Profil Toyota Crown 2018: Inovasi Tiada Henti Sedan 'Mahkota' Kebanggaan Negeri Sakura

28/06/2018

Share this post:

Toyota Crown 2018

Editor rate:

Lihat promo

Usia Toyota Crown yang sudah menginjak lebih dari 6 dekade tidak menghentikan sedan eksekutif ini untuk terus berinovasi. Lewat generasi ke-15, Toyota Crown 2018 memupuk asa menjadi sedan eksekutif Jepang yang memiliki inovasi tiada henti di segala aspek kenikmatan dan kedinamisan berkendara.

Profil Toyota Crown 2018: Inovasi Tiada Henti Sedan 'Mahkota' Kebanggaan Negeri Sakura
Profil Toyota Crown 2018: Inovasi Tiada Henti Sedan 'Mahkota' Kebanggaan Negeri Sakura
0 Gambar

Pengantar Toyota Crown 2018

Mari kita simak spesifikasi Toyota Crown 2018 di bawah ini.

Kelebihan

Desain Eksterior Lebih Maskulin dan Sporty

Pilihan Mesin Beragam

Interior Premium dan Canggih

Fitur Keselamatan terkoneksi

Kekurangan

Hilangnya karakter desain aristokrat khas Toyota Crown

Hanya tersedia di pasar Jepang

Hilangnya Crown Majesta, Crown Athlete, dan Crown Royal Saloon

 

Penampilan perdana secara resmi Toyota Crown 2018

Sosok Toyota Crown 2018 menjadi sedan eksekutif kebanggaan Jepang

Profil Toyota Crown 2018 - Bermula dari sebuah sedan berkode bodi (RS–RS30) di tahun 1955, Toyota Crown terus menjadi ‘mahkota’ kebanggaan Toyota selama lebih dari 6 dekade terakhir. Lewat garis keturunan tak terputus dan inovasi terdepan, salah satu sedan eksekutif Toyota ini selalu menjanjikan sesuatu yang 'baru' di setiap generasinya.

Memasuki era serba digital, Toyota Crown pun berbenah dengan menghadirkan generasi ke-15 Toyota Crown yang menawarkan keasyikan berkendara lebih nyata, sekaligus memberikan experience terkoneksi antara mobil dan dunia sekitar. Ini semua dibangun lewat ekosistem dan teknologi inovatif, yang menjadi dasar kelahiran generasi terbaru Toyota Crown ini

Dan apakah pendekatan tersebut mampu membuat ‘mahkota’ kebanggaan Toyota terus bersinar terang di tengah-tengah rival sedan eksekutif, khususnya dari tanah Eropa? Ada baiknya Anda membaca hingga habis profil Toyota Crown 2018 yang bisa Anda nikmati dari cintamobil.com

Daftar mobil bekas terbaru

Lihat Semua

Eksterior Toyota Crown 2018

Toyota Crown 2018 berwarna silver dilihat dari sisi depan sedang berlaju di jalan

Toyota Crown 2018 membawa perubahan desain yang cukup signifikan

Sebelum membahas eksterior Toyota Crown 2018, patut dicatat bahwa Crown termasuk salah satu lini Toyota yang memiliki evolusi versi bodi beragam dalam sejarah perjalanannya.

Contohnya pada generasi kedua dan ketiga terdapat Crown versi pick-up dan D-cab yang merupakan lanjutan dari Toyopet Masterline. Selain versi pickup dan Van,ada juga Crown model coupé antara generasi III hingga VI (1967 – 1983). Crown juga sempat hadir dalam versi station wagon dan van, pada model S170 namanya menjadi Crown Estate.

Langkah perubahan Toyota Crown 2018 dari konsep menjadi nyata

Tampilan versi konsep Toyota Crown Concept (atas) dan Toyota Crown 2018 (bawah)

Dengan portofolio desain versi bodi yang beragam, bisa dibilang kami tidak kaget dengan ubahan desain Toyota Crown generasi ke-15 ini. Mengambil desain dari Toyota Crown Concept yang sempat tampil pada Tokyo Motor Show 2017, Toyota Crown 2018 kini berubah dari segi pendekatan desain eksterior.

Pendekatan eksterior seperti apa yang berubah? Jika biasanya Toyota Crown selalu menonjolkan presensi sedan eksekutif berdesain aristokrat (contohnya mobil dinas resmi kementerian Republik Indonesia saat ini, Toyota Crown Royal Saloon), kini pada Toyota Crown 2018 sedikit berubah menjadi sedan atletis nan maskulin. Pun demikian ubahan tersebut tak mengurangi ciri khas elegan yang selalu menjadi daya tarik dari Toyota Crown.

Untuk memahami lebih detail desain Toyota Crown 2018 secara keseluruhan, kami akan membahas secara mendetail secara 360 seperti mayoritas profil dan review mobil cintamobil.com saat ini.

  • Tampak Depan Toyota Crown 2018

Eksterior Toyota Crown 2018 Fascia Depan

Fascia depan agresif sangat terasa dari desain eksterior depan Toyota Crown 2018

Melihat area eksterior depan Toyota Crown 2018 terasa sekali nuansa sporty yang biasanya selalu menjadi kekuatan desain dari Toyota Crown Athlete. Pada area eksterior depan kini Toyota Crown 2018 memiliki fascia depan yang agresif dengan grille berbentuk bak siluet mahkota, mengikuti logo khas Toyota Crown di tengahnya.  

Terdapat detil chrome yang mengisi area samping grillle serta garis line yang memisahkan area grille dengan fog lamp. Bicara soal lampu sudah dibekali headlight LED, dan pada seluruh varian RS mendapatkan LED sequential turn signals.

  • Tampak Samping Toyota Crown 2018

Eksterior Toyota Crown 2018 tampak samping

Garis roofline bak fastback terasa di eksterior samping Toyota Crown 2018

Nuansa garis desain sedan fastback kental terasa di Toyota Crown 2018. Hal ini bisa dilihat dari desain kap mesin depan yang terasa memanjang dengan efek low slung, serta mulai dari pilar B desain garis roofline dibuat melandai  bak sebuah mobil fastback.

Untuk memperkuat presensi ini, Toyota pun meredesain area kaca Toyota Crown dengan six-side window dan frame kaca pada pintu berkelir hitam (khusus untuk varian RS). Sedan eksekutif berkode S220 dengan postur bodi 4,910 mm x 1,800 mm x 1,455 mm (panjang x lebar x tinggi) ini juga semakin memperkuat ciri khas sporty melalui pemilihan velg 18 inci dengan material aluminium (varian RS)

  • Tampak Belakang Toyota Crown 2018

Eksterior Toyota Crown 2018 desain buritan belakang

Desain buritan belakang Toyota Crown 2018 memadukan nuansa sporty dan elegan

Efek dari desain roofline bak fastback, membuat desain buritan belakang Toyota Crown 2018 terasa sangat berotot dan seksi. Hal ini disebabkan penambahan detil berupa ducktail spoiler, empat buah exhaust tail pipes, serta aksen panel hitam yang menjadi pemisah antara exhaust dan area bumper bawah.

Agar masih bisa terlihat elegan, Toyota pun menyematkan aksen chrome pada area panel atas dari ruang plat nomor di pintu bagasi. Desain taillamp pun dibuat pipih dan sudah mengadopi teknologi LED.

>>> Mungkin Anda penasaran ingin melihat:


Interior Toyota Crown 2018

Interior Toyota Crown 2018 opsi warna kabin

Ragam pilihan warna kabin Toyota Crown 2018

Toyota secara apik mendefinisikan kemewahan dan kecanggihan dalam sebuah ekosistem interior eksekutif nan modern. Tak hanya sekedar berbicara fitur yang semakin bertambah banyak, Toyota juga memastikan nuansa kemewahan tetap terjaga di interior Toyota Crown 2018 melalui pemilihan material kayu beserta leather terbaik yang bisa dipesan pemilihan warnanya oleh konsumen. 

Alhasil, bisa dipastikan sosok yang berada di dalam kemudi maupun duduk di kursi penumpang Toyota Crown 2018 bisa merasakan pengalaman berkendara dan interaksi yang lebih nyaman dan menyenangkan dibandingkan sedan eksekutif sekelasnya.

  • Dashboard Toyota Crown 2018

Interior Toyota Crown 2018 Dashboard Modern

Dashboard Toyota Crown 2018 memberikan kesan modern dan minimalis

Nuansa modern menjadi tema besar dari dashboard Toyota Crown 2018. Hal ini disebabkan Toyota mengadopsi dua layar untuk Data Communication Module sebagai ‘pusat komando’ dari beragam fitur di mobil. Hal ini juga yang mengakibatkan beragam tombol fitur kini dipindahkan ke layar digital, dan mengakibatkan desain dashboard kini menjadi lebih clean dan minimalis.

Layar utama DCM pada Toyota Crown 2018 berdimensi 8 inci diposisikan agak menjauh ke belakang dashboard untuk memberikan viewing angle lebih baik bagi pengemudi dan penumpang. Sedangkan layar sekunder mengadopsi layar sentuh 7 inci yang ditempatkan sejajar dengan area setir, sehingga pengemudi bisa langsung mengoperasikan beragam fitur di mobil dengan pergerakan tangan lebih nyaman tanpa menjauhi area setir.

  • Jok Toyota Crown 2018

Jok Toyota Crown 2018 mewah dan nyaman

Desain jok Toyota Crown 2018 dikhususkan untuk memberikan kenyamanan lebih baik saat berkendara jarak jauh

Jok Toyota Crown 2018 didesain lebih berorientasi untuk penikmat berkendara jarak jauh dengan jok depan semi sport dan jok baris belakang lebih berkontur. Efeknya jok menjadi lebih baik dalam ‘memeluk’ tubuh, sekaligus kenyamanan untuk perjalanan jarak jauh menjadi meningkat.

Adapun fokus utama tertuju pada penumpang belakang, dimana Toyota memberikan peningkatan melalui ruang kaki yang lebih luas. Tak ketinggalan akses keluar-masuk bagi penumpang belakang Toyota Crown 2018 juga diperhatikan melalui adanya handle yang diposisikan di belakang jok pengemudi dan penumpang depan, layaknya seperti yang ditemukan di Toyota Alphard dan Toyota Vellfire.

>>> Jangan sampai Anda lewatkan: 

Fitur Toyota Crown 2018

Toyota Crown 2018 fitur canggih memudahkan pengemudi

Ekosistem fitur di Toyota Crown 2018 mengutamakan konektifitas sekaligus keselamatan secara masif

Toyota Crown 2018 didapuk sebagai salah satu lini perdana Toyota yang memiliki sistem yang bisa mengkoneksikan mobil, manusia, dan lingkungan sekitar. Selain itu, fitur keselamatan tingkat tinggi juga menjadi highlight penting dari fitur Toyota Crown 2018

  • Fitur Konektifitas Toyota Crown 2018

Data Communication Module Toyota Crown 2018

Pengoperasian Data Communication Module di Toyota Crown 2018 melalui layar di dashboard ini

Melalui Data Communication Module, pengguna mobil bisa merasakan layanan 24/7 mulai dari fitur Driving Diagnoses, My Car Security, Operator Service, Agent, Hybrid Navigation, Line My Car Account, Connected Car Insurance Plan, Helpnet, Connected Maintenance Package, e-Care Health Check Report, dan e-Care Driving Guidance.

Selain itu Toyota juga menghadirkan opsional fitur ITS Connect dan Passable Route Map juga membuat pengemudi bisa mengaplikasikan safety driving di jalanan urban, sekaligus bisa segera melewati rute darurat demi menyelamatkan diri dari kejadian bencana alam.

  • Fitur Keselamatan Toyota Crown 2018

fitur keselamatan Toyota Crown 2018

Contoh ilustrasi fitur keselamatan Toyota Safety Sense II

Sudah menjadi standar mutlak bahwa Toyota memiliki tingkat keselamatan terbaik. Untuk itu, pengembangan fitur keselamatan tidak lagi sekedar melalui banyaknya airbag yang dimiliki (total airbag di kabin 12 buah), namun juga fitur eksternal lainnya yang membuat keselamatan baik bagi penumpang maupun pedestrian tetap terjaga baik.

Untuk itu Toyota menerapkan rangkaian fitur keselamatan preventif Toyota Safety Sense II yang meliputi fitur Dynamic Radar Cruise Control, Lane Tracing Assist (LTA), Automatic High Beam, Adaptive High Beam System, Road Sign Assist, Intelligent Clearance Sonar, dan Rear Cross Traffic Auto Brake. Adapun untuk pertama kalinya Toyota mengadopsi fitur bernama Rear Pedestrian Support Brake, yang akan melakukan pengereman otomatis apabila mobil mendeteksi adanya pedestrian tertangkap oleh kamera saat melakukan gerakan mundur.

>>> Klik sini untuk lihat review mobil lainnya

Operasi Toyota Crown 2018

Toyota Crown 2018 TNGA

Toyota Crown 2018 sudah mengadopsi arsitektur mobil TNGA (Toyota New Generation Architecture)

Toyota melakukan dua pendekatan fundamental demi menghasilkan sensasi berkendara lebih impresif. Pendekatan tersebut bermula lewat penentuan arsitektur mobil tepat, dan pilihan mesin bertenaga tinggi sekaligus efisien.

Dari aspek arsitektur mobil, Toyota Crown 2018 sudah menggunakan arsitektur mobil TNGA (Toyota New Generation Architecture) yang dipadukan dengan suspensi multi link di keempat roda.

Perpaduan arsitektur mobil dengan centre of gravity rendah, serta suspensi yang dioptimalisasi demi rigiditas kala berkendara, ini mengalami serangkaian pengujian di sirkuit Nurburgring, Jerman. Alhasil Toyota Crown 2018 mampu menyajikan karakter handling responsif di kecepatan tinggi, sekaligus tetap stabil dan nyaman kala digunakan di kecepatan rendah.

mesin toyota crown 2018 efisien dan bertenaga

Pilihan mesin Toyota Crown 2018 memiliki performa mumpuni dan tingkat efisiensi terbaik

Beralih dari sektor jantung pacu, Toyota Crown 2018 tersedia dalam tiga tipe, yakni mesin 2.5 liter Dynamic Force Engine Hybrid System berkode A25A-FXS, 3.5 liter V-6 Multi-stage Hybrid System berkode 8GR-FXS, dan 2.0 liter Direct-Injection Turbo Engine berkode 8AR-FTS.

Masing-masing mesin menggunakan transmisi otomatis dengan perbedaan spesifikasi, dan tersedia dalam versi penggerak rear wheel drive maupun all wheel drive (khusus versi mesin 2.5 liter). Dan untuk menyempurnakan keasyikan berkendara, tersedia Drive Mode Select untuk mengatur mode berkendara. Salah satu mode di Drive Mode Select yang cukup menarik ialah ‘Custom Mode’, yang tersedia khusus di  varian RS, berfungsi memudahkan pengemudi mengatur preferensi settingan mesin, sasis, hingga sistem AC mobil.

>>> Klik sini untuk cek harga mobil Toyota lainnya

Spesifikasi Toyota Crown 2018

Seperti inilah spesifikasi dari Toyota Crown 2018 yang bisa Anda lihat di cintamobil.com

Dimensi/ Ukuran Toyota Crown 2018

P x L x T

4,910 mm x 1,800 mm x 1,455 mm

Jarak poros roda

2,920 mm

Berat

N/A

Mesin Toyota Crown 2018

Jenis

- 2.5 liter Dynamic Force Engine Hybrid System (A25A-FXS)

- 3.5 liter V-6 Multi-stage Hybrid System (8GR-FXS)

- 2.0 liter Direct-Injection Turbo Engine (8AR-FTS)

Isi silinder

- 2.487 cc (A25A-FXS)

- 3.456 cc (8GR-FXS)

- 1.998 cc (8AR-FTS)

Daya maksimum

- 181 hp @ 6,000 rpm (A25A-FXS)

- 295 hp @ 6,600 rpm (8GR-FXS)

- 241 hp @ 5,200-5,800 rpm (8AR-FTS)

Torsi maksimum

- 221 Nm @ 3,800-5,400 rpm (A25A-FXS)

- 356 Nm @ 5,100 rpm (8GR-FXS)

- 350 Nm @ 1,650-4,400 rpm (8AR-FTS)

Rangka Toyota Crown 2018

Transmisi

- 8-speed Super ECT (A25A-FXS)

- THS II with reduction gear (8GR-FXS)

- 10-speed Multi-Stage Hybrid Transmission (8AR-FTS)

Suspensi depan

Multi Link

Suspensi belakang

Multi Link

Rem depan

Ventilated disc

Rem belakang

Solid Disc

Ukuran ban

N/A

>>> Sedang bingung mencari mobil Toyota yang pas buat Anda? Intip dulu review mobil Toyota dari cintamobil.com di sini

Daftar Harga Toyota Crown 2018

Hingga tulisan profil Toyota Crown 2018 ditulis di cintamobil.com tidak ada informasi adakah kemungkinan dari Toyota untuk menghadirkan Crown ke pasar Indonesia. Namun jika berkaca pada negeri Jepang, sedan eksekutif ini tersedia dari rentang harga Rp593,4 jutaan – Rp928 jutaan.

Meski begitu, Anda harus memahami bahwa kini Toyota Crown 2018 tidak lagi terbagi dalam versi Crown Royal Saloon, Crown Athlete, dan Crown Magesta. Kini terdapat total 21 pilihan varian, mulai dari 13 pilihan varian dari Crown B, Crown S, Crown G dan Crown G-Executive. 8 pilihan varian sisanya adalah untuk varian RS, dimana varian tertinggi dimiliki oleh RS Advance.

Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir jika Anda ingin memilki Toyota Crown. Sebab saat ini sudah banyak ditemukan mobil bekas Toyota Crown dengan kondisi prima, yang bisa dibeli dengan harga terjangkau berkisar dari Rp50 jutaaan untuk tahun mobil bekas yang lebih tua, hingga mencapai Rp550 jutaan untuk mobil bekas Toyota Crown tahun muda.

>>> Silahkan cek harga mobil bekas lainnya dengan klik sini

Kesimpulan Toyota Crown 2018

Evolusi Toyota Crown generasi 1 dan generasi 15

Generasi pertama hingga generasi ke-15 menjadi tanda eksistensi Toyota Crown sangat kuat

Salah satu alasan eksistensi Toyota Crown sebagai ‘mahkota’ sedan eksekutif terbaik Toyota selalu terletak pada nilai inovasi. Mengedepankan teknologi konektifitas serba canggih, serta didukung perpaduan antara karakter performa impresif dan keasyikan berkendara terbaik, membuat Toyota Crown 2018 kembali menunjukkan sinarnya sebagai salah satu sedan eksekutif terbaik dari Negeri Sakura.

Meski begitu, sedan eksekutif yang kembali diproduksi di Motomachi Plant, Toyota Motor Corporation, hanya akan bisa dinikmati segera oleh pasar domestik Jepang saja. Apakah Indonesia akan menyusul menjadi negara yang menikmati Toyota Crown 2018? Well, semoga saja kesempatan tersebut bisa terjadi.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lihat harga mobil-mobil lainnya

Hafizh Fauzan
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

Review lain

Spesifikasi Toyota Corolla Altis 1.8 V 2014, Wajah Baru Sedan Terlaris Di Dunia

14/05/2018

Editor rate:

Memasuki tahun 2014, PT. Toyota-Astra Motor (TAM) memperkenalkan Toyota Corolla Altis 2014 generasi ketiga. Menggunakan versi Corolla global yang memiliki platform berbeda dengan Toyota Corolla Axio di Jepang, juga berbeda wajah dengan versi Amerika. Berikut ini spesifikasi Toyota Corolla Altis 1.8 V 2014.

Lihat juga

Review Toyota Mark X 2012, Sedan Berpenggerak Belakang Edisi Terbatas

15/07/2018

Editor rate:

Toyota Camry punya saudara yang diberi nama Toyota Mark X berpenggerak roda belakang. Awalnya diimpor untuk keperluan taksi, namun saat ini bisa menjadi alternatif menarik bagi Anda mencari sedan berpenampilan berbeda. Review Toyota Mark X 2012 bisa dilihat di bawah ini.

Lihat juga

Review Toyota Corolla Altis 1.8 G 2005: Pilihan Sedan Eksekutif Terjangkau

26/11/2019

Editor rate:

Toyota Corolla Altis 1.8 G 2005 dibekali mesin yang memuaskan, kabin yang nyaman serta harga yang terjangkau. Sedan ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan sebuah sedan eksekutif yang dapat menjawab kebutuhan sekaligus status.

Lihat juga

Review Toyota Corolla Altis Hybrid 2019: Mid-Size Sedan Toyota Semakin Tampil Ramah Lingkungan & Asyik Dikemudikan

13/09/2019

Editor rate:

Generasi keempat Toyota Corolla Altis kini siap hadir ke Indonesia membawa dua inovasi besar-besaran. Inovasi ini ialah teknologi mesin hybrid dan arsitektur Toyota New Generation Architecture (TNGA). Apakah dua inovasi ini siap membawa sedan medium Jepang ini menjadi salah satu penantang penting di pasar mobil baru di Indonesia?

Lihat juga

Review Suzuki Baleno 1996: Masa Lalu Baleno, ‘Berjubah’ Sedan

04/09/2019

Editor rate:

Tahukah Anda bahwa Suzuki Baleno dulunya adalah mobil sedan, sebelum akhirnya menjadi Hatchback seperti saat ini? Mungkin sebagian pembaca sudah tahu kiprahnya yang dimulai sejak tahun 1996 silam. Kala itu, sosoknya menjadi salah satu mobil sedan kompak populer bagi kaula muda. Ada rencana membelinya? Mari kita simak review Suzuki Baleno 1996.

Lihat juga
back to top