Review Wuling Air EV 2022: Mobil Listrik Termurah Andalan Wuling

19/08/2022

Share this post:
Wuling Air EV 2022
Editor rate:

Rp 238.000.000

Lihat promo

Dengan harganya yang terjangkau, Wuling Air EV menghadirkan alternatif baru untuk mobil listrik perkotaan dengan berbagai kecanggihan fitur milik Wuling.

Review Wuling Air EV 2022: Mobil Listrik Termurah Andalan Wuling
Review Wuling Air EV 2022: Mobil Listrik Termurah Andalan Wuling
0 Gambar

Pengantar Wuling Air EV 2022

Mari kita simak spesifikasi Wuling Air EV 2022 di bawah ini.

Kelebihan
  • Harga yang terjangkau
  • Ruang kabin lega untuk 4 orang
  • Bertabur fitur
  • Sudah dilengkapi ABS dan EBD
  • Mendapatkan berbagai insentif dari pemerintah
Kekurangan
  • Kabin masih dipenuhi material plastik
  • Tak ada ruang bagasi
  • Cukup rendah untuk pengemudi dengan tinggi di atas 180 cm

 

Wuling Air EV merupakan mobil listrik termurah di Indonesia. Sebagai salah satu bagian dari rencana elektrifikasi Wuling di Indonesia, kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan oleh mobil ini sudah sangat menyenangkan sebagai sebuah pengendaraan yang menyenangkan di perkotaan.

mobil listrik terbaru Wuling Air EV 2022
Model terbaru Air EV yang dirilis di GIIAS 2022

Diluncurkan secara resmi di Indonesia pertama kali pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto show (GIIAS) 2022, Air EV sebelumnya sudah pernah dipamerkan di berbagai pameran Tanah Air. Bahkan Air EV didapuk sebagai salah satu mobil resmi untuk gelaran G20 dengan desain bertemakan Indonesia.

Bahkan Air EV sudah diproduksi langsung di pabrik Wuling yang saat ini berlokasi di Cikarang, Jawa Barat. Ini pula yang membuatnya bisa ditawarkan dengan harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan mobil listrik lainnya.

Daftar mobil termurah di Cintamobil

Hanya di Cintamobil

Toyota Kijang Innova V A/T Diesel 2014 Putih

List cheapest

Toyota Kijang Innova V A/T Diesel 2014 Putih

Rp 245.000.000

DKI Jakarta

106.000 km

Toyota Avanza Veloz 2021

List cheapest

Toyota Avanza Veloz 2021

Rp 95.000.000

DKI Jakarta

15.000 km

Dijual Mobil Bekas Honda HR-V E Special Edition 2019

List cheapest

Dijual Mobil Bekas Honda HR-V E Special Edition 2019

Rp 175.000.000

Jawa Tengah

23.000 km

Honda CR-V 2.0 2013 matic

List cheapest

Honda CR-V 2.0 2013 matic

Rp 75.000.000

Jawa Tengah

68.000 km

Dijual mobil bekas Honda Mobilio E, DKI Jakarta

List cheapest

Dijual mobil bekas Honda Mobilio E, DKI Jakarta

Rp 131.900.000

DKI Jakarta

125.000 km

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 2021

List cheapest

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 2021

Rp 150.000.000

Aceh

20.000 km

Toyota Fortuner 2.4 TRD AT 2019

List cheapest

Toyota Fortuner 2.4 TRD AT 2019

Rp 161.500.000

DKI Jakarta

19.483 km

Di jual Mobil Bekas Toyota Calya G 2021

List cheapest

Di jual Mobil Bekas Toyota Calya G 2021

Rp 90.000.000

Jawa Barat

12.000 km

Suzuki Ertiga GX MT 2019 Abu-Abu

List cheapest

Suzuki Ertiga GX MT 2019 Abu-Abu

Rp 120.000.000

DKI Jakarta

58.000 km

Daihatsu Xenia R 2020

List cheapest

Daihatsu Xenia R 2020

Rp 80.000.000

Jawa Barat

9.000 km

Eksterior Wuling Air EV 2022

Dimensinya yang kompak tentu saja menjadi ciri khas tersendiri pada mobil ini. Diperuntukkan sebagai city car, tentunya membuat Air EV lebih mudah meliuk-liuk di jalanan perkotaan yang dinamis.

Review Wuling Air EV 2022: Eksterior Depan

Kesan stylish dari Air EV terlihat dari bagian depan. Lampu depannya berada di sisi samping, LED untuk tipe Long Range. Dengan tipe tertinggi mendapat horizon LED DRL yang disebut terinspirasi dari nusantara yang membentang dari timur ke barat. Bumper bawah dilengkapi dengan foglamp dan katup untuk aliran udara.

sisi depan mobil listrik Wuling Air EV 2022
Bagian depan Wuling Air EV

Pengisian daya listrik semakin mudah. Konsumen hanya perlu menekan logo Wuling yang sudah dilengkapi dengan illuminated light pada bagian tengah fascia depan ketika sedang melakukan pengisian. Bahkan untuk tipe Long, logo juga tetap menyala bahkan ketika mobil melaju di jalanan.

Review Wuling Air EV 2022: Eksterior Samping

sisi samping mobil listrik Wuling Air EV 2022
Bagian samping Wuling Air EV

Dari samping, langsung terlihat bagaimana Air EV memiliki dimensi yang kompak. Pada bagian jendela belakang ada desain layaknya jendela pesawat. Panjangnya tak sampai 3 meter. Sementara jarak poros roda atau wheelbase berada di angka 2 meter. Perbedaan dari kedua tipe Air EV terlihat dari desain velg, meski keduanya memiliki ukuran ban yang sama.

Review Wuling Air EV 2022: Eksterior Belakang

bagian belakang mobil listrik Wuling Air EV 2022
Desain belakang Wuling Air EV

Kesan minimalis masih terasa pada bagian belakang mobil. Jendela belakang dilengkapi dengan stop lamp yang diletakkan pada bagian atas. Logo Wuling terletak pada bagian tengah pintu belakang yang bisa dibuka ke atas untuk memasukkan dokumen atau tas laptop di dalam bagasi. Lampu belakang pun sudah mendapatkan LED untuk tipe Long Range.

>>> Review Wuling Formo S: Mobil MPV Buat Diajak Usaha Seharga Rp 130 Jutaan


Interior Wuling Air EV 2022

Masuk ke dalam kabin, kesan futuristik namun tetap minimalis sangat jelas terasa. interior Wuling Air EV menghadirkan dua pilihan warna. Yang pertama yaitu Light Grey yang ditawarkan pada varian Standard Range, sementara tipe Long Range mendapatkan warna Carbon Black with Soft Panel.

Review Wuling Air EV 2022: Dashboard

Senada dengan kesan modern dan ‘masa depan’ pada mobil ini terlihat dari tampilan dashboard yang menawan. Yang membedakan antara tipe Standard Range dan Long Range adalah tampilan head unit dan meter kluster. Pasalnya model Long Range menerima meter kluster 10.25 inci TFT yang lebih panjang dan terasa lebih mewah. Sedangkan tipe Standar mendapatkan tampilan 7.0 inci TFT.

mobil listrik interior Wuling Air EV
Desain dashboard Wuling Air EV

Walaupun masih menggunakan material plastik keras, tapi sudah cukup menawan sebagai sebuah pengendaraan perkotaan. Ada beberapa ruang penyimpanan dan cup holder tersebar di dashboard. Di konsol tengah, tipe Long Range menerima pengaturan pengereman dengan tombol, sedang Standard Range masih mendapatkan rem tangan dengan tuas.

>>> Baca juga Mobil Wuling bekas - Harga bekas Wuling di Indonesia

Review Wuling Air EV 2022: Setir

setir Wuling Air EV 2022 terbaru di Indonesia
Setir Wuling Air EV sudah dilengkapi dengan tombol multifungsi

Setir multifungsi sudah bisa didapatkan pada kedua varian yang dipasarkan di Indonesia. Sehingga bisa mengakses berbagai fitur dengan mudah selama berkendara. Tipe Long Range pun sudah mendapatkan pelapis kulit untuk memberikan genggaman yang lebih baik.

Review Wuling Air EV 2022: Kursi

Kesan kompak juga masih terasa ketika duduk di belakang kemudi. Namun masih sudah cukup nyaman untuk sekelas model dengan panjang tak sampai 3 meter. Kondisi lutut pun sudah cukup baik, walaupun sedikit mengganggu untuk pengemudi dengan tinggi di atas rata-rata penduduk Indonesia. Khusus untuk tipe Long Range, Air EV sudah menghadirkan kursi berlapis kulit sintetis.

mobil listrik kursi Wuling Air EV
Bagian kursi belakang Air EV yang terasa lapang

Sementara bangku baris kedua sudah menghadirkan kenyamanan dengan ruang kaki yang cukup lega untuk penumpang dengan tinggi rata-rata penduduk Indonesia, sekitar 165 cm hingga Rp 175 cm. Walaupun sebagian besar pengemudi maupun penumpang dengan tinggi di atas 180 cm agak kesulitan berada dalam kabin.

Review Wuling Air EV 2022: Bagasi

Dengan dimensinya yang kompak, dan sebagian besar ruang sudah digunakan untuk memaksimalkan ruang kaki di bangku baris kedua, ruang bagasi Air EV tak bisa dianggap fungsional. Berbeda dibandingkan hatchback seperti Honda Brio maupun Daihatsu Ayla yang masih bisa digunakan untuk menyimpan koper berukuran kecil.

>>> Intip Desain Futuristik Khas Wuling EV, Mobil Listrik Produksi Indonesia

Fitur Wuling Air EV 2022

Dengan tampilan yang futuristik, ada berbagai fitur baru milik Wuling yang disematkan pada mobil ini. Walaupun ditawarkan dengan harga yang terjangkau, berikut beberapa fitur yang bisa didapatkan dari mobil listrik termurah di Indonesia ini.

Review Wuling Air EV 2022: In-Car Entertainment

10.25 inci integrated widescreen menjadi pusat dari berbagai fitur hiburan di dalam mobil. Layarnya yang lebar membuatnya terasa futuristik dan modern. Bahkan mobil ini sudah menerima inovasi pintar dari Internet of Vehicle (IoV) serta fitur perintah suara berbahasa Indonesia dari Wuling Indonesian Command (WIND).

fitur mobil listrik Wuling Air EV 2022
Layar 10.25 inci tersedia untuk tipe Long Range

Untuk kepraktisan berkendara, Wuling membawa 12V power outlet dan 18W USB Charging Port. Sehingga tak perlu takut lagi kehabisan baterai smartphone ketika sedang berkendara. Walaupun ini hanya tersedia pada dashboard depan.

Review Wuling Air EV 2022: Fitur Keselamatan

Walaupun mobil ini dibanderol dengan harga yang terjangkau, tapi Wuling masih memperhatikan fitur keselamatan di dalam kabin. Salah satunya dengan menyematkan 2 airbag pada kedua model, serta sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) untuk membantu perjalanan di jalan licin.

Kedua mobil juga mendapatkan ISOFIX dan sensor parkir belakang. Sebagai pembeda untuk tipe tertinggi, Wuling sendiri mengandalkan sistem Electronic Stability Control (ESC) yang akan membantu pengendara ketika harus berkendara dan kestabilan kendaraan pada saat mengerem di berbagai kondisi jalan.

>>> Rekomendasi Mobil Wuling Bekas Terbaik dan Terjangkau di Cintamobil

Operasi Wuling Air EV 2022

Berbeda dengan mobil berbahan bakar konvensional, Air EV mendapatkan baterai dan motor listrik sebagai penggerak mobil ini. Perbedaan antar kedua varian pun terlihat dari kapasitas baterai yang berdampak pada jarak tempuh yang dihasilkan. Wuling menyebutkan jarak tempuh sudah disesuaikan untuk perjalanan perkotaan.

colokan mobil listrik Wuling Air EV
Pengisian dilakukan mulai dari 4 jam hingga 8 jam

Tipe Standard Range dibekali baterai berkapasitas 17,3 kWh yang mampu menghasilkan daya tempuh hingga 200 kilometer. Baterai Wuling Air EV Long Range dibuat lebih besar, yaitu 26.7 kWh guna membawa mobil ini menempuh jarak 300 kilometer dalam sekali pengisian. Tenaga disalurkan ke roda belakang menggunakan transmisi otomatis single reduction gear.

Semua baterai yang digunakan oleh Air EV sudah mendapatkan sistem perlindungan IP67 Waterproof Battery. Ini akan sangat membantu untuk melindungi mobil pada harus berkendara di jalanan yang tergenang air maupun banjir.

Spesifikasi Wuling Air EV 2022

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Air EV ditawarkan dalam dua tipe yang berbeda kapasitas baterai. Untuk itu, simak spesifikasi Wuling Air EV terbaru di bawah ini.

 

Standar Range

Long Range

Motor Listrik Wuling Air EV 2022

Tipe Baterai

Lithium Ferro-Phosphate; IP67 rating

Kapasitas Baterai

17.3 kWh / 115 V

26.7 kWh / 115 V

Jarak Tempuh

200 kilometer

300 kilometer

Durasi Pengisian

8 jam dengan 6.6 kW AC

4 jam dengan 6.6 kW AC

Motor Penggerak

30 kW penggerak roda belakang

Transmisi

Single reduction gear

Dimensi Wuling Air EV 2022

Panjang x Lebar x Tinggi

2.974 mm x 1.505 mm x 1.631 mm

Jarak Sumbu Roda

2.010 mm

Ground Clearance

N/A

Radius Putar

N/A

Kapasitas Tempat Duduk

4 seater

Suspensi/Kaki-Kaki Wuling Air 2022

Suspensi Depan & Belakang

Suspensi Depan: McPherson

Suspensi Belakang: 3-link coil spring

Rem Depan & Belakang

Rem Depan: Disc

Rem Belakang: Disc

Rem Depan: Disc

Rem Belakang: Disc

Sistem Kemudi

Electric Power Steering

Teknologi Sistem Pengereman

ABS+EBD

Teknologi Safety Sasis

2 Airbag

Struktur Sasis

N/A

Pelek

12 inch steel wheel with full cap

Jenis Ban

145/70 R12

Daftar Harga Wuling Air EV 2022

Dua varian Wuling Air EV yang dipasarkan Indonesia memiliki perbedaan, mulai dari jarak tempuh sampai dengan beberapa fitur di dalam kabin. Tapi perbedaan harga kedua mobil ini tak begitu jauh. Misalnya saja harga Wuling Air EV tipe Standard Range dibanderol dengan harga mulai dari Rp 238 juta (OTR Jakarta), sementara Air EV tipe Long Range bisa didapatkan dengan harga Rp 295 juta (OTR Jakarta).

>>> Harga Wuling Air EV Hanya Rp 238 Jutaan, Apa Saja Keunggulannya?

Kesimpulan Wuling Air EV 2022

Dengan harganya yang sangat terjangkau, mobil listrik termurah Wuling Air EV merupakan line up terbaru yang sangat menjanjikan dari Wuling. Dimensinya yang kompak membuatnya lihai dibawa berkendara di jalanan perkotaan. Tapi ruang dalamnya pun masih tetap nyaman dan lega untuk penumpang dengan tinggi rata-rata masyarakat Indonesia. Didukung dengan berbagai pilihan fitur untuk membantu pengendaraan perkotaan dan tentu saja dengan segala insentif yang ditawarkan oleh pemerintah Indonesia.

>>> Simak review mobil baru lainnya hanya di sini

Padli Nurdin
Share this post:
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com. Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencar

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

FF Mobilindo Yk

DI Yogyakarta

BLESS AUTO

Jawa Barat

back to top