Review Mercedes-Benz SLK-Class 2011: Peningkatan Kualitas Roadster yang ‘Fun to Drive’

07/03/2019

Share this post:

Mercedes-Benz SLK 2011

Editor rate:

Lihat promo

Generasi ketiga dari roadster mewah Mercedes-Benz SLK-Class 2011 yang terkenal memperluas daya tariknya dengan tampilan yang lebih seksi. Perubahan termasuk gaya berotot yang dipinjam dari supercar SLS, dinamika berkendara yang lebih fokus, dan peningkatan kualitas.

Review Mercedes-Benz SLK-Class 2011: Peningkatan Kualitas Roadster yang ‘Fun to Drive’
Review Mercedes-Benz SLK-Class 2011: Peningkatan Kualitas Roadster yang ‘Fun to Drive’
0 Gambar

Pengantar Mercedes-Benz SLK 2011

Mari kita simak spesifikasi Mercedes-Benz SLK 2011 di bawah ini.

Kelebihan

Tampilan eksterior yang menarik dan sporty

Ada banyak pilihan mesin dan pengendaraan yang menyenangkan

Kabin yang berkualitas

Kekurangan

Banyak yang menyebutkan bahwa mobil ini memiliki visibilitas yang buruk

Lebih mahal dibandingkan pesaingnya di segmen ini

 

Review Mercedes-Benz SLK-Class 2011Ketika memulai debutnya pada tahun 1997, Mercedes-Benz SLK-Class menawarkan sesuatu yang unik pada segmen mobil sport kecilnya: hardtop yang bisa ditarik. Dengan kemampuan untuk menghadirkan pengalaman berkendara di pegunungan sembari menikmati udara segar di dalam sebuah mobil sport dan keamanan dari segala cuaca layaknya coupé, SLK menggabungkan kenikmatan berkendara serta kepraktisan dengan cara yang tidak dapat ditandingi pesaingnya.

generasi pertama Mercedes-Benz SLK berwarna perak

Generasi pertama Mercedes-Benz SLK-Class

Pada awalnya, SLK seperti berada dalam pelayaran yang menenangkan, namun Mercedes memberikan kredensial mengemudi yang lebih serius dengan perubahan model tahun 2005. Mercedes-Benz SLK-Class 2011 yang menjadi generasi ketiga masih memiliki pilihan memikat baik bagian dalam pengendaraan maupun tampilan yang menawan.

Tanpa mengorbankan kenyamanan di jalan, SLK menyediakan perjalanan yang menyenangkan berkat penanganannya yang gesit dan pilihan meisn yang bersemangat. Di antara pesaingnya, Mercedes SLK tetap menjadi mobil yang paling disukai untuk dibawa sehari-hari. Dan dengan generasi ketiga yang menampilkan perubahan gril serta garis yang lebih berotot, mobil ini memiliki daya tarik yang lebih universal dibandingkan pesaingnya.

Generasi ketiga Mercedes-Benz SLK-Class 2011 berwarna putih

Generasi ketiga Mercedes-Benz SLK-Class 2011

Meskipun sudah lama tidak mendapatkan perubahan, kecuali facelift yang diperkenalkan bertepatan dengan 20 tahun eksistensi mobil ini, SLK masih menjadi mobil sporty yang enak dikendarai sehari-hari. Karena itu, lihat lagi bagaimana review Mercedes-Benz SLK-Class 2011 yang dirangkum oleh tim Cintamobil.com berikut ini.

Daftar mobil bekas terbaru

Lihat Semua

Eksterior Mercedes-Benz SLK 2011

Penampilan luar SLK berubah untuk menegaskan kesan sangar yang ingin ditampilkan Mercedes. Jika dilihat dari eksterior Mercedes-Benz SLK-Class 2011, tampilan luar pada dasarnya diambil dari model sebelumnya. Perubahan terlihat pada gaya berat pada hidung yang mengambil desain SLS yang lebih sporty.

Review Mercedes-Benz SLK-Class 2011: Eksterior Depan

tampilan depan Mercedes-Benz SLK-Class 2011 berwarna putih

Tampilan depan Mercedes-Benz SLK-Class 2011

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mobil ini mengubah gril dan kap aluminium yang sama dengan yang dipake dengan SLS. Dibandingkan generasi sebelumnya, gril pada eksterior depan Mercedes-Benz SLK-Class 2011 terlihat lebih besar dan tambahan bilah pada gril samping di bawah memberikan kesan yang lebih sporty. Lampu depan mendapatkan desain yang lebih tegas. Kisi-kisi single-bar di depan terlihat lebih maskulin dengan penggunaan lampu depan LED benar-benar berkilau di bagian depan.

Review Mercedes-Benz SLK-Class 2011: Eksterior Samping

tampilan samping Mercedes-Benz SLK-Class 2011 berwarna putih

Tampilan samping Mercedes-Benz SLK-Class 2011

Dilihat dari samping, dimensi SLK generasi ketiga lebih panjang 31mm dan lebih lebar 33 mm jika dibandingkan generasi sebelumnya. Perubahan yang terlihat  pada eksterior samping Mercedes-Benz SLK-Class 2011 dibandingkan generasi sebelumnya adalah garis sisi yang lebih tegas serta kisi-kisi ventilasi sayap depan untuk membantu mengalirkan angin dari roda ke luar. Bukan hanya berhubungan dengan gaya, kap dan sayap yang terbuat dari aluminium menurunkan berat badan dan secara aerodinamis lebih mulus dibandingkan pendahulunya.

Review Mercedes-Benz SLK-Class 2011: Eksterior Belakang

roadster Mercedes-Benz SLK-Class 2011 berwarna putih

Tampilan belakang Mercedes-Benz SLK-Class 2011

Dilihat dari belakang, generasi ketiga disebut lebih luas dibandingkan pendahulunya. Namun jangan sampai penampilan ini menipu Anda, karena perbedaannya hanya 33 mm. Perubahan yang jelas terlihat pada eksterior belakang Mercedes-Benz SLK-Class 2011 adalah kedua varian yang diberikan juga sudah mendapatkan gaya bodi sport yang meliputi spoiler bagasi. Sebelumnya, fitur ini hanya diberikan pada Paket Sport.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

Interior Mercedes-Benz SLK 2011

Interiornya murni Mercedes-Benz, dengan kulit halus yang melapisi pintu, fasia, kursi, dan roda kemudi. Mekanisme atap kokoh yang cukup rumit untuk dinaikan dan diturunkan, tetapi membutuhkan waktu lama dan mobil harus melaju dengan pelan agar bisa beroperasi. Tetapi secara keseluruhan, interior Mercedes-Benz SLK-Class 2011 cukup nyaman untuk ditempati.

Review Mercedes-Benz SLK-Class 2011: Dasbor

dasrbor Mercedes-Benz SLK-Class 2011 berwarna hitam

Dasbor Mercedes-Benz SLK-Class 2011

Sistem infotainment adalah yang terbaik dalam mobil ini dan mudah dinavigasikan. Sedangkan untuk mobil yang sudah berumur hampir 10 tahun ini, dasbor Mercedes-Benz SLK-Class 2011 memiliki banyak fitur jika dibandingkan dengan mobil lain pada segmennya. Mulai dari layar infotainment, sistem radio dan navigasi, sudah ada fitur AC yang bisa diaktifkan melalui suara pada dasbor depan. Meskipun bagian bawah tidak begitu mudah dijangkau karena sedikit terhalang tongkat persneling.

Review Mercedes-Benz SLK-Class 2011: Kemudi

kemudi Mercedes-Benz SLK-Class 2011 berwarna hitam

Kemudi Mercedes-Benz SLK-Class 2011

Bagian kemudi memiliki banyak fungsi dengan tombol untuk audio dan lain-lain serta paddle-shifter untuk perpindahan gigi manual kecil dan diposisikan sempurna untuk pengoperasian yang cepat. Kemudi Mercedes-Benz SLK-Class 2011 memiliki pengendalian yang cukup baik, terlebih ketika digunakan pada tikungan tajam dan presisi. Terutama ketika Anda memilih paket opsional, SLK merupakan salah satu kendaraan yang bisa dibilang “fun to drive”.

Review Mercedes-Benz SLK-Class 2011: Kursi

kursi Mercedes-Benz SLK-Class 2011 berwarna merah

Kursi Mercedes-Benz SLK-Class 2011

Untuk kenyamanan penumpang, pengemudi dan penumpang sudah mendapatkan kursi dengan balutan kulit yang halus. Namun bagi pengemudi yang tinggi bisa dibilang sedikit terganggu, karena kursi Mercedes-Benz SLK-Class 2011 tidak dapat dipindahkan ke posisi yang paling jauh tanpa bunyi yang cukup menyiksa. Dalam cuaca yang dingin tetapi kering, kursi bisa dipanaskan yang bisa membuat kehangatan membantu Anda selama mengemudi sendiri.

Review Mercedes-Benz SLK-Class 2011: Bagasi

bagasi Mercedes-Benz SLK-Class 2011 berwarna hitam

Bagasi Mercedes-Benz SLK-Class 2011

Berapa banyak ruang yang tersedia untuk bagasi tergantung pada apakah Anda memiliki untuk membuat atap naik atau turun. Tetapi SLK mampu membawa lebih banyak bagasi daripada sebagian besar pesaingnya. Bagasi Mercedes-Benz SLK-Class 2011 awalnya memiliki ruang 335 liter, namun menyusut menjadi 225 liter jika atap diturunkan. Ada banyak ruang dan mudah untuk digunakan.

>>> Berita terbaru Mercedes-Benz bisa Anda dapatkan di sini:

Fitur Mercedes-Benz SLK 2011

Kabin dua kursi khusus SLK-Class dengan kulit suede standar merupakan fitur pertama yang Anda rasakan ketika memasuki mobil ini. Selain sistem telematika “mbrace” stander, fitur Mercedes-Benz SLK-Class 2011 terlihat dari sistem AC yang bisa diaktifkan melalui suara. Cukup mewah jika dibandingkan dengan mobil lain di segmennya. Anda juga bisa mendapatkan kontrol jendela dan atap standar. Melengkapi kenyamanan di dalam, Mercedes juga menawarkan sistem audio Harman Kardon dengan 11 speaker tersebar pada bagian dalam mobil ini.

radio Mercedes-Benz SLK-Class 2011 berwarna hitam

Fitur Mercedes-Benz SLK-Class 2011

Selain itu, opsi yang disediakan termasuk tombol SmartKey start, dengan sistem navigasi dan antarmuka berbasis layar COMAND. Juga tersedia konektivitas iPod dan Radio HD serta AIRSCARF yang dengan lembut meniupkan udara panas di leher Anda dari belakang area sandaran kepala, menjadikan hari dingin jauh lebih menyenangkan ketika membuka atap mobil.

Review: Mercedes-Benz SLK-Class 2011: Magic Sky Control

Digunakan untuk SLK 300, Magic Sky Control sebenarnya adalah atap kaca transparan yang bisa digelapkan berdasarkan keinginan dalam hitungan detik. Teknologi ini bekerja dengan menggunakan partikel yang diatur secara elektrik yang bergeser untuk memungkinkan hanya sejumlah sinar UV masuk ke dalam mobil. Teknologi ini disebut membantu menjauhkan sinar UV dan inframerah serta membawa keteduhan interior kendaraan pada hari yang cerah.

teknologi Magic Sky Control Mercedes-Benz SLK-Class 2011 berwarna putih

Teknologi Magic Sky Control dari Mercedes-Benz SLK-Class 2011

Review Mercedes-Benz SLK-Class 2011: Fitur Keselamatan Aktif

Peralatan keselamatan termasuk rem anti-lock, kontrol stabilitas dan traksi, airbag pada bagian lutut dan bagian sisi yang menutupi kepala ketika terjadi kecelakaan. Selain itu, fitur keselamatan aktif Mercedes-Benz SLK-Class 2011 mendapatkan sistem telematika darurat Mercedes-Benz standar. Dalam pengujian yang dilakukan Edmunds, SLK350 berhenti dari kecepatan 100 km/jam dalam 35 meter.

Operasi Mercedes-Benz SLK 2011

Untuk versi asli, ada empat mesin bensin dan satu mesin diesel yang bisa Anda pilih. Rentang mesin bensin dimulai dari mesin empat silinder 186 daya kuda dari SLK 200 yang dilengkapi dengan sistem transmisi manual enam kecepatan atau otomatis 7G Tronic yang halus. Mesin yang cukup bersemangat tetapi mulus dan terasa sangat sporty yang menjadi pilihan populer pada versi ini.

mesin Mercedes-Benz SLK-Class 2011 berwarna hitam

Mesin Mercedes-Benz SLK-Class 2011

Mercedes juga memperkenalkan opsi enam silinder yang lebih bertenaga pada SLK 350 yang disempurnakan untuk menghasilkan hingga 310 daya kuda. Jika ingin mencari sensasi yang lebih kuat, Mercedes memperkenalkan SLK 55 AMG 5.5 liter 420 daya kuda. SLK mencengkram dengan baik untuk dikendarai dibandingkan pendahulunya.

Dilengkapi dengan mesin diesel 250 DCI empat silinder yang baru, sistem operasi Mercedes-Benz SLK-Class 2011 akan menghasilkan 56,5 mpg yang luar biasa dan memancarkan hanya 132g/km CO2. Berkat teknologi start/stop engine dan gearing panjang, mesin V6 bisa mencapai 39 mpg jika dikendarai dengan hati-hati. Optimalisasi opsional lebih bersih daripada versi manual, tetapi perbedaannya cukup kecil. Tetapi tidak ada salahnya Anda gunakan untuk menghasilkan efisiensi bahan bakar lebih tinggi.

Spesifikasi Mercedes-Benz SLK 2011

Mercedes pernah membawa mobil ini ke Tanah Air. Untuk lebih detailnya, periksa kembali spesifikasi Mercedes-Benz SLK-Class 2011 lebih lengkap di sini.

Dimensi Mercedes-Benz SLK-Class 2011

Panjang x Lebar x Tinggi

4.132 mm x 1.810 mm x 1.301 mm

Jarak Poros Roda

2.430 mm

Bagasi

355 liter (277 liter jika atap diturunkan)

Berat

3.208 kg

Mesin Mercedes-Benz SLK-Class 2011

Tipe Mesin

3.5L empat silinder V6

Isi Silinder

2.143 cc

Tenaga Maksimal

406 dk @ 4.200 rpm

Torsi Maksimal

499 Nm @ 1600–1800 rpm

Percepatan (0-100 km/jam)

6.7 detik

Kecepatan Maksimal

240 km/jam

Transmisi

7G Tronic otomatis

Kaki-Kaki Mercedes-Benz SLK-Class 2011

Suspensi Depan

Independent

Suspensi Belakang

Multi Link

Pelek

17 inci (18 inci opsional)

Daftar Harga Mercedes-Benz SLK 2011

Tak ada yang memungkiri bahwa semua produk Mercedes-Benz memiliki rentang harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mobil lainnya di segmen ini. Bahkan untuk mobil bekas saja, harga Mercedes-Benz SLK-Class 2011 mulai dari Rp 545 jutaan. Harga bisa lebih tinggi lagi jika tergantung dengan kondisi mobil yang Anda inginkan. Tertarik membelinya?

>>> Dapatkan informasi tentang harga dan promo mobil Mercedes-Benz lainnya dengan klik sini

Kesimpulan Mercedes-Benz SLK 2011

Peningkatan dari model sebelumnya dengan teknologi opsional telah dimasukan menjadi tampilan standar mobil ini membuat mobil ini lebih baik dibandingkan pendahulunya. Namun dengan mesin empat silinder V6, serta ditambah jadi mesin V8 5.5 liter di awal 2012, memperluas pasar mobil ini dengan memberikan pengendaraan yang lebih bertenaga.

tampilan belakang Mercedes-Benz SLK-Class 2011 berwarna putih

Roadster Mercedes-Benz SLK-Class 2011

Harga yang masih tinggi meskipun sudah menjadi mobil bekas merupakan penghalang untuk memiliki mobil ini. Tetapi jika dibandingkan dengan pengendaraan dan kepraktisan yang diberikan Mercedes, harga yang diberikan memang setara dengan apa yang didapatkan. Walaupun beberapa pilihan lain juga terbuka untuk mobil seharga Mercedes-Benz SLK-Class 2011. Lalu, bagaimana pilihan Anda?

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

Prestige Motor

DKI Jakarta

KW Motor Jogja

DI Yogyakarta

back to top