Review Volkswagen Polo 1.4 AT 2013: Hatchback Kompak Jerman Dengan Darah Reli

04/05/2020

Share this post:

Volkswagen Polo 2013

Editor rate:

Rp. 110.000.000

Jual mobil Volkswagen Lihat promo

Volkswagen Polo 1.4 AT 2013 masuk Indonesia di tahun 2013, dan mengusung tagline your first german car. Apakah hatchback dengan darah reli ini layak dimilliki?

Review Volkswagen Polo 1.4 AT 2013: Hatchback Kompak Jerman Dengan Darah Reli
Review Volkswagen Polo 1.4 AT 2013: Hatchback Kompak Jerman Dengan Darah Reli
0 Gambar

Pengantar Volkswagen Polo 2013

Mari kita simak spesifikasi Volkswagen Polo 2013 di bawah ini.

Kelebihan

Kualitas buatan solid

Konsumsi BBM hemat

Citra premium VW

Kekurangan

Jaringan servis tidak banyak

Akselerasi lemah

Bagasi tergolong sempit

Gambar menunjukkan Volkswagen Polo R WRC 2013

Sebastien Ogier meraih juara dunia tahun 2013 bersama VW Polo

Review Volkswagen Polo 1.4 AT 2013Jika Anda mencari mobil hatchback dengan darah reli dunia yang kental, maka pilihannya di Tanah Air hanya ada 2, yakni Hyundai i20 dan Volkswagen Polo. Sebab kedua produk tersebut benar-benar terdapat benang merah baik dari basis maupun tampilannya. Dan tepat pada tahun 2013 ini pula Sebastien Ogier bersama co-drivernya Julien Ingrassia dengan Volkswagen Polo R WRC berhasil menjadi juara dunia World Rally Championship sekaligus memutus dominasi Sebastien Loeb selama 9 tahun terakhir.

Gambar menunjukkan Volkswagen Polo 1.4 AT 2013

Polo dengan gagah berani melawan rival-rivalnya asal Jepang

Kali ini kami akan mengulas tuntas mengenai Volkswagen Polo 1.4 AT 2013. Mobil ini masuk ke pasar hatchback kompak Tanah Air di tahun 2013. Dan langsung dengan gagah berani bertarung ke kelas gemuk yang dihuni oleh Mazda 2, Suzuki Baleno, Toyota Yaris, hingga Honda Jazz sebagai best seller in it class. Lantas, apakah hatchback asal Jerman yang punya darah reli kental ini layak dimiliki? Silahkan simak review Volkswagen Polo 1.4 AT 2013 ini hingga tuntas.

Eksterior Volkswagen Polo 2013

Review Volkswagen Polo 1.4 AT 2013: Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan Volkswagen Polo 1.4 AT 2013

Tampilan depan bercita rasa mobil Eropa

Tampilan eksterior depan Volkswagen Polo 1.4 AT 2013 ini layaknya mobil Eropa yang berkesan minimalis. Tak ada guratan tajam seperti yang ditemui di rivalnya asal Jepang, di Volkswagen (VW) Polo ini terasa halus namun tanpa menghilangkan kesan mewah. Headlampnya sendiri menggunakan bohlam jenis halogen biasa, memang tidak terlihat canggih, namun ketika hujan lebat warna bohlam kekuningan lebih membantu dibanding cahaya putih lampu Light Emitting Diode (LED) atau High Intensity Discharge (HID).

Gambar menunjukkan headlamp Volkswagen Polo 1.4 AT 2013

Headlamp masih menganut halogen biasa

Review Volkswagen Polo 1.4 AT 2013: Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping Volkswagen Polo 1.4 AT 2013

Nafas desain khas Eropa begitu kental di Polo

Lanjut ke tampilan samping Volkswagen Polo 1.4 AT 2013 ini, garis-garis elegan tetap diteruskan hingga ke tampilan samping mobil ini. Yang menarik adalah pilar B di mobil ini yang hanya terbuka sebagian apabila pintu dibuka, ini menciptakan kesan elegan dan rapi khas mobil Eropa. Sayangnya, ukuran pelek R14 yang digunakan terasa agak kekecilan untuk sebuah mobil Eropa, alangkah lebih baik jika Polo ini menggunakan pelek berdiameter lebih besar seperti R15 atau bahkan R16.

Gambar menunjukkan ban dan pelek Volkswagen Polo 1.4 AT 2013

Jika pakai pelek R15 inchi pasti lebih ganteng

Review Volkswagen Polo 1.4 AT 2013: Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang Volkswagen Polo 1.4 AT 2013

Tak ada lekuk ekstrim di tampilan buritannya

Pada bagian buritan Volkswagen Polo 1.4 AT 2013 nafas elegan nan minimalis tetap dipertahankan. Stoplamp plus bodi belakang mobil ini desainnya cantik meski umur mobil ini sudah berjalan 7 tahun. Bahkan, untuk membuka pintu bagasi belakang tidak akan Anda temui gagang pintu di VW Polo ini, namun Anda bisa membuka pintu tersebut dengan menekan emblem ‘VW’ sembari mengangkatnya. Sebuah sentuhan ringan namun mengesankan di mobil ini.

Gambar menunjukkan membuka bagasi Volkswagen Polo 1.4 AT 2013

Buka pintu bagasi bisa menarik tuas pada emblem VW

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Volkswagen Polo 2013

Review Volkswagen Polo 1.4 AT 2013: Layout Dasbor

Gambar menunjukkan layout dasbor Volkswagen Polo 1.4 AT 2013

Meterial dasbor berkualitas

Kualitas dasbor dari Volkswagen Polo 1.4 AT 2013 ini patut diacungi jempol. Material empuk dapat Anda temui di dasbor mobil ini. Meskipun material empuk tidak sekuat material keras, namun ini menambah kesan modern dan mewah pada mobil ini. Desain dasbor di VW Polo ini juga menampilkan kesan elegan, dengan minim lekukan-lekukan tajam. O ya, head unit yang terlihat di foto tersebut bukan merupakan bawaan pabrik karena sudah diganti oleh pemilik mobil ini.

Review Volkswagen Polo 1.4 AT 2013: Kursi

Gambar menunjukkan kursi depan Volkswagen Polo 1.4 AT 2013

Bahan jok masih fabric

Lima penumpang dewasa dapat duduk dengan aman dan nyaman di dalam kabin Volkswagen Polo 1.4 AT 2013 ini. Sebab, lima kursi sudah mendapatkan headrest dengan pengaturan mandiri serta seatbelt 3 titik di semua kursi. Memang, untuk penumpang dengan tinggi badan diatas 170 cm agak terasa sempit head roomnya, namun yang patut diapresiasi adalah pengaturan jok pengemudi yang lengkap mulai dari reclining, height adjuster, bahkan lumbar support. Bahkan pengaturan kursi dapat dilakukan dengan presisi.

Gambar menunjukkan kursi belakang Volkswegen Polo 1.4 AT 2013

Headrest dan sabuk pengaman 3 titik sudah di semua kursi

Review Volkswagen Polo 1.4 AT 2013: Bagasi

Gambar menunjukkan bagasi Volkswagen Polo 1.4 AT 2013

Sayang kapasitas bagasinya hanya 280 liter

Bagasi adalah salah satu kelemahan Volkswagen Polo ini bila dibandingkan dengan para rivalnya. Ia hanya memiliki kapasitas bagasi 280 liter, memang lantai bagasi dapat diturunkan sedikit untuk mengakomodir barang bawaan lebih, namun itu tidak terlalu berpengaruh banyak terhadap kapasitas bagasi Volkswagen Polo 1.4 AT 2013 ini. Meski demikian, attention to detail mobil ini tetap rapi, seperti tempat dongkrak yang tersimpan rapi di sisi kanan bagasi.

>>> Baca juga:

Fitur Volkswagen Polo 2013

Review Volkswagen Polo 1.4 AT 2013: AC Climate Control

Gambar menunjukkan tombol pengaturan AC climate control digital Volkswagen Polo 1.4 AT 2013

AC sudah menganut automatic climate control

Di antara rival sekelasnya di Tanah air, pengaturan AC mobil di Volkswagen Polo 1.4 AT 2013 ini patut diacungi jempol, sebab sudah menganut sistem digital automatic climate control untuk mengontrol suhu di dalam kabin. Kendati sistemnya masih single zone namun pengaturan suhu otomatis seperti ini jauh lebih mudah digunakan, apalagi tombol fisiknya masih bisa dirasakan oleh tangan dan tidak seperti di Honda Jazz yang pengoprasiannya mirip touch screen.

Review Volkswagen Polo 1.4 AT 2013: Tombol Pengaturan Di Setir

Gambar menunjukkan setir Volkswagen Polo 1.4 AT 2013

Tombol pengatur di setir membuat Anda makin mudah

Tombol pengaturan audio yang ada di Volkswagen Polo 1.4 AT 2013 ini cukup membantu ketika hendak melakukan pengaturan head unit. Anda tidak perlu melepaskan genggaman tangan dari setir ketika ingin melakukan setup audio. Selain itu setir berlapis kulit di Polo ini juga nyaman digenggam serta diameternya pas dan tetap terlihat keren sebab terdapat ornamen berwarna brushed silver yang elegan.

Review Volkswagen Polo 1.4 AT 2013: Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan dudukan engine mounting Volkswagen Polo 1.4 AT 2013

Engine mounting bisa lepas sendiri ketika kecelakaan frontal

Hadir dari Jerman membuat Polo memiliki serangkaian fitur keselamatan standar yang lengkap, seperti rem yang dilengkapi Anti-lock Braking System (ABS) dengan EBD (Electronic Brake-force Distribution) hingga desain rangka monokok yang kuat meredam getaran bahkan benturan. Engine mounting juga dirancang sedemikian rupa untuk dapat ‘melepaskan diri’ agar mesin dapat jatuh ke bawah saat terjadi kecelakaan sehingga tidak menimbulkan cedera berlebih bagi pengemudi dan penumpang depan.

>>> Hati-Hati, Volkswagen Jelaskan Hubungan Muatan Mobil Van dengan Jarak Pengereman

Operasi Volkswagen Polo 2013

Gambar menunjukkan mesin Volkswagen Polo 1.4 AT 2013

Mesin masih naturally aspirated 

VW Polo ini dilengkapi dengan mesin bensin 4 silinder berkapasitas 1.400 cc tanpa turbo. Maka jangan heran tenaganya hanya 86 ps atau sekitar 84,5 hp pada putaran mesin 6.000 rpm serta torsi 132 Nm di kitiran 3.800 rpm. Tenaga dan torsi tersebut lantas disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi kopling ganda 7 percepatan bernama Direct Shift Gearbox (DSG) khas VW yang perpindahan giginya cepat dan sigap. Performa Polo saat di jalan mobil ini sangat terbantu dari transmisi pintarnya itu.

Gambar menunjukkan tuas transmisi DSG 7-speed Volkswagen Polo 1.4 AT 2013

Performa mobil ini terbantu berkat respon transmisi DSG yang cepat

Cara kerja transmisi DSG ini juga unik, karena sebenarnya ini merupakan transmisi manual tapi otomatis, sebab kopling dikontrol secara otomatis dengan bantuan komputer. Teknologi transmisi DSG ini merupakan ciri khas mobil Volkswagen kekinian. Kelemahan transmisi manual yaitu hilang-nya waktu saat melakukan perpindahan gigi tidak lagi ditemukan pada transmisi ini. Begitu pula dengan slip yang umum terjadi di transmisi otomatis.

Gambar menunjukkan performa Volkswagen Polo 1.4 AT 2013 di jalan

Pengendalian khas mobil Eropa

Hal ini bisa tercapai, lantaran DSG menggunakan 2 kopling yang terendam oli. Ketika berada di posisi gigi 1 misalnya, kopling gigi 2 sudah siap masuk dan menyalurkan daya, begitu seterusnya hingga di top gear (gigi 7). Tak ayal, mobil Volkswagen Polo 1.4 AT 2013 yang dilengkapi transmisi DSG ini akan sangat terbantu dalam mempersingkat waktu akselerasi. Adanya transmisi DSG ini pun menjadi langkah kompromi untuk memperkecil kelemahan, baik transmisi manual maupun matik.

>>> Review Volkswagen Polo Beats 2019: Sentuh Anak Muda Dengan Audio Beats Dr. Dre

Spesifikasi Volkswagen Polo 2013

Berikut ini adalah prediksi spesifikasi Volkswagen Polo 1.4 AT 2013.

Mesin Volkswagen Polo 1.4 AT 2013
Seri Mesin

 4 Silinder Segaris, DOHC

Jumlah Katup

 16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet Per Silinder)

Tenaga Maksimum

 84,5 Hp (86 Ps) @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

 132 Nm @ 3.800 rpm

Kapasitas Silinder

 1,390 cc

Bore X Stroke

 76,5 mm X 75,6 mm

Tipe Transmisi

 Direct Shift Gearbox (DSG) 7 Tingkat Percepatan

Penggerak

 Penggerak Roda Depan (FWD)

Rangka Volkswagen Polo 1.4 AT 2013
Panjang X Lebar X Tinggi

 3.952 mm x 1.682 mm x 1.454 mm

Jarak Sumbu Roda

 2.470 mm

Jumlah Pintu

 5 Pintu

Kapasitas Penumpang

 5 Penumpang

Kapasitas Tangki

 45 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Volkswagen Polo 1.4 AT 2013
Suspensi Depan & Belakang

 MacPherson Strut & Semi Independent with Torsion Bar

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion with Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Disc & Drum

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS & EBD

Teknologi Safety Sasis

 Side Impact Beam

Struktur Sasis

 Monokok, B-Segment

Pelek

 Alloy, 14 Inch

Jenis Ban

 Radial, 175/65R14

Daftar Harga Volkswagen Polo 2013

Gambar menunjukkan lampu belakang Volkswagen Polo 1.4 At 2013

Harganya kini sudah terjangkau

Volkswagen Polo 1.4 AT 2013 ini dijual dengan kisaran harga mulai Rp106 hingga Rp110 juta. Tentu harga tersebut sangat tergantung dari kondisi aktual kendaraan. Pastikan sebelum membeli, Anda mengecek seksama transmisi DSG di mobil ini, pastikan hentakannya minim dan perpindahan giginya halus. Alangkah lebih baik apabila VW Polo yang Anda incar memiliki catatan riwayat servis berkala di bengkel resmi yang lengkap.

>>> Anda mau membeli mobil Volkswagen Polo? Klik sini untuk cek harga dan promosinya

Kesimpulan Volkswagen Polo 2013

Ilustrasi kesimpulan review Volkswagen Polo 1.4 AT 2013

Saran kami lebih baik beli Honda Jazz atau Toyota Yaris saja

Jika punya budget terbatas dan ingin tampil beda dengan hatchback yang punya darah reli kental, maka mobil Volkswagen Polo 1.4 AT 2013 ini dapat menjadi alternatif pilihan. Namun, Anda harus ingat jaringan servis mobil ini yang terbatas tidak menjadikan Anda lebih luwes bila ingin melakukan perawatan. Berbeda jauh dengan rival sekelasnya seperti Honda Jazz maupun Toyota Yaris yang memiliki jaringan layanan purna jual tersebar di seluruh kota di Indonesia.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak review mobil lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Rumah Mobil Mgl

Jawa Tengah

Yo Mobil Magelang

Jawa Tengah

BLESS AUTO

Jawa Barat

Review lain

Review Volkswagen Polo 2019

01/12/2018

Editor rate:

Jika Anda seorang newbie yang baru akan memikirkan membeli mobil untuk pertama kali, dan ingin mobil produksi Jerman. Maka kami akan merekomendasikan Anda untuk meminang mobil ini. Sebuah Volkswagen (VW) Polo 2019. Dan agar Anda tahu mengapa kami menyarankan Anda untuk membeli mobil ini, baca dulu review Volkswagen Polo 2019 hanya di Cintamobil.com

Lihat juga

Review Volkswagen Polo 2002 Small Hatchback Jadul Menyimpan Kritik Harga Yang Tak Sesuai

13/07/2018

Editor rate:

Volkswagen sering membuat city car, dan biasanya mobil yang diciptakan itu cukup laris dipasar eropa. Salah satu yang laris adalah Volkswagen Golf, sebetulnya ada lagi yang juga tak kalah tenarnya hingga ke tanah air seperti Volkswagen Beetle dan juga Volkswagen Polo. Polo merupakan city car yang pertama kali diluncurkan tahun 1975.

Lihat juga

Review Volkswagen Golf Mk V GTI 2005: Hot Hatchback Yang Dirancang Untuk Melengkapi Banyak Kebutuhan Anda

25/06/2018

Editor rate:

Perubahan dari Golf standar menjadi GTi, terbilang cukup subtansial. Generasi kelima atau yang kerap kali disebut MK-V ini bisa dibilang generasi terbaik daripada pendahulunya. Tahun 2005, menjadi momen bersejarah bagi para pecinta mobil besutan Volkswagen Indonesia kala itu. Seperti apa tampilan dan keunggulannya? Mari simak lebih mendalam tentang review Volkswagen Golf Mk V GTI 2005

Lihat juga

Volkswagen Scirocco 2018, Generasi Terakhir Dari Volkswagen Scirocco

02/05/2018

Editor rate:

Volkswwagen Scirocco merupakan sebuah mobil sport hatchback yang diproduksi oleh perusahaan asal Jerman, Volkswagen. Mobil yang memiliki desain cukup sporty ini rupanya sudah memasuki babak akhir di tahun 2018 karena VW memutuskan untuk menghentikan produksi mobil berkapsitas 2+2 ini. Seperti apa kelebihan dari generasi ketiga sekaligus versi terakhir dari VW Scirocco yang diluncurkan pada tahun 2018 ini? Berikut ini adalah review Volkswagen Scirocco 2018 yang diperkenalkan di April 2018.

Lihat juga

Review Volkswagen Polo VRS 2018, Varian Hatchback Terbaru yang Diperkenalkan Di Ajang IIMS 2018

25/04/2018

Editor rate:

Parade Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, menjadi ajang unjuk gigi bagi banyak perusahaan otomotif. Tak terlewatkan, PT. Garuda Mataram Motor (GMM) selaku Agen Pemegang Merek Volkswagen Indonesia, meluncurkan produk Hatchback terbarunya yang dinamai Volkswagen Polo VRS. Seperti apa tampilannya? Berapa harga Volkswagen Polo VRS? Simaklah review Volkswagen Polo VRS 2018 di bawah ini.

Lihat juga
back to top