Review Toyota Fortuner 2017 Indonesia

08/03/2018
editor rate: 4,3 user rate: 4,0
Setelah sukses dengan All New Toyota Fortuner, kali ini di tahun 2017 tepatnya di ajang GIIAS 2017 kemarin Toyota memperkenalkan Toyota Fortuner 2017 atau yang disebut dengan All New Toyota Fortuner TRD Sportivo. Mobil ini mendapat beberapa tambahan yang tidak ada pada model sebelumnya. Apa saja yang ditawarkan oleh mobil SUV ini? Selengkapnya bisa dibaca ulasan tentang Toyota Fortuner 2017 Indonesia dibawah ini.

PENGANTAR Toyota Fortuner 2017

Review Toyota Fortuner 2017 Indonesia - Pada bulan Agustus 2017 silam melalui ajang GIIAS 2017, PT Toyota Astra Motor selaku pemegang merek Toyota meluncurkan mobil ini. Mobil ini mendapat penambahan fitur yang tidak ada pada mobil Toyota Fortuner model sebelumnya dan diproduksi dengan unit yang terbatas sehingga harganya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan model sebelumnya. Selain itu mobil ini dikembangkan oleh orang Indonesia sendiri dengan sumber daya lokal  sehingga kerja keras mereka patut diapresiasi. Apa saja kelebihan mobil yang disebut sebagai All New Toyota Fortuner ini? Ulasan lengkap tentang Toyota Fortuner 2017 Indonesia oleh cintamobil.com bisa dibaca di bawah ini.

EKSTERIOR Toyota Fortuner 2017

Eksterior Toyota Fortuner 2017 mengusung basis yang sama dengan model lamanya. Namun terdapat beberapa penambahan pada bagian luar mobil ini sehingga mobil ini memiliki kesan yang semakin tangguh dan terlihat lebih sangar.

Gambar mobil Toyota Fortuner 2017 berwarna putih dilihat dari sisi depan

Bagian depan terlihat gagah 

  • Desain bagian depan

Bagian depan Toyota Fortuner 2017 Indonesia terlihat lebih gagah berkat lekuk bodi yang tegas serta memiliki TRD Grille dan Lower Grille berwarna hitam yang memberikan kesan sporty. Di bagian Front Bumper Spoiler menggunakan kombinasi two tone color dan Foglamp Cover berwarna hitam yang akan memberikan kesan sporty dan tangguh. Tidak lupa ada logo TRD yang terpasang pada plat hitam yang berada diantara grille dan selebihnya lampu yang digunakan masih sama dengan model sebelumnya.

Gambar mobil Toyota Fortuner 2017 berwarna putih dilihat dari sisi samping sedang parkir di depan gedung yang tinggi

Bagian samping tidak ada perubahan yang signifikan

  • Desain bagian samping

Bagian samping Toyota Fortuner 2017 Indonesia ini masih sama dengan model sebelumnya, namun terdapat stiker TRD Sportivo di sekitaran pintu mobil dan pelek khusus dengan desain sporty TRD Sportivo yang semakin memberikan kesan sporty dan tangguh pada mobil ini.

Gambar bagian belakang mobil Toyota Fortuner 2017 berwarna putih

Bagian belakang terdapat emble TRD Sportivo

  • Desain bagian belakang

Bagian belakang mobil ini juga sama dengan model sebelumnya. Namun terdapat emblem TRD Sportivo dan rear bumper beraksen krom yang semakin menambah kesan elegan dan sporty pada bagian belakang mobil ini.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Toyota Fortuner 2017

Lanjut ke bagian interior Toyota Fortuner 2017. Tidak ada perubahan secara total di bagian interior mobil ini, namun ditambahkan beberapa fitur yang menunjang kenyamanan ketika berkendara dengan mobil ini.

Gambar bagian dashboard mobil Toyota Fortuner 2017

Bagian dashboard dengan desain asimestris

  • Dashboard dan setir

Layaknya model sebelumnya, bagian dashboard Toyota Fortuner 2017 Indonesia memiliki desain asimetris mirip seperti Kijang Innova yang sejatinya masih menggunakan bahan plastik, namun dilapis material soft touch yang dibungkus kulit sehingga terlihat lebih modern. Di bagian tengah dashboard ini disematkan dengan AC Control dan layar sentuh berukuran 8 inci yang memiliki beberapa fitur seperti fitur multimedia, Toyota Move, Navigation, dan Mirror Cast. Mobil ini mendapat penambahan fitur seperti Smart Cruise Control yang sangat berguna ketika berada di jalan sepi atau jalan panjang seperti jalan tol. Bagian setir mobil ini menggunakan aksen kayu yang dilapisi dengan kulit dan terdapat beberapa tombol yang akan membuat bagian setir ini terlihat lebih mewah dan fungsional. 

Gambar bagian kursi mobil Toyota Fortuner 2017

Kursi memakai bahan kulit berwarnuntuk seluruh joka merah

  • Kursi

Bagian kursi Toyota Fortuner 2017 Indonesia memiliki seluruh jok yang sudah berbahan kulit diberikan warna merah. Jok mobil terasa lebih empuk sehingga memberikan kenyamanan bagi penumpang. Khusus untuk Fortuner TRD Sportivo dengan tipe SRZ memiliki jok bermaterialkan leather seat yang mewah dan memiliki fitur electric seat yang mampu mengatur posisi kursi dengan mudah.

Gambar ruang bagasi mobil Toyota Fortuner 2017

Fortuner memiliki ruang bagasi yang cukup luas

  • Bagasi

Bagian bagasi belakang memiliki ruang yang cukup luas untuk menampung beberapa barang. Terlebih jika kursi bagian belakang tidak dipakai dan dilipat ke samping maka ruang bagasi belakang menjadi jauh lebih luas.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

FITUR Toyota Fortuner 2017

Gambar fitur airbags di mobil Toyota Fortuner 2017

Fitur triple SRS airbag

Fitur keselamatan pada mobil ini berupa fitur Triple SRS airbag dan juga ISOFIX atau jok tempat bayi. Bagian pengeremannya sudah menggunakan rem cakram di bagian ban depan dan belakang serta dilengkapi dengan fitur ABS, EBD dan BA. Selain itu ada fitur Emergency Brake Signal, A-TRC/ Active Traction Control, Hill Start Assist dan fitur terbaru yakni Downhill Assist Control yang akan mengatur tekanan rem ketika berada di jalan yang curam agar mobil tidak terbalik. Untuk fitur keamanannya terdapat fitur rear parking camera dan all around sensor, serta antena berbentuk sirip hiu yang akan memberitahukan posisi barang yang berada di dekat mobil pengemudi dan memudahkan pengemudi untuk parkir atau mundur.

>>> Klik sini untuk simak tulisan review mobil Toyota lainnya

OPERASI Toyota Fortuner 2017

Gambar bagian mesin mobil Toyota Fortuner 2017

Mesin mobil Toyota Fortuner 2017

Sama seperti dengan model sebelumnya, mesin Toyota Fortuner 2017 memiliki dua tipe mesin. Pertama, mesin diesel 2.4L VNT berkapasitas 2.393 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 149,6 Ps pada putaran 3.400 rpm dan torsi puncak 40,81 Kgm pada putaran 1.600-2.000 rpm. Kedua, mesin bensin 2.7L Dual VVTi berkapasitas 2.694 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 163 Ps pada putaran 3.400 rpm dan torsi puncak sebesar 24,7 Kgm pada putaran 4.000 rpm. Mesin diesel mobil ini disematkan suplai bahan bakar Common Rail Type, sementara untuk mesin bensinnya sudah menggunakan sistem suplai bahan bakar Fuel Injection. Untuk mesin dieselnya berkode GD sudah dijejali dengan teknologi yang mampu menghasilkan tenaga optimal namun tetap irit bahan bakar. Untuk mesin bensin berkode 4TR memiliki akselerasi yang responsif dengan peningkatan tenaga dan juga irit bahan bakar. Baik tipe manual atau otomatis, spesifikasi Toyota Fortuner generasi baru ini akan digerakkan oleh transmisi otomatis 6-percepatan.

>>> Cari tahu tentang spesifikasi mobil-mobil lainnya di sini

spesifikasi Toyota Fortuner 2017

Spesifikasi Toyota Fortuner 2017 bisa dilihat di tabel berikut.

Tipe

2.4 VRZ A/T

2.7 SRZ A/T

Mesin

Tipe Mesin

Diesel 2.4L VNT

Gasoline 2.7L Dual VVTi

Isi Silinder

2.393cc

2.694cc

Diameter x Langkah

92 x 90mm

95 x 95mm

Daya Maksimum

149,6 Ps/3.400 rpm

163 Ps/3.400 rpm

Torsi Maksimum

40,8 Kgm/1.600-2.000 rpm

24,7 Kgm/4.000 rpm

Sistem Pemasukan Bahan Bakar

Common Rail Type

Sistem Injeksi Bahan Bakar Elektronik / Electronic Fuel Injection

Bahan Bakar

Diesel

Bensin Tanpa Timbal

Kapasitas Tangki

80L

Sasis

Transmisi

Otomatis 6 Tingkat Kecepatan / 6 Speed Automatic

Otomatis 6 Tingkat Kecepatan / 6 Speed Automatic

Suspensi Depan

Double Wishbone dengan Koil Spring & Stabilizer / Double Wishbone with Coil Spring & Stabilizer

Suspensi Belakang

4-Link dengan Lateral Rod / 4-Link with Lateral Rod

Rem Depan

15” Ventilated Disc Brake

Rem Belakang

15” Ventilated Disc Brake

Sistem Rem Tambahan

ABS + EBD + BA

Ukuran Ban

265/65 R17

265/60 R18

Dimensi

P x L x T

4.795 x 1.855 x 1.835mm

Jarak Poros Roda

2.745mm

Jarak Pijak

1.545mm

kelebihan & kekurangan Toyota Fortuner 2017

Kelebihan dan kekurangan mobil Toyota Fortuner 2017 bisa dilihat di tabel berikut.

Kelebihan

Kekurangan

Berkendara lebih nyaman

Tidak memiliki panoramic roof

Bagasi cukup lega walaupun semua kursi terisi penuh

Tidak semua tipe memiliki fitur-fitur tambahan

Hemat bahan bakar

Ruang kabin agak mengecil

Mampu menampung hingga 7 orang

 

daftar harga Toyota Fortuner 2017

Harga mobil Toyota Fortuner 2017 disesuaikan dengan fitur-fitur yang dimiliki di tiap tipenya. Untuk harganya bisa dilihat di tabel bawah ini.

Tipe

Harga

Toyota Fortuner 2.4 VRZ A/T

Rp. 527.900.000

Toyota Fortuner 2.7 SRZ A/T

Rp. 553.300.000

*Catatan: harga bisa berubah sewaktu-waktu

Video Toyota Fortuner 2017

Sebagai penutup ulasan mobil ini silahkan melihat video Toyota Fortuner 2017 di bawah ini.

KESIMPULAN Toyota Fortuner 2017

Mobil terbaru Toyota Fortuner 2017 Indonesia ini memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada pada model sebelumnya, sehingga mobil ini juga diharapkan mampu menarik perhatian para pecinta mobil SUV yang ingin memiliki fitur mesin yang mumpuni dan desain yang tangguh di kelasnya. Selain itu sistem keamanan dan keselamatan pada mobil ini juga mengalami peningkatan sehingga membuat pengemudi dan penumpang merasa nyaman dan aman ketika berada di dalam mobil ini.

Handy Goeyana
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil