Review Subaru Legacy 2020: Generasi Ketujuh Ganti Mesin Turbo Dan Teknologi Canggih

30/07/2019

Share this post:

Subaru Legacy 2020

Editor rate:

Lihat promo

Merasa rindu dengan Subaru Legacy? Yap, dulunya mobil ini sempat dipasarkan di Indonesia pada tahun 2011. Namun sayang, karena adanya beberapa faktor yang akhirnya membuat Subaru tak mendapatkan banyak peminat. Meski tak dijual lagi di Indonesia, Subaru di Amerika Serikat masih lancar jaya dan baru meluncurkan generasi baru Legacy. Seperti apa sosoknya? Berikut kita simak review Subaru Legacy 2020.

Review Subaru Legacy 2020: Generasi Ketujuh Ganti Mesin Turbo Dan Teknologi Canggih
0 Gambar

Pengantar Subaru Legacy 2020

Mari kita simak spesifikasi Subaru Legacy 2020 di bawah ini.

Review Subaru Legacy 2020 - Tim Cintamobil.com paham betul bahwa Subaru Legacy tidak berhasil menggaet minat masyarakat kala itu. Padahal spesifikasi serta fiturnya tergolong sangat lengkap, pantas untuk disandingkan Head to Head dengan Mazda 6. Disinyalir faktor utamanya adalah karena kurang dikenalnya Brand Subaru di mata masyarakat serta keterbatasan Showroom yang hanya ada di beberapa daerah.

Meski kurang sukses di Indonesia, tapi nyatanya generasi barunya yakni All-New Subaru Legacy sukses dirilis di acara Chicago Auto Show pada tanggal 7 Februari 2019. Kiprahnya di otomotif bukanlah seumur jagung, dimulai sejak tahun 1989 silam. Hingga kini, ada total tujuh generasi yang diluncurkan untuk Legacy.

All-New Subaru Legacy diperkenalkan di acara Chicageo Auto Show 2019 dan siap dipasarkan tahun depan

All-New Subaru Legacy ketika diperkenalkan di acara Chicago Auto Show 2019

Model paling anyarnya ini menggunakan Subaru Global Platform terbaru. Peningkatan bukan saja terjadi dari sektor keselamatan saja tapi juga meminimalisir getaran serta punya tingkat kekedapan kabin yang cukup mumpuni. Pemasarannya di Negeri Paman Sam akan dimulai tahun mendatang. Lantas, bagaimana dengan Indonesia? Sebelum menjawabnya, mari kita intip sosoknya dalam review Subaru Legacy 2020.

Eksterior Subaru Legacy 2020

Tampilan datar dan familiar, masih menjadi desain andalan bagi eksterior Subaru Legacy 2020. Tak begitu banyak hal berubah, malahan terasa kurang agresif jika dibandingkan dengan kompetitornya. Dari fakta ini, sepertinya Subaru sengaja ingin tetap melekatkan ciri khas Legacy, tak ingin banyak merubahnya.

Review Subaru Legacy 2020: Eksterior Depan

Meski secara keseluruhan, mobil ini tidak begitu menonjolkan kesan agresif, tapi kami masih suka mengamati wajah depannya. Untung saja, lampu utama sudah memiliki fitur LED Daytime Running Lights (DRL) sehingga tampak sedikit lebih tajam.

Eksterior Depan Subaru Legacy 2020 sudah dilengkapi lampu kabut dan lampu LED DRL

Wajah depannya dihias apik dengan lampu DRL yang memberi sedikit tampilan agresif

Grille Frameless serta lampu kabut juga menghiasi fascia depan. Hal serupa juga ditemui pada sisi bemper yang menghadirkan dua lubang Air Intake. Yap, selain menjadi pemanis, panel tersebut juga berfungsi sebagai sirkulasi udara pada mesinnya.

Review Subaru Legacy 2020: Eksterior Samping

Bodi sampingnya sendiri tidak begitu mendapat sentuhan menarik soal desain. Tambahan hanya didapati pada desain pelek sporty berukuran 17 - 18 inci sesuai tipe yang dipilih. Hal tersebut juga ditunjang oleh aksen krom pada Door Handle serta pelipis kaca. Untuk sebuah mobil bertaraf All-New, perubahan semacam ini terkesan sangat minor buat kami.

Eksterior Samping Subaru Legacy 2020 hanya dihias dengan aksen krom pada Door Handle, pelipis kaca dan pelek sporty

Sisi samping kurang diberikan ubahan selain soal aksen krom dan pelek sporty

Review Subaru Legacy 2020: Eksterior Belakang

Merambah ke sektor buritan, mobil sedan satu ini tak dibekali Rear Spoiler. Tapi esensi menariknya justru pada bagasi yang dikemas lebih tinggi di sisi tengah, menjadi pengganti dari Spoiler.

Eksterior Belakang Subaru Legacy 2020 dihias apik dengan lampu belakang berdesain baru

Spoiler digantikan dengan bagasi yang sedikit meninggi pada sisi tengahnya

Adapun sektor lampu mendapat ubahan dari segi desain. Terdapat penambahan aksen berwarna hitam pada lampu belakangnya, sehingga terlihat lebih sangar dari sebelumnya. Begitu juga pada sisi bemper, dibekali panel berwarna hitam sehingga tampak lebih tinggi dari kejauhan.

>>> Info menarik:


Interior Subaru Legacy 2020

Esensi All-New baru kami rasakan pada interior Subaru Legacy 2020. Ubahan barunya membuat suasana kabin terasa lebih mewah sekaligus elegan. Hal ini sengaja diterapkan supaya pengendara merasa sangat nyaman ketika mengendarai sedan satu ini.

Review Subaru Legacy 2020: Dashboard

Ketimbang generasi sebelumnya yang menghadirkan banyak sekali tombol, kami justru lebih suka dashboard Subaru Legacy 2020. Ya, semua pengoperasian kini menggunakan konfigurasi Digital. Panel Head Unit kini menerapkan ukuran Tablet, 11,6 inci. Tentu saja, pengoperasian fitur-fitur menjadi lebih praktis dan mudah dibaca.

Dashboard Subaru Legacy 2020 dikemas sangat elegan dan dipenuhi bahan Soft Touch

Penampakan atmosfer interior yang benar-benar nyaman serta elegan

Apresiasi juga diberikan pada trim dashboard yang menggunakan material Soft-Touch. Sukses meningkatkan tampilan kabin menjadi lebih elegan. Selain itu, panel tersebut juga menjadi sangat nyaman ketika disentuh, memberi sensasi lebih Premium bagi sang pengendara.

Review Subaru Legacy 2020: Setir

Kemudi setirnya menggunakan model tiga palang, lengkap dengan logo Subaru berwarna biru. Fitur-fiturnya pun cukup lengkap, Cruise Control dan pengaturan audio, tersemat rapi di kedua sisi setirnya. Paling menarik adalah panel informasinya yang didukung layar Dual 7 inci WVGA, memberikan situasi terkini seputar kendaraan Anda.

Setir Subaru Legacy 2020 menggunakan model tiga palang

Kemudi setirnya dikemas lengkap bersama logo enam bintang milik Subaru

Review Subaru Legacy 2020: Kursi

Kursi pun juga lekat akan pesan elegan. Menerapkan bahan kulit Nappa dipadu jahitan yang berkualitas. Mengingat mobil ini dirilis lebih dulu di Amerika, tersedia pula fitur pemanas pada kursinya. Tapi perlu diingat juga bahwa fitur-fitur tersebut disesuaikan dengan tipe yang ditawarkan. Semakin mewah, tentu semakin bertambah juga harga jualnya.

Kursi Subaru Legacy 2020 mampu menampung hingga 5 orang sekaligus

Bahan kulit Nappa memang sudah digunakan pada kursi mobil papan atas

>>> Baca juga:

Fitur Subaru Legacy 2020

Teknologi inovatif tentu akan dibahas lebih lanjut oleh Cintamobil.com. Nah, jika melihat fakta dari peluncurannya, fitur Subaru Legacy 2020 tampaknya mendapat pembaruan signifikan baik soal hiburan maupun keselamatan.

Review Subaru Legacy 2020: Fitur Keselamatan

Terdapat sebuah teknologi baru yang dihadirkan pada All-New Subaru Legacy, dinamai EyeSight Driver Assist Technology. Teknologi tersebut terdiri dari rangkaian fitur seperti halnya Lane Centering Function, Reverse Automatic Braking, Blind Spot Detection, Lane Change Assist serta Rear Cross Traffic Alert. Nantinya, fitur tersebut akan aktif melalui sistem kamera On-Board, memantau setiap kejadian selama berkendara.

Fitur Keselamatan Subaru Legacy 2020 sudah hadirkan teknologi lengkap seperti EyeSight Driver Assist

EyeSight Driver Assist mengaktifkan banyak sekali fitur keselamatan pada Legacy 2020

Fungsinya pun terbilang menarik seperti membuat kendaraan tetap berada di jalur marka dan menjaga titik buta. Menariknya lagi, Facial Recognition jadi fitur paling spesial, mendeteksi tingkat kelelahan dari sang pengendara. Apabila terpantau pengendara mengantuk, maka akan keluar notifikasi dari dinding layar Head Unit-nya serta notifikasi suara.

Review Subaru Legacy 2020: Fitur Hiburan

Untuk urusan hiburan, Subaru Legacy mengandalkan Head Unit sebesar Tablet berukuran 11,6 inci. Bahkan, layarnya sudah didukung High Definition (HD) serta format modern. Ada hal yang lebih spesial dari panel tersebut. Yap, layarnya bisa dibuat Split Screen, terbagi menjadi dua. Jadi, Anda bisa mengoperasikan musik di sisi kiri dan navigasi pada sisi kanannya.

Fitur Hiburan Subaru Legacy 2020 menghadirkan panel Head Unit sangat besar mirip Tablet

Panel Head Unit-nya berukuran besar sehingga sangat mudah dioperasikan

>>> Jangan lupa untuk bandingkan dengan model sedan lainnya

Operasi Subaru Legacy 2020

Perubahan All-New baru dirasakan pada operasi mesin Subaru Legacy 2020. Sejak sekian lama di tahun 2012, untuk pertama kalinya Legacy ditawarkan menggunakan mesin Turbocharged. Kapasitas silindernya menerapkan angka 2.4 Liter yang mampu melakukan akselerasi 0-100 Km/Jam dalam tempo 6,1 detik. Ya, memang tidak begitu cepat tapi setidaknya mengalami peningkatan ketimbang mesin pada generasi sebelumnya yang hanya mencatatkan angka 7 detik.

Cuplikan video resmi Subaru Legacy 2020

Daya dari mesin Turbo-nya mampu mencapai 260 HP setara 6.500 Rpm, dipadu torsi kencang sebesar 277 Pound.ft pada putaran 2.000 hingga 4.800 Rpm. Memang terkesan familiar, karena mesin satu ini diadopsi langsung dari Subaru Ascent 2019, SUV 8-Seater.

>>> Ingin tahu model Subaru lainnya? Klik di sini untuk informasi selengkapnya

Kesimpulan Subaru Legacy 2020

Di Indonesia, Subaru bisa digolongkan sebagai sosok minoritas, yang kurang sukses menggaet hati masyarakat. Padahal jika membahas soal spesifikasi dan fitur, model Subaru seperti Legacy tak akan kalah jika diadu dengan model Jepang lainnya. Apalagi All-New Subaru Legacy 2020 yang hendak dipasarkan di Amerika lebih dulu, tampaknya semakin seksi dengan perubahan pada sisi mesin hingga teknologi inovatif. Andai saja pajak sedan di Indonesia bisa menjadi lebih murah, sosok spesial seperti Subaru Legacy bisa dihadirkan kembali di Tanah Air. Melirik di Amerika, harga Subaru Legacy 2020 dibanderol mulai $22.745 setara Rp. 317 jutaan.

>>> Simak juga review mobil yang tak kalah menarik lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review All New Toyota Camry 2019

08/01/2019

Editor rate:

Akhirnya Toyota All New Camry 2019 diluncurkan di Indonesia bulan Januari 2019 ini. Bentuknya benar-benar jauh berbeda bila dibandingkan dengan Toyota Camry generasi sebelumnya. Ini pendapat kami mengenai All New Toyota Camry 2019 versi Indonesia.

Lihat juga

Review Honda Accord 2019: Sedan Tercanggih Di Kelasnya

24/07/2019

Editor rate:

PT Honda Prospect Motor meluncurkan Honda Accord 2019 di GIIAS 2019, apa saja teknologi dikandungnya sehingga layak disebut terbaik di kelasnya?

Lihat juga

Review Hyundai Sonata 2020: Generasi Baru Dari ‘Anak Emas’ Hyundai

11/04/2019

Editor rate:

Baru-baru ini, Hyundai Motor Company (HMC) menghebohkan dunia otomotif internasional dengan All-New Hyundai Sonata. Sedan yang sempat memiliki rekam jejak sebagai taksi ini, kini disulap menjadi mobil mewah nan Luxury. Kehadirannya kali ini, akan menjadi generasi kedelapan sejak perilisan pertamanya di tahun 1985. Kira-kira hal baru apa yang ditawarkan pada mobil ini? Simaklah review Hyundai Sonata 2020.

Lihat juga

Review All New Mazda6 Elite Sedan 2018

16/09/2018

Editor rate:

Kata siapa kelas sedan tidak menarik, memang betul faktanya belum sebaik segmen lain, tetapi kini pabrikan lebih memilih untuk meluncurkan sedan premium yang unik. Mazda menjadi salah satu yang tetap positif melihat semua pelung termasuk segmen sedan. Pada kuartal kedua tahun 2015, Mazda meluncurkan All New Mazda6 Elite Sedan, kini Mazda6 menjelma menjadi sedan mewah serta modern.

Lihat juga

Harga KIA Optima 2017, Big Sedan Korea Rasa Eropa

Rp 512.000.000

05/10/2017

Editor rate:

KIA Optima merupakan sebuah varian mobil big sedan yang hadir dengan berbagai fitur canggih dan mewah ala Eropa. Apa saja kelebihan dari big sedan dengan harga mencapai setengah milyar ini? Silahkan membaca tulisan review Kia Optima 2017 di bawah ini.

Lihat juga
back to top