Review Volkswagen Tiguan Allspace 2019

13/01/2019
editor rate: 4,7 user rate: 4,0
Melihat minat masyarakat yang cenderung menyukai mobil Sport Utility Vehicle (SUV) berakomodasi tinggi, Volkswagen akhirnya menghadirkan Tiguan dalam versi 7-Seaters yang disebut Tiguan Allspace. Sebuah langkah berani dari Volkswagen untuk mencoba mendominasi pasar Middle SUV. Namun, apakah mobil ini hanya berubah dari segi kapasitas kursi saja? Mari kita cari tahu jawabannya bersama dalam review Volkswagen Tiguan Allspace 2019.

PENGANTAR Volkswagen Tiguan 2019

Review Volkswagen Tiguan Allspace 2019 - Perubahan Tiguan kali ini tidak dapat dibilang sebagai generasi baru namun lebih kepada penambahan varian khusus. Jika disederhanakan, Tiguan Allspace adalah generasi kedua Tiguan yang tampil dengan dimensi bodi lebih panjang sehingga mampu memuat 7 orang sekaligus. Dengan versi terbaru Tiguan ini, Volkswagen terhitung sudah memiliki dua Line-Up 7-Seaters yang mana sebelumnya adalah Volkswagen Touareg.

Volkswagen Tiguan 2015 sebelumnya sering dikenal akan kemampuannya sebagai SUV 5-Seaters

Volkswagen Tiguan yang dikenal sebelumnya akan SUV berkapasitas 5 orang

Memang tak dipungkiri, jika dibandingkan dengan generasi pertama Touareg, dimensi bodi Volkswagen Tiguan Allspace (4.701 mm) lebih pendek di angka 50 mm. Namun bukannya tanpa perhitungan presisi, nyatanya Tiguan Allspace mampu mengungguli Nissan X-Trail yang memiliki panjang 4.690 mm maupun dimensi Honda CR-V yang hanya sebesar 4.596 mm. Tentu saja, hal tersebut berdampak secara langsung pada kelegaan kabin Tiguan Allspace.

Volkswagen Tiguan Allspace 2019 hadir sebagai SUV 7-Seaters yang tentu lebih akomodatif

Volkswagen Tiguan Allspace mengalami perubahan dalam hal kapasitas yang menjadi 7-Seaters

Perlu diketahui juga bahwa model satu ini sudah hadir di Indonesia. Jujur saja, kami punya pertanyaan yang sedikit menggelitik yakni, “Apakah mobil ini hanya menawarkan tambahan 2 kursi saja?” Merasa tertarik dengan hal tersebut, akhirnya kami memutuskan untuk mencari jawabannya dalam review Volkswagen Tiguan Allspace 2019.

EKSTERIOR Volkswagen Tiguan 2019

Memandang setiap detail eksterior Volkswagen Tiguan Allspace 2019, rasanya tidak begitu banyak perbedaan signifikan dibanding versi sebelumnya. Masih tetap gagah dan kekar ala Volkswagen.

Review Volkswagen Tiguan Allspace 2019: Eksterior Depan

Wajah depannya kini berubah khususnya pada sisi bemper. JIka sebelumnya, fascia depannya cenderung lebih agresif, kini wajahnya terlihat lebih kalem dengan mengurangi desain patahan pada bemper-nya. Hal lain kami sukai adalah desain Grille-nya yang masih ikonik khas Tiguan. Terlihat jelas adanya tiga palang tipis setipis silet, tajam namun memberi kesan mewah karena balutan aksen krom-nya.

Eksterior depan Volkswagen Tiguan Allspace 2019 dihias apik dengan Grille yang mewah

Fascia depannya kini dilengkapi dengan tampilan yang lebih polos tidak seagresif versi sebelumnya

Dari segi pencahayaan, Tiguan masih mempercayakan lampu berkonfigurasi LED yang memang dapat memberi pencahayaan lebih terang daripada lampu konvensional. Jika ada ingin desain lebih modern, tersedia juga fitur opsional Dynamic Light Assist untuk lampu utamanya. Namun menurut kami, lampu LED berukuran besarnya sudah tergolong mumpuni untuk menemani perjalanan malam Anda.

Review Volkswagen Tiguan Allspace 2019: Eksterior Samping

Penambahan dImensi bodi lebih panjang tentu berdampak pada aspek Wheelbase. Di atas kertas, Wheelbase TIguan Allspace mampu mencapai 2.787 mm sehingga mampu memberi ruang lebih lega bagi kabinnya. Adapun pintu belakangnya kini terlihat besar karena penambahan bangku deret ketiga. Di sisi lain, bannya menggunakan ukuran 235/55 R18.

Eksterior samping Volkswagen Tiguan Allspace 2019 kini memiliki dimensi panjang bodi sebesar 4.701 mm

Karena dimensi bodinya yang lebih panjang maka pintu belakangnya terlihat lebih besar

Review Volkswagen Tiguan Allspace 2019: Eksterior Belakang

Bagaimana dengan bodi belakangnya? Sekilas melihat, kami merasakan mobil ini memiliki rupa mirip Wagon namun dengan karakter gagah ala SUV. Tampilan tersebut juga ditunjang dengan lampu belakang yang didesain kaku sama seperti versi sebelumnya. Adapun lampunya sudah mendukung konfigurasi LED seragam dengan lampu depannya. Terakhir, kami juga menyukai rancangan kaca belakangnya yang didesain Full Flat dari ujung ke ujungnya. Sayangnya ada kekurangan seperti belum hadirnya fitur pembuka bagasi dengan gerakan kaki.

Eksterior belakang Tiguan Allspace 2019 juga menyuguhkan lampu LED mirip seperti pada lampu depannya

Bodi belakangnya juga masih terlihat cukup kental dengan nuansa ala SUV yang tegas dan kekar

>>> Baca juga:

INTERIOR Volkswagen Tiguan 2019

Penataan ruang interior Volkswagen Tiguan Allspace 2019 terbilang cerdas. Ya, benar saja, kabinnya bukan saja terlihat luas ketika dipandang mata namun juga terasa lega hingga ke ruang kaki. Pantas saja, Volkswagen berani mengklaim,” Free space. As far as the eye can see”.

Review Volkswagen Tiguan Allspace 2019: Dashboard

Memasuki Cockpit-nya, segala fitur tampak tertata rapi dan mudah dijangkau oleh pengendara. Desain ergonomis seperti ini menjadikan Volkswagen TIguan Allspace sangat Driver-Oriented yang mana lebih memanjakan pengendara. Di sisi lain, kami juga cukup dibuat terpukau oleh dashboard-nya. Meski masih berbahan plastik namun dirancang nyaman ketika disentuh. Berbeda dengan dashboard plastik pada banyak mobil lainnya.

Dashboard Volkswagen Tiguan Allspace 2019 juga dilengkapi dengan fitur menghibur

Lini dashboard juga menerapkan konsep Driver's Oriented yang fokus memberi kenyamanan lebih bagi pengendara

Review Volkswagen Tiguan Allspace 2019: Setir

Lini setir juga dibuat dengan rangka tiga palang yang menyiku pada bagian bawahnya. Ciri khas Volkswagen memang sengaja ditonjolkan dari setirnya. Di sisi lain, sudah tersedia juga tombol-tombol multifungsi seperti pengaturan audio hingga Cruise Control.

Setir Volkswagen Tiguan Allspace 2019 memang dikonsep untuk memberi kemudahan bagi pengendara

Setirnya juga sudah dilengkapi berbagai tombol multifungsi

Adapun hal menarik lain namun sayangnya fitur opsional yakni Active Info Display. Bayangkan saja, panel Multi Information Display (MID)-nya sudah menyediakan layar dengan format Android Auto, MirrorLink serta Apple CarPlay. Begitu juga pada panel AC yang sudah dilengkapi dengan Heater alias pemanas. Tapi hal ini tentu tidak akan banyak digunakan di Indonesia yang punya iklim tropis.

Review Volkswagen Tiguan Allspace 2019: Kursi

Salah satu perubahan paling besar adalah hadirnya tambahan dua kursi di bagian belakang. Namun sangat-sangat kami sayangkan, mengingat bangku belakangnya tidak memilih Head Room yang lega. Menurut kami, perubahan ini terasa tanggung karena bangku ketiganya tidak akomodatif untuk penumpang dewasa. Ya, meski bagaimanapun langkah berani ini cukup kami acungi jempol karena sudah bisa memuat 5 orang dewasa dan 2 orang anak.

Kursi Volkswagen Tiguan Allspace 2019 mampu menampung hingga 7 orang

Meski dibekali penambahan dua kursi namun sayang bangku belakangnya memiliki kapasitas Head Room yang sempit

Review Volkswagen Tiguan Allspace 2019: Ruang Bagasi

Hal serupa juga kami temui pada ruang bagasi yang mana hanya tersisa kapasitas 230 Liter. Namun jika Anda ingin kapasitas lebih besar, Anda melipat bangku ketiga sehingga kapasitas bagasi bertambah menjadi 700 Liter. Bagi kami, ruang bagasi dalam posisi semua kursi tegak, terbilang kurang lega untuk sebuah mobil keluarga, apalagi yang dirancang sebagai 7-Seaters. Tentu saja, dengan banyak anggota keluarga semakin banyak juga kebutuhan yang harus dibawa ketika perjalanan jauh.

Bagasi Volkswagen Tiguan Allspace 2019 diprediksi hanya mampu menampung tiga hingga empat tas

Sayangnya kapasitas bagasi juga terbilang kurang akomodatif

>>> Artikel terkait:

FITUR Volkswagen Tiguan 2019

Mengingat mobil satu ini dirancang untuk pasar sekelas Eropa dan United Kingdom, menjadikannya harus memiliki fitur mumpuni. Di segmen ini, kami akan menjelaskan lebih mendalam terkait fitur Volkswagen TIguan Allspace 2019.

Review Volkswagen Tiguan Allspace 2019: Fitur Keselamatan

Dari segi keselamatan, mobil ini sengaja dirancang sesuai standarisasi global. Tak heran apabila TIguan Allspace sudah dilengkapi teknologi pengereman meliputi Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Lewat teknologi tersebut, proses pengereman menjadi lebih presisi dan juga empuk.

Di sisi lain juga telah disediakan teknologi kestabilan seperti Electronic Stability Control (ESC) dan Electronic Differential Lock (EDL). Tak perlu lagi khawatir ketika melaju di area licin karena mobil ini sudah dirancang untuk sangat stabil lewat fitur-fitur tersebut.

Fitur keselamatan Volkswagen Tiguan Allspace 2019 tampil sangat lengkap di berbagai aspeknya

Selain fitur-ftur yang disebutkan juga tersedia teknologi keselamatan lainnya seperti Park Assist

Review Volkswagen Tiguan Allspace 2019: Fitur Hiburan

Dari segi hiburan, mobil SUV besutan Volkswagen ini menyediakan banyak fitur Premium. Sebut saja, panel Head Unit Touchscreen berukuran 8 inci yang mampu mengoperasikan hiburan Multimedia. Adapun tersedia berbagai format modern termasuk Apple CarPlay, Android Auto dan MirrorLink.

Fitur Hiburan Volkswagen Tiguan Allspace 2019 hadirkan panel Head Unit mumpuni

Tersedia panel Head Unit 8 inci yang sudah menyediakan berbagai hiburan Multimedia

>>> Jika Anda tertarik, Anda bisa mengetahui ulasan mobil Volkswagen terbaru lainnya

OPERASI Volkswagen Tiguan 2019

Cukup disayangkan jika membahas tentang operasi mesin Volkswagen Tiguan Allspace 2019. Pasalnya, tak ada peningkatan dalam hal performa maupun teknologi. Jika mengamati spesifikasi untuk negara Britania Raya, terdapat banyak sekali pilihan akan performa mesinnya. Namun untuk kasus Indonesia, mesinnya hanya menawarkan tenaga 152 HP dipadu torsi 250 Nm. Nantinya, tenaga tersebut akan dialirkan ke dua roda depan menggunakan transmisi 6 tingkatan percepatan DSG.

Operasi mesin Volkswagen Tiguan Allspace 2019 dipadukan dengan mode penggerak 4WD

Mesinnya menggunakan kapasitas 1.395 cc Turbo

>>> Bandingkan juga dengan model SUV lainnya supaya Anda bisa mempertimbangkan lebih matang

spesifikasi Volkswagen Tiguan 2019

Setelah mengetahui banyak hal tentangnya, berikut kami lampirkan spesifikasi Volkswagen Tiguan Allspace 2019.

SPESIFIKASI VOLKSWAGEN TIGUAN ALLSPACE 2019

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.701 mm x 1.839 mm x 1.674 mm

Jarak Poros Roda

2.787 mm

MESIN

Tipe Mesin

1.4 Liter 4 Silinder Segaris Turbo

Kapasitas Silinder

1.395 cc

Daya Maksimum

152 HP / 5.000 - 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

250 Nm / 1.500 – 3.500 Rpm

Sistem Transmisi

6 Tingkat Percepatan Otomatis DSG

HANDLING

Suspensi Depan

Coil Springs dengan Telescopic Shock Absorbers

Suspensi Belakang

Gas Pressure Shock Absorbers

Rem Depan

Ventilated Disc Brake

Rem Belakang

Disc Brake

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

kelebihan & kekurangan Volkswagen Tiguan 2019

Di beberapa segmen sebelumnya, Cintamobil.com sudah memberikan beberapa daftar kelebihan dan kekurangan Volkswagen TIguan Allspace 2019. Untuk mengingatkan Anda kembali, berikut informasi selengkapnya.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Versi terbarunya ini membuat TIguan meningkatkan akomodasi dari sebelumnya yang hanya 5-Seaters menjadi 7-Seaters

Penambahan bangku ketiga nyatanya tidak diimbangi dengan penambahan tinggi bodinya sehingga ruang kepala di bangku belakang terasa kurang memadai untuk ditempati orang dewasa

FItur hiburan sangat lengkap

Ruang bagasi cenderung sempit yang hanya tersisa 230 LIter saja

Mobil ini terasa cukup nyaman untuk digunakan di berbagai pilihan medan karena fitur keselamatan sudah sangat lengkap

Performa mesin tidak mengalami peningkatan dan tidak menghadirkan teknologi baru

daftar harga Volkswagen Tiguan 2019

Mobil satu ini nyatanya sudah dirilis di Indonesia. Penasaran? Berikut Cintamobil.com hendak memberikan daftar harga Volkswagen TIguan Allspace 2019.

 

TIPE MOBIL

HARGA VOLKSWAGEN TIGUAN ALLSPACE BARU

Volkswagen Tiguan Allspace

Rp. 598.000.000

>>> Simak juga harga dari mobil Volkswagen lainnya yang cenderung memiliki desain ikonik daripada mobil lainnya

Video Volkswagen Tiguan 2019

KESIMPULAN Volkswagen Tiguan 2019

Kehadiran Volkswagen Tiguan Allspace bisa dibilang sebuah langkah berani demi mengikuti minat pasar saat ini. Sebuah SUV dengan kapabilitas mumpuni dan juga akomodatif untuk kebutuhan keluarga, membuat Volkswagen menekuni peluang tersebut. Tak hanya bergantung pada Touareg saja, Tiguan Allspace bisa menjadi pilihan alternatif untuk Anda penyuka SUV. Namun sayangnya, bangku ketiga memiliki ruang kepala yang sempit. Di sisi lain, tidak memberikan peningkatan soal mesinnya. Namun beberapa kekurangan tersebut, terobati dengan kelebihan lainnya seperti fitur keselamatan lengkap serta fitur interior yang Premium dan menghibur. Lantas, apa pendapat Anda tentang Volkswagen Tiguan Allspace 2019 Indonesia?

>>> Masih belum puas dengan informasi di atas? Klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil yang lain

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil