5 Tips Mendeteksi Keaslian BPKB Menurut Polisi

30/08/2018

Pengemudian
Share this post:
5 Tips Mendeteksi Keaslian BPKB Menurut Polisi
Sebagai surat berharga, keaslian BPKB harus benar-benar terjamin. Lalu bagaimana cara paling mudah mendeteksi keaslian BPKB menurut polisi?

Gamabr Surat kendaraan bermotor

BPKB menjadi bagian penting dari kepemilikan kendaraan bermotor

Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atau BPKB adalah satu-satunya bukti sah kepemilikan kendaraan bermotor di Indonesia. Tanpa BPKB, kendaraan bermotor bisa saja dituduh sebagai kendaraan ilegal dan hasil kejahatan serta menjadi tidak bernilai jual sama sekali.

Sudah pasti karena BPKB ini adalah bukti sah kepemilikan kendaraan bermotor, keberadaannya menjadi sangat berharga dan keaslian BPKB harus benar-benar terjamin.

Di satu sisi, kondisi ini membuat BPKB juga rawan dipalsukan. Masih ingat dengan kasus penipuan di sejumlah kantor pegadaian pada akhir tahun 2017? Pelakunya menggunakan BPKB palsu untuk melancarkan kejahatannya dan berhasil meraup ratusan juta rupiah. Polisi memang berhasil membongkar sindikat kejahatan tersebut. Namun itu jadi satu peringatan tersendiri bahwasanya BPKB kendaraan bermotor tak selalu asli.

>>> Cara Balik Nama STNK Kendaraan

Biar kejadian yang sama tidak terulang, polisi melalui situs resmi ntmcpolri.info membagikan tips mendeteksi keaslian BPKB dengan cara cukup mudah.

  1. Bahan cover yang digunakan BPKB asli lebih mengkilap dibandingkan yang palsu (agak buram).
  2. Hologram di halaman paling depan atau pertama akan berubah warna jadi kuning saat diterawang bila itu BPKB palsu. Sedangkan BPKB asli, warnanya abu-abu dan tidak akan berubah jika diterawang.
  3. Nomor seri di bawah hologram dimaksudkan untuk membedakan domisili. Namun, untuk detailnya hanya ada di Korlantas dan tidak bisa dipublikasikan.
  4. Selanjutnya, pada ciri keempat ada pada bagian identitas pemilik kendaraan. Di BPKB palsu hanya sekedar mengubah data kendaraan saja, sedangkan data pemilik kendaraan tidak diubah. “Di bagian identitas kendaraan banyak yang dihapus kemudian di print ulang. Ini jelas kelihatan,” tutur Kasubdit Ditregident Korlantas Polri, Kombes Pol. Priyanto.
  5. Pada halaman-14, jika BPKB asli terlihat lambang Korlantas bila disinari cahaya ultraviolet. Saat diraba, kertas akan terasa kasar karena logo Korlantas timbul. “Kalau asli di ultraviolet akan timbul angka dan huruf bermacam-macam. Itu BPKB asli. Sedang yang palsu logonya rata,” jelas Priyanto.

>>> Ingin membeli mobil baru dan bekas termurah? Klik disini untuk informasi lebih lanjut

Gambar barang bukti BPKB Palsu untuk kejahatan

Polisi membongkar sindikat pemalsuan surat kendaraan bermotor akhir tahun 2017 lalu

>>> Berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.