Review Volkswagen Polo 2019

01/12/2018

Share this post:

Volkswagen Polo 2019

Editor rate:

Lihat promo

Jika Anda seorang newbie yang baru akan memikirkan membeli mobil untuk pertama kali, dan ingin mobil produksi Jerman. Maka kami akan merekomendasikan Anda untuk meminang mobil ini. Sebuah Volkswagen (VW) Polo 2019. Dan agar Anda tahu mengapa kami menyarankan Anda untuk membeli mobil ini, baca dulu review Volkswagen Polo 2019 hanya di Cintamobil.com

Review Volkswagen Polo 2019
Review Volkswagen Polo 2019
0 Gambar

Pengantar Volkswagen Polo 2019

Mari kita simak spesifikasi Volkswagen Polo 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Calon mobil supermini terbaik di kelasnya

Fitur Lengkap

Mesin dan transmisi memiliki performa yang baik

Kekurangan

Belum masuk Indonesia

Kabin belakang masih bisa lebih luas

Jaringan servis tidak banyak di Indonesia

Review Volkswagen Polo 2019 - Sedikit melihat kebelakang Volkswagen atau yang akrab di sapa VW adalah sebuah mobil buatan Jerman, yang pertama kali membuat mobil pada tahun 1938, dan produk pertamanya saat itu adalah sebuah VW Type 82E yang modelnya seperti VW 'kodok' 1303. Saat ini VW menjelma sebagai salah satu pabrikan terbesar didunia dengan banyak sekali brand yang berada dibawah naungannya. VW adalah merek yang sangat digandrungi di berbagai belahan dunia. Karena memang nama Volkswagen itu memiliki arti 'mobil rakyat'.

Gambar  mobil VW Polo yang merupakan salah satu mobil terlaris didunia

VW Polo merupakan salah satu mobil terlaris didunia, mengikuti kakaknya yakni VW Golf

Namun, hal itu tidak terjadi di Indonesia, kalau pun disebut mobil rakyat di Indonesia, menurut kami adalah rakyat yang menengah keatas sana. Menurut kami PT Garuda Mataram Motor sebagai agen pemegang merek VW di tanah air, hanya salah dalam hal program marketingnya saja. Padahal VW adalah produk yang sangat menjanjikan dan bagus dalam hal kualitas buatan. Kami ingat, pernah punya sebuah VW Golf TSi 1.4 2013 dan kami sangat mencintai mobil itu karena nyaman dipakai, kencang, dan irit. Indonesia banget deh pokoknya, suka dengan  mobil kencang namun harus tetap irit bahan bakar.

Gambar Seat Ibiza adalah mobil yang seplatform dengan VW Polo

Seat Ibiza adalah salah satu mobil yang sama-sama menggunakan basis MQB seperti VW Polo

Kembali ke pokok bahasan kita yang utama yaitu review Volkswagen Polo 2019, ada baiknya kita melihat sejarahnya dulu. VW Polo dilahirkan di bumi pada tahun 1975 dengan kode Mk 1. Saat itu hatchback andalan VW yakni Golf, dirasa terlalu besar dan VW melihat ceruk pasar konsumen yang menginginkan hatchback yang lebih kompak. VW Polo juga merupakan salah satu hatchback yang masuk kelas ganda yakni supermini dan city car. Selain itu VW Polo adalah salah satu mobil terlaris didunia. Yang akan Cintamobil.com bahas hari ini adalah generasi paling akhir, yakni VW Polo 2019 yang punya kode Mark 5 dan berbagi basis dengan Seat Ibiza. Berikut ini pendapat kami mengenai mobil ini.  

Eksterior Volkswagen Polo 2019

Seperti biasa, kami dari Cintamobil.com akan mengajak Anda untuk mengelilingi bagian eksterior mobil secara 360 derajat agar Anda mendapat gambaran utuh mengenai mobil yang akan kami bahas. Dan berikut ini adalah review Volkswagen Polo 2019 di sisi eksterior.

Review Volkswagen Polo 2019 : Tampilan Depan

Tampak depan mobil VW Polo 2019 berwarna orange

Tampangnya jadi mirip dengan VW Golf namun lebih berkarakter

Lampu utama adalah komponen utama pada tampilan depan yang berubah total. Bentuknya kini lebih besar dan seakan melotot menunjukkan kesangarannya. Begitu juga grillnya yang senada dengan satu tarikan garis menyambung dengan garis didalam headlampnya. Kap mesinnya juga dilengkapi dengan guratan desain yang membuatnya terlihat berotot. Secara umum, tampangnya kini makin mirip dengan VW Golf, namun lebih berkarakter.

Review Volkswagen Polo 2019 : Tampilan Samping

Gambar bagian samping mobil VW Polo 2019 berwarna merah

Masih terlihat jelas siluet VW Polo generasi sebelumnya, namun bodinya kini lebih menggemuk

Melihat kesamping mobil tentunya Anda akan setuju dengan kami, karena masih terlihat jelas siluet VW Polo generasi sebelumnya, namun bodinya kini lebih menggemuk bila dibandingkan dengan Polo generasi sebelum facelift ini. Pelek yang digunakan oleh VW Polo generasi teranyar ini juga lebih elegan dan sporti, dengan desain spoke rapat yang menyerupai kipas dilabur dengan warna two tone polish.

Review Volkswagen Polo 2019 : Tampilan Belakang

Gambar ddesain belakang mobil VW Polo 2019 berwarna orange

Ciri khas VW Polo generasi sebelumnya masih kental, namun kini varian terbaru jauh lebih segar

Berlanjut ke bagian belakangnya, Anda lagi-lagi akan setuju dengan pendapat kami jika ciri khas VW Polo generasi sebelumnya masih terlihat kental. Dari mulai pintu, spoiler, hingga bumper belakang. Namun, bila dilihat seksama secara detail, varian terbaru yang masih menggunakan basis MQB ini jauh lebih segar. Ini berkat penggunaan desain stoplamp anyar yang lebih pas dengan lekukan mobil.

>>> Baca juga:


Interior Volkswagen Polo 2019

Apakah tampilan interiornya lebih baik dari eksteriornya? Mari kita simak ulasannya lebih lanjut dalam review Volkswagen Polo 2019 ini.

Review Volkswagen 2019 : Layout Interior

Tampak Layout interior VW Polo 2019

Desain layout dasbornya kini semakin menyenangkan karena berdesain tebal dan fungsional

Yes, jujur saja kami sangat menyukai layout interiornya terutama dasbornya yang kini semakin menyenangkan dan fungsional. Dasbornya terlihat tebal dengan susunan tombol yang rapi dibawah kisi AC tengah. Tombol tersebut untuk mengatur berbagai macam fitur seperti suhu AC, penghangat kabin, hingga ada colokan USB dibawahnya. Head unitnya kini juga terintegrasi yang semakin membuat interior VW Polo 2019 rapi. Welldone VW!

Review Volkswagen 2019 : Kepraktisan

Gambar Ilustrasi Kepraktisan VW Polo 2019

Mobil-mobil keluaran VW Group juga dicintai karena kepraktisannya, dan VW Polo terbaru ini bukan suatu pengecualian

Kepraktisan kabin seperti sudah menjadi kewajiban untuk mobil zaman now. Segala perangkat baik yang penting sampai tersier (pelengkap) dibawa serta di dalam kendaraan. Dan mobil-mobil keluaran VW Group itu dicintai karena salah satu alasanya adalah kepraktisan. Dan VW Polo terbaru ini juga bukanlah suatu pengecualian. Sedikitnya ada 5 cup holder, 3 colokan USB, serta kantung di masing-masing bangku depan untuk menjamin VW Polo 2019 adalah salah satu mobil terpraktis.

Review Volkswagen 2019 : Bagasi

Gambar ruang Bagasi VW Polo 2019

Meskipun dirancang sebagai supermini yang mepet dengan kelas city car, bagasi lapang seakan menjadi kewajiban mobil VW Group

Hatchback kompak jelas memiliki bagasi yang terbatas? Meskipun dirancang sebagai supermini yang mepet dengan kelas city car, namun bagasi lapang dikelasnya, seakan sudah menjadi kewajiban mobil-mobil keluaran VW Group, dan lagi-lagi VW Polo 2019 ini bukanlah suatu pengecualian. Bangku belakang yang dapat dilipat dengan konvigurasi 40-60 semakin memudahkan Anda jika ingin membawa barang dengan ukuran besar dan panjang. Ditambah bibir bagasi yang pendek akan menguntungkan Anda saat akan memasukkan barang bawaan yang berat.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

Fitur Volkswagen Polo 2019

Bukan mobil jerman namanya jika tidak dilengkapi dengan fitur yang memadai, karena banyak sekali fitur yang harus dibahas, maka kami akan buatkan ringkasan fitur pada review Volkswagen Polo 2019 ini.

Review Volkswagen Polo 2019 : Ringkasan Fitur

Ilustrasi Ringkasan Fitur VW Polo 2019

VW Polo 2019 ini termasuk mobil yang kaya fitur dikelasnya, bahkan mulai bisa dirasakan dari tipe terbawahnya

Asyiknya membeli mobil keluaran VW Group adalah fitur serta kelengkapannya yang bisa dikatakan 'juara'. Bahkan VW Polo 2019 ini adalah termasuk mobil yang kaya fitur dikelasnya, bahkan mulai dapat dirasakan sejak tiper terbawahnya yakni SE. Sebut saja Apple Car Play, Android Connect, 4 Airbags, Sistem Navigasi Satelit, sudah dapat dirasakan sejak varian terbawah. Fitur safety? Tentunya Anda enggak usah khawatir, karena ABS, EBD, bahkan Traction Control System jelas sudah menjadi standar mobil yang masuk kelas supermini ini.

>>> Menjaga Traksi Mobil, Bagaimana Cara Kerja Fitur Traction Control?

Operasi Volkswagen Polo 2019

Sisi operasi adalah bagian yang selalu menjadi favorit bagi tim tester Cintamobil.com. Lalu apakah performa serta kenyamanan serta pengendalian VW Polo 2019 ini mampu menggetarkan kami? Berikut ini pendapat kami dalam review Volkswagen Polo 2019.

Review Volkswagen Polo 2019 : Performa Memadai

Tampak VW Polo 2019 berwarna orange sedang in action

Mesin imutnya mampu mengantarkan mobil ini berakselerasi dari diam hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 10,8 detik

VW Polo generasi terbaru ini memang masih tetap menyediakan pilihan mesin 1.2 TSi, namun sepertinya mesin itu akan segera kalah pamor dengan mesin berkapasitas 1000 cc 3 silinder yang dilengkapi dengan turbocharger ini. Mesin 1.0 TSi ini berkat bantuan turbo mampu menelurkan tenaga 95 PS atau sekitar 93,6 Dk, serta dikawinkan dengan transmisi kopling ganda 7 percepatan kebanggaan VW yakni Direct Shift Gearbox (DSG) klaimnya mampu melarikan mobil ini dari keadaan diam hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 10,8 detik. Termasuk cepat untuk kelas supermini.

>>> Rahasia Dibalik Mesin Diesel Bisa Bertenaga dan Efisien

Spesifikasi Volkswagen Polo 2019

Berikut ini adalah spesifikasi Volkswagen Polo 2019.

Mesin Volkswagen Polo 2019

Seri mesin

1.0 TSi Engine 3 silinder

Bahan Bakar

Bensin

Tenaga Maksimum

93,8 Hp @ 5000 rpm

Torsi Maksimum

175 Nm @ 2000 rpm

Kapasitas Silinder

1.000 cc

Klaim Top Speed

186,7 km/jam

Transmisi Tipe

7 Percepatan Otomatis Kopling Ganda

Rangka Volkswagen Polo 2019

Panjang Keseluruhan

4.053 mm

Lebar Keseluruhan

1.751 mm

Tinggi Keseluruhan

1.461 mm

Jarak Poros Roda

2.551 mm

Radius Putar

10,6 meter

Suspensi/Kaki-Kaki Volkswagen Polo 2019

Ban

Continental

Jenis Pelek

Alloy Wheel

Jarak Terendah Ke Tanah

148 mm

>>> Mau tahu kelebihan dan kekurangan mobil Volkswagen lainnya? Langsung klik sini saja

Daftar Harga Volkswagen Polo 2019

Mobil ini belum ada harganya karena belum dijual di Indonesia. Namun prediksi kami mobil ini akan dijual dengan harga tidak lebih dari 380 juta jika masuk Indonesia dengan spesifikasi terendah.

>>> Klik sini untuk langsung cek harga dan promo mobil lainnya

Kesimpulan Volkswagen Polo 2019

Gambar mobil  VW Polo 2019 berwarna merah dilihat dari sisi depan

VW Polo cocok untuk diberikan ke Istri atau simpanan Anda

So, is this car for you? Well, jika Anda memiliki istri dan Anda mencintainya serta ingin membelikan mobil yang pas untuk sekadar mengantarkan anak Anda ke sekolah, berbelanja ke pasar, maka VW Polo 2019 ini sangat amat layak untuk diberikan ke istri Anda. Namun, sayangnya agen pemegang merek VW di Indonesia ini seakan kurang serius menjajaki pasar mobil disini, coba saja lihat berapa banyak diler VW di Indonesia? Dan kami agak pesimis kalau VW Polo ini akan masuk ke Indonesia dalam waktu dekat. Jadi, selamat menunggu?

>>> Jangan lupa baca artikel review mmobil lainnya di sini

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Rumah Mobil Mgl

Jawa Tengah

Yo Mobil Magelang

Jawa Tengah

BLESS AUTO

Jawa Barat

back to top