Spesifikasi Nissan Serena 2018, MPV Macho Dengan Segudang Teknologi

08/06/2018
editor rate: 4,5 user rate: 4,5
Apa yang terlintas di benak Anda tentang MPV? Ruang kabin luas, kemampuan angkut luar biasa, bodi boxy yang cenderung bikin bosan? Semua itu tidak berlaku di Nissan Serena 2018 ini. Karena mobil yang paling cepat di perkenalkan bulan Juli 2018 ini hadir dengan segudang teknologi yang mutakhir. Untuk tahu lebih jelas tentang mobil ini, silahkan simak spesifikasi Nissan Serena 2018 di bawah ini.

PENGANTAR Nissan Serena 2018

Gambar mobil Nissan Serena C27 2018 berwarna merah saat diluncurkan di Jepang pada tanggal 24 Agustus 2016

Nissan Serena C27 2018 saat diluncurkan di Jepang 24 Agustus 2016

Review Nissan Serena 2018 - MPV yang memulai debutnya pada tahun 1991 ini, memang dari awal di rancang untuk menyajikan kenyamanan bagi penumpang dan pengendaranya. Tidak terkecuali untuk model terbaru ini yang menggunakan kode bodi C27. Bedanya, kini ia hadir dengan banyak teknologi baru yang tidak akan ditemukan pada lawan sekelasnya.

For more you know, Nissan Serena hingga hari ini sudah memasuki generasi kelima. Dan setiap perubahan model pada generasinya hanya ada dua model yang benar-benar radikal. Yang pertama adalah dari generasi pertama Serena C23 tahun 1991 ke Serena C24 tahun 1999. Dimana saat itu C23 hadir dengan konsep cab-over (mesin berada di bawah pengemudi dan penumpang) ke C24 dengan penempatan mesin di depan bonnet (hidung) dan adanya varian long wheelbase di Taiwan. Yang kedua adalah dari Serena C26 ke Serena C27 ini. Dari bentuk dominan membulat pada C26 ke mengotak C27.

Sebelum melihatnya dengan mata kepala sendiri, yuk simak review lengkap Cintamobil.com terhadap Nissan Serena C27 2018 berikut ini...

EKSTERIOR Nissan Serena 2018

Kami dari Cintamobil.com merasa mobil-mobil Nissan terbaru saat ini banyak yang desain eksteriornya lebih ke arah bentuk mengkotak yang macho namun tetap elegan dibanding desain ‘aman’ yang membulat. Tentu saja Nissan Serena 2018 yang akan menyapa publik Indonesia di bulan Juli 2018 ini bukan pengecualian.

Gambar Tampilan depan dan belakang 2 mobil Nissan Serena C27 2018 berwarna merah

Tampilan depan dan belakang Nissan Serena C27 2018

  • Tampak samping

Desain mengkotak terus berlanjut ke bagian sampingnya. Tarikan garis dari lampu depannya terus mengalir ke bagian samping belakang rel power sliding doornya. Trik desainer Nissan ini bisa dibilang cerdas, karena berkat tarikan garis tersebut, seolah rel tersembunyikan. Yang perlu di notice adalah, kini pilar A dibuat lebih tipis oleh Nissan. Tentunya Cintamobil.com juga Anda akan menyukai ubahan ini karena pengaruhnya signifikan terhadap visibilitas.

Kesan MPV macho langsung terpancar dari tampilan depan Nissan Serena 2018 ini. Memang sih, harus di akui belum se-macho Mitsubishi Delica. Namun desain yang didominasi mengkotak sangat terlihat dari sudut lampu dibuat terpisah antara sein serta daytime running light mirip alis di bagian atas dengan lampu utamanya di bagian bawah. Lalu desain mengkotak di bumper depan, desain foglamp hingga V-Shape grill khas Nissan kekinian yang seolah menyambung dengan headlampnya. Secara umum desain Nissan Serena 2018 berkode bodi C27 ini lebih berani dan macho bila dibandingkan pendahulunya.

 Gambar bagian Samping mobil Nissan Serena 2018 berwarna merah

Tampak Samping Nissan Serena 2018

 

  • Tampak belakang

Bila pada Nissan Serena C26 desain lampu belakangnya memanjang di pilar C hingga ke rel sliding door pintu samping. Kini stoplampnya dibuat lebih pendek, yang jika dilihat dari bagian samping seolah menyatu dengan lekukan garis pada kaca. Usaha yang bagus agar mobil terlihat semakin slim and sleek. Kaca belakang tetap dengan desain besar, namun bedanya kini bilah pemisah antara kaca dengan pintu belakang lebih tebal. Hal ini wajar, mengingat Nissan Serena 2018 ini sudah memiliki fitur dual back door.

 Tampilan lampu belakang Nissan Serena C27 2018

Tampilan lampu belakang Nissan Serena C27 2018

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Nissan Serena 2018

Kami dari Cintamobil.com merasa agak surprise dengan layout interior Nissan Serena 2018 ini. Bahkan, bila dibandingkan Nissan Terra 2018 yang lebih fresh from the oven sekalipun. Interior Nissan Serena terasa jauh lebih advance.

  • Dashboard

Well, lihat saja canter facia dasbornya, berkesan berani, futuristik, namun tetap mewah. Desain panel spidometer memanjang dari bagian tengah dasbor atas ke bagian kanan membuat kesan elegan. Belum lagi penggunaan setir flat bottom berdesain baru, membuat kesan mewah, sophisticated semakin mencuat. Layout interior the high roof minivan ini juga semakin menyenangkan dengan banyaknya ruang penyimpanan baik terbuka maupun tertutup.

Gambar bagian dashboard mobil Nissan Serena 2018

Layout Interior Nissan Serena 2018

  •  Kursi

Duduk di kabin Nissan Serena 2018 ini saat perjalanan jauh pastinya enggak akan melelahkan. Karena Nissan Serena 2018 menggunakan kursi Zero Grafity yang dirancang khusus bersama NASA. Seakan masih mewarisi kehebatan pendahulunya dalam akomodasi penumpang. Nissan Serena 2018 juga masih punya fitur bangku yang dapat diatur secara fleksibel. Bahkan Cintamobil.com berani bilang, jika kualitas serta desainnya sama dengan sedan menengah. Malahan lebih hebat lagi, bukan hanya bangku baris pertama yang bisa disetel. Bangku baris kedua masih bisa diputar menghadap ke depan maupun ke belakang. Fitur ini memang enggak baru namun tetap menjadi andalan Nissan Serena 2018.

Gambar bagian kursi mobil Nissan Serena 2018 yang memberikan rasa nyaman kepada semua penumpang

Nyaman Bagi Seluruh Penumpang Merupakan Citra Nissan Serena 2018

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

FITUR Nissan Serena 2018

Kini kita akan lengkapi spesifikasai Nissan Serena 2018 di sisi fitur. Sebagai MPV atap tinggi jagoan Nissan. Tentunya Nissan Serena 2018 hadir dengan banyak fitur unggulan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Dual Back Door

Penggunaan fitur dual back door tentu akan semakin menyenangkan bagi Anda yang suka lupa ingatan dan harus mengambil barang di mobil. Repotnya jika load di bagasi mobil Anda sedang penuh, dan Anda hanya perlu mengambil di bagian atas pada tumpukan barang tersebut. Dengan adanya fitur dual back door pada Nissan Serena 2018, Anda tidak akan kesulita lagi, pasalnya kini ada tuas tersendiri pada pintu belakang yang bisa digunakan untuk hanya membuka setengah dari pintu bagasi. Praktis kan?

Fitur Dual Back Door Pada Nissan Serena 2018 Yang Memudahkan pengguna

Dual Back Door Pada Nissan Serena 2018 Yang Memudahkan

  • Tic Tac Door

Selain dual back door tadi, masih ada lagi fitur baru pada Nissan Serena 2018 yaitu Tic tac door. Salah satu tim Cintamobil.com telah melakukan random asking sample ke salah satu dealer Nissan Datsun di Indonesia. “Perbedaaan untuk All New Serena adalah dari segi electric sliding door-nya. Kalau dulu mesti di tekan, yang ini enggak perlu. Cukup sentuh dengan kaki (pada pintunya) langsung bisa terbuka,” terang salah satu sales yang namanya kami rahasiakan ini. Hal ini cukup membuktikan bahwa tidak lama lagi Nissan Serena C27 akan dilempar ke pasar Indonesia.

 

Tic Tac Door Pada Nissan Serena 2018

Tic Tac Door Pada Nissan Serena 2018

  • Panel Instrumen futuristis

Satu lagi hal yang menyenangkan pada Nissan Serena 2018 adalah tampilan pada panel instrumennya. Terlihat lebih clean, futuristis namun tetap informatif. Tentunya, kami dari Cintamobil.com yakin akan tetap tersedia on board computer, spidometer dan takometer digital serta informasi lain yang di olah sangat menarik pada panel instrumennya.

Panel Instrumen Futuristis Di Nissan Serena 2018

Panel Instrumen Futuristis Di Nissan Serena 2018

>>> Klik sini untuk simak tulisan review mobil Nissan lainnya

OPERASI Nissan Serena 2018

Nissan Serena 2018 ini masih menggendong mesin yang sama dengan pendahulunya, yakni unit MR20DD yang mampu menghasilkan tenaga 150 Ps pada putaran mesin 5600 rpm yang mana tenaga ini naik 3 Ps dari generasi sebelumnya. Mesin ini juga menyemburkan torsi 200 Nm dikitiran 4400 rpm. Berdasarkan pengalaman Cintamobil.com dalam mengetes Nissan Serena generasi C26 mesin ini cukup sigap dan juga halus. Memang belum terasa sekencang mesin Serena generasi C24 yang punya kode QR20DE. Namun akselerasi yang dihasilkan terasa cukup. Saran kami jangan perlakukan Serena 2018 layaknya Nissan GTR di sirkuit, ia akan mengecewakan Anda. Perlakukan ia sebagaimana mestinya mobil keluarga yang nyaman. Tentunya kami dari Cintamobil.com sangat berharap PT. Nissan Motor Indonesia segera memasukkan Nissan Terra 2018 dan memberi Cintamobil.com kesempatan untuk segera melakukan tes lengkapnya di jalanan Indonesia.

Mesin MR20DD seperti dipakai model sebelumnya mobil Nissan Serena 2018

Mesin MR20DD seperti dipakai model sebelumnya

>>> Untuk tahu lebih jelas tentang promosi mobil-mobil lainnya, silahkan klik sini

spesifikasi Nissan Serena 2018

Berikut ini adalah spesifikasi Nissan Serena 2018.

Dimensi/ Ukuran Nissan Serena 2018

P x L x T

4.770 x 1.735 x 1.865 mm

Wheelbase

2.860 mm

Berat

1.660 kg

Mesin Nissan Serena 2018

Jenis

MR20DD 4 Silinder Inline, 16 Katup dengan CVTC

Isi silinder

1.997 cc

Sistem Bahan Bakar

Direct Fuel Injection

Daya maksimum

150 Ps @ 5.600 rpm

Torsi maksimum

200 Nm @ 4.400 rpm

Rangka Nissan Serena 2018

Transmisi

XTRONIC CVT dengan Adaptive Shift Control, FWD

Suspensi depan

MacPhersonStrut

Suspensi belakang

Torsion Beam

Rem depan

Disc Vent

Rem belakang

Solid Disc

Ukuran ban

195/60-R16

kelebihan & kekurangan Nissan Serena 2018

Berikut kelebihan dan kekurangan Nissan Serena 2018.

Kelebihan

Kekurangan

Fitur makin lengkap dan semakin mutakhir

Mesin masih serupa tipe lama

Desain body macho namun tetap elegan

Versi hybrid belum tentu masuk Indonesia

Interior menggunakan basis terbaru

Ground clearence kurang tinggi

daftar harga Nissan Serena 2018

Dengan spesifikasi Nissan Serena 2018 seperti di atas, apakah Anda tahu berapa harganya? Hingga saat ini PT Nissan Motor Indonesia (NMI) belum mengumumkan harga jual Nissan Serena C27 2018. Diperkirakan akan sedikit lebih mahal dari model C26 dijual saat ini.

Video Nissan Serena 2018

Simak video lengkap peluncuran Nissan Serena C27 2018 di Jepang berikut ini.

KESIMPULAN Nissan Serena 2018

Apakah mobil ini pas buat Anda? Ya! Mobil dengan atap tinggi ini dapat menjadi pilihan Anda untuk piknik dan berekreasi bersama keluarga tercinta. Kita tunggu saja kehadirannya di Tanah Air dalam waktu tak lama lagi…

Arfian Alamsyah
 
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

REVIEW LAIN

Cari review mobil