Spesifikasi BMW X1 sDrive18i xLine 2016: Pindah Ke Penggerak Roda Depan

21/05/2018
editor rate: 4,2 user rate: 4,0
Ketenaran BMW sebagai mobil mewah Eropa tak lantas membuatnya berhenti berinovasi. Setelah menelurkan berbagai seri, di tahun 2008 BMW memperkenalkan seri terbarunya yaitu X1. X1 tersedia dengan penggerak roda depan (sDrive) atau all wheel drive (xDrive). Langsung simak spesifikasi BMW X1sDrive18i xLine 2016.

PENGANTAR BMW X1 2016

Spesifikasi BMW X1 sDrive 18i xLine 2016 - Pada tahun 2016, BMW Indonesia mengeluarkan generasi kedua X1 dengan tetap mempertahankan desainnya yang sporty dan dimensi compact. Salah satu seri X1 generasi kedua ini ialah BMW X1 sDrive18i xLine. Dengan pembaharuan pada eksterior yang memiliki fitur sun roof top, interior yang teras semakin nyaman dengan ruang yang lebih luas, dan tentunya mesin yang tangguh andalan BMW. Pantas mobil ini termasuk dalam jajaran sebagai mobil mewah. Mari simak lebih dekat BMW X1 sDrive18i xLine pada review berikut.

EKSTERIOR BMW X1 2016

  • Sisi Depan

Lampu Depan Menatap Dengan Tajam pada mobil  BMW X1 sDrive18i xLine 2016 berwarna abu-abu

Bagian Depan BMW X1 sDrive 2016

Bagian depan BMW X1 sDrive18I xLine 2016 terlihat sangat khas dengan kidney grille dengan kisi-kisi yang terbuat dari aluminium dan lebih besar dari sebelumnya. Bagian  bumper depan terdapat lubang udara yang berguna mendinginkan intercooler. Lampu depan dengan teknologi LED dan lampu kabut dengan desain yang modern. Ground clearance yang tinggi juga semakin memudahkan mobil ini melewati jalanan yang tidak rata ataupun genangan air.

  • Sisi Samping

Garis Tipis Pada Sisi Samping mobil BMW X1 sDrive18i xLine 2016 berwarna silver

Bagian Samping BMW X1 sDrive 18I xLine

Bagian samping BMW X1 sDrive18i xLine 2016 masih tetap mempertahankan desain khasnya. Terdapat garis dan lekukan tegas yang memanjang dari bagian belakang sepatbor depan hingga lampu belakang. Bagian kaca mobil ini tidak terlalu besar dan injakan kaki warna chrome pada bagian bawah mobil menambah kemewahan desainnya. Tak lupa juga dengan ban berukuran 16R dengan velg yang desain palangnya menyerupai huruf y.

  • Sisi Belakang

X1 Kekar Hingga Bagian Belakang BMW X1 sDrive18i xLine 2016 berwarna biru muda

Sisi Belakang X1 Tetap Sporty Khas SUV

Beranjak ke bagian belakang mobil, BMW X1 sDrive18I xLine ini memiliki bumper belakang yang berukuran sedang, rear comination serta stop lamp yang sudah berteknologi LED dan berbentuk 2 huruf L. Kehadiran double knalpot turut menambah kesan sporty pada mobil SUV ini. Selain itu bagian belakang mobil ini memiliki ground clearance yang tinggi.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

INTERIOR BMW X1 2016

  • Kabin dan Kursi

Kabin dalam di mobil BMW X1 sDrive18i xLine 2016 dengan warna utama yaitu coklat

Kabin BMW X1 sDrive 18I xLine

Masuk ke dalam kabin, kita disuguhkan dengan tampilan mewah khas BMW yang didominasi oleh warna gelap. Kursi pada mobil ini memiliki  material bahan kulit berkelas dan sangat nyaman bagi pengemudi maupun penumpangnya. Posisi duduknya di jok bagian depan dan belakang juga dibuat lebih tinggi serta dilengkapi dengan armrest. Menariknya, pada kursi bagian belakang telah dirancang agar dapat melipat dan joknya bisa dimaju mundurkan untuk dapat memberikan ruang lebih terutama untuk bagasi. Sun rooftop pada bagian atas mobil memberikan kesan mewah.

  • Dashboard

Kemudi Tiga Palang Yang Sporty pada bagian dashboard mobil BMW X1 sDrive18i xLine 2016

Dashboard BMW X1 sDrive 18I xLine

Bagian dashboard BMW X1 sDrive18I xline telah dilengkapi dengan head unit iDrive berukuran 6.5 inci untuk menunjang informasi dan sebagai sarana hiburan. Ada pula fitur  AC dual zone, electrick seat, ambient light, rain sensors, sports leather steering wheel,  park distance control, hingga automatic driving lights control. Untuk hiburan, disematkan tujuh buah audio dengan HiFi loudspeaker, BMW connected drive, konektivasi audio USB, Bluetooth dan Aux-In.

  • Setir

Bergerak ke bagian kemudi, BMW X1 sDrive18I xLine menyematkan switching button pada bagian lingkar kemudi. Berbagai tombol tersebut dapat mengakses berbagai kebutuhan kemudi dengan praktis. Double spedometer bulat pun dihadirkan untuk memberikan informasi kecepatan mobil dan penggunaan bahan bakar.

  • Bagasi

Bagasi Yang Luas dari mobil BMW X1 sDrive18i xLine 2016

Bagasi BMW X1 

Mobil dengan kapasitas empat sampai lima orang ini memiliki bagasi yang cukup luas untuk kelas mobil SUV. Kapasitas bagasi mencapai 505 liter. Namun untuk mendapatkan bagasi yang lebih luas lagi hingga 1.550 liter didapatkan dengan melipat kursi baris kedua hanya menekan tombol elektrik yang ada di dalam bagasi.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

FITUR BMW X1 2016

  • Fitur keselamatan

Mobil mahal yang satu ini juga selalu memperhatikan kelengkapan untuk fitur keselamatan pada mobil yang merupakan hal yang sangat vital. Fitur keselamatan tersebut diantaranya sistem dynamic stability control (DSC), anti lock braking system (ABS), cornering brake control (CBC), dynamic traction control (DTC), dynamic brake control (DBC), start-off assistant, dry braking function, brake assist system, dan fading compensation.

  • Fitur tambahan

fitur di mobil BMW X1 sDrive18i xLine 2016

Fitur apa yang tersedia di X1?

Selain dari pada fitur keselamatan, beberapa fitur tambahan yang ada pada mobil ini diantaranya layanan Servotronic speed-sensitive steering untuk perpindahan jalur yang aman pada mobil dan memungkinkan manuver parkir. Ada pula tombol Driving Experience control pada konsol tengah yang berfungsi untuk mengubah karakter berkendara pengemudi dengan tiga mode COMFORT, SPORT, atau ECO PRO.

>>> Untuk tahu lebih jelas tentang mobil BMW lain, silahkan klik sini

OPERASI BMW X1 2016

  • Impresi

Ada catatan penting, yaitu perpindahan penggerak roda belakang ke penggerak roda depan (FWD). Alasan perpindahan tersebut dikarenakan beberapa faktor, misalnya saja keuatamaan akomodasi penumpang, ketika menggunakan penggerak roda belakang (RWD)  mesin diletakan membujur dengan girboks dan driveshaft tersambung lurus hingga roda belakang, berdampak pada posisi dashboard harus sedikit dimundurkan. Tentu hal ini tidak akan terasa pada mobil bersistem penggerak roda depan. Mesin ditempatkan melintang dengan girboks dan driveshaft berada di bawah atau sekitarnya. Alhasil hidung mobil dapat dipendekkan, dan memberikan ruang ekstra bagi kabin plus tidak lantai yang rata, kesimpulannya lebih luas dan lega. Hal ini juga berdampak pada peningkatan kapasitas bagasi, kapasitasnya meningkat hingga 85 liter.

Walaupun dengan penggerak roda depan ini terasa lebih lambat, tetapi akselerasi bawah dan pertengahannya terbilang cukup gesit. Semua itu dikarenakan tidak ada lagi power loss akibat penggunaan kopel roda belakang.

Pengalaman terbaik ketika merasakan langsung dibalik kemudinya, karena mobil ini punya dimensi yang luas, posisi duduk lebih nyaman dan juga lebih tinggi. Posisi mengemudi sangat mudah ditambah dengan adanya tombol elektrik di sampik jok.

Jok pengemudi dapat di atur dan supaya tidak merepotkan, BMW memberikan memori untuk memudahkan penggunanya. Sehingga ketika bergantian untuk mengemudi, anda dapat mendapatkan posisi duduk yang sesuai dengan memori duduk yang pernah anda rekam sebelumnya.

  • Mesin dan performa

Bagian mesin mobil BMW X1 sDrive18i xLine 2016

Mesin 1,5 Liter TwinPower Turbo 

Operasi BMW X1 sDrive18I xLine tak jauh berbeda dengan SUV sejenis pada umumnya yang memiliki mesin yang handal. Mobil SUV ini dilengkapi dengan mesin bensin tiga silinder berkapasitas 1,5 liter TwinPower Turbo yang menghasilkan tenaga maksimum hingga 136 hp pada 4.400 rpm dan torsi maksimum hingga 220 Nm pada putaran 1.250 rpm. Dengan transmisi 6-speed, BMW ini dapat berakselerasi dengan cepat. Konsumsi bahan bakar pada mobil ini juga sangat efisien, untuk 1 liter dapat menempuh jarak 18,9 km.

>>> Untuk cek dana saat membeli mobil, klik sini

spesifikasi BMW X1 2016

Ayo lihat sekali lagi singkatan spesifikasi BMW X1 sDrive18i xLine 2016.

Mesin

Tipe mesin

Silinder3 TwinPower Turbo

Suplai bahan bakar

Direct Injection

Kapasitas mesin

1499 cc

Tenaga maksimal

136 ps @ 4400 rpm

Torsi maksimal

220 Nm @ 1250-4300 rpm

Dimensi

P x L x T

4439 mm x 1821 mm  x 1612 mm

Berat

1505 kg

Kapasitas tanki

51 L

Suspensi dan Kaki-kaki

Suspensi depan

Adaptive Suspension

Suspensi belakang

Adaptive Suspension

Ban

R18

 

kelebihan & kekurangan BMW X1 2016

Sebagai kesimpulan dari review BMW X1 sDrive18i xLine 2016, inilah kelebihan dan kekurangan dari SUV mewah ini. 

Kelebihan

Kekurangan

Brand yang terkenal

Feedback setir yang kurang

Praktis dan Nyaman

Harga yang mahal

Fitur Lengkap

Spedometer masih analog

Mesin minim getaran

 

daftar harga BMW X1 2016

Kalau review BMW X1 sDrive 18i xLine 2016 tanpa sebutkan harga untuk sobat-sobat pastilah tidak enak ya. Berikut ini adalah harga BMW X1 sDrive 18i xLine terbaru di pasar Indonesia.

Tipe mobil

Harga BMW X1 sDrive18i xLine

BMW X1 sDrive18i xLine

Rp.659.000.000

Video BMW X1 2016

 

KESIMPULAN BMW X1 2016

SUV BMW X1 sDrive18i xLine dapat menjadi pilihan para pecinta otomotif yang mementingkan kenyaman dan performa mesin. Mobil BMW ini memiliki performa mesin yang cukup handal, jauh lebih penting lagi karena mobil ini cukup irit konsumsi bahan bakar. Terlebih lagi tampilan dari sisi eksterior dan interior yang khas masih dipertahankan oleh BMW dengan beberapa sentuhan yang membuat mobil ini lebih baik dari versi sebelumnya. Untuk jenis mobil Eropa, harga dari mobil ini tergolong masih murah dan kompetitif. Bahkan BMW X1 sDrive18i xLine ini menghadirkan pilihan warna yang variatif.

Metodius Getan
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil