Spesifikasi Kia Sportage 2016 Indonesia

16/03/2018
editor rate: 4,3 user rate: 4,0
Kia Sportage kembali hadir ke permukaan dengan berbagai pembaharuan yang membuatnya tampil lumayan elegan. Mobil yang sudah memasuki generasi keempatnya ini kini hadir layaknya SUV premium yang siap memanjakan para penggunanya untuk melintasi berbagai medan. Tak hanya elegan dari sisi luar, Sportage juga memberikan berbagai fitur menarik di bagian dalam guna membuat perjalanan menjadi lebih berarti. Lantas apa saja berbagai pembaharuan yang disematkan pada Kia Sportage 2016 Indonesia ini?

PENGANTAR Kia Sportage 2016

Gambar mobil Kia Sportage 2016 berwarna putih dilihat dari sisi depan

Tampilan keseluruhan Kia Sportage 2016

Spesifikasi Kia Sportage 2016 Indonesia - Nama Kia Sportage merupakan nama lawas di Industri Otomotif dunia. SUV yang sudah eksis sejak awal 90an ini memang dikhususkan bagi mereka yang gemar menjelajah berbagai medan ekstrim. Pasalnya, secara spesiffikasi, Sportige memang cukup mumpuni untuk berakselerasi di berbagai medan. Kini, Sportage sudah memasuki babak baru dalam industri otomotif sejak meluncurkan generasi keempatnya pada tahun 2015 lalu.

Memasuki babak baru berarti pembaharuan juga sudah dilakukan oleh Kia selaku pabrikan. Mobil ini sendiri memang terlihat lebih elegan dan maskulin dari sisi luar. Tak heran jika pabrikan asal Korea SelatanĀ  tersebut membandrol mobil ini sedikit mahal. Segmentasi kelas yang bisa memiliki mobil ini pun bisa dipastikan berada di level menengah ke atas. Lantas, akankah Sportage seri anyar ini mampu mengulang kesuksesan seperti yang dituai pada seri-seri sebelumnya? Mungkin terlalu prematur untuk menjawab sebelum cintamobil.com mengetahui spesifikasi Kia Sportage 2016 ini. Selamat membaca.

EKSTERIOR Kia Sportage 2016

Sebelum lebih jauh mendedah SUV ini, ada baiknya jika kita mengulas lebih dalam mengenai sisi eksterior Kia Sportage 2016. Seperti yan sempat kami singgung di atas, sisi terluar dari Sportage memang kental dengan kesan mewah dan dinamis jika dibandingkan dengan seri sebelumnya. Melalui sisi terluarnya saja, kesan jantan dan kokoh jelas terasa di bagian terluar dari mobil ini. Di samping kekokohannya, apa saja yang tersemat pada mobil ini?

  • Desain bagian depan

Gambar mobil Kia Sportage 2016 berwarna abu-abu dilihat dari sisi depan

Sisi depan Kia Sportage nampak begitu jantan

Di bagian terdepannya, Kia Sportage 2016 Indonesia memiliki desain berkonsep progresive. Artinya kesan garar langsung terasa di bagian ini. Kegaharan tersebut juga dapat dilihat melalui keberadaan front grill dengan desain futuristik yang membuat mobil ini nampak begitu elegan dan sangar sekaligus. Tampilan grill yang tak biasa ini memang jarang ditemui pada mobil sejenis. Boleh dibilang, Kia coba melakukan terobosan yang cukup berani untuk hal ini. Selain itu, keberadaan list beraksen chrome juga memancarkan kesan elegan dari sisi depan. Sementara di bagian headlamp, tersemat lampu utama dengan desain menyipit lengkap dengan dua mata lensa bulat di bagian dalam. Tak hanya menambahkan kesan mahal, lampu utama ini juga dirasa cukup fungsional dalam memberikan pencahayaan karena sudah didukung oleh teknologi LED.

Sementara pada bagian bumper bawah, tersemat kesan aerodinamis melalui rongga udara yang tersusun dengan sempurna di bagian tengah. Tak hanya aerodinamis, kekokohan juga cukup terasa di bagian ini berkat kehadiran front under guard beraksen silver di bagian bawah. Sebagai pelengkap dan pemain sisi depan, hadir pula fog lamp yang tertata dinamis dengan empat mata lensa berukuran kecil yang telah disusupi daya berteknologi LED Daytime Running. Fog lamp tersebut juga dapat berfungsi sebagai penambah pencahayaan sisi depan dari mobil ini.

  • Desain bagian samping

Gambar mobil Kia Sportage 2016 berwarna merah dilihat dair sisi depan sedang berlaju di jalan Indonesia

Sisi samping masih memberikan kesan dinamis

Jika dibandingkan dengan seri sebelumnya, gradasi lekuk yang tersemat pada bagian samping mobil ini dirasa hampir 11-12. Lekukan tajam ke dalam yang tersemat di bagian samping dan memberikan kesan dinamis tetap dipertahankan. Namun Sportage memberikan pembaharuan melalui list di bagian window dan under door dengan warna silver guna memancarkan kemewahan di sisi samping. Tak hanya mewah, kesan modern juga tersemat melalui spion elektrik di kedua sisinya. Kesan fungsional juga bisa dirasakan melalui roof rail yang tersemat di bagian atas. Fitur ini dapat digunakan apabila space bagasi yang tersedia di bagian kabin sudah oveload. Menutup bagian samping, tersemat pula velg berukuran 18 inci dengan motif racing sebagai pembungkusnya guna padukan kesan dinamis dan sporty di sisi samping.

  • Desain bagian belakang

Gambar mobil Kia Sportage 2016 berwarna putih dilihat dari sisi belakang

Sisi belakang masih mempertontonkan kesan maskulin

Beranjak ke bagian belakang, Kia Sportage 2016 Indonesia memiliki kesan maskulin melalui stop lamp yang menjorok ke bagian samping body. Sebagai pelengkap, hadir pula rear combination lamp di bagian tengah yang berfungsi menambah pencahayaan di sisi belakang. Sebagai catatan, baik stop lamp maupun rear combination lamp yang tersemat sudah mengusung teknologi LED yang cukup soft sehingga tak memberikan efek silau kepada pengemudi yang ada di belakang mobil ini. Kesan berotot juga masih bisa terlihat di bagian belakang Sportage. Hal tersebut dapat dilihat melalui kehadiran berbagai lekuk di sisi belakang mobil ini. Sebagai pelengkap, hadir pula bumper berukuran sedang dengan rear under guard yang berfungsi menambah kekokohan dari mobil ini.

>>> Baca juga:

INTERIOR Kia Sportage 2016

Setelah menilik sisi eksterior dari mobil ini yang mengkombinasikan kesan elegan dan sporty, kita akan coba membedah sisi demi sisi interior Kia Sportage 2016. Jika dilihat secara kasat mata, apa yang ditawarkan bagian interior dari mobil ini tak jauh berbeda dengan apa yang disuguhkan SUV-SUV lainnya. Sebagai mobil premium, sudah barang tentu Sportage dibekali dengan beragam material terbaik guna memberikan kenyamanan pada penggunanya. Selain material yang mumpuni, berbagai fitur unggulan juga disematkan di bagian depan guna menunjang perjalanan menjadi lebih mengasyikan. Apa saja yang tersemat pada bagian dalam mobil ini?

  • Dashboard

Gambar bagian dashboard mobil Kia Sportage 2016

Sisi dashboard dari mobil ini masih terkesan mahal

Konsep dashboard centre console yang dihadirkan pada Kia Sportage 2016 Indonesia ini memang dirasa cukup fungsioanal. Pasalnya di bagian tengah tersemat panel multimedia yang siap memberikan berbagai fitur inforaiment seperti GPS, media player dan lain sebagainya. Tak hanya itu, tersemat berbagai storage untuk menyematkan device integrated semacam bluetooth, port USB hingga AUX. Di bagian bawah juga tersemat berbagai tombol untuk mengaktifkan fitur multimedia tersebut. Tersemat pula empat lubang AC yang tersebar di berbagai sudut guna memberikan kesejukan ke seluruh bagian kabin.

  • Steering

Gambar bagian setir mobil Kia Sportage 2016

Sisi setir sudah dilengkapi dengan steering switch control

Melipir ke bagian steering, tersemat fitur steering switch control yang siap memberikan kemudahan bagi pengemudi untuk mengatur berbagai fitur di sisi dashboard. Sisi setir juga tampil elegan dengan tampilan anyar dan material leather yang cukup lembut di genggaman. Setir ini sendiri telah dilengkapi dengan powersteering sehingga mampu memberikan bantingan yang cukup enteng kepada pengemudinya. Sebagai penutup, hadir pula panel MID berkonsep analog-digital di bagian depan steering. Panel ini sendiri berguna untuk memberikan informasi terkini seputar kendaraan mulai dari tekanan ban, penggunaan bahan bakar, rasio jarak tempuh dan lain sebagainya.

  • Kursi

Gambar bagian kursi mobil Kia Sportage 2016

Sisi kursi terasa begitu lapang guna menunjang mobilitas penggunanya

Di bagian kursi, mobil yang mampu menampung lima orang penumpang ini mampu memberikan kenyamanan melalui material leather yang tersemat di seluruh kursi. Leather yang cukup nyaman tersebut dirasa mampu membuat penggunanya berlama-lama duduk di kursi ini. Tak hanya itu, seat i bagian depan juga bisa disesuaikan ruang kakinya karena sudah dilengkapi dengan sliding seat di dua kursi terdepan. Sementara pada kursi bagian belakang, tersemat pula arm rest yang terbenam di bagian tengah kursi. Fitur ini bisa diaplikasikan apabila mobil hanya menampung empat orang penumpang. Tak hanya itu, hadir pula berbagai ruang penyimpanan berukuran sedang yang berfungsi untuk meletakan berbagai barang berukuran sedang seperti botol minuman, file-file dan lain sebagainya.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

FITUR Kia Sportage 2016

Gambar fitur airbag di mobil Kia Sportage 2016

Airbag yang tersebar di beberapa tempat memberikan keamanan tersendiri untuk penggunanya

Sebagai SUV mewah, rasanya agak menyebalkan jika mobil ini tak dilengkapi dengan fitur keamanan yang siap mengcover keselamatan penggunanya. Untuk itu, Sportage coba menghadirkan berbagai fitur keselamatan terbaik untuk penggunanya. Mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur pengereman ABS yang mampu memberikan pengereman optimal saat mobil dih aruskan melakuan pengereman darurat. Tak hanya itu, airbag juga dihadirkan di kursi pengemudi untuk meminimalisir resiko cidera. Kehadiran airbag ini dirasa cukup minim karena hanya tertera satu buah. Ini merupakan sebuah kemunduran mengingat mobil ini memiliki harga yang lumayan mahal. Sebagai gantinya, hadir seatbelt di seluruh kursi guna memberikan rasa aman kepada penggunanya.

Selain itu, berbagai fitur standar seperti ISOFIX child-seat thether and anchor, Autonomous Emergency Braking, Blind Spot Detection, Vehicle Stability Management, Electronic Stability Control, Lane Departure Warning System juga hadir melengkapi fitur di bagian interior. Namun mobil ini juga belum dilengkapi dengan rear sensor camera sehingga keberadaan panel multimedia di bagian tengah terasa begitu mubazir tampa hadirnya fitur tersebut.

>>> Berencana membeli mobil, silahkan klik sini untuk cek harganya dulu

OPERASI Kia Sportage 2016

Gambar bagian mesin mobil Kia Sportage 2016

Melalui mesin ini, Sportage mampu tampil ke performa puncak

Dari sisi sistem operasiĀ Kia Sportage 2016 sudah dilengkapi dengan mesin NU 2.0 MPI Gasoline. Mesin berkubikasi 1.999cc ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 158 PS pada putaran ke 6.200 rpm dan mampu mencapai puncak torsi hingga 19,6 Kg-m setiap putaran ke 4.000 rpm. Tak hanya itu, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan roda penggerak AWD dengan menggunakan sistem transmisi otomatis gearbox 6 percepatan. Menilik spesifikasi tersebut, rasanya mobil mewah ini masih cukup kompeten untuk melibas berbagai medan yang tersedia untuk dilalui.

>>> Untuk tahu lebih jelas tentang mobil lainnya, silahkan klik sini

spesifikasi Kia Sportage 2016

Bagaimana dengan spesifikasi Kia Sportage 2016 ini? Berikut uraiannya.

Mesin

Seri mesin

Nu 2.0 MPI gasoline

Kubikasi

1.329 cc

Tenaga Maksimum (ps/rpm)

158 / 6,200

Torsi Maksimum (kg.m/rpm)

19,6 / 4,000

Transmisi

Automatic With 6 Speed

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

4,480 mm x 1,855 mm x 1,655mm

Wheelbase

2,670 mm

Tempat Duduk

5 Seat

Lain-lain

Ukuran Ban

R18

Suspensi Depan

MacPherson strut with coil spring

Suspensi Belakang

Multi-Link

Kapasitas Tangki

55 Liter

kelebihan & kekurangan Kia Sportage 2016

Apa saja kelebihan dan kekurangan Kia Sportage 2016?

Kelebihan

Kekurangan

Fitur kenyamanan lumayan lengkap

Kurangnya air bag di bagian depan

Mesin bertenaga

Harga mahal

Desain eksterior cukup elegan

Kompetitor sengit

daftar harga Kia Sportage 2016

Berapa harga yang harus dikeluarkan untuk memboyong Kia Sportage 2016 Indonesia?

Tipe mobil

Harga Kia Sportage

Kia Sportage Lx AT

Rp 343 jutaan

Kia Sportage Lx MT

Rp 320 Jutaan

Kia Sportage Platinum AT

Rp 436 Jutaan

Video Kia Sportage 2016

Bagaimana dengan penampakan mobil ini? Kami telah mempersiapkan preview videonya untuk anda. Selamat menyaksikan.

KESIMPULAN Kia Sportage 2016

Kia Sportage 2016 Indonesia merupakan SUV yang terbilang cukup jantan di kelasnya. Mobil ini sendiri dirasa siap memberikan jawaban terhadap kompetitor-kompetitornya di ranah sejenis. Meskipun demikian, Sportage 2016 masih memiliki berbagai kelebihan dan kekurangannya sendiri seperti apa yang kami paparkan di atas. Anda ingin tampil beda? Kia Sportage mungkin adalah jawaban jitu untuk anda yang enggan tampil dengan mobil-mobil mainsterm.

Heri Susanto
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil