan soal plat nomor yang diletakkan di sisi tengah. Sekilas melihat secara keseluruhan, desain buritannya terlihat mirip dengan Honda Brio. Menarik? Cukup menarik buat kami, apalagi jika mengamati lampu belakang yang dikemas cukup modern.

Eksterior Belakang Daihatsu Ceria 2003 sudah menggunakan Plat Nomor berbeda dengan versi sebelumnya

Bodi belakangnya sedikit mirip dengan desain buritan Honda Brio

>>> Baca juga:

INTERIOR Daihatsu Ceria 2003

Jika mengamati sektor interior Daihatsu Ceria 2003, mobil satu ini punya fitur sederhana. Tingkat kenyamanan yang ditawarkan masih berada di bawah mobil Hatchback saat ini. Tapi untuk mobil dengan harga Rp. 40 jutaan, kami rasa kekurangan tersebut bisa dimaklumi.

Review Daihatsu Ceria 2003: Dashboard

Jujur saja, material dashboard yang dihadirkan pada kabinnya kurang berkualitas. Apalagi warnanya terlihat monoton, sedikit membosankan jika dipandang berlama-lama. Tapi untuk fitur sudah lengkap untuk tipe KX seperti hadirnya AC, Central Lock, Power Window dan radio tape.

Dashboard Daihatsu Ceria 2003 tampil sangat sederhana, kurang apik soal desain

Material dashboard terlihat sangat sederhana

Review Daihatsu Ceria 2003: Setir

Meski setirnya dikemas sederhana, tapi ada hal unik pada sisi ini. Perlu diketahui bersama bahwa setirnya tidak didukung Power Steering. Tapi anehnya, kemudi setir terasa sangat enteng ketika melakukan manuver. Apa alasannya? Jawabannya terletak pada ban berukuran 12 inci, menggunakan ukuran kecil sehingga gerak manuver terasa sangat responsif.

Review Daihatsu Ceria 2003: Kursi

Kursinya sendiri masih menggunakan bahan kain biasa, sedikit kurang nyaman tapi masih okelah untuk kebutuhan berkendara jarak dekat. Adapun daya tampung mobil ini mencapai 5 orang. Tak perlu khawatir bodinya yang mungil dikarenakan mobil ini punya suspensi yang cukup mumpuni.

Kursi Daihatsu Ceria 2003 mampu menampung hingga lima orang sekaligus

Penampakan kabinnya, terkesan sedikit sempit tapi masih nyaman untuk lima orang

>>> Info menarik lainnya:

FITUR Daihatsu Ceria 2003

Nah, di segmen ini akan dijelaskan lebih rinci soal fitur Daihatsu Ceria 2003. Sejatinya, fitur tidak selengkap mobil masa kini tapi sudah cukup memenuhi fitur-fitur standar.

Review Daihatsu Ceria 2003: Fitur Keselamatan

Tidak ada hal menarik dari sektor keselamatan. Yang ada hanya soal suspensi yang sudah menggunakan MacPherson Strut Independent Coil Spring dipadu Stabilizer pada sisi depan. Begitu juga pada sisi belakang yang menggunakan Semi Trailing Independent Coil Spring. Racikan tersebut memberi kenyamanan bagi dimensi bodinya yang mungil. Cukup empuk dan masih sangat nyaman untuk dikendarai di area perkotaan.

Review Daihatsu Ceria 2003: Fitur Hiburan

Dari tiga tipe yang ditawarkan yakni KX, KL dan KL+, hanya tipe KL yang tidak dilengkapi AC dan juga radio tape. Tapi untuk dua varian lainnya, sudah dihadirkan fitur tersebut. Meski begitu, kami merasa aspek hiburan kurang menunjang untuk kenyamanan berkendara yang mengasyikkan. Terkesan biasa-biasa saja, tapi sudah cukup untuk mengusir kebosanan dan tidak kepanasan.

>>> Jangan lupa membandingkan dengan mobil Hatchback menarik lainnya di sini

OPERASI Daihatsu Ceria 2003

Untuk urusan operasi mesin Daihatsu Ceria 2003, mesinnya berkapasitas lebih besar dari versi Jepang-nya. Daihatsu Mira menggunakan kapasitas 660 cc, sedangkan Daihatsu Ceria punya kapasitas 850 cc. Mesinnya menggunakan kode ED-10 3 silinder segaris 6 katup SOHC. Adapun daya yang dihasilkan tergolong kecil di angka 36 HP setara 5.500 Rpm dan torsi puncak sebesar 63 Nm pada putaran 3.200 Rpm.

Mesin Daihatsu Ceria 2003 mampu mengeluarkan daya hingga 36 HP

Performa mesin tampil lebih unggul dari versi Jepang-nya

Bobot bodinya pun hanya berkisar 1.040 Kg, tergolong cukup ringan. Namun anehnya, Daihatsu Ceria mampu digeber hingga 135 Km/Jam tanpa indikasi melayang sedikit pun. Sementara itu, akselerasinya punya nafas panjang hingga 9.000 Rpm, terasa sedang menaiki motor roda atap namun punya atap. Unik, benar-benar unik.

>>> Ingin tahu mobil-mobil Daihatsu terbaru? Klik di sini untuk informasi selengkapnya

spesifikasi Daihatsu Ceria 2003

Untuk informasi teknis, Anda bisa melihat tabel spesifikasi Daihatsu Ceria 2003 di bawah ini.

SPESIFIKASI DAIHATSU CERIA 2003

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

3.365 mm x 1.405 mm x 1.415 mm

MESIN

Tipe Mesin

ED-10 3 Silinder Segaris 6 Katup SOHC

Kapasitas Silinder

850 cc

Daya Maksimum

36 HP / 5.500 Rpm

Torsi Maksimum

63 Nm / 3.200 Rpm

Sistem Tansmisi

5 Percepatan Manual

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Strut Independent

Suspensi Belakang

Semi-Trailing Independent

Rem Depan

Disc

Rem Belakang

Drum

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Bahan Bakar

Karburator

kelebihan & kekurangan Daihatsu Ceria 2003

Yak, akhirnya kita tiba di segmen paling manis, mempertimbangkan tentang kelebihan dan kekurangan Daihatsu Ceria 2003.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Harganya super terjangkau

Fitur keselamatan sangat minim

Dimensi bodi ringkas, cocok untuk area perkotaan rawan macet dan memudahkan proses parkir

Pencarian Sparepart diklaim cukup susah oleh penggunanya, harus Indent

Konsumsi bahan bakar sangat irit, diklaim 1:11 dalam kota super macet dan 1:27 luar kota

Bahan interior terasa kurang berkualitas, standar dan biasa-biasa saja

daftar harga Daihatsu Ceria 2003

Bagi Anda yang ingin punya mobil dengan harga sangat murah, bisa melirik mobil satu ini. Tapi perlu diingat, Daihatsu Ceria tak lagi dijual dalam kondisi baru. Untuk harga Daihatsu Ceria bekas kini dijual di kisaran Rp. 30 jutaan hingga Rp. 40 jutaan. Tertarik untuk membelinya?

Video Daihatsu Ceria 2003

KESIMPULAN Daihatsu Ceria 2003

Daihatsu Ceria bisa dibilang adalah ‘Mbahnya LCGC’. Ya, harganya sangat terjangkau hanya di kisaran Rp. 30 jutaan saja. Belum lagi, konsumsi bahan bakar yang irit, membuatnya sangat mirip dengan tema LCGC. Mobil satu ini punya rekam jejak manis di Malaysia, tapi tidak begitu mulus untuk kasus Indonesia. Minat yang tinggi akan mobil keluarga di masa itu serta dominasi Karimun Wagon, membuat Daihatsu Ceria tidak begitu dilirik. Namun untuk saat ini, mobil ini masih direkomendasikan bagi mereka yang punya keinginan membeli mobil baru sebagai pengganti sepeda motor. Nah, bagaimana pendapat Anda tentang mobil satu ini? Apakah punya pengalaman manis dengan Daihatsu Ceria?

>>> Jangan lupa untuk selalu menyimak review Cintamobil.com yang menyediakan model mobil terlengkap

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil