Review Daihatsu Great New Xenia R Sporty 2017, Mobil Keluarga Yang Bertahan Di Tengah Gempuran Mobil Baru

03/05/2018
editor rate: 4,0 user rate: 4,0
Di usianya yang ke 7 tahun, Great New Xenia ini sudah mengalami beberapa kali perubahan. Kali ini Cintamobil mencoba kasta tertingginya. Silahkan simak review Daihatsu Great New Xenia R Sporty 2017 di bawah ini.

PENGANTAR Daihatsu Xenia 2017

Gambar menunujukkan profil Daihatsu Xenia R Sporty 2017 berwarna coklat

Tampilan baru Daihatsu Xenia R Sporty 2017

Review Daihatsu Xenia R Sporty 2017 - Daihatsu Xenia lahir di Indonesia sejak tahun 2004 sebagai 'kembaran' LMPV sejuta umat Toyota Avanza. Kembaran? Ya, in case Anda lupa atau belum mengetahuinya, Daihatsu bekerjasama dengan Toyota untuk membuat mobil jenis MPV yang harganya lebih terjangkau untuk masyarakat Indonesia ketika itu. Terbukti, Xenia dan Avanza langsung merangsek meramaikan pasar Low MPV yang ketika itu belum ada pesaingnya.

Tujuh tahun berselang, di tahun 2018 Xenia sudah banyak berubah sejak pertama kali dilahirkan. All-New Great Xenia hadir di penghujung tahun 2011 menggantikan Xenia generasi pertama dengan desain yang sama sekali baru. Lebih modern, lebih mewah, lebih nyaman, dan lebih berkelas. Bahkan sampai performanya pun beda berkat mesin baru. Silahkan sobat-sobat cintamobil.com simaklah review Daihatsu Xenia R Sporty 2017 di bawah ini. 

EKSTERIOR Daihatsu Xenia 2017

Dari eksteriornya sudah menjelaskan bahwa Xenia R Sporty ini memang beda. Desain bumper depan yang sporty mempertegas tipe Sporty itu sendiri. Lekukan garis bumper dengan foglamp terlihat sangat keren dan jujur saja, meningkatkan kasta Xenia ke level yang berbeda. Desain grill yyang lebar memberikan kesan mewah juga.

  • Tampak Samping

Kehadiran sideskirt di sisi kiri kanan Xenia R Sporty mempertgas perbedaan tipe ini dengan tipe lainnya. Seluruh handle pintu model tarik berlapis chrome sama sepertinlist kaca samping. Velg palang lima motif black polish Juga menambah kemewahan Xenia R Sporty ini.

Gambar menunujukkan profil Daihatsu Xenia R Sporty dari posisi belakang

Tampilan Daihatsu Xenia R Sporty lebih mewah dan sporty pada area bumper

  • Tampak Belakang

Di bumper belakang, terlihat ada panel hitam doff untuk memperkuat aura sporty Xenia ini. Lalu garnis lampu belakang terlihat menyatu dengan garnis tengah chrome dan ada panel taambahan di pintu bagasi yang membuat seolah pintu bagasinya terlihat lebih ‘padat’.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Daihatsu Xenia 2017

Gambar menunjukkan ara interior Daihatsu Xenia R Sporty secara keseluruhan

Interior lebih mewah didominasi warna coklat

Begitu duduk didalamnya, aura interior yang didominasi warna kecoklatan membuat mata lebih teduh melihatnya. Jok juga terasa lebih nyaman diduduki, rasanya beda dibandingkan Xenia tipe lain. Lalu headunit monitor 7 inci cukup membantu kami menghilangkan kebosanan menyetir di tengah kemacetan sementara hembusan AC yang sejuk juga membantu menyegarkan kami yang berada didalamnya.

Gambar AC double blower pada Daihatsu Xenia R Sporty 2017

AC double blower membuat penumpang belakang tidak kepanasan

Duduk di jok tengah juga masih cukup nyaman, selain bisa reclining jok tengah juga bisa dimaju mundurkan untuk mencari posisi ternyaman. AC double blower juga membuat penumpamg di jom tengah tidak akan kepanasan. Lalu jika hendak membawa barang banyak, jok baris ketiga bisa dilipat untuk menambah volume bagasi.

>>> Mungkin Anda juga tertatrik:

FITUR Daihatsu Xenia 2017

Gambar beberapa fitur pada Daihatsu Xenia R Sporty 2017

Beberapa fitur standar yang ada di Daihatsu Xenia R Sporty

Sebagai salah satu pelopor LMPV Daihatsu di Indonesia, Xenia dilengkapi fitur keselamatan seperti airbag untuk pengemudi dan penumpang depan.  Kemudian ada juga fitur Fresh Air Control, MID and ECO Indicator, juga Integrated Key dan 3rd Row Seatbelt.

OPERASI Daihatsu Xenia 2017

Gambar mesin Daihatsu Xenia R Sporty

Mesin 1.3L dual VVT-i lebih bertenaga dan irit BBM

Daihatsu Xenia yang cintamobil.com test drive adalah yang bermesin 1.3L. Mesin ini berkapasitas 1.298 cc, 4 silinder dan 16 katup VVT-i ternyata performanya lebih menyenangkan ketika diajak menembus kemacetan ibukota. Pun ketika harus melewati jalan yang menanjak tenaga mesin dirasa masih cukup. Kecepatan hingga 100 kpj bisa dicapai tanpa kesulitan berarti. Rata-rata konsumsi bensin yang kami dapatkan adalah sekitar 1l/12,5 km. Not bad kan?

Gambar transmisi manual Daihatsu Xenia R Sporty 2017

Transmisi mobil Daihatsu Xenia R Sporty 2017

Power mesin disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis 4 percepatan atau manual 5 percepatan yang mudah dioperasikan, meski untuk tanjakan yang agak curam kami harus memindahkan ke posisi 2 untuk mendapatkan torsi mesin yang lebih besar.

>>> Klik sini untuk simak review mobil Daihatsu lainnya

spesifikasi Daihatsu Xenia 2017

Berikut spesifikasi lengkap Daihatsu Xenia R Sporty 2017.

Mesin Daihatsu Xenia R Sporty 2017

Tipe Mesin

1NR-VE DOHC Dual VVT-i

Isi Silinder

1.329 cc

Daya Maksimum

97 Ps / 6.000 rpm

Torsi Maksimum

12,3 kgm / 4.200 rpm

Dimensi Daihatsu Xenia R Sporty 2017

P x L x T

4.140 x 1.660 x 1.695 mm

Jarak Poros Roda

2,655 mm

Kapasitas Tangki

45 L

Suspensi dan Kaki-Kaki Daihatsu Xenia R Sporty 2017

Transmisi

5-speed MT, 4-speed AT

Suspensi Depan

Mac Pherson with coil spring and stabilizer

Suspensi Belakang

5 link, rigid-axle with coil spring

Rem Depan

Cakram

Rem Belakang

Teromol

kelebihan & kekurangan Daihatsu Xenia 2017

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Daihatsu Xenia R Sporty 2017.

Kelebihan

Kekurangan

Penampilan lebih modern

Harga cukup tinggi

Konsumsi bensin irit

Model sudah mulai ketinggalan

Harga jual kembali stabil

 

Kenyamanan suspensi

 

 

daftar harga Daihatsu Xenia 2017

Mari kita perhatikan harga jual on-the-road Jabodetabek sebagai berikut.

Model

Harga

Daihatsu Xenia R Sporty MT

Rp 205.100.000

Daihatsu Xenia R Sporty AT

Rp 215.100.000

Video Daihatsu Xenia 2017

Sebagai memberikan gambar paling jelas tentang review Daihatsu Xenia R Sporty 2017, silahkan menonton video di bawah ini.

KESIMPULAN Daihatsu Xenia 2017

Daihatsu Xenia R Sporty cocok untuk Anda yang menginginkan tampilan yang berbeda dari Xenia. Dengan semua perbedaannya ini, Xenia masih menjadi sebuah MPV Rp 200 jutaan yang masih bisa jadi pilihan. Mesinnya yang handal, perawatan yang mudah, dan ketersediaan sparepart yang banyak membuat Anda tak perlu khawatir akan after sales service.

Tomy
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil