Review All New Honda HR-V 2022: SUV Honda Jadi Lebih Stylish dan Megah

24/03/2022

Share this post:
Honda HR-V 2022
Editor rate:

Rp 355.900.000

Honda HR-V bekas dijual Lihat promo

All New Honda HR-V 2022 membawa desain baru dengan tampilan yang lebih stylish dengan berbagai teknologi baru, termasuk Honda Sensing pada semua varian.

Review All New Honda HR-V 2022: SUV Honda Jadi Lebih Stylish dan Megah
Review All New Honda HR-V 2022: SUV Honda Jadi Lebih Stylish dan Megah
0 Gambar

Pengantar Honda HR-V 2022

Mari kita simak spesifikasi Honda HR-V 2022 di bawah ini.

Kelebihan

Desain lebih stylish dan elegan
Ada Honda Sensing di semua varian
Peningkatan kepraktisan penyimpanan

Kekurangan

Harga lebih tinggi dari rival
Tidak ada transmisi manual
Belum ada pilihan mesin hybrid

Tak butuh waktu lama bagi Honda untuk memperkenalkan volume maker terbaru mereka di Indonesia. Generasi ketiga All New Honda HR-V 2022 akhirnya merapat ke Indonesia. Perubahan kali ini menghadirkan desain luar yang lebih stylish, pembaruan di dalam kabin, serta beragam peningkatan teknologi yang disematkan.

Ini menandai generasi kedua HR-V yang dibawa ke Indonesia, setelah generasi sebelumnya yang dirilis secara global pada tahun 2013 dipasarkan di Tanah Air pada tahun 2015. Setelah itu, lebih dari 200.000 unit mobil SUV menengah ini terjual di Indonesia. Setelah itu, HR-V menerima facelift pada Agustus 2018 lalu di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

peluncuran All New Honda HR-V dirilis di Indonesia
Peresmian kemunculan All New Honda HR-V terbaru di Indonesia

Di generasi terbaru, All New HR-V mendapatkan perubahan signifikan dari tampilan eksterior dan interior. Begitu pula dengan kehadiran mesin baru yang lebih bertenaga. Termasuk dengan penambahan teknologi terbaru sistem keselamatan Honda Sensing yang disematkan pada seluruh tipe di Indonesia.

Penasaran dengan apa pembaruan yang ditawarkan oleh penantang Mazda CX-3 ini? Simak review All New Honda HR-V 2022 terbaru dari tim Cintamobil.com berikut ini.

Honda HR-V E 1.5 AT 2017

Rp 206.000.000

Jakarta

70.422 km

HRV E Panoramic 2023

Rp 395.000.000

DI Yogyakarta

12.000 km

HONDA HRV E AT 2017

Rp 220.000.000

Banten

75.139 km

Honda HRV 1.5 TURBO RS AT 2022

Rp 418.000.000

Banten

11.221 km

Honda HR-V 1.5L E CVT Special Edition 2021 Abu-abu

Rp 259.000.000

Jakarta

57.000 km

HONDA NEW HR-V (CRSYTAL BLACK PEARL) TYPE E 1.5 CVT (2021)

Rp 299.000.000

Kalimantan Barat

13.042 km

Eksterior Honda HR-V 2022

Generasi baru tentu saja menghadirkan perubahan yang lebih besar dibandingkan hanya sebatas facelift maupun pergantian model year. Dan terang saja, All New HR-V membawa kesan yang lebih modern dan stylish sebagai SUV perkotaan yang tak kalah mentereng dibandingkan pesaingnya.

Review All New Honda HR-V 2022: Eksterior Depan

Kesan modern dengan fascia depan yang jauh berbeda tanpa Solid Wing Face khas model terdahulu Honda tak lagi digunakan. Selain grille depan yang berbeda antara tipe RS dan tipe lainnya, lampu depan yang lebih sleek sudah dilengkapi dengan sequential LED turning signal membawa perubahan paling mencolok pada mobil ini.

Bagian depan mobil baru All New Honda HR-V 2022
Bagian depan All New Honda HR-V 2022

Sebagai pembeda dengan varian yang lebih rendah, Honda HR-V RS sudah mendapatkan RS Aero Kit yang membawa kesan lebih sporty. Ada aksen berwarna merah pada aliran udara di grille bawah dan aksen berwarna silver membelah bumper bawah yang disandingkan dengan foglamp LED.

Review All New Honda HR-V 2022: Eksterior Samping

bagian samping mobil baru All New Honda HR-V 2022
Bagian samping All New Honda HR-V 2022

Bagian samping juga menampilkan lekukan yang lebih minimalis dibandingkan dengan edisi sebelumnya. Begitu pula dengan guratan yang menyambungkan lampu depan ke lampu belakang. Tipe tertinggi sudah dibekali velg berukuran 18 inci, sedang model yang lebih rendah hanya menerima velg berukuran 17 inci.

Review All New Honda HR-V 2022: Eksterior Belakang

Lampu belakang yang menyatu di kedua sisi menghadirkan efek 3D menjadi pembeda yang paling kentara antara mobil ini dengan pendahulunya. Bagian belakang terlihat lebih sleek, termasuk desain lampu belakang yang lebih minimalis. Perbedaan lainnya juga bisa dirasakan pada bumper belakang dengan dual chrome exhaust pipe finisher yang lebih modern.

eksterior belakang mobil baru All New Honda HR-V 2022
Bagian belakang All New Honda HR-V 2022

Namun yang membuat bagian belakang semakin menawan adalah kehadiran Hands-Free Power Tailgate yang akan memudahkan buka tutup pintu bagasi. Ada pula fungsi Walk Away Auto Lock, dimana pintu bagasi akan tertutup secara otomatis ketika pemilik beranjak menjauh dari mobil.

>>> All New Honda HR-V 2022 Dibuat Lebih Canggih, Harga Beda Rp 3 Jutaan


Interior Honda HR-V 2022

Kesan modern juga langsung terasa ketika masuk ke dalam interior Honda HR-V 2022. Kabin didominasi warna hitam, termasuk dengan segala teknologi baru yang membuatnya lebih canggih dibandingkan generasi sebelumnya.

Review All New Honda HR-V 2022: Dashboard

Tampilan baru bisa ditemukan langsung dengan perubahan signifikan pada dashboard mobil ini. Head unit bergaya floating datang menggantikan model lama yang sudah bertahan sejak 2015. Untuk tipe RS menerima head unit berukuran 8 inci, sedangkan tipe di bawahnya harus puas dengan layar yang lebih kecil, yaitu 7 inci, meski sudah mendapatkan konektivitas smartphone.

interior All New Honda HR-V 2022 di Indonesia
Dashboard dilengkapi dengan head unit berukuran 8 inci

Peningkatan desain juga bisa dirasakan pada konsol tengah yang terasa lebih modern dengan aksen silver yang bisa ditemukan pada mobil premium. Selain TFT Meter Cluster 7 inci, ada Auto AC dengan tombol konvensional dan knop putar. Di bawahnya terdapat USB Port yang terbagi masing-masing untuk pengemudi dan penumpang depan.

Review All New Honda HR-V 2022: Setir

setir All New Honda HR-V 2022 di Indonesia
Setir berlapis kulit dilengkapi dengan tombol multi fungsi

Setir berlapis kulit tak lupa mengandalkan kesan sporty dengan jahitan berwarna merah yang juga bisa ditemukan pada tuas persneling. Selain tombol paddle shift di belakang kemudi, ada tombol multifungsi menghubungkan sistem infotainment, termasuk hands-free telephone dan audio steering switches untuk mengatur volume musik ketika berkendara.

Review All New Honda HR-V 2022: Kursi

HR-V masih membawa kapasitas lima penumpang dewasa yang cukup nyaman untuk dibawa berkendara dalam perjalanan jauh. Gaya sporty terasa dari kursi berlapis kulit dengan jahitan berwarna merah. Kesan mewah bisa dirasakan dengan panoramic glass roof yang sebagai penghias ruang kabin.

kursi All New Honda HR-V 2022 di Indonesia
Kursi sudah dilengkapi dengan armrest dan cup holder

Dari segi kepraktisan, penumpang di depan dan belakang sama-sama menerima USB Port untuk mengisi daya smartphone. Di belakang sudah ada dua port USB, AC belakang dan armrest dengan cup holder yang disematkan pada bagian tengah bangku kedua. Sedangkan penumpang depan mendapatkan vanity mirror lengkap dengan lampu.

Review All New Honda HR-V 2022: Bagasi

bagasi All New Honda HR-V 2022 baru di Indonesia
Ruang bagasi memiliki banyak konfigurasi penyimpanan

Kepraktisan bagasi masih dipertahankan, termasuk dengan berbagai pengaturan untuk membawa barang bawaan berukuran besar dengan Long Mode dan Utility Mode dengan melipat kursi belakang rata lantai. Bahkan dudukan bangku baris kedua bisa diangkat dengan Tall Mode untuk memudahkan pengemudi membawa barang berukuran tinggi, seperti furniture.

Fitur Honda HR-V 2022

Perubahan paling signifikan tentu saja terdapat pada fitur dan teknologi yang ditawarkan. All New HR-V kali ini mendapatkan lebih banyak fitur baru untuk meningkatkan kenyamanan sekaligus pengalaman berkendara bersama mobil ini.

Misalnya saja Air Diffusion Outlet dengan tiga mode. Salah satu mode mampu mengalirkan udara menyelimuti kabin, sehingga udara yang keluar tidak langsung ‘menampar’ wajah pengemudi maupun penumpang depan. Fitur ini merupakan yang pertama diberikan pada mobil Honda di Indonesia.

Air Diffusion Outlet All New HR-V baru di Indonesia
Sistem baru Air Diffusion Outlet yang dibawa Honda ke All New HR-V

Fitur lainnya yang bisa ditemukan yaitu panoramic glass sunroof serta Electrostatic Touch LED Map Light, dimana pengemudi bisa menghidupkan lampu di ruang kabin hanya dengan gestur tangan. Tak ketinggalan Electric Parking Brake dengan Auto Brake Hold dan Rear Seat serta Seatbelt Reminder.

Review All New Honda HR-V 2022: Honda Sensing

Fitur unggulan dari All New HR-V terbaru tentu saja sistem keselamatan Honda Sensing yang disematkan pada semua tipe. Bahkan pihak HPM menyebutkan bahwa teknologi yang dibawa ke HR-V terbaru merupakan yang terlengkap. Mulai dari Collision Mitigation Braking System (CMBS) hingga  Lead-Car Departure Notification System (LCDN).

Tapi bagi tipe yang lebih rendah, tentu saja Honda tak tinggal diam dengan segala sistem keselamatan yang menawan. Mulai dari Vehicle Stability Assist untuk menjaga keseimbangan sepanjang perjalanan, HR-V tipe terendah sudah dilengkapi Hill Start Assist dan Hill Descent Control serta sistem pengereman ABS + EBD + BA.

>>> Review Honda HR-V 1.5 Special Edition 2018

Operasi Honda HR-V 2022

Bukan hanya yang terlihat, Honda menghadirkan peningkatan dalam hal teknologi mesin yang digunakan. Sebagai pengganti mesin 1.8L yang tak lagi diproduksi, All New Honda HR-V RS mendapatkan mesin 1.5L bertenaga turbo. Bahkan, mesin 1.5L Turbo ini mendapatkan debut global pertamanya di Indonesia. Mengingat negara tetangga sudah menerima HR-V bermesin hybrid.

Pihak Honda sendiri menyebutkan bahwa mesin ini memiliki performa yang lebih baik dibandingkan pendahulunya. Terlihat dari mesin 177 PS, naik 38 PS dibandingkan tipe sebelumnya, pada putaran 6.000 rpm. Torsi puncak bahkan mencapai 240 Nm, meningkat 71 Nm pada putaran 4.500 rpm.

mesin All New Honda HR-V 2022 baru di Indonesia
Mesin Honda HR-V RS menggunakan teknologi turbo

Untuk tipe yang lebih rendah, mulai dari Honda HR-V S, HR-V E, dan HR-V SE, semuanya hanya mendapatkan mesin berkapasitas 1.5L berteknologi DOHC i-VTEC. Membawa tenaga maksimal 121 PS pada putaran 6.600 rpm, atau mengalami peningkatan 1 PS. Sedang torsi puncak tanpa perubahan, 145 Nm pada 4.300 rpm.

Tapi yang menarik dari mobil ini adalah Honda tak lagi membawa transmisi manual. Semua tipe Honda HR-V terbaru hanya ditawarkan dalam transmisi CVT otomatis. Masih menggunakan sistem penggerak roda depan, HR-V tetap dikenal dengan mesin yang efisien dan handling menawan khas mobil Honda.

Spesifikasi Honda HR-V 2022

Mesin All New Honda HR-V 2022

Seri Mesin

1.5L VTEC Turbo

1.5L DOHC i-VTEC

Jumlah Silinder

4-silinder

4-silinder

Jumlah Katup

16 katup

16 katup

Tenaga Maksimum

177 PS @ 6.000 rpm

121 PS @ 6.600 rpm

Torsi Maksimum

240 Nm @ 1.700 – 4.500 rpm

145 Nm @ 4.300 rpm

Kapasitas Silinder

1.497 cc

Sistem Bahan Bakar

Direct Fuel Injection

Tipe Transmisi

CVT Otomatis

Rangka All New Honda HR-V 2022

Panjang x Lebar x Tinggi

4.330 x 1.790 x 1.580 mm

Wheelbase

2.610 mm

Ground Clearance

190 mm

Jumlah Pintu

4

Kapasitas Penumpang

5 Orang

Suspensi/Kaki-Kaki All New Honda HR-V 2022

Sistem Kemudi

Rack & Pinion with Electric Power Relief

Suspensi Depan

Suspensi Belakang

MacPherson independent strut with steel stabilizer

Torsion beam

Rem Depan & Rem Belakang

Disc Brake

Jenis Ban

215/60R17 dan 225/50R18

Daftar Harga Honda HR-V 2022

Meski generasi baru hanya mengalami kenaikan Rp 1 juta hingga Rp 3 jutaan, perbedaan Harga All New Honda HR-V 2022 sangat terasa. Tipe terendah dibanderol mulai dari Rp 355,9 jutaan. Tapi bagi konsumen yang ingin membeli mobil tipe tertinggi, harga Honda HR-V RS saat ini tercatat mencapai Rp 499,9 jutaan.

>>> Baca juga: Harga HR-V bekas di Indonesia

Kesimpulan Honda HR-V 2022

Meski memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan rivalnya, All New Honda HR-V 2022 menawarkan berbagai peningkatan daripada pendahulunya. Selain penambahan performa yang lebih bertenaga, mobil ini terasa lebih stylish untuk pengendaraan perkotaan, didukung dengan sistem dan teknologi canggih milik Honda. Membuatnya sepadan dengan banderol yang ditawarkan.

Padli Nurdin
Share this post:
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com. Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencar

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

back to top