Spesifikasi Honda Freed 2018: MPV 7 Penumpang Menawan, Sayang Belum Masuk Indonesia

09/01/2018
editor rate: 4,4 user rate: 4,7
Honda Freed muncul pertama kali pada tahun 2009 sebagai mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) 7-penumpang yang menyuguhkan banyak fitur-fitur mewah dan mumpuni. Harga Honda Freed pun cukup terjangkau dan memiliki banyak peminat ketika dipasarkan pertama kali. Dan di kesempatan kali ini, Cintamobil.com akan membahas lebih lanjut tentang spesifikasi Honda Freed 2018, generasi kedua Honda Freed yang sayangnya belum masuk ke pasar otomotif Tanah Air.

PENGANTAR Honda Freed 2018

Spesifikasi Honda Freed 2018 Indonesia - Nama Honda Freed sempat menjadi 'bintang' di antara jajaran produk Honda keluaran PT. Honda Prospect Motor (HPM). Compact MPV Honda yang sempat menjadi saah satu amunisi Honda terbaik ini sempat menjadi mobil pilihan keluarga modern di tahun awal 2009, sebelum akhirnya mengakhiri masa purna bakti pada 2016 lalu.

Beragam alasan pun hadir sebagai penyebab berhentinya penjualan Honda Freed baru di Indonesia. Selain posisinya tersisih digantikan oleh MPV 7-seater bergaya SUV, Honda BR-V, hadirnya kompetitor Toyota Sienta membuat pesona Honda Freed meredup di Tanah Air. Padahal di pasar Jepang, Honda sudah menghadirkan generasi kedua Honda Freed yang menjanjikan improvement lebih baik dibanding Honda Freed generasi pertama.

Namun terlepas dari itu semua, Cintamobil.com akan melakukan review terhadap generasi Honda Freed 2018 Indonesia yang sudah hadir di Jepang.

EKSTERIOR Honda Freed 2018

Dari eksteriornya, Honda Freed 2018 mampu menampilkan kesan unik daripada mobil lainnya. Desainnya yang berbentuk boxy memberikan cita rasa tersendiri bagi mobil besutan Honda ini. Dengan tampilan tersebut, Honda Freed 2018 akan terlihat besar dari luar dan tampak lega jika melirik pada ruang kabinnya. Berikut ulasan desain eksterior Honda Freed 2018.

Gambar mobil Honda Freed 2018 berwarna biru  dan ada seorang wanita dengan 2 anak sedang berdiri di sampingnya

Tampilan bagain depan Honda Freed 2018

  • Desain Bagian Depan

Pada desain bagian depannya, Honda Freed 2018 Indonesia dikemas apik dengan lampu depan yang berbentuk sipit dan melengkung ke bagian dalam. Dua lampu LED bagian depannya disatukan dengan Front Grill bermaterial krom yang mampu memberikan kesan mewah. Fog Lamp-nya juga tidak dikemas terpisah namun lebih dipadukan menjadi satu bagian dengan lampu depannya, sehingga dengan fitur ini, kita mampu berjalan di kondisi cuaca yang kurang bersahabat sekalipun. Aksen Grill-nya juga dikemas menarik dan sebagai tanda resmi dari pembuat mobil artistik ini yakni Honda.

Gambar mobil Honda Freed 2018 berwarna biru dilihat dari sisi samping dengan ruang bagasi terbuka untuk pasangan itu bisa taruh barang di dalamnya

Bagian samping dengan lekukan artistik khas Honda

  • Desain Bagian Samping

Sedangkan untuk bagian samping, Honda Freed 2018 Indonesia dikemas sangat apik dengan lekukan artistik khas Honda yang tersemat di bagian tengah dan bawahnya. Aksen ini dikonsep membentang dari bagian depan hingga ke bagian belakang sehingga mampu menampilkan mobil bernuansa aerodinamis. Untuk fitur unggulannya, Honda Freed 2018 masih tetap mempertahankan Sliding Door sebagai salah satu ciri khas dari produk mobil ini.

Gambar mobil Honda Freed 2018 berwarna putih dilihat dari sisi belakang

Bagian belakang disuguhkan lampu LED

  • Desain Bagian Belakang

Jika melirik ke bagian belakang, kita disuguhkan lampu LED taiillight yang menawan dengan paduan warna merah dan putih. Lampu bagian belakangnya ini juga membentang hingga ke sisi samping mobil sehingga mampu menampilkan mobil berkonsep sporty. Buritannya juga dikemas menawan dengan Stunning Tail Light yang berada di bagian bawah sisi kanan dan kirinya. Sedangkan pada bagian bawahnya terdapat perubahan yakni penggunaan Rear Bumper yang didesain lebih minimalis sehingga mampu mengusung konsep sporty.

>>> Baca juga:

INTERIOR Honda Freed 2018

Dengan keseluruhan eksterior yang sempurna, kini saatnya kita beranjak ke sektor interior dari Honda Freed 2018. Sekilas, desain interiornya dikemas dengan material berkualitas tinggi terutama pada bagian dashboardnya. Yuk kita simak ulasan desain interior Honda Freed 2018 bersama Cintamobil.com.

Gambar bagian dashboard mobil Honda Freed 2018 dengan kelengkapan fitur di dalamnya

Bagian dashboard berwarna hitam dan coklat

  • Dashboard

Dashboard Honda Freed 2018 dikemas apik dengan paduan warna hitam dan coklat sehingga memberikan kesan tegas dan elegan di ruang kabinnya. Dashboard Honda Freed 2018 menganut konsep Open Café Dashboard yang terdiri dari 4 buah AC Blower di setiap sisinya, panel audio Touchscreen 7.1 inchi yang mampu memutar musik favorit.

 Untuk memberikan rasa kemudahan kala mengemudikan Honda Freed 2018, para desainer Honda merancang In-Dash-Shift-Knob Lever yang menempatkan tuas transmisi di area tengah dashboard yang mudah dijangkau pengemudi. Selain itu panel Multi Information Display (MID) juga diletakkan di ujung atas kanan dashboard. Panel ini mampu menyuguhkan informasi terkait konsumsi bahan bakar, kecepatan mobil, suhu di luar mobil, jarak tempuh dan sisa bahan bakar.

Gambar bagian setir mobil Honda Freed 2018

Dashboard Honda Freed 2018 memberikan kesan elegan sekaligus fungsional

  • Setir

Sedangkan untuk bagian setir, Honda Freed 2018 mengusung tema Audio Steering Wheel yang mampu mengatur jalannya musik dengan praktis selama menempuh perjalanan. Sedangkan pada sisi kanan setir, terdapat tombol Cruise Control yang memiliki fungsi untuk menjalankan roda kemudi di kecepatan konstan sesuai kemauan pengemudi tanpa menginjak pedal gas. Jika melirik pada bentuknya, kita akan disuguhkan setir yang dibentuk dengan material kulit berkualitas sehingga kita dapat mengemudi dengan nyaman meskipun menempuh jarak yang jauh.

Setir Honda Freed 2018 multifungsi

Honda Freed 2018 Indonesia telah menggunakan Audio Steering Wheel

  • Kursi

Ruang kabinnya akan tampil lebih luas daripada generasi pertamanya tanpa harus mengurangi sensasi berkendara. Jarak lepas antara bangku pertama dan bangku ketiga akan tampil lebih lebar 90 mm sehingga kita mampu merasakan ruang kabin yang lebih luas dan lapang. Untuk kapasitas penumpang, mobil Honda Freed 2018 Indonesia mampu menampung hingga 7 orang penumpang. Sedangkan untuk desain joknya, kita disuguhkan jok bermaterial kulit berkualitas yang mampu memberikan kenyamanan bagi penumpangnya.

Gambar bagian kursi mobil Honda Freed 2018 dengan kursi ditutupi dengan kulit berwarna coklat

Bagian kursi Honda Freed 2018 memberikan rasa nyaman

Ruang kabinnya tampil lebih luas daripada generasi pertamanya tanpa harus mengurangi sensasi berkendara. Jarak lepas antara bangku pertama dan bangku ketiga akan tampil lebih lebar 90 mm sehingga kita mampu merasakan ruang kabin yang lebih luas dan lapang. Untuk kapasitas penumpang, mobil Honda Freed 2018 Indonesia mampu menampung hingga 7 orang penumpang. Sedangkan untuk desain joknya, kita disuguhkan jok bermaterial kulit berkualitas yang mampu memberikan kenyamanan bagi penumpangnya.

  • Ruang Bagasi

sebuah pasangan sedang bermain di dalam ruang kabin mobil Honda Freed 2018

Honda Freed 2018 memiliki ruang bagasi yang bisa membesar dengan kursi terlipat

Dengan lebar sebesar 1.080 mm, Honda Freed 2018 mampu dikategorikan sebagai mobil yang memiliki kapasitas bagasi yang luas. Fitur melipat kursi pada bagian kedua dan ketiga, mampu memberikan ruang bagasi yang luas dan lapang terutama dalam mengangkut barang-barang berukuran besar seperti kursi dan sepeda gunung. Selain itu, jika dilihat dari informasinya, mobil ini mampu menjadikan ruang bagasinya sebagai tempat istirahat bersama keluarga sembari melakukan kegiatan piknik.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

FITUR Honda Freed 2018

Wah ini dia bahasan tentang fitur, yang tentu saja sangat menggoda dalam produk Honda Freed 2018. Yuk kita simak ulasan fitur Honda Freed 2018 baik dari segi keselamatan dan hiburan.

  • Fitur Keselamatan

Fitur keselamatannya menggunakan Honda SENSING yang memiliki fungsi supaya kendaraan kita tidak berbentur dengan objek di sekitar seperti pejalan kaki dan mobil lain. Di sisi yang lain, Lane Maintenance Support System (LKAS) mampu memberikan anda notifikasi audio dan pengarahan kendaraan yang baik ketika anda keluar dari garis marka jalan. Sedangkan untuk proses pengereman, Honda Freed 2018 sudah mengusung teknologi Anti-lock Braking Systen (ABS) dan Electronic-force Brake Distribution (EBD) sehingga kita dapat mengemudikan kendaraan dengan nyaman dan aman. Untuk memudahkan pengendalian kendaraan, Honda Freed 2018 dikemas apik dengan Vehicle Stability Assist (VSA) dan Traction Control System (TCS). Fitur TCS sendiri mampu mencegah slip roda pada saat melakukan akselerasi terutama ketika kondisi jalanan yang cukup licin dan bersalju. Sedangkan VSA sendiri mampu memberikan kendalian roda kemudi dengan handal dan stabil sesuai keinginan pengendara.

  • Fitur Hiburan

Untuk fitur hiburan, Honda Freed 2018 masih menggunakan ciri khasnya yakni Sliding Door sehingga penumpang dapat mendapatkan sensasi berkendara yang mewah dan modern. Jika melirik pada bagian dashboard, kita disuguhkan fitur teknologi audio yang mampu mendukung format MP3, MP4, CD, DVD dan Port USB dengan fitur Touchscreen. Lewat fitur ini, kita mampu mendapatkan sensasi berkendara yang nyaman diiringi dengan musik favorit. Adapun panel berukuran 7.1 inchi ini mampu memberikan fitur navigasi sehingga kita tidak perlu takut tersesat terutama ketika berkendara di jalanan yang belum kita ketahui. Sedangkan pada bagian kursi, kita dinyamankan dengan desain jok berkualitas dan fitur Arm Rest yang mampu memberikan kenyamanan yang lebih.

>>> Tertarik dengan mobil Honda dan ingin tahu lebih jelas tentang merek ini? Klik sini untuk membaca semua tulisan review mobil Honda

OPERASI Honda Freed 2018

Untuk mesin Honda Freed 2018 menggunakan mesin bertipe L15B 1.5 Liter i-VTEC + i-DCD 4 Silinder dengan 16 katup DOHC. Mesin ini memiliki kapasitas silinder sebesar 1.496 cc. Dengan spesifikas tersebut, Honda Freed 2018 memiliki daya maksimum sebesar 6.600 Rpm dan daya torsi 4.600 Rpm. Untuk sistem transmisi, Honda Freed 2018 dihadirkan dengan dua pilihan yakni CVT dan 7 tingkat percepatan manual/otomatis. Mobil ini juga tampil lebih irit bahan bakar dengan sistem suplai PGM-FI Injection. Sedangkan untuk sistem kemudi, Honda Freed 2018 mengusung Rack dan Pinion dengan Electric Power Steering sehingga pengemudian setir akan tampil handal. Ramuan suspensi MacPherson Strut di bagian depan dan H-Shape Torsion Beam di bagian belakang, akan tampil padu. Sedangkan untuk ukuran ban, mobil ini menggunakan 185/65 R15.

>>> Untuk tahu lebih jelas tentang semua mobil di Indonesia, klik sini untuk akses kolum review mobil

spesifikasi Honda Freed 2018

Berikut adalah spesifikasi Honda Freed 2018 dari data resmi Honda. Yuk kita simak spesifikasi selengkapnya.

Mesin Honda Freed 2018

Tipe Mesin

1.5 Litre 4 Cyclinder iVTEC + iDCD 16 Katup DOHC

Kapasitas Silinder

1.496 cc

Daya Maksimum

6.600 Rpm

Torsi Maksimum

4.600 Rpm

Sistem Transmisi

7 Tingkat Percepatan A/T dan CVT

Handling Honda Freed 2018

Sistem Kemudi

Rack and Pinion with EPS

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

H-Shape Torsion Beam

Ukuran Ban

185/65 R15

Bahan Bakar Honda Freed 2018

Sistem Bahan Bakar

PGM-FI Injection

kelebihan & kekurangan Honda Freed 2018

Tiba saatnya Cintamobil.com akan mengulas lebih lanjut tentang kelebihan dan kekurangan Honda Freed 2018. Berikut informasinya sobat.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Desain interiornya tampil elegan dan mewah dengan mengusung tema Open Café Dashboard dan LCD panel berukuran 7.1 inchi

Generasi kedua dari Honda Freed ini sudah dirilis di Jepang namun kehadirannya di Indonesia masih dipertanyakan

Desain eksteriornya tampil mewah dengan Sliding Door dan fitur lampu LED pada lampu bagian depan serta bagian belakangnya

Belajar dari Honda Accord, fitur Honda SENSING tidak sesuai dengan kondisi di Indonesia karena akan tampil lebih kompleks sehingga banyak penggunanya menon-aktifkan fitur ini

Sistem operasi yang sempurna dengan teknologi Honda SENSING, ABS, EBD, TCS dan VSA

Ruang bagasi terasa sempit sehingga kita harus melipat kursi bagian ketiga alias mengurangi 2 angka penumpang untuk mendapatkan ruang bagasi yang lapang

daftar harga Honda Freed 2018

Setelah puas membahas tentang mobil ini, kini akan dilampirkan daftar harga Honda Freed 2018 dari kedua tipe yakni Front Engine-Front Wheel Drive (FF) dan Four Wheel Drive (4WD) berdasarkan rilis harga resmi di Jepang yang sudah kami konversi menjadi rupiah.

TIPE MOBIL

DAFTAR HARGA HONDA FREED 2018

Honda Freed 2018 FF

IDR. 273.000.000 (harga Jepang)

Honda Freed 2018 4WD

IDR. 300.000.000 (harga Jepang)

Video Honda Freed 2018

KESIMPULAN Honda Freed 2018

Semenjak tahun 2009, Honda Freed sudah berkiprah dan menjadi salah satu produk besutan Honda di kancah otomotif Indonesia. Desainnya yang cukup unik dengan Sliding Door dan bentuk mobil boxy ikonik, yang kemudian mampu memberikan ciri khas yang berbeda daripada mobil lainnya. Mobil ini sangat cocok untuk kegiatan berkeluarga seperti piknik atau travel ke luar kota.

Namun sayang, untuk generasi kedua Honda Freed 2018 yang sudah dirilis resmi Jepang tidak dimasukkan ke pasar Indonesia. Dilansir dari pernyataan PT. HPM,  Honda BR-V memiliki pangsa pasar yang lebih laris ketimbang Honda Freed sebagai MPV 7-penumpang terbaik dengan harga kompetitif untuk pasar Indonesia.

Semoga saja keputusan ini bisa berubah dan Indonesia bisa berkesempatan mencicipi Honda Freed 2018, yang mampu menjanjikan kepada konsumen sebuah MPV 7-penumpang berdesain moderin, memiliki fitur dan kepraktisan terbaik, serta didukung kenyamanan berkendara mumpuni untuk penggunaan di perkotaan. Apabila Anda masih tidak sabar dan sangat menginginkan mobil ini, mungkin Anda bisa berkonsultasi dengan dealer importir umum untuk memesan Honda Freed 2018 melalui impor langsung dari Jepang.

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil