Honda HR-V 2017: SUV Premium dengan Kesan Gahar dan Elegan

09/08/2017

Share this post:

Honda HR-V 2017

Editor rate:

Rp 300-400 jutaan

Lihat promo

Kehadiran Honda HR-V pun patut diapresiasi karena Honda Indonesia memutuskan untuk merakitanya di dalam negeri. Selain untuk menekan biaya operasional dan biaya produksi, perakitan di dalam negeri ini juga dimaksudkan agar HR-V benar-benar sesuai dengan keinginan pasar. Maka, jadilah Honda HR-V 2017 ini sebagai jenis mobil apa, marilah kita membaca tulisan review mobil di bawah ini.

Honda HR-V 2017: SUV Premium dengan Kesan Gahar dan Elegan
0 Gambar

Pengantar Honda HR-V 2017

Mari kita simak spesifikasi Honda HR-V 2017 di bawah ini.

Gambar mobil Honda HR-V tahun 2017 warna putih dilihat dari depan
Mobil Honda HR-V 2017
Pasca hadir di pasar Indonesia sejak tahun 2014 silam, Honda HR-V seakan menjadi buah bibir tersendiri bagi para pecinta mobil SUV. Bagaimana tidak, Honda HR-V langsung menjadi highlight dengan tampilan sporty sekaligus gagah. Kemunculannya sendiri seakan menjadi oase untuk pasar mobil crossover yang sebelumnya dikuasai oleh beberapa nama yang sebelumnya telah malang melintang seperti Mitsubishi Outlander Sport maupun Nissan Juke. Sejak memulai debut di industri otomotif tanah air, Honda HR-V langsung menuai penjualan yang cukup signifikan dan bersaing dengan saudara tuanya, Honda CR-V.

Eksterior Honda HR-V 2017

Gambar mobil Honda CR-V tahun 2017 warna putih dilihat dari segi belakang
Eksterior Honda HR-V 2017
Honda HR-V 2017 memiliki tampilan depan yang cukup sporty dengan hadirnya desain handlamp yang tajam serta front grille yang memiliki desain horizontal. Tak hanya sporty, kesan gahar pun muncul dari sisi depan karena adanya headlamp dengan desain yang tajam. Sisi pencahayaan pada bagian depan juga cukup terang karema HR-V menggunakan jenis lampu HID Injector. Bahkan bagian bemper pun tak ketinggalan untuk ambil bagian pencahayaan. Pasalnya, bemper HR-V dilengkapi dengan foglamp  yang sudah pasti akan mempertebal kesan gahar di bagian depan.
Beranjak ke sisi samping, HR-V dirancang dengan lekukan dan siluet yang tajam untuk memberikan kesan tangguh. Selain itu, side skirt dengan desain kompak dimunculkan untuk mengikuti gradasi dari alur body. Sementara untuk bagian belakang, kesan elegan  muncul karena HR-V dilengkapi dengan sistem Rear Combination Lamp dan berbagai aksesoris seperti Shark Fin Antenna dan Sporty Tailgate Spolier dengan LED Mount Stop Lamp yang siap memberikan penerangan maksimal pada malam hari.
Terakhir, HR-V juga mengusung spion dengan gaya sporty berteknologi Power Retractable Door Mirror dengan LED Turning Signal. Lengkap sudah sisi gagah SUV Honda ini. 

Interior Honda HR-V 2017

Gambar interior mobil Honda HR-V 2017 dengan berbagai fitur-fitur yang baik
Interior mobil Honda HR-V 2017
Dari sisi kabin, kita bisa melihat kesan elegan dan modern secara bersamaan terpancar dari perpaduan warna hitam dan krem. Selain itu, sisi mewah juga dapat dilihat dari tampilan dasbornya yang minimalis namun dilengkapi dengan berbagai panel instrumen seperti MID LED displa, Eco Assist, Audio-Video System, dan Auto AC. Bahkan stir kemudi yang dirancang juga tidak memberikan kesan murahan. Pada bagian kabin setir, Honda juga menambahkan beberapa fitur pengoprasian seperti tombol One Touch Turning Signal, Audio Steering Switch dan One Push Ignition System.
Di bagian kabin penumpang, komponen JBL Audio hadir di sisi-sisi pintu untuk memberikan hiburan dalam perjalanan. Komponen ini juga sudah dilengkapi dengan komposisi full leather. Selain itu, untuk menciptakan rasa aman, Honda HR-V juga menghadirkan seatbelt di seluruh kursi pengemudi dan penumpang. Selain itu, mobil ini juga memiliki ruangan yang cukup luas dan mampu menampung 7 orang penumpang beserta barang bawaan mereka sekaligus.

Fitur Honda HR-V 2017

Gambar kabin dan bagian daasbor mobil Honda HR-V tahun 2017
Fitur mobil Honda HR-V 2017
Untuk fitur safety, Honda HR-V memiliki keunggulan lebih karena adanya dua kantung udara di sisi depan. Namun, pada varian Prestige bermesin 1,8 liter, kita juga akan menemui kantung udara pada bagian samping. Pengadaan kantung udara ini juga akan memberikan keamanan apabila mobil mengalami tabrakan maupun kecelakaan. Selain penempatan airbag, sisi keamanan Honda HR-V juga terjamin dengan adanya alarm system untuk meminimalisir tindak kriminalitas yang semakin hari semakin berkembang. Selain alarm, Honda juga mempresenjatai auto lock system agar mobil bisa terkunci secara otomatis dari jarak jauh.
Demi memberikan kenyamanan dalam berkendara, HR-V juga didukung dengan bantuan seperti Vechile Srability Assist (VCA) yang berfungsi untuk menjaga traksi dan kestabilan mobil di jalan. Disamping VCA,  Motion Adaptive EPS untuk mendukung pergerakan yang dinamis, Hill Start Assist (HSA) yang memudahkan proses pengereman ketika harus berhenti di jalan menanjak serta sistem pengereman ABS+EBD+BA yang akan memaksimalkan sistem pengereman pada mobil ini agar tetap stabil saat pengereman mendadak. Cukup menyenangkan bukan?
Sementara untuk sistem suspensi, Honda membekali HR-V dengan menerapkan suspensi jenis MacPherson Strut untuk bagian depan yang berfungsi untuk meredam getaran yang terjadi dalam perjalanan. Sementara untuk bagian belakang, HR-V masih mengandalkan suspensi jenis H-Shape Torsion Beam. Fungsi suspensi belakang ini memiliki fungsi yang sama dengan suspensi depan. Dengan demikian, pengendara maupun penumpang akan mendapatkan rasa nyaman saat berkendara dengan mobil yang awalnya bernama Honda Vazel ini.
>>> Baca juga: Honda BR-V Sporty crossover dengan bodi compact dan lebih gagah

Operasi Honda HR-V 2017

Gambar bagian mesin mobil Honda HR-V tahun 2017
Mesin Honda HR-V 2017
Honda HR-V tersedia dalam dua varian mesin yakni 1.5 L SOHC  dan 1.8L SOHC. Kedua mesin ini merupakan mesin SOHC silinder segaris dengan 16 katup i-VTEC + DBW. Mesin pertama 1,5 L SOCH bisa ditemukan dalam varian HR-V tipe A, HR-V tipe S, HR-V tipe S CVT dan tipe E CVT. Mesin ini sendiri mampu mengeluarkan tenaga hingga 120 PS pada 6.600 rpm dan torsi sebesar 145 Nm pada 4.600 rpm. Sementara pada mesin kedua, 1,5 L SOHC, diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 139 PS pada 6.500 rpm serta torsi sebesar 169 Nm pada 4.300 rpm. Mesin yang dapat ditemui pada varian HR-V Prestige dan HR-V Special Edition JBL Audio ini sudah menggunakan sistem suplai bahan bakar PGM-FI yang membuat pembakaran menjadi lebih maksimal. Sementara dari sisi efisiess bahan bakar, kedua mesin ini sudah dilengkapi dengan teknologi Drive By Wire yang diklamim mampu menghasilkan performa responsif namun tetap irit bahan bakar. Tercatat konsumsi BBM HR-V bisa mencapai 20 km/liter untuk luar kota. Sementara dalam kota menghabiskan rata-rata 14 km/liter. Meskipun demikian, mobil ini termasuk sebagai kendaraan ramah lingkungan karena telah memenuhi standar regulasi Euro 4. Utnuk sistem transmisi, Honda HR-V dibagi menjadi dua tipe yakni manual dan otomatis dengan 6 percepatan berpenggerak CVT.
Bisa dipastikan, siapapun yang mengendarai HR-V akan menemukan sensasi mengemudi dengan performa tangguh yang dilengkapi dengan sederet keamanan serta kenyamanan yang mungkin belum ditemukan di mobil-mobil lainnya. 

Kesimpulan Honda HR-V 2017

Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, Honda HR-V 2017 sangat cocok untuk menemani perjalanan anda di berbagai medan lintasan. Entah itu di perkotaan, jalan terjal dengan tanjakan berliku maupun medan-medan ekstrim lainnya. Karena sejatinya, mobil ini merupakan crossover dari sporty-nya sedan dan tangguhnya SUV.  Soal harga, HR-V memiliki harga yang berbeda-beda, tergantung jenis tipe dan jenisnya. Jika ingin menambahkan HR-V di garasi rumah, anda harus merogoh kocek mulai dari angka Rp 300-400 jutaan. Terkesan mahal? Tunggu dulu. Harga tersebut rasanya cukup kompetitif mengingat banyaknya peminat akan SUV Honda ini. Bahkan, HR-V sendiri masuk kedalam mobil Honda yang paling laris. Menilik data penjualan PT Honda Prospect Motor pada 4 Agustus 2017 kemarin, Honda HR-V 1.5L berhasil terjual sebanyak 1.615 unit dengan penjualan total sebanyak 20.709 unit sepanjang tahun 2017. Sementara Honda HR-V 1.8L terjual sebanyak 416 unit. Angka ini meningkat 33% jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Secara total Honda HR-V 1.8L sudah terjual 3.648 unit sepanjang tahun 2017. 
>>> Klik sini untuk membaca review mobil lainnya
Andi
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

Review lain

Daihatsu Copen 2015 - Mobil Kompak yang Seru

Rp. 421.000.000

01/07/2017

Editor rate:

Di pasar Indonesia, tampaknya Daihatsu masih kalah saing dengan merk Honda dan Toyota. Namun, hal tersebut tidak membuat Daihatsu kehilangan nyali untuk bermain di berbagai kelas yang ada dengan permunculan Daihatsu Copen.

Lihat juga

Isuzu MU-X 2014 - SUV Premium dengan Desain Modern dan Tangguh

Rp. 400.000.000

03/07/2017

Editor rate:

Mobil garapan pabrik asal Jepang tersebut hadir sebagai salah satu SUV terbaik yang dibekali dengan spesifikasi tangguh dan beragam fitur canggih. Tak hanya itu saja, Isuzu MU-X ini pun bisa dikatakan sekilas memiliki banyak kesamaan dengan para kompetitor beratnya, seperti Fortuner dan Pajero Series

Lihat juga

Review Mazda Astina 1989, Mobil Sporty Tak Perlu Mahal

03/05/2019

Editor rate:

Beberapa mungkin mengira alasan Cintamobil.com me-review Mazda Astina 1989 adalah karena bentuknya yang mirip dengan sportscar tenar 80an seperti Toyota MR2, Sprinter Trueno, atau Mazda Miata Generasi Pertama. Anda tidak salah, karena banyak orang pun merasa hal serupa. Selain bodi catchy, apa lagi keunggulan salah satu turunan Mazda Familia ini? Kami akan mengulasnya untuk Anda!

Lihat juga

Review Mercedes-Benz GLE 2019

14/09/2018

Editor rate:

Mercedes-Benz memperkenalkan debut iterasi terbaru dalam crossover SUV menengah Mercedes-Benz GLE 2019. Telah menyapa pecinta SUV mewah M-Class yang sudah hadir sejak 1997 lalu. Dan seperti kendaraan mewah pada umumnya, GLE memberikan segudang teknologi kelas atas untuk pengendaraan yang menyenangkan. Saksikan review Mercedes-Benz GLE 2019 yang dirangkum oleh tim Cintamobil.

Lihat juga

Review Mercedes-Benz GLS 580 2019: Generasi Ketiga yang Lebih Lapang dan Berteknologi

23/04/2019

Editor rate:

Sebagai SUV terbesar Mercedes, generasi ketiga Mercedes-Benz GLS 580 2019 menghadirkan ruang kabin yang sangat lega bagi penumpang. Tidak terlalu banyak berubah, peningkatan sistem keselamatan standar dan sistem hiburan di dalam mobil menunjukan apa yang bisa dilakukan oleh Mercedes dan memberikan kemewahan bagi konsumennya.

Lihat juga
back to top