Review Toyota C-HR 2018, Mendobrak Batas Konsep Crossover Tradisional

03/05/2018
editor rate: 4,0 user rate: 4,5
Dengan harga nyaris setengah miliar, banyak orang menganggap Toyota C-HR 2018 dihargai kemahalan. Benarkah begitu? Baca selengkapnya sebelum memvonisnya kemahalan…

PENGANTAR Toyota C-HR 2018

Gambar mobil Toyota C-HR 2018 berwarna putih dilihat dari sisi depan sedang parkir di halaman rumah

Toyota C-HR 1.8 CVT saat sesi media first impression (3/5)

First drive Toyota C-HR 2018 - Diluncurkannya Toyota C-HR awal bulan silam sedikit banyak mengejutkan banyak pihak. Dengan entengnya, tak sedikit orang yang mengatakan bahwa mobil ini dihargai terlalu mahal. Bahkan secara blak-blakan langsung membandingkannya dengan crossover berkonsep mirip yang terlebih dahulu diluncurkan, yaitu Nissan Juke. Atau dengan Toyota Fortuner berharga mirip namun berukuran seperti dua kali lebih besar.

Memiliki nama lengkap Compact High Rider, C-HR merupakan jawaban Toyota atas semakin tingginya minat pasar terhadap crossover. Bagaimana caranya, Toyota harus memberikan pembeda agar produknya terlihat di pasar, di antara lautan compact crossover lain yang bentuknya senada.

Jawaban datang dalam sosok paduan konsep kupe dengan crossover. Yaitu menggabungkan pesona desain seksi coupe, dengan kepraktisan dan utilitas crossover. Memberikan karisma tersendiri yang tidak akan ditemukan pada model lain di pasar. Toyota bahkan menggunakan plaftorm TNGA baru (Toyota New Global Architecture) nan mahal sebagai akibat belum banyak dipakai secara bersama.

Toyota C-HR mengawali siklusnya dalam versi konsep di Paris Motor Show 2014 dan Frankfurt Motor Show 2015, diikuti versi produksi di Geneva Motor Show 2016. Di Indonesia, Toyota sempat menghadirkan versi konsep di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Menyusul penampilan versi produksi di GIIAS tahun silam.

Benarkah Toyota C-HR layak dihargai nyaris setengah miliar rupiah? Baca terus review cintamobil.com terhadap Toyota C-HR 2018 untuk mengetahui jawaban selengkapnya …

EKSTERIOR Toyota C-HR 2018

Kami yakin, siapa pun akan langsung jatuh cinta pada pandangan pertama saat melihat penampilan eksterior Toyota C-HR 2018. Banyak orang memprediksi bahwa seperti inilah wujud mobil sport di masa depan. Punya penampilan seksi, performa hebat, mantap dikendarai, namun tetap praktis dipakai kapan saja dan ke mana saja.

Model produksi memang agak sedikit berbeda versi konsep 2014. Atas alasan kepraktisan, konsep coupé dengan tiga pintu ditinggalkan. Namun, seperti terlihat pada Nissan Juke dan Honda HR-V, pintu belakang disamarkan dengan hendel pintu “menyatu” dan menempel pada atap.

Tampak betapa Toyota mengedepankan unsur styling dibandingkan fungsi dalam merancang C-HR. Menurut chief engineer Hiroyuki Koba, desain Toyota C-HR 2018 menghadirkan konsep sensual speed cross.

Seperti dijabarkan dalam uraian 360 derajat khas Cintamobil.com berikut ini:

  • Tampak depan

Tampilan depan terlihat sporty dan agresif

Lampu depan menyipit dipadu pahatan bodi tajam bagaikan berlian memberikan penampilan setara sports car tradisional. Dipadu lower grille bermotif honeycomb mengesankan aksen tangguh sebagaimana seharusnya sebuah crossover.

  • Tampak samping

Gambar mobil Toyota C-HR 2018 berwarna silver dilihat dari sisi samping sedang parkir di halaman rumah di Indonesia

Bodi memiliki siluet layaknya kupe

Dari samping, nyata terlihat bagaimana Toyota C-HR 2018 memiliki siluet bagaikan potongan berlian. Terdapat pelek alumunium 17-inci yang memperkuat aksen sporty pada crossover ber-tagline “against your stereotype” ini.

  • Tampak belakang

Tampilan belakang Toyota C-HR 2018

Nuansa sport dipertegas pada tampilan belakang melalui kehadiran spoiler besar yang menyatu dengan desain sporty keseluruhan mobil. Unik melihat desain lampu belakang yang serupa dengan Honda Civic generasi terbaru.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Toyota C-HR 2018

Gambar bagian interior mobil Toyota C-HR 2018 dengan kelengkapan fitur di dalamnya

Sisi interior Toyota C-HR 2018

Interior Toyota C-HR 2018 didominasi warna Licorice Brown, memberikan aksen mewah namun tetap sportif. Desain dasbor sangat modern lengkap dengan kehadiran Head Unit AVX 7” (DVD, Bluetooth, USB, AUX, Weblink Application dengan Multi-Tasking Window), lalu ada pula Dual Zone Auto A/C yang tampil dengan Digital Display.

  • Kursi

Untuk menunjang kenyamanan pengemudi, All New C-HR dilengkapi dengan Lumbar Support pada kursi pengemudi yang sudah dapat dioperasikan secara elektrik. Kabin dapat mengakomodasi lima orang penumpang dewasa.

Tidak seperti dugaan awal, secara mengejutkan kelegaan kabin patut diacungi jempol. Dengan pengaturan sesuai pengemudi depan setinggi 175 cm, penumpang belakang dapat duduk dengan nyaman. Ruang kepala pun masih menyisakan jarak sekitar 8 – 10 cm. Meski desain atap melandai ke arah buritan, kelegaan ini dimungkinkan akibat posisi duduk lebih rendah.

  • Panel Instrumen

Terdapat G-force indicator pada panel instrumen Toyota C-HR 2018

Terdapat sejumlah gimmick pada panel instrumen yang jarang terdapat pada mobil lain, seperti G-fore indicator, sebuah display yang umumnya hanya dimiliki oleh sports car. Tak lupa informasi cruise control dan driving mode, dapat dilihat pada TFT MID dengan ukuran 4.2-inci.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

FITUR Toyota C-HR 2018

Toyota C-HR 2018 memiliki fitur keselamatan terbilang lengkap. Mulai dari kehadiran tujuh SRS Airbag (D+P+S+CSA+D-Knee), Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Braking Assist (BA), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Assist Control (HAC), Traction Control, Auto-Brake-Hold, Impact Absorbing Structure, Blind Spot Monitor, dan Rear Cross Traffic Alert.

Yang terakhir merupakan fitur penolong saat Anda harus keluar mundur dari tempat parkir. Sistem akan memperingatkan pengemudi apabila mendeteksi munculnya kendaraan dari arah samping.

Gambar fitur rear cross traffic alert di mobil Toyota C-HR 2018

Fitur Rear Cross Traffic Alert pada Toyota C-HR 2018

>>> Klik sini untuk simak tulisan review mobil Toyota lainnya

OPERASI Toyota C-HR 2018

Sebelum peluncuran resmi Toyota C-HR 2018, muncul beberapa spekulasi mengenai kemungkinan mesin digunakan. Pada akhirnya PT Toyota-Astra Motor memilih unit 2ZR-FBE berkapasitas 1.800cc. Mesin mampu menelurkan daya 141 ps paa 6.400 rpm dan torsi 17,4 kgm pada 4.000 rpm.

Mesin dipakai berbeda dengan unit hybrid ditampilkan Toyota di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018, pun dengan versi sempat dijual importir umum yang menggunakan unit 8NR-FTS 1.200cc turbo dan berpenggerak AWD.

Gambar bagian mesin mobil Toyota C-HR 2018

Mesin 2ZR-FBE 1.800 cc

Unit 2ZR-FBE memiliki basic sama dengan mesin dipakai Toyota Corolla Altis, dengan perbedaan pada kemampuan flexi-fuel alias mampu meminum ethanol sebagai bahan bakarnya. Fakta bahwa TAM menghadirkan Toyota C-HR 2018 secara utuh dari Thailand menjadi landasan kehadiran mesin ini. Karena sebetulnya, kita di Indonesia belum mengenal adanya alternatif bahan bakar selain bensin murni.

Tersedia tiga mode berkendara: Eco, Normal dan Sport. Ketiganya dibedakan lewat algoritme perpindahan gigi. Akselerasi berlangsung cepat namun tetap linear dan halus.

  • Impresi berkendara

Salah satu keutamaan Toyota C-HR 2018 adalah ia duduk di atas platform baru TNGA. Toyota menjanjikan TNGA memiiki keunggulan dari sisi kualitas berkendara. Dalam rute uji-coba di sekitar Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, terasa bagaimana Toyota C-HR mampu menghadirkan sensasi berkendara yang tidak terdapat pada mobil sejenisnya.

Kemudi terasa mantap digenggam, dan mampu memberikan umpan-balik akurat akan kondisi jalan. Namun, tanpa mengurangi sedikit pun pada unsur kenyamanan. Salah satu alasannya berkat kehadiran suspensi double-wishbone di belakang. Sesuatu hal jarang dilakukan mobil di kelasnya.

Suspensi belakang double-wishbone pada Toyota C-HR 2018

>>> Untuk tahu harga mobil Toyota SUV lainnya, silahkan klik sini

spesifikasi Toyota C-HR 2018

Untuk dapat gambar paling jelas tentang mobil C-HR, silahkan lihat tabel spesifikasi Toyota C-HR 2018 di bawah ini.

Dimensi/ Ukuran Toyota C-HR 2018

P x L x T

4.360 x 1.795 x 1.565

Jarak poros roda

2.640 mm

Berat

N/A

Mesin Toyota C-HR 2018

Tipe

2ZR-FBE 4 silinder segaris  16-valve DOHC with VVT-i

Kapasitas

1.798 cc

Diameter x langkah

80,5 x 88,3 mm

Daya maksimum

141 Ps @ 6.400 rpm

Torsi maksimum

17,4 Kgm @ 4.000 rpm

Rangka Toyota C-HR 2017

Transmisi

CVT

Suspensi depan

MacPherson strut

Suspensi belakang

Double wishbone

Rem depan

Ventilated disc

Rem belakang

Disc

Ukuran ban

215/60 R17

kelebihan & kekurangan Toyota C-HR 2018

Berikut kelebihan dan kekurangan Toyota C-HR 2018

Kelebihan

Kekurangan

Desain sporty ala kupe

Harga terasa tinggi

Dinamika dan unsur kesenangan berkendara

Mesin flexi-fuel yang mubazir peruntukannya

Membuat Anda tampil beda

 

daftar harga Toyota C-HR 2018

PT TAM hanya menawarkan dua versi Toyota C-HR 2018, itu pun hanya berbeda dari sisi warna.

Tipe mobil

Harga Toyota C-HR 2018

All New C-HR 1.8 CVT Single Tone

Rp 488.500.000

All New C-HR 1.8 CVT Dual Tone

Rp 490.000.000

Terdengar mahal? Well, mohon untuk tidak menyandingkannya dengan dua SUV di pasar yang berkonsep sejenis yaitu Nissan Juke maupun Honda HR-V. Bukan hanya karena faktor emosional dan gaya hidup karena memang sejatinya Toyota C-HR 2018 tidak berada dalam segmen dengan kedua model tersebut. Saat ini penggunaan TNGA baru sampai pada segmen-C, yaitu kelas mobil menengah seperti Toyota Corolla atau Honda Civic.

Video Toyota C-HR 2018

Simak video resmi Toyota C-HR 2018 seperti dirilis oleh Toyota Motor Thailand berikut ini.

KESIMPULAN Toyota C-HR 2018

Jika Anda mencari kendaraan fungsional untuk sekadar mengantar dari titik A ke titik B, maka Toyota C-HR 2018 jelas bukan pilihan pas. Lebih baik melirik model serupa berharga Rp 200 jutaan lebih murah, atau membeli Toyota Fortuner berukuran lebih besar sekalian. Akan tetapi, inilah sosok pas bagi Anda mencari kendaraan stylish yang mampu mewakili status Anda sebagai pribadi aktif dan dinamis.

Gambar mobil Toyota C-HR 2018 berwarna putih dilihat dari sisi belakang sedang parkir di tempat parkir mobil

Toyota C-HR 2018: Mendobrak Batas Konsep Crossover Tradisional

Aditya Siregar
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Komentar

Sisa 1000 karakter

REVIEW LAIN

Cari review mobil

Review mobil populer