Review VW T-Cross 2022: SUV Eropa yang Menggoda & Paling Terjangkau

10/03/2022

Share this post:
Volkswagen Tiguan TSI 2022
Editor rate:

Rp 488.000.000

Lihat promo

PT Garuda Mataram Motor (GMM) meluncurkan VW T-Cross guna mengisi kekosongan di segmen Compact SUV premium. Mobil ini menjadi SUV paling terjangkau dari Eropa.

Review VW T-Cross 2022: SUV Eropa yang Menggoda & Paling Terjangkau
0 Gambar

Pengantar Volkswagen Tiguan TSI 2022

Mari kita simak spesifikasi Volkswagen Tiguan TSI 2022 di bawah ini.

Kelebihan
  • Mesin kompak yang efisien dan bertenaga
  • Prestise mobil Eropa dengan harga yang kompetitif
  • Akomodasi mumpuni untuk sebuah SUV kompak
Kekurangan
  • Jaringan Aftersales belum tersebar di Indonesia
  • Hanya tersedia dalam satu varian

VW T-Cross merupakan SUV kedua yang ditawarkan Volkswagen di Indonesia setelah kesuksesan VW Tiguan yang dipasarkan sejak tahun 2008. T-Cross dibangun di atas platform modular MQB (Modularer Querbaukasten) yang dikembangkan oleh VW Group di tahun 2012.

Gambar VW T-Cross

VW T-Cross diluncurkan di Indonesia, Rabu (23/2)

“VW T-Cross adalah kombinasi sempurna antara kedinamisan, kekuatan, dan keleluasaan ruang yang mengombinasikan DNA inti Volkswagen, yaitu disain yang dinamis, keselamatan, dan kesenangan berkendara,” terang Ahmad Badawi, Head of Sales, PT Garuda Mataram Motor.

Mobil yang didatangkan secara CBU (Completely Built Up) dari India ini akan bersaing dengan Compact SUV lainnya sepert Honda HR-V dan Hyundai CRETA. Meski begitu, secara dimensi dan dapur pacu, T-Cross juga beririsan dengan Micro SUV seperti Kia Sonet.

Penasaran seperti apa impresi dari kami mengenai SUV Eropa paling terjangkau ini? Simak review lengkap VW T-Cross 2022 di bawah ini.

>>> VW T-Cross Meluncur, Compact SUV Premium dengan Harga 488 Juta

Mobil Baru Populer

Rp 279 - Rp 390 Juta
Rp 648 - Rp 685 Juta
Rp 294.7 - Rp 409.8 Juta
Rp 193 - Rp 296 Juta

Eksterior Volkswagen Tiguan TSI 2022

Review VW T-Cross 2022: Eksterior Depan

Bagian depan VW T-Cross tampil tegas dan berotot dengan menonjolkan garis desain yang khas dari Volkswagen. Grille depan mengusung aksen 3D dengan sentuhan chrome yang membuatnya tampil berkelas layaknya sebuah mobil Eropa.

Gambar VW T-Cross

Tampilan fascia depan VW T-Cross

Jika Anda familiar dengan mobil-mobil Volkswagen lainnya, Anda pasti sudah bisa mengenali desain lampu utamanya yang sederhana dan khas. Dengan teknologi LED dan Daytime Running Lights (DRL), lampu tersebut menjanjikan visibilitas yang baik selama berkendara.

Beralih ke bawah, Anda akan menemukan sepasang fog lamp besar yang mengapit air dam di bagian bumper. Menegaskan identitasnya sebagai sebuah SUV, VW menambahkan valance berwarna silver untuk memberi kesan tangguh.

>>> Komparasi VW Polo vs Toyota Yaris, Mana yang Lebih Worth to Buy?

Review VW T-Cross 2022: Eksterior Samping

Dari samping, Anda bisa melihat siluet Tiguan yang dikemas menjadi lebih kompak. Satu hal yang kami suka adalah penggunaan material plastik berwarna hitam pada bagian bawah pintu serta overfender yang membuat ground clearance mobil terlihat sedikit lebih tinggi. Sebagai informasi, T-Cross memiliki ground clearance 188 mm.

Gambar VW T-Cross

Tampak samping VW T-Cross

Tak ketinggalan, penggunaan velg two-warna berukuran 17 inci dengan desain yang kokoh turut mempertegas kehadirannya di jalan. Secara umum tampilan mobil ini dari samping tetap terlihat menawan dan anggun tanpa meninggalkan kesan kokoh khas SUV.

Review VW T-Cross: Eksterior Belakang

VW T-Cross memiliki tampilan bagian belakang yang khas di segmennya. Dengan lampu kombinasi belakang berteknologi LED berbentuk huruf  C, mobil ini terlihat unik dibanding rival-rival sekelasnya.

Gambar VW T-Cross

Buritan VW T-Cross

Bagian bumper dihiasi aksen chrome dan valance berwarna silver yang membuat buritan mobil tampak tangguh dan berkelas. Yang jelas tampilan mobil ini enggak bakal bikin Anda minder ketika diajak meet up kolega bisnis Anda maupun teman tongkrongan sepermainan.


Interior Volkswagen Tiguan TSI 2022

Review VW T-Cross 2022: Dashboard dan Cockpit

Secara desain maupun tata letak, dashboard dan cockpit VW T-Cross terlihat mirip dengan Tiguan. Perbedaan yang bisa kami temukan adalah tombol pengaturan AC serta beberapa elemen desain di bagian dashboard maupun setir.

Gambar Interior VW T-Cross

Tampilan dashboard dan cockpit VW T-Cross

Uniknya, T-Cross yang dibanderol lebih terjangkau dari Tiguan justru sudah dibekali dengan Electric Sunroof yang memberikan nuansa roomy di dalam kabin. Soal impresi di dalam cockpit, pengemudi T-Cross akan mengapresiasi visibilitas superior karena posisi duduk yang lebih tinggi sebagaimana seharusnya sebuah SUV.

Visibilitas ke seluruh arah yang baik juga menimbulkan rasa aman dan percaya diri bagi pengemudi maupun penumpang T-Cross. Beberapa sentuhan modern pada interior T-Cross yang absen pada Tiguan disuguhkan melalui panel instrumen digital berlayar 8 inci, pengaturan AC digital, serta fitur infotainment dengan layar sentuh 10 inci yang dilengkapi dengan Apple Carplay™ dan Android Auto™.

Review VW T-Cross 2022: Kursi

Dengan wheelbase mencapai 2.651 mm, VW T-Cross menjanjikan interior yang lapang dan leluasa. Duduk di bangku baris kedua dengan lantai yang rata menyuguhkan posisi duduk nyaman dan lapang bagi penumpang di tengah.

Gambar Kursi VW T-Cross

Bangku depan VW T-Cross sudah dibekali dengan ventilated seat

Di bangku baris pertama, pengemudi dan penumpang depan dapat merasakan kenyamanan ekstra dengan fitur ventilated seat yang membuat punggung terasa sejuk. Tak kalah menarik, Volkswagen menggunakan material kulit dengan nuansa two-tone sebagai pembungkus jok yang membuat Compact SUV ini terasa premium.

Fitur Volkswagen Tiguan TSI 2022

Review VW T-Cross 2022: Fitur Infotainment

Gambar Head Unit VW T-Cross

Head unit VW T-Cross memiliki dimensi 10 inci

VW T-Cross dibekali dengan head unit touchscreen berukuran 10 inci yang dilengkapi fitur konektivitas terkini seperti Bluetooth, Apple Car Play, dan Android Auto. Berbagai fitur infotainment juga dapat Anda akses melalui tombol multifungsi yang berada di bagian roda kemudi.

Review VW T-Cross 2022: Fitur Keselamatan

VW T-Cross hadir dengan berbagai fitur keselamatan terdepan, termasuk 6 airbag, ESC, tiga sandaran kepala lengkap di baris belakang, sabuk pengaman 3 titik untuk kelima penumpang (semua mendapatkan tingkat keamanan yang sama), ISOFIX, dan sandaran kepala yang dapat disesuaikan untuk semua kursi.

T-Cross menawarkan sistem perlindungan pengemudi dan penumpang terbaik, termasuk sensor jarak parkir belakang, hill-hold control dan sistem peringatan tekanan ban.

Operasi Volkswagen Tiguan TSI 2022

VW T-Cross ditawarkan dalam 1 varian mesin, yaitu unit 1.0L TSI dengan transmisi otomatis 6-percepatan. Mesin kompak tersebut dapat dengan mudah menghasilkan tenaga maksimal hingga 115 PS pada 5.000 hingga 5.500 rpm, serta torsi puncak yang mencapai 178 Nm pada putaran mesin 1.750 - 4.500 rpm.

Gambar Mesin T-Cross

Mesin 1.0L TSI VW T-Cross memiliki torsi yang impresif untuk ukurannya

Hasil pengujian VW, mobil ini diklaim mampu mencapai konsumsi bahan bakar hingga 16,44 km/liter. Tapi tetap saja itu baru sebatas klaim, kami harus uji coba secara langsung mobil ini di jalan.

Spesifikasi Volkswagen Tiguan TSI 2022

Dimensi VW T-Cross 2022
Panjang x Lebar x Tinggi 4.221 mm x 1.760 mm x 1.612 mm
Jarak Sumbu Roda 2.651 mm
Jarak Terendah ke Tanah 188 mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 50 Liter
Kapasitas Bagasi 385 Liter (1.405 Liter saat bangku belakang terlipat)
Rangkaian Tenaga VW T-Cross 2022
Mesin 1.0 L TSI 3-silinder
Kapasitas Mesin 999 cc
Bore x Stroke 74,5 mm x 76,4 mm
Tenaga Maksimum 115 PS (113 HP) @ 5.000 - 5.500 rpm
Torsi Maksimum 178 Nm @ 1.750 - 4.500 rpm
Transmisi Otomatis 6-percepatan
Sistem Penggerak Roda Depan (FWD)
Kaki-kaki VW T-Cross 2022
Sistem Kemudi Rack and Pinion with Electronic Power Steering
Suspensi Depan & Belakang Depan: McPherson Strut
Belakang: Twist Beam Axle
Rem Depan & Belakang Depan: Disc Brake
Belakang: Drum Brake
Velg Alloy, 17 Inci
Ukuran Ban 205/55

Daftar Harga Volkswagen Tiguan TSI 2022

Volkswagen T-Cross ini sudah tersedia di dealer VW di Tanah Air dan ditawarkan dengan harga Rp 488 juta (on-the-road Jakarta). Tersedia dalam enam pilihan warna yang atraktif, seperti: Wild Cherry Red, Curcuma Yellow, Candy White, Reflex Silver, Carbon Steel Grey serta Rising Blue.

Kesimpulan Volkswagen Tiguan TSI 2022

VW T-Cross 2022 cocok bagi Anda yang menginginkan Compact SUV dengan prestise serta rasa berkendara khas mobil Eropa. Dimensi yang kecil dipadu mesin kompak bertenaga, SUV ini bisa jadi partner yang tepat untuk mobilitas sehari-hari di perkotaan.

Gambar VW T-Cross

Compact SUV premium ini cocok untuk Anda yang membutuhkan kepraktisan berkendara sehari-hari

Dengan harga Rp 488 juta, T-Cross merupakan salah satu SUV Eropa paling terjangkau yang membuatnya sangat menarik. Terlihat sekali bahwa PT GMM ingin 'menggebuk' banyak pesaingnya di kelas ini maupun di kelas lainnya.

>>> Simak review-review mobil lain yang tak kalah menarik dari Cintamobil.com

Taufan Rizaldy Putra
Share this post:
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com. Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Rumah Mobil Mgl

Jawa Tengah

Yo Mobil Magelang

Jawa Tengah

BLESS AUTO

Jawa Barat

back to top