Review Honda HR-V 1.5 Special Edition 2018

30/08/2018
editor rate: 4,6 user rate: 4,3
Menyusul pembaruan pada Honda BR-V di IIMS 2018, PT Honda Prospect Motor merilis penyegaran pada model best seller Honda HR-V. Penasaran? Mari simak informasi selengkapnya di review Honda HR-V Facelift 2018, khususnya varian 1.5 Special Edition.

PENGANTAR Honda HR-V 2018

Review Honda HR-V 1.5 Special Edition 2018 - Sebutan HR-V  sendiri memiliki sejarah cukup menarik, bermula dari mobil pra-produksi bernama Honda Vezel yang dipamerkan di Tokyo Motor Show 2013 silam. Melihat respons positif dari masyarakat akan sosoknya yang maskulin, kemudian membuat Honda Jepang mulai memasarkan model terbarunya ini untuk diaplikasikan sebagai generasi terkini Honda HR-V yang mengawali debutnya dari tahun 1999.

foto honda hr-v 1.5 se 2018

Tampilan Honda HR-V Facelift 2018 yang baru saja dirilis di GIIAS 2018

Bahkan ketika generasi kedua dihadirkan di Indonesia pada tahun 2014, produk satu ini laris manis. Bersama Brio dan Mobilio, Honda HR-V pun menjadi kontributor terbesar penjualan PT Honda Prospect Motor di Indonesia, sukses menjual 76.694 unit di semester I 2018. HR-V sendiri telah mencatat penjualan sebesar 139.228 unit. Namun, hal ini jelas bukan alasan untuk berpuas diri. Karena empat tahun jelas merupakan waktu pas untuk pembaruan model.

Setelah Thailand terlebih dahulu meluncurkannya, PT Honda Prospect Motor pun meluncurkan Honda HR-V facelift 2018 di ajang Gaikindo International Auto Show. “Honda HR-V merupakan sebuah model global yang telah diterima baik oleh konsumen di berbagai negara, dan meraih banyak penghargaan bergengsi. Honda menghadirkan model terbarunya di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan sebuah compact crossover yang modern, tangguh dan stylish,” ucap Takehiro Watanabe, President Director PT HPM.

Pada Honda HR-V facelift 2018, salah satu varian andalan adalah model 1.5 Special Edition. Model ini menggabungkan nilai ekonomis varian bermesin 1.500 cc dengan fitur dan penampilan lebih mewah model 1.8 Prestige. Apa saja hal baru pada review Honda HR-V 1.5 Special Edition 2018 bersama Cintamobil.com? Stay tuned!

EKSTERIOR Honda HR-V 2018

Nuansa dan karakteristik dari Honda HR-V sebelumnya, masih terasa pada bodi luarnya. Meski begitu, desain eksterior Honda HR-V 1.5 Special Edition 2018 dibekali beberapa perubahan besar-besaran khususnya pada fascia depan dan sampingnya.

Review Honda HR-V 1.5 Special Edition 2018: Desain Bagian Depan 

Wajah barunya kini dikemas dengan lebih gahar, terutama pada panel front grille yang menggunakan desain lebih lebar dan tebal, sebagai latar dari logo Honda. Perubahan lainnya juga dirasakan pada aspek pencahayaan yang menggunakan lampu utama LED mirip Honda Civic serta Fog Lamp berdesain LED Strips. Perubahan tersebut, terlihat sukses memperkuat pesona maskulin dan futuristik dari fascia depannya.

foto tampak depan honda hr-v special edition2 2018

Tampilan depan Honda HR-V 1.5 Special Edition 2018 mengusung lampu kabut LED Strips

Review Honda HR-V 1.5 Special Edition 2018: Desain Bagian Samping

Merambah ke sisi sampingnya, guratan tegas membentang di bagian tengah serta Fender berukuran besar, masih digunakan pada model teranyarnya. Hal tersebut sepertinya memang disengaja, supaya pesona maskulin dari HR-V masih melekat pada model teranyarnya ini. Perubahan dari bodi sampingnya hanya dirasakan dari desain pelek baru yakni Two-Tone 5-Spoke berdimensi 17 inci.

foto honda hr-v 2018 tampak samping

Tampilan samping Honda HR-V 1.5 Special Edition 2018 menggunakan pelek berdesain baru

Review Honda HR-V 1.5 Special Edition 2018: ​Desain Bagian Belakang 

Perubahan berbeda juga dirasakan dari sektor buritannya yang menghadirkan List krom memanjang terintegrasi dengan kedua lampu LED-nya. Sehingga, mampu memberikan pesona mewah dan berkelas bagi siapa pun melihatnya.

foto tampak belakang Honda HR-V 2018

Tampilan belakang Honda HR-V 1.5 Special Edition 2018 menggunakan List Chrome di bagian tengahnya 

>>> Baca Juga:

INTERIOR Honda HR-V 2018

Ruang interior Honda HR-V 1.5 Special Edition 2018 juga dibekali beberapa pembaruan terutama dalam aspek fitur hiburan dan teknologi mumpuni.

Review Honda HR-V 1.5 Special Edition 2018: Dashboard

Suasana dalam ruang kabinnya, masih terlihat sama dengan versi terdahulunya. Dominasi warna hitam di sekujur dashboardnya, mengusung pesan minimalis namun dilengkapi fitur mumpuni. Varian tertingginya yakni RS, dibekali panel Head Unit berukuran 7 inci yang mampu mengoperasikan musik, video serta radio. Adapun untuk masalah kesejukan, Honda HR-V 1.5 Special Edition 2018 masih dibekali fitur Automatic Air Conditinoning (AC) sehingga Anda dapat mengatur suhu kabin secara otomatis.

foto interior honda hr-v 2018

Dashboard Honda HR-V 1.5 Special Edition 2018 menghadirkan panel Head Unit 8 inci

Review Honda HR-V 1.5 Special Edition 2018: Setir 

Melirik dari kemudi setir, tampaknya tak ada perubahan apapun. Meski begitu, setir palang 3-nya ini dibekali tombol mumpuni mirip versi sebelumnya. Dari sisi kiri setirnya terdapat tombol pengaturan audio dan Cruise Control pada tombol bagian kanannya. Menariknya, fitur Paddle Shift masih digunakan pada model barunya sehingga Anda dapat melajukan kendaraan dengan sensasi Racing.

Setir Honda HR-V Facelift 2018 dibekali tombol multifungsi

Setir Honda HR-V 1.5 Special Edition 2018 masih dikemas dengan teknologi Cruise Control dan Paddle Shift

Review Honda HR-V 1.5 Special Edition 2018: Kursi 

Merambah ke sektor kursi, Anda dan seluruh penumpang dapat merasakan kenyamanan lebih berkat balutan material kulit berkualitas. Aspek kenyamanan lain juga dirasakan dari hadirnya fitur Back Rest dan pengaturan kursi, sehingga Anda dapat merasakan posisi duduk yang stabil sesuai postur tubuh Anda. Pada bagian kursi juga telah dilengkapi dengan desain baru dengan bahan dasar kulit yang semakin menambah kesan sporty untuk menunjang kenyamanan pengendara selama di perjalanan. Tidak hanya itu, New Sporty Pedal Pad juga menambah kesan sporty.

foto kursi honda hr-v 2018

Kursi Honda HR-V 1.5 Special Edition 2018 hadir dengan desain baru

Review Honda HR-V 1.5 Special Edition 2018: Ruang Bagasi 

Kapasitas bagasi Honda HR-V 1.5 Special Edition 2018 tidak mengalami perubahan apapun. Meski begitu, utilitasnya masih mampu diandalkan dengan daya tampung cukup lega. Seperti dengan versi sebelumnya, kapasitas bagasinya mampu menampung hingga 4 tas berukuran besar. Tak hanya itu saja, bangku belakangnya juga dibekali fitur pelipatan 60:40 sehingga Anda dapat mengangkut muatan lebih banyak.

>>> Artikel Terkait:

FITUR Honda HR-V 2018

Setelah mengupas tuntas perubahan pada eksterior dan interiornya, kini saatnya Cintamobil.com hendak membahas tentang fitur Honda HR-V Facelfit 2018. Pasalnya, terdapat teknologi baru khusus pada varian tertingginya.

Review Honda HR-V 1.5 Special Edition 2018: ​Fitur Keselamatan 

Agak disayangkan versi Indonesia belum mengadopsi fitur canggih seperti saudaranya di Thaiand, yaitu  Honda LaneWatch. Yang mana, fungsinya terbilang menarik dalam memberikan notifikasi visual kepada pengendara ketika sistem mendeteksi adanya objek di belakang mobil. Adapun dari sisi keamanan, fitur Walk Away Auto Lock Function yang diaplikasikan pada Civic, nampaknya dihadirkan pada Honda HR-V 1.5 Special Edition 2018. Fitur tersebut terbilang cukup praktis dalam mengunci mobil secara otomatis ketika Anda menjauh dari mobil. Tak berhenti di situ saja, varian tertingginya juga dibekali 6 buah Airbags.

Fitur keselamatan lainnya tampil padu dengan versi sebelumnya. Pada aspek pengereman misalnya, Honda 1.5 Special Edition mengandalkan teknologi Anti-Lock Braking System (ABS), dan Electric Brakeforce Distribution (EBD). Adapun performanya di medan berat, diimbangi dengan teknologi andalan Vehicle Stability Assist (VSA), Motion Adaptive EPS dan Hill-Start Assist (HSA). 

Review Honda HR-V 1.5 Special Edition 2018: Fitur Hiburan 

Di dalam kabin, New Honda HR-V kini disegarkan dengan New 8” Floating Capacitive Touchscreen Display Audio yang dilengkapi dengan berbagai format musik dan video melalui media, seperti AM/FM radio, AUX-in Port, USB Port, Bluetooth dan Miracast / Mirroring yang kompatibel untuk Android.

foto head unit touch screen honda hr-v 2018

Fitur hiburan Honda HR-V 1.5 Special Edition 2018 mengusung head unit baru 8 inci

OPERASI Honda HR-V 2018

Dari data yang berhasil dihimpun oleh tim Cintamobil.com, operasi mesin Honda HR-V 1.5 Special Edition 2018 menggunakan spesifikasi sama dengan versi sebelumnya. Jantung pacunya dibekali kapasitas 1.5 Liter i-VTEC yang mampu meraih daya maksimum 120 dk setara 6.600 Rpm. Tenaga yang dihasilkan disalurkan ke sepasang roda depan dengan transmisi Continuous Variable Transmission (CVT) sehingga mampu memberikan torsi puncak 145 Nm pada putaran 4.600 Rpm.

Mesin Honda HR-V Facelift 2018 menggunakan kapasitas 1.799 cc berdaya 141 HP

Mesin Honda HR-V 1.5 Special Edition 2018 menggunakan spesifikasi sama dengan versi sebelumnya

Berbicara tuas transmisi, performanya terbilang halus dengan mengadopsi CVT. Bahkan pada kemudi setirnya sudah dibekali fitur Paddle Shifters yang mampu memberikan sensasi berkendara sporty bagi penunggangnya. Dengan racikan tersebut, Honda HR-V 1.5 Special Edition 2018 terbilang mampu untuk digunakan dalam area perkotaan maupun medan pegunungan. Sayangnya dapur pacu ini masih sama dengan model sebelum facelift. Dari sisi pengendaraan pun nyaris tidak berbeda. Meski ayunan suspensi terasa sedikit lembut saat Cintamobil.com mengetes Honda HR-V 1.5 Special Edition 2018 ini. Kami dari Cintamobil.com sudah mengkonfirmasi ke pihak Honda Prospect Motor apakah ada ubahan di bagian suspensi terutama pada spring rate suspensi belakang. Ternyata tidak ada ubahan apapun pada suspensinya. Namun disinyalir ubahannya pada kompon ban yang digunakan lebih empuk di bagian dindingnya.  
>>> Klik di sini untuk mengetahui beragam ulasan menarik dari produk SUV lainnya

spesifikasi Honda HR-V 2018

Kini tiba saatnya Cintamobil.com memberikan review Honda HR-V 1.5 Special Edition 2018 Indonesia khususnya pada aspek spesifikasi. 

SPESIFIKASI HONDA HR-V 1.5 SPECIAL EDITION 2018

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.294 mm x 1.772 mm x 1.580 mm

Jarak Poros Roda

2.610 mm

Jarak Pijak Depan

1.535 mm

Jarak Pijak Belakang

1.540 mm

Jarak Pijak Terendah

170 mm

Radius Putar Minimum

5,3 m

MESIN

Tipe Mesin

1.5 Liter 4 Silinder Segaris 16 Katup SOHC i-VTEC

Kapasitas Silinder

1.497 cc

Daya Maksimum

120 dk / 6.500 Rpm

Torsi Maksimum

145 Nm / 4.600 Rpm

Sistem Transmisi

CVT with Earth Dream Technology

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

H-Shape Torsion Beam

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Solid Disc

Sistem Kemudi

Rack & Pinion dengan Electronic Power Steering (EPS)

Ukuran Ban

215/55 R17

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Bahan Bakar

PGM-FI

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

50 Liter

kelebihan & kekurangan Honda HR-V 2018

Tak lupa, Cintamobil.com juga hendak memberikan opini tentang kelebihan dan kekurangan Honda HR-V Facelift 2018.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Tampilan eksterior terlihat lebih modis dan maskulin

Fitur keselamatan tidak selengkap model Thailand dan Malaysia

Audio baru lebih besar dan atraktif

Tidak ada perubahan apapun dalam performa mesin

daftar harga Honda HR-V 2018

Honda HR-V 1.5 Special Edition 2018 dijual dengan harga Rp 329,5 juta on-the-road. Lebih "murah" Rp 65,5 juta dibandingkan varian 1.8 Prestige. Saat ini Honda menawarkan lima varian dengan rentang harga Honda HR-V 2018 Rp 279,5 - 395 juta

Video Honda HR-V 2018

Berikut video resmi Honda HR-V 2018 dirilis oleh PT Honda Prospect Motor.

KESIMPULAN Honda HR-V 2018

Model Honda HR-V Facelift 2018, menjadi sebuah angin segar bagi para pecinta SUV besutan Honda. Tentu dengan dikemasnya banyak perubahan, diharapkan peluncuran produk teranyarnya ini mampu mempertahankan laju penjualan Honda di Tanah Air.

foto honda hr-v facelift 2018

Tampilan baru Honda HR-V 2018

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil