Review Wuling Confero S 2021: Fitur Makin Lengkap, Tenaga Mesin berkurang?

01/04/2021

Share this post:

Wuling Confero 2021

Editor rate:

Rp 169.000.000

Jual beli mobil Wuling Confero bekas, baru harga murah, kondisi terbaik di Indonesia Lihat promo

PT SGMW Motors Indonesia menghadirkan facelift kedua pada Wuling Confero S 2021, apa saja yang berubah? Simak artikel review Cintamobil.com berikut ini ya.

Review Wuling Confero S 2021: Fitur Makin Lengkap, Tenaga Mesin berkurang?
Review Wuling Confero S 2021: Fitur Makin Lengkap, Tenaga Mesin berkurang?
0 Gambar

Pengantar Wuling Confero 2021

Mari kita simak spesifikasi Wuling Confero 2021 di bawah ini.

Kelebihan

Desain agresif dan dinamis

Harga terjangkau dibandingkan rival sekelasnya

Interior lapang dan nyaman

Kekurangan

Tenaga lebih kecil

Lampu depan belum LED

Tak ada penambahan fitur yang signifikan

Sejak diperkenalkan tahun 2017, Wuling Confero menjadi salah satu pilihan mobil yang cukup disukai pasar Indonesia. Bagaimana tidak, mobil ini bermain di segmen LMPV dengan harga yang jauh lebih murah dari pesaingnya. Daya tariknya bukan hanya harga jual saja, Wuling Confero juga menghadirkan fitur yang menarik seperti captain seat di baris kedua, dan kabin yang lapang. Maka dari itu, tak heran mobil satu ini menjadi alternatif menarik untuk sebuah LMPV.

Foto Wuling Confero S Facelift 2021

Penyegaran yang agak besar ada di tahun 2021 ini

Setelah mendapatkan facelift tahun 2019, Wuling Confero S kembali mendapatkan penyegaran untuk model tahun 2021. Ubahan yang didapat juga cukup signifikan, mulai dari eksterior, interior, fitur multimedia, sampai mekanikal mobil dirombak. Lantas, apa saja hal baru di Wuling Confero S 2021? Temukan jawabannya dengan menyimak review yang ditulis oleh Cintamobil.com berikut ini ya.

Mobil Baru Populer

Rp 255.2 - Rp 276.6 Juta
Rp 193 - Rp 296 Juta
Rp 779 Juta - Rp 1.8 Milyar
Rp 143.05 - Rp 173.5 Juta
Rp 236.5 - Rp 273.5 Juta
Rp 509.9 - Rp 709.5 Juta
Rp 148.99 - Rp 167.49 Juta
Rp 289 - Rp 299 Juta

Eksterior Wuling Confero 2021

Review Wuling Confero S 2021: Eksterior Depan

Bertemakan Sporty & Youthful, ubahan paling signifikan dari Confero S 2021 ada di bagian depan. Hampir seluruh bagian fascia mobil dirombak untuk model facelift. Berbeda dari model sebelumnya yang lebih ke arah elegan, ubahan 2021 ini menonjolkan kesan sporty dan agresif.

Tampilan depan Wuling Confero S 2021

Wuling Confero S 2021 kini dibuat lebih sporty

Kita mulai dari bagian lampu, untuk Confero S 2021 ini Wuling menyematkan lampu depan dengan finishing gelap yang memberikan kesan agresif dan sporty. Bagian dalamnya sudah menggunakan projektor, meski masih menggunakan model halogen. Lampu depan dihubungkan dengan gril tengah yang terlihat menyatu dengan tema gelap yang senada. Kini dengan ornament black glossy yang mengalir dari lampu menuju tengah dengan sentuhan krom tipis di bawahnya, di baliknya ada pattern mesh yang cukup mirip dengan versi sebelumnya.

Lampu depan Wuling Confero S 2021

Sayang, lampu depannya belum menggunakan LED

Ubahan juga dilakukan di bagian bawah yang meliputi lower gril baru berbentuk segi enam dengan sentuhan garis silver di lower bumper. Menariknya, ada juga semacam bumper lid yang memberi kesan dinamis serta sporty. Ubahan lain yang patut disorot adalah lampu di tepi bawah bumper yang juga berubah, kini dibuat lebih sederhana dengan lampu kabut dan lampu sign. Sedang untuk lampu Daytime Running Lights berada di sisi samping lower bumper.

Review Wuling Confero S 2021: Eksterior Samping

Berbeda dari sisi depan yang seperti ganti wajah, bagian samping Confero S 2021 masih cukup mirip dengan model sebelumnya. Begitu juga soal profil mobil, yang punya ground clearance 205 mm, yang cukup tinggi. Velgnya masih sama seperti model sebelumnya, tapi kini dengan finishing yang berbeda.

Tampilan samping Wuling Confero 2021

Bagian sampingnya tidak mendapat ubahan signifikan

Beberapa elemen dari model sebelumnya juga masih hadir di model terbaru. Mulai dari aksen krom di bagian pintu bawah mobil dan sisi luar jendela mobil, sampai roof rail yang memberi kesan sporty dan fungsional. Spion mobil juga masih dilengkapi lampu sign serta pengaturan elektris sehingga bisa diatur dari dalam  

Review Wuling Confero S 2021: Eksterior Belakang

Pindah ke belakang, tampilan Confero S 2021 juga hampir tiada beda dengan model sebelumnya. Lampu kombinasi belakang dengan tampilan mengotak memberikan kesan senada dengan lampu depannya, dan diapit chrome door handle yang menyambungkan kedua lampu.

Tampilan belakang Wuling Confero S 2021

Desain lampu belakang yang besar senada dengan bagian depan

Tak ketinggalan tailgate spoiler dengan high mount stop lamp menambah tampilan stylish pada eksterior belakang, hadir juga rear fog lamp yang diberi warna merah seperti stop lamp. Memang secara umum tak ada ubahan di bagian buritan ini, namun demikian tampilannya menurut kami sudah cukup enak dilihat dan tetap terasa mewah.

>>> Simak review mobil Wuling lain yang tak kalah menariknya


Interior Wuling Confero 2021

Review Wuling Confero S 1.5 2021: Dashboard

Berbeda dari eksterior, bagian interior Wuling Confero S 2021 tidak mendapatkan ubahan dari model sebelumnya. Sebagian besar mayoritas elemen kabin masih sama seperti facelift pertama Confero tahun 2019. Meski secara kualitas material tidak sebaik model yang lebih mahal, namun secara tampilan dashboard Wuling Confero S bisa dibilang cukup baik dengan dominasi warna hitam dengan aksen karbon warna maroon di bagian tengah dan doortrim.

Interior Wuling Confero S 2021

Kami menyukai sentuhan jam analog di dashboard Confero S

Di bagian tengah, Wuling mempertahankan jam analog yang memberikan kesan mewah di Confero S 2021. Selain itu, ada juga head unit layar sentuh 8 inci dengan pengontrol fisik terletak di bagian bawah. Konsol tengah tidak terlalu polos bersama armrest dengan aksen jahitan maroon yang satu tema dengan kursi. Hanya saja pengaturan AC masih berupa knop putar dengan electromotion dan dual blower.

Review Wuling Confero S 1.5 2021: Kursi

Wuling Confero S 2021 kembali menghadirkan dua pilihan layout tempat duduk, 7-seater dengan captain seat di tengah, atau 8-seater dengan bangku tengah untuk tiga penumpang. Dan seperti model 2019, Confero S 2021 memakai kulit sintetis dengan aksen jahitan warna merah di semua kursinya, dan juga armrest box.

Kursi Wuling Confero S 2021

Confero S memiliki kabin yang sangat lapang

Untuk kursi depan, Anda mendapatkan fitur baru yakni height adjuster, yang mana pengemudi bisa mengatur posisi berkendara yang sesuai dengan keinginan secara manual dengan menekan tuas yang ada di sisi kanan bawah kursi depan.

Kursi baris ketiga Wuling Confero S 2021

Reviewer Cintamobil.com sudah menjajal bagaimana rasanya duduk di baris ketiga

Desain boxy Confero cukup berpengaruh pada kelapangan kabin, khususnya di baris kedua dan ketiga. Di mana penumpang memiliki ruang kaki dan ruang kepala yang sangat oke, sekalipun bagi orang dengan tubuh cukup besar.

Review Wuling Confero S 1.5 2021: Bagasi

Bagasi Wuling Confero S 2021

Bagasi yang lapang cukup berpengaruh pada kapasitas kargo mobil

Dengan lapangnya kabin mobil, hal ini juga berdampak pada kapasitas kargo yang ditawarkan mobil. Saat kursi ketiga ditegakkan, bagasi mobil bisa memuat dua koper berukuran kecil. Jika Anda menginginkan kapasitas yang lebih besar lagi, kursi baris ketiga bisa dilipat. Meski tidak rata lantai, kapasitas kargo dapat meningkat secara signifikan.

>>> Jangan lewatkan berita terbaru seputar Wuling di sini

Fitur Wuling Confero 2021

Review Wuling Confero S 1.5 2021: Fitur Multimedia

Untuk fitur multimedia, Wuling Confero S trim L sudah dilengkapi head unit berukuran 8 inci. Konektivitas yang ditawarkan sudah cukup lumayan, mulai dari Bluetooth, USB, SD Card, dan Mirrorlink di mana Anda bisa menampilkan interface Handphone Android Anda di head unit.

Head unit Wuling Confero S 2021

Fitur multimedia yang ditawarkan Confero S 2021 cukup lengkap 

Tapi secara keluaran suaranya audionya tidak terlalu baik, mengingat mobil hanya memiliki 4 buah speaker tanpa tweeter. Namun sebagai gantinya, hadir Slot USB di ketiga baris yang memudahkan penumpang baris kedua dan ketiga untuk mengisi baterai gawai masing-masing.

Review Wuling Confero S 1.5 2021: Fitur Keamanan

Dibandingkan mobil di kelasnya, atau mobil dengan harga setara, Wuling Confero S 2021 dilengkapi fitur safety yang sangat lengkap. Fitur pengereman seperti ABS, EBD, dan Emergency Stop Signal (ESS) menjadi standar di semua varian, begitu juga dengan Dual SRS-Airbag dan ISOFIX, yang juga menjadi standar di Wuling Confero S 2021.

Rem cakram Wuling Confero S 2021

Untuk pertama kalinya, Confero S menghadirkan rem di keempat rodanya

Namun untuk trim L yang merupakan kasta tertinggi, Wuling Confero S 2021 hadir dengan Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Immobilizer, rem cakram depan dan belakang, dan juga Rear Parking Camera.

Operasi Wuling Confero 2021

Dari sisi mekanis, perubahan yang didapat Wuling Confero S 2021 cukup signifikan. Mesinnya kini tanpa teknologi katup variabel Dual Variable Valve Timing (DVVT), yang membuat tenaga dan torsi mesin lebih rendah dari sebelumnya.

Mesin Wuling Confero S 2021

Mesin didowngrad menjadi non-DVVT, tenaga lebih rendah

Untuk Confero S 2021, tenaga maksimal mesin yang sebelumnya 108 PS turun 10 PS menjadi 98 PS yang didapat di putaran 5.800 rpm. Begitu juga torsi puncak, yang sebelumnya 142 Nm kini menjadi 135 Nm. Namun dengan batas atas rpm lebih rendah, dari 4.400 rpm ke 4.200 rpm. Belum ada pernyataan resmi dari Wuling soal penurunan performa Confero, tapi revisi ini diklaim dapat menghasilkan konsumsi bahan bakar lebih baik, khususnya di jalanan stop-and go.

Spesifikasi Wuling Confero 2021

Mesin Wuling Confero S 2021
Seri mesin 1.5L, 4 Silinder, DOHC
Pasokan Bahan Bakar  Electronic Fuel Injection
Jumlah Katup 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet Per Silinder)
Tenaga Maksimum  97HP @ 5.800 rpm
Torsi Maksimum  135NM @ 3.800 - 4.400 rpm
Kapasitas Silinder  1,485 cc
Bore X Stroke  74,7 mm X 84,7 mm
Tipe Transmisi  Manual 5-Percepatan, Automatic Clutch Transmision 6-Percepatan, Penggerak Roda Belakang (RWD)
  Rangka Wuling Confero S 2021
Panjang X Lebar X Tinggi  4,530 mm X 1,691 mm X 1,730 mm
Jarak Sumbu Roda  2,720 mm
Jarak Terendah Ke Tanah  205 mm
Radius Putar  5,5 Meter
Kapasitas Tangki  42 Liter
  Suspensi/Kaki-Kaki Wuling Confero S 2021
Suspensi Depan & Belakang Depan: MacPherson strut coil spring, independent suspension
Belakang: Coil spring semi-independent suspension
Sistem Kemudi Rack And Pinion, with Electronic Power Assisted
Rem Depan & Belakang Ventilated Disc Brake
Teknologi Safety Sasis Side Impact Beam
Struktur Sasis Semi Monokok, MPV B-Segment
Pelek Alloy Wheel with Machining
Jenis Ban Radial, 195/60R15

Daftar Harga Wuling Confero 2021

Mobil Wuling Confero merupakan satu diantara 21 model yang mendapatkan relaksasi pajak pada awal Maret lalu. Pasalnya Confero diproduksi langsung di pabrik Wuling Motors di Cikarang dengan pembelian lokal sebesar 70,5%. Hal ini berdampak pada harga Wuling Confero yang semakin terjangkau, termasuk model terbarunya. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat daftar harganya di bawah ini:

Tipe Harga (OTR Jakarta)
Confero 1.5 MT Double Blower Rp 154.800.000,-
Confero S 1.5C MY Lux MT Rp 169.800.000,-
Confero S 1.5L MY Lux+ MT Rp 182.800.000,-
Confero S 1.5L AC Lux+ MT Rp 191.300.000,-
Confero S 1.5C Lux MT (Black Interior) Rp 179.800.000,-
Confero S 1.5C Lux+ MT (Black Interior) Rp 193.800.000,-
Confero S 1.5L ACT Lux+ MT Rp 202.800.000,-

Kesimpulan Wuling Confero 2021

Foto tampilan samping Wuling Confero S 2021

Tenaganya berkurang, apa jadi lebih irit? Tunggu tes jalan kami

Wuling Confero S mendapatkan penyegaran untuk tahun 2021, beberapa aspek mendapatkan improvement seperti eksterior yang lebih agresif serta beberapa fitur baru, khususnya rem cakram di keempat roda. Namun, kami masih sedikit menyayangkan soal performa mesin yang diturunkan, ya meski hal tersebut kemungkinan akan berdampak pada efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Dan dengan harga yang cukup terjangkau, kami masih menyarankan Wuling Confero S 2021 sebagai alternatif LMPV baru murah meriah.

Derry Munikartono Ahnas Putra
Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

FF Mobilindo Yk

DI Yogyakarta

BLESS AUTO

Jawa Barat

back to top