Preview Audi Q8 2019

31/08/2018

Share this post:

Audi Q8 2019

Editor rate:

Daftar Harga Audi Q8 Terbaru Lihat promo

Pendekatan desain ‘fusion’ di dunia otomotif saat ini rasanya sedang menjadi tren beberapa tahun terakhir. Biasanya desain mobil sedan atau SUV yang banyak mengalami ‘fusion’ dengan sentuhan desain eksotis khas mobil coupé. Salah satu contohnya adalah Audi yang menyajikan Audi Q8 sebagai SUV mewah berdesain bak 4-door luxury coupé.

Preview Audi Q8 2019
Preview Audi Q8 2019
0 Gambar

Pengantar Audi Q8 2019

Mari kita simak spesifikasi Audi Q8 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Mayoritas fitur di Audi Q8 2019 berteknologi tinggi

Desain perpaduan SUV tangguh dan Coupé

Kemampuan off-road mumpuni karena Quattro

Kekurangan

Biasanya ada penyesuaian fitur seandainya Audi Q8 2019 dijual di Indonesia

Mesin hanya tersedia versi diesel sampai saat ini

Preview Audi Q8 2019Tren desain mobil yang memadukan dua tema desain rasanya masih menjadi pendekatan desain favorit di dunia otomotif global. Banyak pabrikan otomotif mencoba melakukan ‘fusion’ desain mobil, dimana seringkali merupakan perpaduannya antara sedan dan coupé atau suv dan coupé.

Audi Q8 2019 merepresentasikan desain fusion antara SUV & Coupé

Audi Q8 2019 merepresentasikan fleksibilitas SUV dan tampilan eksotis khas 4-door luxury coupé

Contohnya Audi, yang memiliki portofolio mobil berdesain ‘fusion’ seperti Audi A7 Sportback (Sedan & Coupé), dan model terbaru Audi Q8 2019. Ya, model tertinggi di keluarga Audi Q yang mengisi segmen SUV ini memadukan fleksibilitas dan ketangguhan khas SUV, namun tetap dirancang eksotis karena  dipadukan unsur 4-door luxury coupé.

Ingin tahu seperti apa impresi terhadap SUV terbaru Audi ini? Berikut preview Audi Q8 2019 yang bisa Anda nikmati secara komperhensif.

Eksterior Audi Q8 2019

Memiliki postur bodi 4.986 mm (panjang) x 1.995 mm (lebar) x  1.705 mm (tinggi), Audi Q8 2019 merepresentasikan pendekatan desain baru yang dinamis nan progresif dari Audi untuk keluarga Q. Didukung basis platform Audi Space Frame (ASF), Audi Q8 2019 tak hanya memungkinkan desainer Audi memberikan ‘jubah’ yang menarik, tapi tetap bisa menyajikan sisi rigiditas bodi yang sesuai dengan karakter berkendara tangguh khas model Audi Q.

Preview Audi Q8 2019: Eksterior Depan

Tampak depan Audi Q8 2019

Audi Q8 2019 menghadirkan grille singleframe yang akan menjadi 'wajah' model Audi Q

Melihat sekilas tampak depan Audi Q8 2019, ada nuansa desain yang baru dan unik dari pabrikan asal Ingolstadt, Jerman. Ya, Audi Q8 2019 bisa dibilang sebagai pelopor desain grille singleframe dengan lekuk oktagonal (segi delapan) dan enam garis sirip vertikal , yang akan menjadi wajah baru di model Audi Q kedepannya.

Dipadukan dengan desain headlight pipih berteknologi HD matrix LED technology, terdapat sebuah aksen panel yang membuat desain antara Headlight dan grille singleframe terasa serasi. Di bawahnya pun hadir air inlet yang selain berfungsi sebagai fitur aerodinamika mobil, namun juga memberikan karakter tegas di area depan Audi Q8 2019.

Preview Audi Q8 2019: Eksterior Samping

Tampak samping Audi Q8 2019

Absennya pilar C di bodi samping Audi Q8 2019 seolah memberikan sentuhan desain coupé-esque

Salah satu keunikan dan kecerdasan engineering Audi terbukti di area samping eksterior Audi Q8 2019. Secara mengejutkan Audi bisa merancang roofline yang cukup landai bak sebuah coupé, namun di sisi lain ia bisa membuat mobil ini tanpa hadirnya pilar C. Hal ini disebabkan konstruksi ASF dirancang dengan pilar D yang tebal dan kokoh, sehingga membuat pilar C tidak diperlukan, dan efeknya menjadikan area kaca mobil frameless ini terlihat lebih cantik.

Demi mempertegas karakter tangguh dari SUV ini, desainer Audi banyak memberikan guratan desain dan lekukan bodi yang menonjolkan garis bahu bodi dan area fender ban. Pada area ban dipilih velg 22 inci berlapis ban berprofil 285/40 R22 yang sukses menyatu dengan desain keseluruhan Audi Q8 2019.

Preview Audi Q8 2019: Eksterior Belakang

Desain belakang Audi Q8 2019

Audi Q8 2019 memiliki desain taillight yang saling terhubung

Area taillight Audi Q8 2019 menyajikan detil unik, dimana ia dirancang dengan konsep 3-D design lewat total 12 strip yang hadir di sisi kiri dan kanan mobil. Didukung teknologi LED, area taillight di sisi kiri dan kanan pun terkoneksi lewat sebuah garis lampu bar LED yang berada di area frame high-gloss black yang jadi area penempatan logo Audi.

Area buritan belakang Audi Q8 2019 sudah dilengkapi rear roof spoiler dan rear diffuser.  Dan sejajar dengan area diffuser yang menghiasi bumper belakang, terdapat exhaust tailpipe trims yang dibuat terintegrasi dengan lekuk diffuser.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Audi Q8 2019

Nilai kemewahan yang dipadukan teknologi tingkat tinggi khas Audi kental terasa di Audi Q8 2019. Hadirnya dua layar sentuh ‘cerdas’ berfungsi sebagai substitusi dari penggunaan tombol fisik yang dirasa sudah kuno. Audi juga menerapkan beragam pilihan opsi material kayu, aluminium, hingga bahan kulit yang hadir sebagai penguat sisi premium di kabin Audi Q8 2019.

Interior Audi Q8 2019

Ilustrasi desain interior Audi Q8 2019

Demi kenyamanan terbaik, para engineer Audi merancang kabin Audi Q8 2019 ekstra kedap berkat penggunaan double-layer windshield dan opsi acoustic glazing untuk kaca samping mobil. Audi Q8 2019 juga sudah memiliki automatic air conditioning dengan pilihan 2-zone dan 4-zone (opsi) yang bertugas memberikan kualitas udara kabin terbaik, terlebih dengan hadirnya air quality package yang dibekali ionizer dan pilihan pewangi khusus beraroma khas.

Preview Audi Q8 2019: Dashboard dan Setir

Desain dashboard & setir Audi Q8 2019

Tampilan dashboard dan setir dari Audi Q8 2019

Area dashboard Audi Q8 2019 hadir dengan pendekatan simplisitas, dimana Anda akan sangat sedikit berinteraksi dengan tombol fisik karena semua sudah dikemas ke dalam tombol virtual nan cerdas. Kisi-kisi AC dirancang dalam 3 garis strip yang terintegrasi dari sisi pengemudi hingga penumpang dengan berbalut aksen chrome dan aluminium.

2 layar sentuh MMI Touch Response hadir di area central console dan dirancang selaras dengan panel dashboard berkelir black. Menariknya, saat mobil dimatikan layar sentuh digital tersebut akan menjadi hitam, yang mengakibatkan seluruh area dashboard mobil berubah menjadi bak sebuah furniture premium yang memikat mata.

Khusus area kokpit pengemudi, Audi Q8 2018 mengusung setir flat-bottom dengan tombol multifungsi dan paddle shift di area belakang palang setir. Sistem instrument cluster mengadopsi Audi Virtual Cockpit dengan layar 12.3 inci, yang memiliki grafis intuitif dan bisa diatur melalui tombol di setir. Di samping itu tersedia juga head up display yang memproyeksikan informasi seputar mobil, termasuk arah navigasi mobil.

Preview Audi Q8 2019: Jok

Jok belakang Audi Q8 2019

Jok belakang Audi Q8 2019 bisa dimaju-mundurkan sejauh 10 cm

Audi menyediakan opsi jok depan mulai dari jok standar, sport seats, dan S sport seats plus. Masing-masing jok memiliki 3 level pendingin atau pemanas jok, serta opsi massage function untuk S Sport Seats Plus. Sedangkan untuk jok belakang mendapatkan fungsi berupa sistem isofix, headrest di tiga posisi duduk, serta bisa digeser maju-mundur sejauh 10 cm.

Audi jelas tidak main-main dalam memilih material jok terbaik untuk Audi Q8 2019. Untuk jok standar saja Audi memili material natural & synthetic leather, dan untuk sport seats menggunakan Valcona Leather dengan detil aksen piping di area jok, atau pearl Nappa Leather dengan alcantara dan detil jahitan khusus. Sedangkan untuk S Sport Seat Plus menggunakan Valcona Leather dengan detil jahitan berbentuk wajik dan logo ‘S’ yang di emboss di area jok mobil.

Preview Audi Q8 2019: Bagasi

Ruang bagasi Audi Q8 2019

Bagasi Audi Q8 2019 dalam kondisi standar memiliki kapasitas bagasi 605 liter dalam kondisi jok belakang digunakan, dan akan meluas hingga 1,775 liter dalam kondisi jok belakang terlipat penuh. Setidaknya dengan ruang bagasi seluas ini, Anda selain bisa menaruh 2 tas golf berukuran besar, Anda pun bisa menaruh sepeda Anda dalam kondisi tertidur dan tetap muat di ruang bagasi.

Untuk mengakses ruang bagasi selain terdapat sistem buka-tutup pintu bagasi otomatis, juga bisa diakses melalui ‘tendangan’ kaki pada ruang kolong belakang mobil. Terdapat juga opsi electric luggage compartement cover yang menutup visibilitas terhadap isi bagasi dari pandangan luar.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

Fitur Audi Q8 2019

Berkaca pada spesifikasi global dan Eropa, Audi Q8 2019 jelas memiliki fitur yang tak hanya canggih, tapi juga bisa mendukung pengalaman berkendara lebih menyenangkan sekaligus lebih aman. Meski begitu biasanya untuk detil fitur dan spesifikasi Audi Q8 2019 di pasar Asia atau Indonesia sekalipun, akan mendapat penyesuaian yang mungkin saja menghilangkan fitur-fitur yang akan Cintamobil.com jelaskan.

Preview Audi Q8 2019: Fitur Infotainment

Layar MMI Audi Q8 2019

Dua layar MMI Touch Response di Audi Q8 2019

Audi memiliki sistem infotainment cerdas MMI navigation plus yang ditampilkan di dua layar MMI Touch Response, berukuran 10,1 inci (layar utama) dan 8,6 inci (layar sekunder). Selain menampilkan beragam fitur infotainment dan navigasi cerdas, Audi pun menyematkan fitur voice control yang mampu menerima input perintah berdasarkan suara selayakya SIRI pada device Apple atau Google Now pada device Android. Canggih!

Lalu seperti apa sebenarnya fungsi dua layar MMI Touch Response yang digunakan pada Audi Q8 2019? Jadi, layar utama berfungsi sebagai menampilkan informasi seputar navigasi dan mengatur fitur entertainment yang ingin Anda gunakan. Sedangkan layar sekunder yang berada di bawah layar utama berfungsi untuk pengaturan sistem AC, fitur berkendara, sampai ke settingan mobil. Bahkan di layar sekunder ini Anda bisa menjadi input tulisan untuk memudahkan Anda menentukan alamat yang ingin Anda tuju di layar utama.

Audi Q8 2019 Bang & Olufsen

Opsi audio keluaran Bang & Olufsen di Audi Q8 2019

Soal konektifitas jangan ditanya, lengkap mulai dari bluetooth, USB Port, sampai ke Wi-Fi hotspot dengan LTE Advance sudah tersedia di mobil ini. Audi Q8 2019 juga bisa menjalankan Apple CarPlay dan Android Auto, serta tersedia dengan opsi audio Bang & Olufsen 3D Advanced Sound System dengan 23 speaker, yang mampu menghasilkan kualitas suara yang megah dan sanggup memanjakan telinga para audiophile.

Preview Audi Q8 2019: Fitur Keselamatan

Airbag Audi Q8 2019

Ilustrasi Airbag Audi Q8 2019

Fitur keselamatan Audi Q8 2019 cukup mumpuni untuk menjaga pengemudi dan penumpang aman dari risiko cedera akibat insiden fatal. Dari segi fitur keselamatan pasif sudah dibekali sistem seatbelt 3 titik di semua kursi dan airbag di 8 titik. Sedangkan pada fitur keselamatan aktif, dalam kondisi standar Audi Q8 2019 sudah mengadopsi ESC/ABS/EBD, brake booster, dan hydraulic brake assist.

Audi Q8 2019 memiliki empat paket asistensi berkendara cerdas, yakni Tour Assist Package, City Assist Package, Parking Plus Package and Plus Assist Package. Fitur-fitur yang ada di paket asistensi berkendara cerdas ini bisa berjalan karena bantuan Central Driver Assistance Controller (zFAS), dan 5 radar sensor, 6 titik kamera, 12 ultrasound sensor, dan laser scanner yang disematkan di Audi Q8 2019.

>>> Mau baca review terbaru seputar Audi di Cintamobil.com? Klik informasinya di sini

Operasi Audi Q8 2019

Mesin Audi Q8 2019

Mesin diesel 3.0 liter V6 TDI di Audi Q8 2019

Audi Q8 2019 saat ini hanya tersedia dalam tipe 50 TDI yang menggunakan mesin diesel 3.0 liter V6 TDI bertransmisi 8-percepatan Tiptronic, dan pastinya menggunakan sistem penggerak permanent all-wheel drive ikonik Audi Quattro dengan membagi tenaga ke roda depan dan belakang secara asimetris dengan perbandingan 40:60 dalam kondisi berkendara normal. Hasilnya, berdasar klaim Audi Q8 2019 mampu menyelesaikan kecepatan 100 km/jam dalam waktu 6,3 detik dan top speed hingga 245 km/jam.

Menariknya adalah Audi turut menyematkan teknologi mild hybrid technology dengan 48-volt belt alternator starter (BAS) yang terkoneksi dengan crankshaft, dan baterai lithium ion yang disimpan di lantai bagasi belakang. Lalu seperti apa fungsi dari sistem hybrid yang tersedia di mesin berkekuatan total 286 dk dan torsi maksimum 600 Nm ini?

teknologi mesin mild hybrid Audi Q8 2019

Kombinasi teknologi mesin diesel dan mild hybrid di Audi Q8 2019

Secara sederhana, sistem mild hybrid pada Audi Q8 2018 memungkinkan mesin mati dan mobil berada dalam kondisi coasting selama 40 detik, dengan catatan pengemudi tidak menginjak pedal gas dan mobil berada dalam rentang kecepatan 55 km/jam sampai 160 km/jam.

Setelah melewati 40 detik, mesin mobil akan kembali aktif dan mendeliver tenaga ke seluruh roda. Jika mobil mengalampi pengereman, energi kinetik yang terbuang akan di regenerasi dan di konversi menjadi arus listrik berkekuatan hingga 12 kW, dan disalurkan ke sistem baterai lithium ion. Saat kondisi start stop di rentang kecepatan di bawah 22 km/jam ini bekerja meringankan beban mesin, sehingga  Audi Q8 2019 diklaim bisa lebih hemat 0.7 liter / 100 km.

Audi Q8 2019 Offroad

Serangkaian fitur handling, suspensi, dan mode berkendara berfungsi membuat Audi Q8 2019 adaptif di segala medan

Sektor handling turut andil memberikan sensasi berkendara dinamis dan tangguh di segala medan. Ya, dari sektor handling Audi Q8 2019 dalam kondisi standar menggunakan electromechanical power steering. Namun ada opsi berupa all-wheel steering, dimana roda belakang bisa bergerak berlawanan arah (kecepatan rendah) atau searah manuver (kecepatan tinggi) roda depan.

Di sisi lain suspensi Audi Q8 2019 juga menyediakan opsi Adaptive Air Suspension dengan controlled damping (sport or comfort). Dalam kondisi tertentu, mobil yang memiliki ground clearance 220 mm ini bisa lebih rendah 15 mm atau bisa lebih tinggi 90 mm tergantung sedang berada dalam mode berkendara atau medan off-road atau medan aspal.

Nah ada berapa mode berkendara yang disediakan Audi di SUV terbaru ini? Total Audi memiliki 7 mode berkendara, mulai dari mode comfort, auto, dynamic, individual, efficiency, allroad, dan offroad. Mode offroad ini terkoneksi dengan Adaptive Air Suspension dan Hill Descent Control, agar saat Audi Q8 2019 melewati medan jalanan ekstrem bisa melaluinya dengan aman dan tetap powerfull.

>>> 5 Tips Mendeteksi Keaslian BPKB Menurut Polisi

Spesifikasi Audi Q8 2019

Mau tau spesifikasi Audi Q8 2019? Cek informasi selengkapnya di sini.

Dimensi/ Ukuran Audi Q8 2019

P x L x T

4,986 x 2,190 x 1,705 mm

Jarak poros roda

2,995 mm

Ground Clearance

220 mm

Berat Kosong

2,145 kg

Mesin Audi Q8 2019

Jenis

3.0 Liter V6 TDI Common rail fuel injection system w/ 48-volt main electrical system (48-volt belt alternator starter (BAS) & lithium-ion battery)

Kapasitas mesin

2,967 cc

Daya maksimum

286 dk  

Torsi maksimum

600 Nm

0-100 km/jam

6.3 detik

Top Speed

245 km/jam

Transmisi/sistem penggerak

8-percepatan Tiptronic / Quattro Permanent All Wheel Drive

Kaki-Kaki Audi Q8 2019

Suspensi depan

Five-link front axle; tubular anti-roll bar (optional Adaptive Air Suspension)

Suspensi belakang

Five-link front axle; tubular anti-roll bar (optional Adaptive Air Suspension)

Rem depan

ventilated disc

Rem belakang

ventilated disc

Ban

285/40 R22

 

 

Daftar Harga Audi Q8 2019

Untuk pasar Jerman, harga Audi Q8 2019 berada di angka 76,300 Euro, atau dalam konversi harga rupiah menjadi Rp1,3 miliar. Belum ada informasi apakah Audi Q8 2019 akan dipasarkan di Indonesia atau tidak, tapi mari berdoa saja semoga Audi Indonesia berencana memasukkan Audi Q8 2019 sebagai portofolio kendaraan terbaru mereka di Tanah Air.

>>> Klik sini untuk cek harga dan promosi mobil Audi lainnya

Kesimpulan Audi Q8 2019

Audi Q8 2019 menawarkan kedinamisan berkendara khas Audi

Audi Q8 2019 menaarkan keasyikan berkendara di medan aspal maupun off-road

Kedinamisan berkendara menjadi value utama yang disampaikan Audi melalui model tertinggi di keluarga Audi Q ini. Mau diajak off-road atau sekedar berkendara melewati jalanan urban, Audi Q8 2019 sanggup melakukan hal tersebut dengan mudah beradaptasi dan tetap bisa asyik dikemudikan. Apalagi penggunaan mild hybrid juga turut mendukung mendukung efisiensi berkendara lebih baik.

Dengan sentuhan styling coupé yang berhasil memberikan sentuhan eksotis, plus pendekatan Audi yang banyak menjejali fitur berteknologi tinggi di model akhir-akhir ini, bukan tidak mungkin Audi Q8 2019 bisa menjadi salah satu SUV terbaik di tengah tren SUV Coupé-esque yang sedang mewabah di industri otomotif global saat ini.

>>> Anda mau membeli mobil, jangan lupa klik sini untuk lihat daftar mobil dijual dengan banyak promosi yang menarik

Hafizh Fauzan
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Audi PB18 e-tron Concept 2018

25/08/2018

Editor rate:

Jika ada prediksi akurat akan supercar masa depan, konsep Audi PB18 e-tron ditampilkan di Pebble Beach Concours d'Elegance adalah salah satunya. Hadir dengan segala ilmu didapatkan Audi di kejuaraan seri Le Mans.

Lihat juga

Preview Audi A8L 2018

01/08/2018

Editor rate:

Varian A8 awalnya diperkenalkan pada tahun 2017 kemarin. Di ajang GIIAS 2018 nanti, varian terpanjang Audi A8 yakni Audi A8L akan diluncurkan untuk bersaing dengan para kompetitornya di kelas yang sama. Preview Audi A8L 2018 bisa dilihat di bawah ini.

Lihat juga

Review Audi A6 1.8 TFSI 2015, Edisi Facelift Varian Terendah Audi A6

25/07/2018

Editor rate:

Edisi facelift dari generasi ketujuh Audi A6 sudah meluncur sebelumnya pada tahun 2014 silam. Sebelum diperkenalkan secara luas di ajang IIMS 2016 silam, mobil ini sudah didatangkan dan diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada akhir 2015 silam. Review Audi A6 1.8 TFSI 2015 bisa dibaca di bawah ini.

Lihat juga

Review dan Test Drive Audi RS5 2018: Sport Coupé Persembahan Audi Siap Melenggang Di GIIAS 2018

23/07/2018

Editor rate:

Mendengar brand Audi kesan mobil mewah dibalut dengan aura sporty langsung tergambar dalam pikiran kita. RS merupakan deretan mobil dengan performa tinggi andalan dari pabrikan otomotif Jerman Audi, model RS sebetulnya mulai di produksi secara masal dari 1994. Hingga kini, RS Coupe menjelma menjadi mobil cepat yang mampu menggabungkan antara bobot mobil yang ringan namun dengan tenaga yang sangat besar.

Lihat juga

Spesifikasi Audi Q7 2017 Indonesia

16/03/2018

Editor rate:

Audi Q7 merupakan sebuah mobil crossover SUV yang benar-benar sangat mewah baik dari segi eksterior dan juga interior. Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2007, Audi Q7 menjadi salah satu kendaraan terbaik yang dimiliki oleh Audi. Apa saja fitur yang ditawarkan oleh tipe terbarunya ini? Simaklah review Audi Q7 2017 Indonesia di bawah ini.

Lihat juga
back to top