Review Suzuki Ignis GL MT 2017: Hatchback Tahun Muda Seirit Motor

31/12/2020

Share this post:

Suzuki Ignis 2017

Editor rate:

Rp. 96.000.000

Harga mobil Suzuki Ignis & Promo Lihat promo

Bila Anda ingin mobil perkotaan yang konsumsi BBMnya seperti sepeda motor maka Anda harus lihat ulasan kami mengenai Suzuki Ignis GL MT 2017 ini hingga tuntas

Review Suzuki Ignis GL MT 2017: Hatchback Tahun Muda Seirit Motor
Review Suzuki Ignis GL MT 2017: Hatchback Tahun Muda Seirit Motor
0 Gambar

Pengantar Suzuki Ignis 2017

Mari kita simak spesifikasi Suzuki Ignis 2017 di bawah ini.

Kelebihan

Konsumsi BBM irit

Rasio gigi pas

Handling baik

Kekurangan

Suspensi keras

Headrest hanya tersedia untuk 4 penumpang

Head unit sederhana

Gambar Suzuki Ignis GL MT 2017

Seberapa menarik Ignis tipe GL ini?

Bila Anda adalah keluarga muda, yang baru menikah dan akan memiliki seorang anak, pasti Anda akan berpikir untuk membeli sebuah mobil. Karena demi keamanan dan keselamatan, anak kecil atau balita tentunya tidak layak dibawa kemana-mana naik sepeda motor. Suzuki Ignis tipe GL bertransmisi manual ini adalah mobil yang kami rekomendasikan untuk Anda. Mengapa? Simak review Suzuki Ignis GL MT 2017 yang dijual dalam keadaan bekas oleh CARRO Indonesia ini hingga tuntas.

Eksterior Suzuki Ignis 2017

Review Suzuki Ignis GL MT 2017: Tampilan Depan

Gambar tampilan depan Suzuki Ignis GL MT 2017

Tampak depan punya tampang sporty

Review Suzuki Ignis tipe GL ini kita mulai dari bagian depan. Tak seperti trim lain di atasnya seperti GX yang sudah dilengkapi dengan ornamen krom yang mengelilingi grille, di tipe GL ini grille depan masih full hitam polos dan hanya ada sedikit ornamen krom. Begitu juga dengan headlamp depan yang masih model multi reflektor biasa dengan bohlam halogen. Oh ya foglamp seperti foto di atas bukan bawaan standar mobil.

Review Suzuki Ignis GL MT 2017: Tampilan Samping

Gambar tampilan samping Suzuki Ignis GL MT 2017

Trim GL hadir tanpa roof rail

Berlanjut ke bagian samping, aura kokoh khas SUV mini ditunjukkan Ignis dengan hadirnya ornamen di kap mesin. Serta tetap ada ornamen di samping kap mesin dan aksen coakan 3 dimensi di pilar C yang terinspirasi dari mobil lawas Suzuki. Yang berbeda jelas adalah ketiadaan roof rail di trim GL ini, dan juga lampu sein samping masih diletakkan di atas fender depan.

Review Suzuki Ignis GL MT 2017: Tampilan Belakang

Gambar tampilan belakang Suzuki Ignis GL MT 2017

Tampak belakang biasa saja

Pada bagian buritan Suzuki Ignis GL MT 2017 ini tak tersedia mata kucing yang bentuknya lebih pipih dan meninggi seperti di versi facelift tahun 2020. Desain itu berpadu pas dengan aksen silver di bagian tengah bumper. O ya, Ignis tipe GL ini sudah tersemat wiper, dan defogger, tersedia pula sepasang sensor parkir yang mampu memberi tahu pengemudi jarak ke objek di belakang saat parkir mundur.

>>> Lihat juga review mobil Suzuki lainnya:


Interior Suzuki Ignis 2017

Review Suzuki Ignis GL MT 2017: Layout Dashboard

Gambar layout dashboard Suzuki Ignis GL MT 2017

Layout dashboard punya aura funky

Masuk ke interior Suzuki Ignis GL MT 2017 ini Anda akan merasa kepraktisan di mobil ini cukup baik dengan hadirnya cukup banyak tempat penyimpanan baik terbuka maupun tertutup di dashboard. Untuk trim GL pre-facelift ini, pegangan pintunya masih mengikuti warna bodi seperti pada trim di atasnya, dan berubah menjadi warna silver saja di versi facelift.

Review Suzuki Ignis GL MT 2017: Kursi

Gambar kursi depan Suzuki Ignis GL MT 2017

Kursi terasa keras diduduki

Lima penumpang dapat duduk dengan cukup nyaman di dalam kabin Suzuki Ignis GL MT 2017 ini. Sayangnya bukan hanya joknya terasa agak keras bila dibandingkan dengan rivalnya sesama Jepang, tapi hanya empat orang saja di sini yang mendapatkan headrest yang proper karena dapat diatur tinggi-rendahnya. Begitu juga seatbelt 3 titik yang hanya tersedia untuk empat penumpang termasuk pengemudi.

Gambar kursi belakang Suzuki Ignis GL MT 2017

Kabin belakangnya sempit

Kabin belakang juga terasa lebih sempit bila dibandingkan dengan rival sekelasnya seperti Honda Brio RS, KIA Picanto bahkan mobil di kelas LCGC seperti Daihatsu Ayla, belum lagi sandaran punggung yang terasa terlalu tegak. Kombinasi tersebut membuat mobil ini terasa kurang pas bila harus digunakan untuk perjalanan jauh dengan durasi yang lama.

Review Suzuki Ignis GL MT 2017: Setir

Gambar setir Suzuki Ignis GL MT 2017

Setir terasa kurang mantap digenggam

Lingkar kemudi Suzuki Ignis GL MT 2017 ini menggunakan kombinasi dua warna yang membuatnya tampil tidak monoton. Meskipun ia sudah bisa diatur naik dan turun, tetapi sayangnya setir ini terasa kurang mantap untuk digenggam. Sebab lingkarnya terasa kurus dan tidak sepadat rivalnya atau varian Suzuki di atasnya. Belum lagi rasio EPS (Electronic Power Steering) kadang terasa ‘telat’ saat setir dibelokkan dengan agresif dan setir ini minim feedback.

>>> Cek berita terupdate mengenai mobil Suzuki di sini:

Fitur Suzuki Ignis 2017

Review Suzuki Ignis GL MT 2017: In-Car Entertaiment System

Foto head unit Suzuki Ignis GL

Kemampuan head unit biasa-biasa saja

Head unit terintegrasi yang diusung oleh Suzuki Ignis GL MT 2017 ini memang terasa usang fitur-fiturnya. Ia hanya mampu memutar CD, menerima input AUX serta USB, dan memutar siaran radio FM dan AM. Meski demikian, kami tetap menyukai kualitas suara dari sistem audio Ignis GL ini, sebab kualitas reproduksi suaranya tetap jernih kendati ia hanya dilengkapi dengan empat speaker tanpa adanya tweeter.

Review Suzuki Ignis GL MT 2017: Panel Instrumen

Gambar panel instrumen Suzuki Ignis

Panel instrumen sajikan informasi lengkap

Panel instrumen Suzuki Ignis tipe GL ini senada dengan tipe GX. Karena sudah dilengkapi dengan layar Multi Information Display (MID) yang lengkap. Yang menyenangkan adalah meski kualitas layar LCD yang digunakan belum full pixel, namun informasi yang disajikan cukup lengkap. Dari mulai konsumsi BBM rata-rata, konsumsi BBM real time, jam, suhu luar kendaraan, sisa jarak tempuh yang dapat dilewati berdasarkan sisa BBM di tangki, odometer, serta tripmeter A dan B.

>>> Enggak tertarik beli Suzuki Ignis bekas? Lihat harga Suzuki Ignis terbaru di sini

Operasi Suzuki Ignis 2017

Foto mesin K12M Suzuki

Mesin K12M hemat BBM dan punya tenaga cukup kuat

Suzuki Ignis GL MT 2017 ini menggunakan mesin 4-silinder 1.200 cc berkode K12M. Mesin dengan sistem pengabutan bahan bakar Multi Point Injection ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 83 PS atau sekitar 81,5 HP pada putaran mesin 6.000 rpm, serta torsi 113 Nm pada 4.200 rpm. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi manual 5-percepatan.

Foto tuas transmisi Suzuki Ignis

Tuas transmisinya cukup presisi

Mesin ini terbukti hemat mengolah bahan bakar. Cintamobil.com sudah tes sendiri, saat berjalan konstan di kecepatan 90 km/jam, 1 liter BBM dengan oktan 92 mampu membawanya sejauh 22,7 km. Sedangkan untuk di rute dalam kota yang padat mampu mencatat 17,3 km/liter di average speed 22 km/jam. Hal yang menyenangkan adalah pedal koplingnya yang ringan serta pergerakan tuasnya yang presisi dan tidak seperti mobil Suzuki lama yang terasa agak kaku.

>>> Inikah mesin diesel terbaru Suzuki?

Spesifikasi Suzuki Ignis 2017

Berikut ini adalah spesifikasi Suzuki Ignis GL MT 2017.

Mesin Suzuki Ignis GL MT 2017
Seri mesin

K12M, 4-Silinder Segaris, DOHC, VVT

Pasokan Bahan Bakar

Multipoint Injection

Jumlah Katup

16 Katup (2 Katup Inlet dan 2 Katup Outlet Per Silinder)

Tenaga Maksimum

81,5 Hp (83 Ps) @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

113 Nm @ 4.200 rpm

Kapasitas Silinder

1,197 cc

Bore X Stroke

73,0 mm X 71,5 mm

Tipe Transmisi

Manual 5 percepatan, Penggerak Roda Depan (FWD)

Rangka Suzuki Ignis GL MT 2017
Panjang X Lebar X Tinggi

3.700 mm x 1.660 mm x 1.595 mm

Jarak Sumbu Roda

2.435 mm

Ground Clearance

180 mm

Jumlah Tempat Duduk

5 Tempat Duduk

Radius Putar

4,7 Meter

Kapasitas Tangki

32 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Suzuki Ignis GL MT 2017
Suspensi Depan & Belakang

Depan: MacPherson Strut with Coil Spring

Belakang: Torsion Beam with Coil Spring

Sistem Kemudi

Rack and Pinion with Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

Ventilated Disc & Drum, Leading Trailing

Teknologi Sistem Pengereman

ABS & EBD

Teknologi Safety Sasis

HEARTECT

Struktur Sasis

Monokok, Hatchback A Segment

Pelek

Alloy, 15 Inch

Jenis Ban

Radial, 175/65R15

Daftar Harga Suzuki Ignis 2017

Gambar ilustrasi harga Suzuki Ignis GL MT 2017

Cicilan mobil ini per bulan hanya Rp 1,8 jutaan saja dengan tenor 60 bulan

Suzuki Ignis tipe GL yang dijual dalam kondisi bekas oleh CARRO Indonesia ini tahun 2017. Mobil ini bisa Anda bawa pulang dengan harga kredit Rp 97.000.000 dan cicilan per bulan Rp 1,8 jutaan saja selama 60 bulan, sementara jika Anda ingin meminangnya dengan cash, maka Anda harus siapkan dana Rp 101.000.000. Mobil ini begitu menarik dan salah satu keistimewaan mobil-mobil yang dijual oleh CARRO sudah melewati 150 titik pengecekan untuk memastikan kualitas mobil.

Kesimpulan Suzuki Ignis 2017

Gambar ilustrasi kesimpulan review Suzuki Ignis GL MT 2017

Ignis pas untuk keluarga muda

Apabila Anda adalah seorang kepala keluarga muda yang hendak membelikan mobil untuk keluarga Anda yang irit BBM maka Suzuki Ignis GL MT 2017 ini adalah mobil yang pas untuk Anda. Sebab fiturnya bisa dikatakan cukup, konsumsi BBM irit, plus harga cashnya sudah Rp 100 jutaan saja. Apalagi dengan nama besar Suzuki di Tanah Air membuat Anda tak perlu ragu akan kualitas mobil yang didatangkan bulat-bulat dari India ini.

>>> Lihat juga review mobil lainnya yang tak kalah komperhensif di sini

Arfian Alamsyah
Share this post:
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
BLESS AUTO

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

CARRO Automall

Jawa Barat

Review lain

Review Suzuki SX4 S-Cross 2016: Penerus Hegemoni X-Over?

Review Suzuki SX4 S-Cross 2016: Penerus Hegemoni X-Over?

Rp. 170.000.000

04/12/2020

Editor rate:

Bisa dibilang masa kejayaan Suzuki SX4 adalah ketika tahun 2007 hingga tahun 2014 di mana SX4 hadir dengan tipe X-OVER, akankah SX4 S-Cross layak jadi penerus?

Lihat juga
Review Suzuki Karimun Wagon R GS Blind Van 2020: Karimun Jagoan Fleet

Review Suzuki Karimun Wagon R GS Blind Van 2020: Karimun Jagoan Fleet

TBA

26/11/2020

Editor rate:

Sebenarnya Suzuki Karimun Wagon R sudah lama jadi jagoan fleetnya Suzuki, kini kami akan bahas trim tertingginya yakni Suzuki Karimun Wagon R GS Blind Van 2020

Lihat juga
Review Suzuki New Carry Luxury 2020: Enggak Perlu Pusing Modifikasi Lagi

Review Suzuki New Carry Luxury 2020: Enggak Perlu Pusing Modifikasi Lagi

Rp. 156.100.000

13/03/2020

Editor rate:

Untuk semakin mengukuhkan gelar sebagai 'Rajanya Pick Up' Suzuki Indonesia meluncurkan New Carry Luxury di ajang GIICOMVEC 2020. Berikut ini review Suzuki New Carry Luxury 2020.

Lihat juga
Review Suzuki New Carry Blind Van 2020: Blind Van Termahal Di Kelasnya

Review Suzuki New Carry Blind Van 2020: Blind Van Termahal Di Kelasnya

Rp. 217.300.000

15/10/2020

Editor rate:

Suzuki New Carry Blind Van menjadi mobil niaga yang dibanderol paling mahal di kelasnya, lantas apakah harganya yang tinggi membuatnya layak untuk dimiliki?

Lihat juga
Review Suzuki Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition 2020: Spesial Hanya 50 Unit

Review Suzuki Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition 2020: Spesial Hanya 50 Unit

Rp. 159.000.000

21/10/2020

Editor rate:

Inilah kado 50 tahun kiprah Suzuki di Indonesia dari sisi produk, ia adalah Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition 2020 yang hanya tersedia genap 50 unit

Lihat juga
back to top