Review Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019

14/08/2019
editor rate: 4,5 user rate: 4,3
Mungkin Anda yang tinggal di kota besar jarang melihat keberadaan truk ini. Tapi, di lokasi pertambangan seperti di Kalimantan, truk ini banyak menjadi primadona para pengusaha untuk membawa hasil tambangnya. Tak hanya mengulas, kami juga sudah mencoba langsung ketangguhan truk ini. Inilah review Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019.

PENGANTAR Volvo FMX 2019

Gambar menunjukkan jajaran manajemen Volvo Trucks Indonesia

Jajaran manajemen Volvo Trucks Indonesia pede truknya akan laku di area pertambangan Indonesia

Review Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019 - Kami yakin, Anda yang tinggal di kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Surabaya bahkan Yogyakarta akan jarang sekali melihat truk ini beredar di jalan raya. Lain dulu dan lain sekarang, lebih dari dua dekade lalu truk buatan Volvo ini cukup merajai jalanan baik untuk keperluan pengangkutan logistik, kontainer dan lain sebagainya. Varian yang beredar juga beragam, dari yang termahal tipe tractor head hingga tipe tronton biasa.  

Gambar menunjukkan Test drive Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019

Volvo akhirnya memperkenalkan salah satu teknologi majunya di tanah air, yakni Volvo Dynamic Steering

Seiring berkembangnya tol trans jawa dan pembangunan infrastruktur di Indonesia, Volvo Trucks Indonesia melihat kesempatan ini sebagai sarana untuk berpromosi truk andalannya. Volvo akhirnya memperkenalkan teknologi Volvo Dynamic Steering (VDS) pada truk yang dijual di Indonesia. Salah satu produk terlaris Volvo Trucks Indonesia adalah Volvo FMC 400 6x4R VDS 2019. Dan kami pun langsung mencoba Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019 ini langsung di habitatnya.

Gambar menunjukkan tim tester Cintamobil.com test drive Truk Volvo FMX 400

Tester Cintamobil.com (kanan) tak melewati kesempatan untuk mencoba langsung truk ini

EKSTERIOR Volvo FMX 2019

Review Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019 : Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan Volvo FMX 400 6x3R VDS 2019

Kesan kokoh dan tangguh langsung terlihat pada tampilan depan truk Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019 ini

Truk Volvo sudah terkenal reputasinya sebagai truk yang andal di medan tambang. Jalanan pertambangan yang rusak parah seakan menjadi santapan empuk truk buatan Swedia ini. Begitu juga saat Anda melihat tampilan depan dari truk Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019 ini, kesan tangguh dan kokoh sangat terpancar dengan penggunaan bullbar pada lampu, dan pelindung bumper bagian depan. Tak lupa deflecta di atas kaca depan juga membuat kokoh tampilannya.

Review Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019 : Tampilan Samping

Tampak tampilan samping Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019

Tampilan samping truk ini begitu proporsional dengan overhang yang pas dan juga tidak melanggar aturan ODOL

Jarang ada sebuah truk yang merupakan kendaraan niaga yang mampu tampil dengan bentuk yang proporsional. Dan Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019 ini adalah salah satu truk yang bentuknya enak untuk dilihat karena proporsional. Overhang bagian depan dan belakang pas, serta desainnya tidak melanggar aturan anyar pemerintah mengenai angkutan angkut, yakni peraturan mengenai Over Dimension Over Load (ODOL).

Review Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019 : Tampilan Belakang

Tampak tampilan belakang Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019

Selayaknya sebuah truk pengangkut, tidak ada yang istimewa pada tampilan belakangnya

Lanjut ke tampilan belakang dari truk Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019 ini, sebenarnya tidak ada yang istimewa pada tampilan belakang truk ini. Layaknya sebuah truk pengangkut, tidak ada tampilan yang membuatnya istimewa. Semuanya normal saja, seperti penggunaan bullbar (pelindung besi) pada lampu belakang, serta rangka baja yang menjamin kekuatannya ketika mengangkut beban berat maupun saat penggunaan heavy duty.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Volvo FMX 2019

Review Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019 : Layout Dasbor

Tampak Layout dasbor Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019

Dasbor truk Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019 ini sangat driver oriented

Berbeda dengan kebanyakan truk yang beredar di Indonesia, truk asli rakitan Swedia ini sangat memperhatikan drivernya. Buktinya rancangan layout dasbor truk ini sudah sangat driver oriented dengan banyak panel pengatur menghadap ke sisi pengemudi. Jelas ini akan sangat menyenangkan bagi pengemudi truk ini, karena selain memudahkan pengaturan juga driver serasa lebih dimanusiakan.

Review Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019 : Setir

Gambar menunjukkan desain bagian setir pada mobil Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019

Setir Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019 ini nyaman digenggam dan pengaturan posisinya juga banyak

Setir dari truk Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019 ini merupakan salah satu setir truk yang terbaik. Bukan hanya ia nyaman untuk digenggam serta pengaturannya leluasa berkat adanya tilt and telescopic pada kemudi ini. Namun ia juga dipenuhi dengan beragam tombol pengatur yang ada di setir ini, baik untuk engine control, cruise control, multi information display hingga pengaturan audio

Review Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019 : Kursi

Gambar menunjukkan desain bagian Kursi Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019

Kursi truk Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019 ini empuk dan nyaman diduduki berlama-lama

Selain empuk, entah kenapa bentuk kursi dari Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019 ini juga mengarah agak sporti, dengan model one piece dan dilapis bahan yang tidak mudah kotor alias mudah untuk dibersihkan. Khusus untuk kursi pengemudi dilengkapi dengan suspensi, jadi terasa nyaman saat diduduki berlama-lama bahkan di medan off road sekalipun.

>>> Baca juga:

FITUR Volvo FMX 2019

Review Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019 : Multi Information Display

Tampak Multi Information Display Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019

Beragam informasi dapat ditampilkan pada multi information display ini

Banyak informasi yang dapat tersaji di multi information display truk ini. Mulai dari konsumsi BBM per jam, rata-rata konsumsi BBM, real time fuel consumption, suhu, usia oli, hingga jarak tempuh yang dapat dilewati serta peringatan servis. Hampir tidak ada truk yang dijual di Indonesia yang punya panel informasi selengkap ini. Bahkan mobil Anda dirumah mungkin tidak selengkap ini multi information displaynya. 

Review Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019 : Truck Entertaiment System

Tampak truck Entertaiment System Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019

Tak perlu khawatir kesepian di perjalanan, sistem audio di truk ini sudah mumpuni

Sistem hiburan berupa audio di truk ini juga sudah berkualitas baik, dentuman bas serta suara vokalnya juga cukup baik. Untuk ukuran sebuah truk komersial sudah cukup baik. Apalagi pengaturan audionya dapat dilakukan dari deretan tombol pada spoke steering sebelah kanan. Anda bisa memaju mundurkan track maupun memilih channel radio favorit Anda hingga mengatur besar dan kecilnya volume.

Gambar menunjukkan Pengaturan Audio Di Setir Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019

Kontrol audio dapat juga dilakukan dari setir melalui deretan tombol ini

Review Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019 : Full Air Conditioner

Pengaturan Air Conditioning System Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019

AC sudah menjadi standar di truk-truk keluaran Volvo

Volvo Trucks Indonesia seakan sudah paham betapa panasnya cuaca di Indonesia. Maklum saja, negara kita ini masuk dalam iklim tropis karena letaknya memotong jalur khatulistiwa. Maka tak heran seluruh varian truk Volvo sudah dilengkapi peranti pendingin kabin sebagai standar. Tak terkecuali untuk unit truk Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019 yang kami test ini.

>>> Volvo Trucks Ungkap Tips Bagi Pengemudi Truk di Seluruh Dunia

OPERASI Volvo FMX 2019

Gambar Menunjukkan Modul Volvo Dynamic Steering pada mobil Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019

Volvo Dynamic Steering merupakan keunggulan utama dari truk ini

Keunggulan utama dari truk ini adalah sistem Volvo Dynamic Steering. Sistem ini bekerja sama pada sistem kemudi mekanis konvensional (power steering) bawaan truk Volvo. Batang poros (pinion) dari setir terhubung dahulu ke servo VDS kemudian ke steering box lalu terhubung langsung ke roda kemudi. Unit servo hidrolik ini ditenagai oleh listrik dan mampu menghasilkan tenaga tambahan guna membantu pengemudi memutar lingkar kemudi truk. Pada VDS ini, motor listrik dikontrol secara elektronik dari ECU khusus VDS dan dengan dibantu sensor-sensor canggih yang ada, ia punya kemampuan untuk menyesuaikan diri ribuan kali per detiknya.

Gambar Menunjukkan Heavy Duty Axle dari sebuah mobil Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019

Gardan heavy duty ini tahan banting dan tidak mudah rusak

Penggunaan VDS membuat putaran setir menjadi sangat ringan ketika diputar pada kecepatan rendah, karena VDS berperan untuk itu. Sebaliknya, ketika dikecepatan menengah hingga cruising speed, ia membantu menstabilkan roda kemudi agar laju truk lebih mudah dikontrol. Enggak sampai disitu saja, ketika kejadian darurat seperti pecah ban, VDS dapat membantu mengambil alih untuk menstabilkan truk. Hal itu dapat terjadi lantaran VDS tidak bekerja sendirian, namun ia bersinergi dengan engine control, dan traction control untuk memanipulasi output tenaga mesin.

Anggota tim Cintamobil.com sedang Test mobil Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019

Kami membuktikan sendiri performa truk Volvo ini menaklukkan medan berat

Truk Volvo ini sangat mudah dikendalikan bahkan untuk orang awam sekalipun. Kami sempat ngobrol dengan salah satu peserta wanita pada acara test drive truk ini, ia mengaku pertama kali mengemudikan truk dan ia tak mengalami kesulitan sama sekali. Bagi kami yang bukan kali pertama dalam mengemudikan truk mudah saja untuk melewati handicap yang ada. Transmisi i-Shift pada truk Volvo ini cukup bisa diandalkan, meski bagi pengemudi yang biasa mengendalikan truk bertransmisi manual butuh adaptasi beberapa saat untuk dapat mengemudikan truk ini secara halus.

Gambar Menunjukkan sebuah mobil Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019

Performa truk Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019 ini cukup mumpuni

>>> Manfaatkan Kamera Dalam Mobil, Volvo Siapkan Sistem Pendeteksi Pengemudi Mabuk

spesifikasi Volvo FMX 2019

Berikut ini adalah spesifikasi Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019.

Mesin Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019

Seri Mesin

D13A400, 6 Silinder Segaris

Rasio Kompresi

18,1 : 1

Tenaga Maksimum

410 Hp @ 1.400 - 1.800 rpm

Torsi Maksimum

2.000 Nm @ 1050 - 1.400 rpm

Kapasitas Silinder

12.823 cc

Bore X Stroke

131 mm X 158 mm

Tipe Transmisi

VOLVO VT2514B, Otomatis 12 Tingkat Percepatan

Rangka Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019

Panjang X Lebar X Tinggi

8.097 mm X 2.550 mm X 3.884 mm

Jarak Sumbu Roda

4.300 mm

Jarak Terendah Ke Tanah

395 mm

Radius Putar

8,6 meter

Kapasitas Tangki

200 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019

Suspensi Depan & Belakang

Parabolic Suspension & Tandem Axle, Leaf Spring

Sistem Kemudi

Volvo Dynamic Steering power-assisted rack and pinion

Rem Depan & Belakang

Full Air Brake

Struktur Sasis

Ladder Frame, Heavy Duty Truck

Struktur Bodi

Steel and Aluminium

Handbrake

Menggunakan mekanisme hidrolik

Pelek

Steel Rim, 24 Inch

Jenis Ban

Bias, dengan ukuran 325/95-R24

kelebihan & kekurangan Volvo FMX 2019

Setiap produk pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, pun demikian dengan Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019 ini. Sebagai merek terkenal, sudah tentu ada berbagai sentimen yang hadir atas mobil ini, Cintamobil.com telah memaparkan berbagai kelebihan dan kekurangan Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019 ini.

Kelebihan

Kekurangan

Salah satu truk ter-aman di dunia saat ini

Harga sangat mahal karena impor utuh dari Swedia

Salah satu truk dengan fitur keselamatan terlengkap dikelasnya

Operational cost tinggi dan belum se-affordable truk Jepang

Salah satu truk ternyaman yang pernah kami coba

Jaringan servis di Indonesia tidak sebanyak truk asal Jepang

daftar harga Volvo FMX 2019

Harga Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019 ini adalah sekitar Rp 1,200,000,000 hingga Rp 1,500,000,000 dalam keadaan off the road alias belum termasuk BBN atau biaya balik nama serta pajak. Karena memang pada hakikatnya truk heavy duty ini bukan untuk peruntukan di jalan raya, melainkan di medan pertambangan yang sulit dan punya banyak kontur jalan rusak.

>>> Teknologi Sensor LiDAR Terjauh dari Volvo: Bisa Tangkap Gerakan Sejauh 250 Meter

Video Volvo FMX 2019

KESIMPULAN Volvo FMX 2019

Tampak Emblem Volvo pada mobil Volvo FMX 400 6x4R VDS 2019

Anda pengusaha tambang? Jadikan truk ini sebagai armada andalan perusahaan Anda

Kesimpulannya, truk ini sangat driver oriented dan juga aman. Performanya baik di jalanan non aspal dan segala fitur yang disuguhkannya akan menyenangkan driver Anda. Apabila Anda adalah perusahaan tambang segera jadikan truk ini sebagai armada perusahaan Anda. Ia tak akan membuat Anda rugi.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil