Review Toyota Avanza 1.3 S VVT-i 2004

10/12/2018

Share this post:

Toyota Avanza 2004

Editor rate:

Lihat promo

Tidak banyak publik yang mengetahui adanya varian ini, padahal varian ini tampil lebih advance dari Avanza 'biasa'. Berikut ini review kami mengenai Toyota Avanza 1.3 S VVT-i 2004.

Review Toyota Avanza 1.3 S VVT-i 2004
Review Toyota Avanza 1.3 S VVT-i 2004
0 Gambar

Pengantar Toyota Avanza 2004

Mari kita simak spesifikasi Toyota Avanza 2004 di bawah ini.

Kelebihan

Jaringan Servis Sangat Baik

Kaki-kaki tangguh

Radius putar kecil

Kekurangan

Rasio gigi kurang halus sehingga mesin agak meraung di tol

Kabin seharusnya bisa lebih mewah

Bahan plastik yang digunakan murah

 

Review Toyota Avanza 1.3 S VVT-i 2004 - Avanza itu pertama kali diperkenalkan di bumi adalah tanggal 11 Desember 2003, saat itu Avanza hanya ditawarkan dengan dua pilihan model yaitu 1.3 G  MT dan 1.3 E MT. Pemilihan nama Avanza juga bukannya tanpa alasan. Ada beberapa pilihan nama yang saat itu disiapkan oleh PT. Toyota Astra Motor. Sengaja dipilih nama Avanza terinspirasi dari kata Avanzato dari Italia yang artinya terus tumbuh dan berkembang sesuai cita-cita dan harapan Avanza ketika diluncurkan.

Gambar orang yang mengikuti Launching Toyota Avanza dan Xenia tahun 2003

Peluncuran Avanza di 11 Desember 2003 seolah menjadi kado istimewa oleh Toyota Astra Motor bagi konsumen tanah air

Meski diawal peluncurannya mobil ini dijual dengan harga “murah”, namun ternyata untuk zamannya mobil ini enggak pelit fitur, coba saja tengok model 1.3 E MT yang sudah dibekali power steering, dan power window. Sementara untuk varian termahalnya adalah model 1.3 G MT malah dilengkapi beberapa tambahan gimmick menarik, seperti penggunaan pelek alloy, foglamp, spion elektrik, dan juga AC dual blower. Peluncuran Avanza saat itu mendapatkan apresiasi luar biasa dan menghasilkan inden yang mengular bahkan hingga satu setengah tahun sejak peluncurannnya. Luar biasa bukan?

Gambar mobil Toyota Avanza S 1.3 VVT-i 2004

Sayangnya kala itu mesin kecil dengan transmisi otomatis kurang pupuler, sehingga Toyota Avanza 1.3 S AT VVT-i ini tidak banyak terjual

Nah, baru pada tahun 2004, Toyota Avanza dengan transmisi otomatis mulai diluncurkan, yaitu Avanza bertipe 1.3 S AT yang mulai diljual pada tahun ini bisa dibilang istimewa dan juga merupakan 'kelinci percobaan' bagi Toyota dalam mengetes kehandalan mesin K3-VE yang dilengkapi katup variabel VVT-i. Mobil ini mengusung transmisi Aisin Warner 4-percepatan otomatis serta karena enggak begitu populer seperti saudaranya yang bertransmisi manual, Avanza S 1.3 ini terjual dalam jumlah terbatas. Oh ya, di tahun ini pula Avanza berhasil terjual sebanyak 43.936 unit mengungguli mobil lainnya di tahun yang sama.

Eksterior Toyota Avanza 2004

Oke, mari kita bahas eksterior dari mobil ini, harap jangan protes jika tampangnya masih sederhana, maklum saja mobil ini diluncurkan 15 tahun yang lalu di bumi Indonesia. Yuk kita beda tampilan luar mobil ini melalui skema review Toyota Avanza 1.3 S VVT-i 2004.

Review Toyota Avanza 1.3 S VVT-i 2004 : Tampilan Depan

Gambar bagian depan mobil Toyota Avanza 1.3 S VVT-i 2014

Meski sederhana, namun dimasanya mobil Toyota Avanza ini begitu fenomenal

Pada saat peluncurannya mobil ini begitu fenomenal, bahkan seperti yang Cintamobil.com bilang pada saat pembukaan, inden mobil ini mengular sangat panjang. Penyebabnya bukanlah kapasitas produksi yang kurang, namun membludaknya peminat mobil ini membuat PT. Toyota Astra Motor kewalahan dalam menghadapi pesanan. Tampilan depan mobil ini lebih membulat bila dibandingkan dengan Toyota Avanza tahun sesudahnya, justru ini menjadi ciri khas tersendiri, bilah krom tiga buah pada grill bertengger manis diapit headlamp. Oh ya, pada Toyota Avanza generasi ini yang sudah dilengkapi foglamp hanya tipe G dan S.

Review Toyota Avanza 1.3 S VVT-i 2004 : Tampilan Samping

Gambar mobil Toyota Avanza 1.3 S VVT-i berwarna silver dilihat dari sisi samping

Tampak samping terlihat sederhana dan enggak neko-neko, mencerminkan sebuah mobil keluarga Indonesia

Besar dan muat banyak penumpang, seakan menjadi syarat mutlak mobil keluarga di Indonesia, dan Toyota Avanza 1.3 S VVT-i ini sangat mencerminkan mobil keluarga Indonesia. Tampilannya memang biasa saja, namun tampang yang konvensional seperti ini malah banyak disuka oleh keluarga Indonesia. Peleknya pakai alloy dengan ring 14 inchi, dibalut dengan ban lansiran Dunlop atau Bridgestone yang saat itu ditunjuk menjadi vendor ban mobil terlaris di Indonesia ini. Semuanya masih sewarna bodi baik handel pintu hingga spion.

Review Toyota Avanza 1.3 S VVT-i 2004 : Tampilan Belakang

Gambar bagian belakang mobil Toyota Avanza 1.3 S VVT-i 2004

Pun begitu dengan tampilan belakang mobil ini, sangat klimis dan tidak neko-neko

Begitu juga dengan tampilan belakang Toyota Avanza 1.3 S AT VVT-i 2004 ini sangat klimis dan tidak neko-neko. Stoplampnya memanjang dan tampil rapi. Sayangnya untuk Toyota Avanza generasi pertama ini tidak dilengkapi dengan tuas pembuka pintu bagasi, alhasil pengemudi harus membukanya dari tuas kecil dibawah kursi pengemudi atau menggunakan anak kuncinya. Agak merepotkan.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Toyota Avanza 2004

Apakah tampilan interiornya seklimis bagian eksteriornya? Mari ikuti terus ulasan dari kami mengenai Toyota Avanza 1.3 S VVT-i 2004 ini.

Review Toyota Avanza 1.3 S AT VVT-i 2004 : Layout Dasbor

Gambar Layout interior mobil Toyota Avanza 1.3 S VVT-i 2004

Layout interior Toyota Avanza generasi pertama ini sangat revolusioner di zamannya (catatan : pada foto ini head unit sudah diganti)

Jika saat ini Anda melihat tampilan layout interior Toyota Avanza generasi pertama ini biasa saja, maka Anda perlu flashback ke 15 tahun lalu, dimana saat itu tampilan interior mobil masih sangat kaku dan konvensional. Toyota Avanza generasi pertama ini menggunakan layout dasbor berkonstruksi one piece alias semuanya menyatu. Tak heran, dulu dasbor Toyota Avanza ini sempat menjadi incaran para maling dasbor. Bahkan, layout dasbor one piece seperti ini tetap digunakan hingga Avanza mengalami facelift kedua dan ketiga, artinya layout seperti ini tetap dipakai hingga 7 tahun beredarnya Avanza di Indonesia.

Review Toyota Avanza 1.3 S AT VVT-i 2004 : Kursi

Kursi belakang mobil Toyota Avanza 1.3 S VVT-i 2004

Kursi depan dan belakangnya tebal dan mampu menyangga badan dengan cukup baik

Bagi Anda yang pernah mencoba Toyota Avanza dari yang terlama hingga terbaru pasti akan berpendapat kalau jok Toyota Avanza yang paling tebal adalah Avanza yang pertama. Dan memang terbukti kursi mobil ini tebal dan mampu menyangga badan dengan baik. Jok yang tebal ini tidak hanya dibangku depan saja, namun berlanjut ke bangku baris kedua. Dan kami rasa, jok yang tebal seperti ini adalah kompensasi dari kerasnya suspensi Toyota Avanza generasi pertama ini.

Review Toyota Avanza 1.3 S AT VVT-i 2004 : Bagasi

Gambar ruang Bagasi mobil Toyota Avanza 1.3 S VVT-i 2004

Bagasinya cukup memadai di zamannya, namun kurang praktis

Bagasi Toyota Avanza generasi pertama ini memang cukup memadai di zamannya, cukup luas, dengan model bukaan pintu bagasi keatas. Namun sayangnya, pintu bagasi ini tidak praktis, karena tidak ada tuas pintu belakangnya. Pengemudi harus menaik sebuah tuas yang terletak berbarisan dengan tuas pembuka tangki bahan bakar. Dan kelemahan ini tidak segera diperbaiki serta malah dipertahankan hingga 8 tahun kedepan.

>>> Baca juga:

Fitur Toyota Avanza 2004

Review Toyota Avanza 1.3 S AT VVT-i : Ringkasan Fitur

Ringkasan fitur di mobil Toyota Avanza 1.3 S VVT-i 2004

Toyota Avanza sangat revolusioner pada zaman kemunculannya ada radio tape, power window, AC dual blower

Kalau kami boleh jujur, tidak ada fitur yang terlalu istimewa pada mobil yang meluncur 15 tahun yang lalu ini, namun jika Anda sempat hidup ataupun tumbuh besar di era 2000-an, Anda akan menyadari jika fitur-fitur yang disematkan pada mobil ini sangat revolusioner di zamannya. Toyota Avanza di tahun 2003-2004 seakan hadir tanpa lawan, melenggang sendirian dan memikat jutaan konsumen di Indonesia. Makanya, bagi Cintamobil.com adalah suatu kehormatan yang istimewa dapat mereview mobil ini secara lengkap dan lugas. Sebut saja fitur power window, power steering, electric mirror, radio tape, serta mesin K3-VE yang kencang namun efisien, juga muat 7 penumpang dewasa, dan mampu menyelinap di jalan tikus, dibawa pelisir ke jalanan rusak pedesaan, hingga menghadiri acara pesta di hotel berbintang lima mudah saja dilakukan bersama Avanza.

>>> Komparasi Wuling Cortez Vs Toyota Avanza, Pertarungan ‘Made in China’ Dengan Jawara Jepang

Operasi Toyota Avanza 2004

Sebuah Mesin K3-VE VVT-i pada Toyota Avanza 1.3 S VVT-i 2004

Mesin bertenaga dipadu bodi dengan bobot ringan, membuat mobil ini dapat melesat dengan mudah

Toyota Avanza tipe S adalah satu-satunya tipe Avanza yang menggunakan mesin 4 silinder berkapasitas 1300 cc berkode K3-VE yang dilengkapi VVT-i. Avanza tipe lainnya seperti G dan E tidak dilengkapi teknologi katup variabel tersebut. Bisa dibilang Toyota sengaja menyematkan VVT-i di mesin K3-VE untuk menguji performa dan efisiensinya, karena 4 tahun setelahnya, semua Avanza telah dilengkapi VVT-i. Mesin ini performanya cukup baik dan mampu menghela bodi mobil dengan mudah. Radius putar mobil ini juga kecil sehingga memudahkan untuk bermanuver. Serta dimensinya yang 'pas' membuatnya mudah mengarungi jalan apapun. Mau berpelisir ke jalan desa, ataupun dibelantara kota sekalipun, mobil ini mampu melibasnya dengan mudah saja.

>>> Tips Membeli Mobil Toyota Avanza 1.3 S VVT-i 2004, Avanza Matik Pertama di Indonesia

Spesifikasi Toyota Avanza 2004

Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Avanza 1.3 S AT 2004.

Mesin Toyota Avanza 1.3 S AT 2004

Seri mesin

K3-VE, DOHC, VVT-i

Bahan Bakar

Bensin

Tenaga Maksimum

86 Hp @ 6000 rpm

Torsi Maksimum

120 Nm @ 4400 rpm

Kapasitas Silinder

1298 cc

Klaim Top Speed / Realita

No Data / 170 km/jam

Transmisi Tipe

4 Percepatan Otomatis

Rangka Toyota Avanza 1.3 S AT 2004

Panjang Keseluruhan

4.120 mm

Lebar Keseluruhan

1.630 mm

Tinggi Keseluruhan

1.695 mm

Jarak Poros Roda

2.655 mm

Kapasitas Tangku

45 liter

Suspensi/Kaki-Kaki Toyota Avanza 1.3 S AT 2004

Ban

Dunlop SP10

Pelek

R14

Power Steering

Hidrolik

>>> Klik sini untuk simak kelebihan dan kekurangan mobil Toyota lainnya

Daftar Harga Toyota Avanza 2004

Harga Toyota Avanza 1.3 S VVT-i 2004  berkisar antara Rp 70 hingga Rp 80 juta tergantung kondisi. Jika Anda berminat Toyota Avanza 1.3 S AT 2004 maka Anda bisa langsung cek pilihannya disini.

>>> Klik sini untuk update harga dan promo mobil lainnya

Kesimpulan Toyota Avanza 2004

Gambar mobil Toyota Avanza 1.3 S VVT-i 2004 berwarna silver dilihat dari sisi samping
Bandel, irit, spare part murah, membuat mobil ini layak menjadi daily car Anda

So, is this car for you? Bila Anda punya dana ngepas maksimal Rp 70 jutaan, dan ingin mobil yang enggak rewel, perawatan mudah, serta siap 'tempur' kemana saja, maka belilah Toyota Avanza 1.3 S AT 2004 VVT-i ini. Apalagi, mesinnya sudah dilengkapi pengatur katup variabel, yang membuat performa serta kehematan mobil ini sangat baik. 

>>> Simaklah review mobil lainnya secara lengkap dan detail dengan klik sini

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

back to top