Review Kia Carens LX 2013 : Pembuktian MPV 7-Seater Korea “Rasa” Eropa

26/06/2018
editor rate: 4,0 user rate: 4,0
Gemuknya pasar otomotif medium MPV di Indonesia sangat menggiurkan bagi brand otomotif di Tanah Air. Tak terkecuali brand mobil asal Korea Selatan, Kia, yang mencoba peruntungan dengan mengusung Kia Carens. Apakah MPV produksi negeri gingseng ini bisa menjadi kuda hitam di tengah-tengah persaingan medium MPV di Indonesia? Silakan nikmati ulasannya di review Kia Carens LX 2013.

PENGANTAR Kia Carens 2013

Tampilan eksterior Kia Carens LX 2013 berwarna abu-abu hitam dilihat dari sisi depan

Seperti ini tampilan medium MPV Kia Carens LX 2013

Review Kia Carens LX 2013 - Lebih dari 1 dekade terakhir Kia melakukan transformasi besar-besaran. Mulai dari desain, sektor teknis, hingga pendekatan sensasi berkendara dibuat selayaknya mobil Eropa. Bisa dikatakan Kia secara ‘kewarganegaraan’ tetaplah berdarah Korea, namun soal ‘selera’ condong mengikuti brand mobil Eropa.

Dualisme ‘identitas’ inilah yang kemudian menjadikan sosok Kia Carens terasa unik. Ya, Kia Carens yang dihadirkan PT Kia Mobil Indonesia pada tahun 2013 ini dirancang bak mobil eropa sungguhan, namun dengan ‘badge’ asal Korea. Lebih uniknya lagi, saat masuk ke Indonesia generasi keempat Kia Carens ini masuk ke segmen medium MPV, yang notabene pemain di segmen ini mayoritas adalah produksi brand asal Jepang.

Akankah pendekatan ‘unik’ dari Kia Carens LX 2013 bisa membuat ia menjadi pilihan menarik untuk medium MPV berkonfigurasi 7-penumpang ini?Silakan nikmati terus review Kia Carens LX 2013 yang bisa Anda nikmati di cintamobil.com

EKSTERIOR Kia Carens 2013

Carens generasi keempat ini telah mengalami perubahan dari segi eksterior yang berarti. Kini tampilan mobil medium MPV berpostur 4.525 x 1.805 x 1.610 mm (panjang x lebar x tinggi) ini menjadi lebih stylish dan modern. Hal ini disebabkan oleh desain eksterior Kia Carens LX 2013 dikerjakan langsung oleh Peter Schreyer, Chief Designer Officer Kia, yang banyak mengeyam pengalaman mendesain brand-brand mobil asal Eropa. Berikut ini kita review Kia Carens LX 2013 di sisi eksterior.

  • Tampak depan Kia Carens 2013

Tampilan depan eksterior Kia Carens LX 2013 berwarna silver dilihat dari sisi depan

Penampilan Kia Carens LX 2013 membawa identitas desain Kia baru berupa Tiger Nose

Sentuhan desain a la mobil keluaran Eropa sudah terasa dari area fascia depan, yang dibuat lebih atletis, ramping, sekaligus dinamis. Desain ini jelas menjadi awal dari transformasi wajah Kia Carens di generasi keempat, ketimbang generasi kedua dan ketiga Kia Carens yang didesain lebih utilitarian.

Kia Carens LX 2013 memiliki identitas desain Kia baru, tiger nose, yang sudah menjadi ciri khas line up mobil Kia terbaru. Di bawah grille terdapat airdam berukuran cukup masif, yang desainnya disesuaikan dengan foglamp berbentuk kotak.

Bicara soal headlight, kini Kia Carens LX 2013 menggunakan model projector yang dibekali fitur ‘Static Bending Light’. Fitur ini memungkinkan lampu akan menyala sesuai  pergerakan setir. Efeknya adalah sisi blind spot menjadi berkurang dan sudut pandang saat bermanuver belok lebih luas.

  • Tampak Samping Kia Carens 2013

Tampilan Samping Kia Carens LX 2013 berwarna silver

Tampilan samping Kia Carens LX 2013 dirancang dinamis berkat garis desain bodi dan kaca samping berukuran masif

Desain samping eksterior Kia Carens LX 2013 dirancang lebih dinamis dengan tarikan garis desain memanjang dari headlight hingga taillight. Garis ini seolah memperkuat proporsi kaca samping Kia Carens yang dirancang besar untuk visibilitas baik bagi penumpang di dalam kabin.

Untuk pasar Indonesia, Kia Carens LX 2013 hadir dengan velg two-tone alloy berukuran 16 inci. Velg tersebut dibalut ban 205/55 R16. Dengan ground clearance mencapai 151 mm dan wheelbase 2.750 mm, Kia Carens LX 2013 dipastikan lebih bisa diajak bermanuver di hiruk pikuk jalanan urban, maupun tetap nyaman kala melewati jalanan urban yang kurang mulus.

  • Tampak Belakang Kia Carens 2013

Tampilan belakang Kia Carens LX 2013 berwarna silver

Desain taillight memberikan kesan modern pada eksterior belakang Kia Carens LX 2013

Desain buritan belakang Kia Carens LX 2013 mengisyaratkan kesan modern lewat taillight yang dirancang menyatu antara pilar D hingga ke pintu bagasi. Sedangkan area bawah pintu bagasi disematkan sensor parkir dan under garnish berkelir hitam

Demi visibilitas baik, kaca pintu bagasi belakang pun sudah dibekali wiper dan defogger belakang. Selain itu, untuk area atap sudah dibekali spoiler dengan high mount stop lamp.

>>> Mungkin Anda tertarik

INTERIOR Kia Carens 2013

Begitu masuk ke dalam interior, terasa nuansa roomy dan nyaman diciptakan oleh desainer Kia melalui dashboard berkonsep two-tone. Fleksibilitas pun turut dimaksimalkan agar mobil MPV berkapasitas 7-penumpang ini bisa menjadi partner keluarga modern yang memiliki aktifitas banyak, sekaligus tetap mengutamakan kenyamanan selama perjalanan.

Meski begitu, Kia sayangnya banyak ‘menyunat’ fitur-fitur di mobil Kia Carens LX 2013 ini, contohnya adalah absennya panoramic sunroof dan ketersediaan airbag yang hanya tersedia di pengemudi saja. Selain itu banyak ditemui area panel kosong di dashboard yang menjadi tempat pengoperasian fitur-fitur di dalam kabin.

  • Dashboard Kia Carens 2013

penampilan ruang dashboard di Kia Carens 2013

Untuk pasar Indonesia, dashboard Kia Carens LX 2013 mengalami penyesuaian dengan tombol di setir yang berkurang dan head unit 2 din aftermarket

Desain dashboard two-tone menjadi tema utama dari dashboard Kia All New Carens 2013. Untuk pilihan warna di dashboard pun terbagi dua, black-black dan black-beige, dengan material yang dirancang ramah dan nyaman saat disentuh.

Di area dashboard terdapat head unit 2 din keluaran brand aftermarket, pengaturan AC otomatis, dengan kompartemen baik glove box maupun di kolong ruang konsol tengah. Adapun di belakang tuas transmisi terdapat tempat penyimpanan untuk 2 botol minuman dan ruang penyimpanan lebih besar di bawah centre armrest.

Untuk area instrument cluster, Kia Carens LX 2013 sudah mengadopsi MID canggih berukuran 4.3 inci. Di layar MID tersebut terdapat beragam informasi seputar mobil mulai dari data trip hingga informasi jadwal service berkala.

  • Jok Kia Carens 2013

Desain jok Kia Carens LX 2013 dirancang nyaman dan fleksibel

Desain jok baris pertama dan kedua Kia Carens LX 2013

Namanya mobil keluarga di Indonesia mau tidak mau harus mengikuti 1 hukum absolut, harus muat banyak penumpang. Untungnya Kia Carens LX 2013 punya hal tersebut. 7 Penumpang dewasa dipastikan bisa duduk nyaman dengan konfigurasi 2+3+2 dari jok depan hingga belakang.

Jika Anda dan anggota keluarga lebih banyak beraktifitas dan gemar membawa barang bawaan, tenang saja. Kia menerapkan jok yang bisa dilipat rata lantai untuk baris kedua dan ketiga, sehigga bisa dipastikan secara ruang bagasi yang semula hanya 100 liter (semua kursi terpakai) menjadi 492 liter (kursi baris 3 dilipat), dan semakin membesar hingga 1650 liter (kursi baris 3 dan 2 dilipat). Nice!

>>> Jangan Sampai Anda Lewatkan:

FITUR Kia Carens 2013

Fitur Kia Carens LX 2013 pada masa peluncurannya cukup mumpuni untuk mobil medium MPV, meskipun harus diakui jika dibandingkan versi Internasional banyak mengalami penyusutan fitur. Lalu fitur apa yang bisa cintamobil.com highlight dari Kia Carens 2018

  • Fitur Berkendara Kia Carens 2013

cara mengoperasikan flex steer pada kia carens lx 2013 melalui tombol di setir

Mengatur fitur Flex Steer pada Kia Carens LX 2013 melalui tombol di setir ini

Bicara soal keasyikan berkendara, Kia Carens LX 2013 selangkah lebih baik dibanding rival-rivalnya. Ia memiliki fitur eco mode serta Flex Steer. Fitur terakhir ini mampu mengatur tingkat keringanan setir dalam 3 mode yakni ‘Normal’, ‘Comfort’, serta ‘Sport’ untuk handling lebih sigap dan mantap.

  • Fitur Keselamatan Kia Carens 2013

Uji tabrak Euro NCAP Kia Carens LX 2013

Kia Carens LX 2013 memiliki tingkat safety baik berdasarkan test Euro NCAP

Di pasar Internasional, Kia Carens LX 2013 sudah diakui sebagai salah satu MPV dengan tingkat keselamatan tertinggi. Hal ini dibuktikan lewat ganjaran EURO NCAP 5 Bintang untuk mobil Kia Carens berkode bodi RP ini.

Sayangnya, di pasar Indonesia Kia menyunat hampir mayoritas fitur keselamatan Kia Carens generasi keempat ini. Akhirnya konsumen harus menerima nasib mendapatkan MPV dengan fitur fitur keselamatan pasif berupa 1 buah airbag pada pengemudi, serta sistem seatbelt di semua kursi.

Lalu apakah tersedia fitur seperti ABS, EBD, Brake Assist, dan fitur keselamatan aktif lainnya yang disematkan di Kia Carens LX 2013 ini? Sayangnya, Anda harus gigit jari lagi untuk saat ini.

>>> Dapat hadiah besar saat beli Kia Sorento, klik sini untuk dapat informasi terlengkap

OPERASI Kia Carens 2013

NU engine mesin yang digunakan pada Kia Carens LX 2013

Mesin Kia Carens LX 2013 ini menghasilkan tenaga 150 hp dan torsi 195 Nm

Dibalik kap mesin, tersimpan mesin NU 2.0 liter MPI 4-silinder DOHC Dual CVVT. Mesin yang turut digunakan pada Kia Sportage ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 150 HP dan torsi maksimum 195 Nm. Semua tenaga yang dimiliki mobil ini akan tersalurkan ke roda depan melalui pilihan transmisi otomatis atau manual, masing-masing 6 percepatan.

Tenaga yang dimiliki mobil ini memang terbilang cukup besar. Terbukti 0-100 km/jam bisa dieksekusi oleh MPV asal Korea Selatan ini dalam waktu 10 detik. Dan menariknya lagi, perpaduan antara sistem kemudi Flex Steer dengan kombinasi suspensi MacPherson Strut dan Couple Torsion Beam Axle di mobil ini mampu diajak ‘berdansa’ di tengah kemacetan urban dengan nyaman dan lincah.

Sekalipun mobil ini sudah dilengkapi rem cakram di seluruh roda, namun Anda harus hati-hati dalam melakukan pengereman di mobil ini. Sebab pada saat mobil ini diluncurkan tidak didukung oleh fitur keselamatan aktif.

>>> Tertarik dengan mobil Kia Picanto 2013, jangan tinggalkan daftar ini

spesifikasi Kia Carens 2013

Berikut adalah spesifikasi dari Kia Carens LX 2013 yang bisa Anda simak di cintamobil.com

Dimensi/ Ukuran Kia Carens LX 2013

P x L x T

4.525 mm x 1.805 mm x 1.610 mm

Jarak poros roda

2,750 mm

Berat

1,548 kg

Mesin Kia Carens LX 2013

Jenis

NU 2.0 MPI 4-silinder DOHC Dual CVVT

Isi silinder

1,999 cc

Daya maksimum

150 hp @ 6,500 rpm

Torsi maksimum

195 Nm @ 4,800 rpm

Rangka Kia Carens LX 2013

Transmisi

- Manual 6 Percepatan

- Otomatis 6 Percepatan

Suspensi depan

MacPherson strut

Suspensi belakang

Couple Torsion Beam Axle

Rem depan

Ventilated disc

Rem belakang

Solid Disc

Ukuran ban

205/55 R16

kelebihan & kekurangan Kia Carens 2013

Seperti apa sebenarnya kelebihan dan kekurangan Kia Carens LX 2013 yang bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum memutuskan membeli mobil ini? Berikut ulasan selengkapnya.

Kelebihan

Kekurangan

Desain Bak Mobil Eropa

Image mobil Korea masih di bawah mobil Jepang

Fitur Flex Steer membuat handling makin oke

Banyak fitur penting disunat

Performa memuaskan

Value for Money

Kabin Fleksibel untuk Mengangkut Keluarga maupun barang bawaan

 

>>> Untuk tahu kelebihan dan kekurangan mobil Kia lainnya, silahkan klik sini

daftar harga Kia Carens 2013

Saat pertama kali dijual di Indonesia, harga Kia Carens LX 2013 dalam kondisi on the road di pasarkan di harga  Rp249,5 juta untuk transmisi manual dan matik dibanderol Rp262,5 juta on the road Jakarta.

Mengingat saat ini Kia Carens LX 2013 sudah tidak tersedia dalam kondisi baru, maka Anda bisa menemukan Kia Carens bekas generasi keempat ini di kisaran harga Rp150 -200 jutaan, berdasarkan listing mobil bekas di cintamobil.com

>>> Klik sini untuk lihat harga mobil bekas lainnya

Video Kia Carens 2013

Ingin tahu seperti apa Kia Carens LX 2013 dalam bentuk video? Langsung saja klik play video ini

KESIMPULAN Kia Carens 2013

MPV 7-Seater Korea bercitarasa Eropa rasanya sangat tepat ditujukan kepada Kia Carens LX 2013. MPV asal negeri gingseng ini secara visual memang sukses menyetarakan standar bangun mobil, baik dari desain, rasa berkendara, dan kenyamanan  disesuaikan dengan standar brand mobil Eropa yang tentu saja di atas mayoritas rival-rivalnya yang menganut standar MPV dari Jepang.

Hanya saja pendekatan Kia Carens LX 2013 ini serasa ‘nanggung’. Pasalnya dari segi fitur bisa dikatakan tidak ada ‘eropa’ sama sekali, mengingat banyak fitur di pangkas demi bisa bersaing di segmen pasar gemuk medium MPV di Indonesia.

Berkaca pada prinsip ‘beauty is pain’, jika Anda rela memiliki mobil MPV stylish yang sangat bersahabat untuk aktifitas urban, namun soal fitur biasa-biasa saja, maka Kia Carens LX 2013 merupakan jawaban yang pas untuk pilihan mobil bekas MPV Anda kali ini.

>>> Klik sini untuk lihat mobil-mobil lain dijual di Indonesia

Hafizh Fauzan
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil