Review Toyota Hilux Revo 2020: Sentuhan Serius dari Negeri Gajah Putih

10/06/2020

Share this post:

Toyota Hilux 2020

Editor rate:

Rp554.000.000

Harga Toyota Hilux Terbaru Lihat promo

Sebagai negeri 1000 dual cabin, Thailand secara serius menggarap ubahan dari Toyota Hilux 2020, mari simak hingga tuntas review Toyota Hilux Revo 2020 ini.

Review Toyota Hilux Revo 2020: Sentuhan Serius dari Negeri Gajah Putih
Review Toyota Hilux Revo 2020: Sentuhan Serius dari Negeri Gajah Putih
0 Gambar

Pengantar Toyota Hilux 2020

Mari kita simak spesifikasi Toyota Hilux 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Tampilan lebih segar

Fitur bertambah

Terdapat banyak varian

Kekurangan

Tidak secanggih rival utamanya

Varian bermesin 2.800 cc belum tentu masuk Indonesia

Harga mahal

Gambar menunjukkan Toyota Hilux Revo Single Cabin B-Cab 2020

Hilux mendapat sentuhan lebih serius dari Fortuner oleh Toyota Motor Thailand

Review Toyota Hilux Revo 2020 - Sebagai negara yang dikenal sebagai Negeri 1000 dual cabin (karena mobil dual cabin sangat banyak di Thailand), tak heran divisi Toyota di negeri Gajah Putih ini lebih fokus mengembangkan Toyota Hilux Revo andalan mereka bila dibandingkan dengan Toyota Fortuner. Hal ini seakan kontras dengan yang terjadi di Tanah Air, Hilux berjuluk Revo ini mendapat banyak sekali ubahan yang signifikan dan langkah facelift ini diproyeksikan mampu menggoda konsumen di sana.

Gambar menunjukkan Toyota Hilux Revo Z Edition 2020

Toyota Hilux Z Edition kemungkinan menjelma menjadi Hilux tipe E dan G di Tanah Air

Mulai dari model Toyota Hilux yang ada empat varian, paling murah Toyota Hilux Revo Standard Cab atau disebut juga B-Cab, lalu ada Hilux Revo Z Edition yang digemari pebisnis, disusul Hilux Revo Prerunner, dan terakhir Hilux Revo Rocco sebagai model termahal. Masing-masing model ini dibedakan dari aksesoris, desain eksterior, dan ukuran kabinnya. Untuk Hilux B-Cab mirip dengan Toyota Hilux pick up yang ada di Indonesia, sementara Hilux Z Edition ke atas pakai model dual cabin dan ada juga yang extra cabin.

Gambar menunjukkan Toyota Hilux Revo Prerunner 2020

Hilux Prerunner akan menjelma menjadi Hilux tipe V ketika masuk Indonesia

Keempat model dari Toyota Hilux Revo facelift ini mengadopsi bahasa desain ‘Toughness for Everyone’. Ubahan dilakukan pada eksterior seperti headlamp, bumper depan, bumper belakang, velg, stoplamp, hingga lekuk-lekuk kap mesin yang menunjukkan mobil makin berotot. Yang menarik dari Hilux Revo adalah kini tersedia Fleet Telematics Service untuk varian B-Cab, fitur ini dapat mempermudah manajemen transportasi pengusaha dan dapat terkoneksi dengan T-Connect.

Gambar menunjukkan Toyota Hilux Revo Rocco 2020

Karena Hilux Revo Rocco kemungkinan kecil masuk Indonesia, kami fokus ke Prerunner

Namun kini kami dari tim Cintamobil.com akan lebih fokus ke Toyota Hilux Revo model Prerunner varian bermesin 2.4L diesel. Alasannya adalah kemungkinan besar model ini yang akan masuk Indonesia. Seperti halnya Toyota Hilux model sebelum facelift yang masuk Indonesia tahun 2015 dan facelift ringan tahun 2018 dan nama Hilux Revo Prerunner diganti menjadi Hilux tipe V. So, seperti apa ulasan kami mengenai Toyota Hilux Revo 2020 ini? Ikuti review Toyota Hilux Revo 2020 hingga tuntas...

Eksterior Toyota Hilux 2020

Review Toyota Hilux Revo 2020: Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan Toyota Hilux Revo Prerunner 2020

Bahasa desain Toughness For Everyone begitu kental di bagian depan

Tampilan eksterior depan Toyota Hilux Revo 2020 ini tampil makin gagah berkat penerapan headlamp, bumper depan, dan grille baru yang punya efek 3 dimensi. Lampu depan ini sudah mengadopsi bohlam jenis LED (Light Emitting Diode) yang punya respon cepat, hemat daya, dan tentunya lebih terang dibandingkan bohlam jenis halogen. Lekuk-lekuk kap mesin juga dibuat lebih berotot dan seakan menyiratkan karakter bahasa desain toughness for everyone yang makin kuat.

Review Toyota Hilux Revo 2020: Tampilan Samping & Belakang

Gambar menunjukkan tampilan depan dan belakang Toyota Hilux Revo Prerunner 2020

Stoplamp sedikit mendapat revisi

Lanjut ke bagian samping dan belakang Toyota Hilux Revo 2020 ini, pada bagian sampingnya tidak terlalu banyak perbedaan bila dibandingkan dengan Hilux sebelum facelift. Yang membedakan hanya desain pelek 18 inci-nya yang pada Hilux Revo ini tampil makin kokoh dengan kelir two tone dan motif baru. Pada bagian buritannya juga demikian, desain pintu bak tak ubahnya dengan versi sebelum facelift. Hanya saja kini rear combination lamp baru dengan mika bening plus bohlam LEDnya membuat tampilannya kian sporty.

>>> Komparasi Mitsubishi New Triton HDX S-Cab 4WD M/T 2019 vs Toyota Hilux Single Cabin Diesel 4x4 2019


Interior Toyota Hilux 2020

Review Toyota Hilux Revo 2020: Layout Dashboard

Gambar menunjukkan layout dashboard Toyota Hilux Revo Prerunner 2020

Layout dashboard masih sama dengan Hilux pre-facelift

Masuk ke bagian interior Toyota Hilux Revo 2020 ini, Anda akan disajikan dengan layout dashboard yang sebenarnya masih sama dengan Hilux sebelum facelift. Tetap terdapat pendingin di laci depan dan juga desain tata letak tombol di dashboardnya masih baik dan mudah dijangkau oleh tangan. O ya, untuk layout dashboard mewah seperti foto di atas hanya ada di Hilux varian Prerunner dan Rocco ke atas ya.

Review Toyota Hilux Revo 2020: Kursi

Gambar menunjukkan kursi Toyota Hilux Revo Prorunner 2020

Semua kursi sudah dilengkapi sabuk pengaman 3 titik

Duduk di kursi pengemudi Toyota Hilux bisa dikatakan nyaman, karena selain sudah berlapis kulit juga terdapat pengaturan elektrik delapan arah yang dapat disesuaikan dengan tombol pada bagian kanan bawahnya. Sayangnya, pengaturan elektrik itu hanya di kursi pengemudi saja, untunglah semua kursi sudah dilengkapi dengan headrest yang dapat diatur ketinggiannya dan terdapat cantolan ISOFIX di kursi belakang.

Review Toyota Hilux Revo 2020: Setir

Gambar menunjukkan setir Toyota Hilux Revo Prerunner 2020

Setir sudah bisa diatur tilt and telescopic

Lingkar kemudi dari Toyota Hilux Revo 2020 ini dapat disesuaikan sesuai postur tubuh pengemudi karena sudah mengadopsi pengaturan tilt and telescopic. Selain itu, setir ini juga nyaman digenggam karena dilapisi kulit serta lingkar diameternya pas. Tak hanya itu saja, beragam tombol multifungsi juga hadir di setir ini. Pada spoke bagian kanan untuk mengatur Multi Information Display (MID), sementara di palang kiri untuk mengatur audio.

>>> Pikap Andalan, Berikut Tips Lengkap Beli Toyota Hilux Bekas

Fitur Toyota Hilux 2020

Review Toyota Hilux Revo 2020: Kapasitas Bak

Gambar menunjukkan kapasitas bak Toyota Hilux Revo Prerunner 2020

Sayang Hilux belum ada opsi bed liner sebagai standar

Karena dilahirkan sebagai mobil pekerja yang tangguh sekaligus mewah, maka kami juga akan membahas kapasitas bak dari Toyota Hilux Revo 2020 ini. Ukuran bak dari Toyota Hilux Revo 2020 memiliki panjang 1.555 mm, lebar 1.540 mm dan tinggi 480 mm. Sayangnya, meski kapasitas baknya mumpuni, namun Toyota belum melengkapi bed liner sebagai standar di Toyota Hilux Prerunner ini. Hanya Hilux varian Rocco yang sudah dilengkapi peranti itu.

Review Toyota Hilux Revo 2020: AC Climate Control

Gambar menunjukkan pengaturan AC Climate Control Toyota Hilux Revo Prerunner 2020

Pengaturan AC sudah climate control

Mengatur AC menjadi semakin mudah berkat adanya fitur pengaturan AC Climate Control seperti di Toyota Hilux Revo 2020 ini. Pada pengaturan AC ini juga, Anda dapat mengatur defroster untuk kaca depan serta defogger buat kaca belakang. Meskipun pengaturan AC-nya sendiri masih single zone, tetapi opsi semburannya cukup lengkap, bisa ke kaki, badan atau keduanya. Untuk dikelasnya ini sudah cukup.

Review Toyota Hilux Revo 2020: Multi Information Display

Gambar menunjukkan Multi Information Display Toyota Hilux Revo Prerunner 2020

Informasi di layar MID cukup lengkap

Toyota Hilux Revo ini dilengkapi dengan layar Multi Information Display (MID) yang cukup lengkap. Mulai dari informasi tentang konsumsi bbm rata-rata, kalkulator ‘digital’ yang dapat menghitung penghematan BBM, konsumsi bbm real time, sisa jarak tempuh yang dapat dilalui berdasarkan kalkulasi jumlah BBM di dalam tangki, indikator suhu, trip A dan B, serta odometer. Terlebih panel meter Toyota Hilux Revo 2020 ini juga baru.

Review Toyota Hilux Revo 2020: In-Car Entertaiment System

Gambar menunjukkan In-Car Entertaiment System Toyota Hilux Revo Prerunner 2020

Head unit mampu terkoneksi dengan Apple CarPlay

Meski terlahir sebagai mobil barang, namun sektor audio tidak serta-merta diabaikan oleh Toyota Motor Thailand. Sebab, mulai Toyota Hilux Revo varian Z edition, sudah dilengkapi dengan koneksi Apple CarPlay yang memudahkan konektivitas. Selain head unit yang diusung sudah layar sentuh dengan bentang layar 8 inch, yang paling menarik dari Hilux Revo ini juga dapat terkoneksi dengan layanan Toyota T-Connect.

Review Toyota Hilux Revo 2020: Kompartemen Penyimpanan

Gambar menunjukkan kompartemen penyimpanan Toyota Hilux Revo Prerunner 2020

Sebagai kendaraan dual cabin kepraktisan Hilux cukup baik

Toyota Hilux Revo 2020 ini juga cukup banyak kompartemen penyimpanannya, mulai dari cup holder yang ada 8 buah, tersedia 4 slot tempat penyimpanan terbuka di masing-masing pintu, ada satu laci tertutup, terdapat tempat penyimpanan kacamata di dekat spion tengah dan ada saku penyimpanan di belakang kursi penumpang depan dan kursi pengemudi. Untuk sekelas mobil dual cabin kepraktisan Hilux Revo ini cukup baik.

Operasi Toyota Hilux 2020

Toyota Hilux Revo 2020 versi Prerunner ini menggunakan mesin diesel 4-silinder 2.4L berkode 2GD-FTV. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 150 ps atau sekitar 148,5 hp pada 3.400 rpm, serta torsi 400 Nm yang sudah dapat dihasilkan sejak 1.600 hingga 2.000 rpm. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan keempat roda melalui transmisi otomatis 6-percepatan. Berdasarkan pengalaman kami mengetes Hilux bermesin ini, konsumsi BBM tol dapat mencapai 11,5 km/l sedangkan di tol dapat melaju sehemat 15,1 km/l. Ketika diajak berlari, 0-100 km/jam Hilux dapat tuntas dalam 13,1 detik.

Gambar menunjukkan perbandingan mesin 1GD dan 2GD

Meski kapasitas mesin lebih kecil 400 cc namun performa mesin 2GD-FTV tetap mumpuni

Yang menarik Toyota Hilux Revo 2020 ini sistem kemudinya dilengkapi dengan VFC (Variable Flow Control). VFC adalah suatu alat pendeteksian speed (kecepatan) pada kendaraan. Cara kerja sederhananya adalah menyesuaikan diri dengan kecepatan kendaraan. Saat kecepatan mobil rendah, power steering membuat putaran setir lebih enteng untuk membantu kelincahan dan kemudahan saat parkir. Sebaliknya, ketika kecepatan tinggi, power steering membuat putaran kemudi lebih berat agar lebih aman dalam pengendalian.

Gambar menunjukkan tuas transmisi Toyota Hilux Revo Prerunner 2020

Transmisi 6-percepatan lansiran Aisin Warner tetap dipertahankan

Nah, VFC ini membuat sinyal khusus berkaitan dengan ke`cepatan kendaraan. Alhasil VFC dapat digunakan untuk membuat aliran membuka dan menutup untuk minyak power steering (Toyota Hilux dan Toyota Fortuner masih mengandalkan power steering model hidrolik). Saat kecepatan rendah, katup/valve-nya dibuka lebih besar, dan begitu pula sebaliknya. Tentunya besar aliran juga ditentukan oleh berapa besar derajat kita putar steering wheel-nya.

Spesifikasi Toyota Hilux 2020

Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Hilux Revo 2020:

Mesin Toyota Hilux Revo 2020

 Seri mesin

 2GD-FTV, 4 cyl, DOHC, VN Turbo Intercooler

 Sistem Pasokan Bahan Bakar

 Common Rail Direct Injection

 Jumlah Katup

 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet Per Silinder)
 Tenaga Maksimum

 148,5 Hp (150 Ps) @ 3.400 rpm

 Torsi Maksimum

 400 Nm @ 1.600 - 2.000 rpm

 Kapasitas Silinder

 2.393 cc

 Bore X Stroke

 92.0 mm x 90.0 mm

 Tipe Transmisi

 Otomatis 6-percepatan, Penggerak 4 Roda (4WD)

  Rangka Toyota Hilux Revo 2020

 Panjang X Lebar X Tinggi

 5.325 mm x 1.855 mm x 1.815 mm

 Jarak Sumbu Roda

 3.085 mm

 Kapasitas Bak (P X L X T)

 1.555 mm x 1.540 mm x 480 mm

 Ground Clearance

 217 mm

 Jumlah Tempat Duduk

 5-Seats

 Kapasitas Tangki

 80 Liter

  Suspensi/Kaki-Kaki Toyota Hilux Revo 2020

Suspensi Depan & Belakang

 Depan: Double Wishbone with Stabilizer

 Belakang: Rigid Type

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion Hydraulic with Variable Flow Control (VFC)

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc & Drum

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA

Teknologi Safety Sasis

 G.O.A Body by Toyota

Struktur Sasis

 Ladder Frame, IMV Pick-Up / D-Cab Segment

Pelek

 Alloy, 18 Inch

Jenis Ban

 Radial, 265/60R18

Daftar Harga Toyota Hilux 2020

Gambar menunjukkan ilustrasi harga Toyota Hiliux Revo Prerunner 2020

Semoga Hilux terbaru ini tetap dijual dengan harga kompetitif oleh PT TAM

Toyota Hilux Revo 2020 ini belum dijual di Indonesia, diprediksi PT Toyota Astra Motor (TAM) tak lama lagi akan menjual Hilux ini ke Tanah Air. Sebagai informasi, di Thailand sama Toyota Hilux Revo 2020 ini dijual dengan harga Rp 258 jutaan untuk tipe terendah, dan Rp 554 jutaan untuk tipe tertinggi.

>>> Dapatkan informasi terlengkap tentang harga dan promo mobil Toyota Hilux di sini

Kesimpulan Toyota Hilux 2020

Gambar menunjukkan ilustrasi kesimpulan review Toyota Hilux Revo 2020

Semoga Hilux segera masuk Tanah Air

Jika Anda mencari kendaraan double cabin dengan ketangguhan tiada dua, maka Toyota Hilux Revo 2020 ini adalah mobil yang pas untuk Anda. Apalagi, ia sudah mendapat sentuhan serius dari Toyota Motor Thailand. Kami harap PT TAM turut serta membawa Hilux Revo versi Rocco-nya yang lebih bertenaga. Kita tunggu saja kapan PT TAM meluncurkan model ini ke Tanah Air.

>>> Simaklah review mobil lainnya di sini

Arfian Alamsyah
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Dwi Jaya Mobil

DIY Yogyakarta

POWER AUTO

Banten

MOCIL DIPO

DKI Jakarta

Review lain

Review Toyota Hilux Gazoo Racing Dakar Rally 2019

29/01/2019

Editor rate:

Toyota Hilux Gazoo Racing Dakar Rally 2019 sanggup merebut gelar juara umum reli dakar kelas mobil di tahun 2019. Hal membuat kami dari Cintamobil.com penasaran ingin mengulas lebih dalam mengenai mobil ini. Apakah kemenangan tim Gazo Racing Toyota South Africa ini faktor luck, driver jago atau kehandalan mobil? mari kita lihat lebih dekat ulasan Toyota Hilux Dakar Rally 2019 ini.

Lihat juga

Review Toyota Hilux Black Rally Edition 2019

23/01/2019

Editor rate:

Setelah beberapa waktu lalu kami mengulas mengenai Toyota Hilux Invincible 50 2018, kini saatnya kami mengulas Toyota Hilux Black Rally Edition 2019. Edisi spesial apa lagi ini?

Lihat juga

Review Toyota Hilux D Cab 2017, D-Cab Nan Jinak

24/05/2018

Editor rate:

Pasti banyak orang yang enggak percaya, Toyota Hilux 2.4 V A/T 2017 adalah mobil yang mudah untuk ditaklukkan. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan lebih lengkap dalam review Toyota Hilux D Cab 2017.

Lihat juga

Preview Toyota Hilux Revo Rocco 2019

Rp. 413.970.000

16/09/2018

Editor rate:

Toyota Hilux Revo Rocco adalah penerus dari produk legendaris Toyota yang sering kita kenal sebagai Hilux. Model satu ini adalah versi Facelift dari generasi kedelapannya yang diperkenalkan di Thailand Motor Expo 2017. Meski Toyota Hilux Revo Rocco belum dihadirkan di Indonesia, namun kami cukup tertarik untuk membahas jagoan satu ini. Kira-kira apa saja keunggulannya? Apakah produk ini patut untuk kita tunggu? Mari simak preview Toyota Hilux Revo Rocco 2019.

Lihat juga

Review Toyota Hilux Single Cabin 2017

18/07/2018

Editor rate:

Commercial Pick Up menjadi salah satu yang menarik saat ini, Anda dapat memilih varian sesuai kebutuhan. Seperti Toyota Hilux, pick up ini bisa menjadi kendaraan untuk bisnis atau komersil namun di sisi lain juga dapat di gunakan untuk kendaraan sehari hari, tentu dengan varian double cabinnya. Toyota Hilux generasi terbaru diperkenalkan pada 2 Oktober 2017, salah satu kehebatannya adalah body structure dan suspensi terbaru.

Lihat juga