Review Volkswagen ID.3 2019: Pembuka Fase 3, Mobil Listrik Terpenting Volkswagen

11/09/2019

Share this post:

Volkswagen ID 2019

Editor rate:

Lihat promo

Sebuah pernyataan berani dari Volkswagen yang menyatakan bahwa mobil ini merupakan bab ketiga dari perjalanan panjang pabrikan asal Jerman ini. Setelah produksi Bettle yang menjadi fase pertama dan Golf yang merupakan bab kedua, Volkswagen ID.3 2019 dipersiapkan untuk menjadi tonggak sejarah Volkswagen di industri otomotif dunia.

Review Volkswagen ID.3 2019: Pembuka Fase 3, Mobil Listrik Terpenting Volkswagen
Review Volkswagen ID.3 2019: Pembuka Fase 3, Mobil Listrik Terpenting Volkswagen
0 Gambar

Pengantar Volkswagen ID 2019

Mari kita simak spesifikasi Volkswagen ID 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Harga yang terjangkau dibandingkan mobil listrik di segmennya

Baterai dengan daya jangkau yang tinggi dengan pengecasan cukup cepat

Desain yang minimalis dan futuristik

Kekurangan

Harga yang murah membuat Volkswagen harus mengurangi berbagai teknologi di dalamnya

Bobot yang berat untuk mengurangi biaya produksi

Review Volkswagen ID.3 2019 - Tepat pada 8 Mei lalu, Volkswagen memperkenalkan versi produksi beserta dengan pembukaan untuk pemesanan keluarga pertama ID dari Volkswagen, yaitu Volkswagen ID.3 2019. Hatchback full listrik yang seukuran dengan Volkswagen Golf ini menekankan teknologi canggih yang ramah pengguna dan ramah lingkungan serta desain yang bersih dan sederhana dari Volkswagen. 

penonton dan panggung untuk Volkswagen ID.3 2019
Peluncuran dan Pembukaan Pemesanan Volkswagen ID.3 2019 di Jerman

Konsep pertama Volkswagen ID.3 diluncurkan pertama kali pada 2016 di Paris Motor Show. Menggunakan platform MEB baru dengan desain hatchback, platform ini juga digunakan untuk versi produksi ID Crozz, ID Vizzion, dan konsep ID Roomzz. Dan seperti konsep mobil baru Volkswagen yang sudah memasuki masa produksi, mobil ini akan menggunakan baterai listrik.
Setiap anggota dari Volkswagen ID akan mewakili serangkaian produk baru dan independen. Volkswagen menyebutkan bahwa ketika Beetle pernah memobilisasi massa, dan Golf adalah pemimpin di kelasnya dengan inovasi di setiap generasi, ID akan menghadirkan e-mobilitas yang dapat diakses oleh spektrum pelanggan yang luas.  

generasi terbaru Volkswagen ID.3 berwarna hijau

Desain baru Volkswagen ID.3 2019 yang masih berkamuflase

ID.3 akan mulai dikirimkan ke pelanggan pada pertengahan 2020 kepada 30.000 untuk edisi peluncuran pertama. Dan kepopuleran mobil ini terlihat dari tingginya angka pemesanan yang mencapai 10.000 unit pada 24 jam sejak Volkswagen membuka keran pemesanan. Sebelum itu, mari kita simak review Volkswagen ID.3 2019 dari tim Cintamobil.com berikut ini.

Eksterior Volkswagen ID 2019

Meskipun sudah bisa dipesan, ID.3 masih menggunakan tampilan berkamuflase mengingat mobil ini masih disebut sebagai prototipe. Namun sama seperti edisi ID dari Volkswagen lainnya, eksterior Volkswagen ID.3 2019 terlihat memiliki desain minimalis yang mulus tanpa ada gril depan seperti yang terlihat pada desain mobil konvensional.

Review Volkswagen ID.3 2019: Eksterior Depan

Jika diperhatikan, bagian depan masih terlihat sama dengan versi ID Neo yang diperkenalkan beberapa waktu lalu. Namun yang menjadi perbedaannya adalah tampilan lampu depan yang sudah terlihat. Mobil ini juga terlihat tidak memiliki lampu kabut, apakah termasuk rencana pengurangan ongkos produksi untuk memberikan harga yang bersaing? 

bagian depan Volkswagen ID.3 2019 berwarna hijau

Tampilan depan Volkswagen ID.3 2019

Selain itu, eksterior depan Volkswagen ID.3 2019 juga tidak mendapatkan gril depan untuk masuknya udara. Mengingat mobil ini dibuat dengan tenaga dari baterai yang terletak dibawah lantai. Tetapi pada bagian bawah front end terlihat gril dengan aksen kotak, berguna sebagai asupan udara untuk meningkatkan aerodinamika berkendara sehingga membuat penggunaan tenaga lebih efisien.

Review Volkswagen ID.3 2019: Eksterior Samping

Tidak adanya mesin di bagian depan membuat overhang pendek, seperti yang terlihat pada city car pada umumnya, membuat mobil ini tidak terlalu panjang sehingga memperkecil radius putar. Menegaskan sifat ‘city car’ yang praktis untuk daerah perkotaan. Sedangkan mobil listrik sebagian besar menggunakan pelek besar karena mobil jenis ini memiliki output penuh pada rpm rendah. Karena itu, eksterior samping Volkswagen ID.3 2019 dihiasi dengan pelek 20 inci.

bagian samping Volkswagen ID.3 2019 berwarna hijau

Tampilan samping Volkswagen ID.3 2019

Selain itu, tidak ada yang membedakan mobil ini dengan mobil konvensional. Sebelumnya, Volkswagen sudah mengkonfirmasi bahwa model ini akan mendapatkan atap hitam dan bak belakang untuk membantu membedakannya dari mobil lain dalam lini produk Volkswagen.

Review Volkswagen ID.3 2019: Eksterior Belakang

bagian belakang Volkswagen ID.3 2019 berwarna hijau
Eksterior belakang Volkswagen ID.3 2019

Seperti yang terlihat pada bagian belakang, tampilan teranyar ID 3 mendapatkan desain yang minimalis namun tetap cantik. Layaknya model Volkswagen lainnya, ID 3 akan mendapatkan lampu belakang serta reflektor. Pintu belakang sepertinya akan sedikit tinggi, terlihat menyulitkan untuk memasukkan barang ke dalam mobil. Sedangkan eksterior belakang Volkswagen ID.3 2019 juga sudah dilengkapi dengan spoiler dan shark fin antenna.

>>> Baca juga review menarik Volkswagen lainnya di sini


Interior Volkswagen ID 2019

Tidak ada detail pada bagian dalam mobil ini. Meskipun begitu, beberapa sumber menyebutkan bahwa ID.3 seharusnya mendapatkan desain interior minimalis tanpa banyak tombol. Dan karena mobil listrik yang menggunakan baterai akan memenuhi bagian bawah platform MEB Volkswagen, interior Volkswagen ID.3 2019 akan sangat luas dan lapang untuk kenyamanan penumpangnya.

Review Volkswagen ID.3 2019: Dasbor

dasbor Volkswagen ID.3 2019 berwarna hitam
Perkiraan dasbor Volkswagen ID.3 2019

Jika melihat desain baru yang ditampilkan Volkswagen untuk beberapa model masa depannya, dasbor Volkswagen ID.3 2019 diprediksi tidak akan mendapatkan banyak tombol. Sebagian besar pengaturan fungsi akan menggunakan layar sentuh dan teknologi baru; voice command atau perintah suara. Desain dasbor akan bersifat minimalis dengan tampilan yang mulus layaknya mobil-mobil masa depan di film fiksi ilmiah.

Review Volkswagen ID.3 2019: Kemudi

kemudi Volkswagen ID.3 2019 berwarna hitam

Kemudi Volkswagen ID.3 2019 yang diambil dari ID Crozz

Sama dengan desain dasbor, kemudi mobil akan dibuat tanpa tombol. Terlebih dengan teknologi swakemudi level 3 yang tidak banyak membutuhkan peran pengemudi, tentu saja kemudi Volkswagen ID.3 2019 hanya akan digunakan pada saat-saat tertentu saja. Hal tersebut mengindikasikan setir yang tidak terlalu mendapatkan banyak komponen pelengkap seperti kendaraan konvensional saat ini.

Review Volkswagen ID.3 2019: Kursi

Dengan komposisi interior yang lapang, seharusnya ada cukup ruang untuk empat kursi dengan kenyamanan lengkap dan lantai yang rata. Kemungkinan besar bagian kursi Volkswagen ID.3 2019 akan mendapatkan konfigurasi elektrik yang membuat Anda bisa mengatur posisi kursi dengan mudah. Mengingat mobil ini akan mengandalkan fitur swakemudi.

kursi Volkswagen ID.3 2019 berwarna hitam

Desain kursi Volkswagen ID.3 2019 dari prototipe ID

Sama seperti mobil listrik lainnya, desain yang kompak membuat tidak ada saku-saku pada interior. Satu-satunya ruang penyimpanan interior terletak di konsol tengah. Namun ruang penyimpanan di belakang akan menjadi masalah untuk mobil ini. Mengingat posisi sistem pendingin yang terletak di belakang, membuat bagian belakang hanya menyisakan ruang yang cukup kecil untuk kompartemen bagasi.

>>> Berita menarik mengenai Volkswagen bisa Anda dapatkan di sini

Fitur Volkswagen ID 2019

Volkswagen akan mulai memperkenalkan mobil ini ke pasaran dengan versi terbatas bernama Volkswagen ID.3 1st.  Mendapatkan baterai berukuran sedang dan dilengkapi dengan roda yang lebih besar, ada lebih banyak fitur yang bisa didapatkan oleh konsumen, meskipun belum diketahui apakah fitur-fitur tersebut akan digunakan pada versi produksinya nanti. 

fitur Volkswagen ID.3 2019 berwarna hitam

Fitur Volkswagen ID.3 2019 akan mendapatkan fitur swakemudi

Fitur Volkswagen ID.3 2019 edisi pertama akan mendapatkan kontrol suara dan navigasi sebagai standar. Akan ada banyak pencahayaan dan eksterior. Panoramic roof dan tampilan head-up augmented reality juga menjadi daya tarik edisi pertama ini. Dengan Frankfurt Motor Show baru akan diselenggarakan September nanti, butuh waktu untuk mengetahui teknologi apa saja yang akan dibawa di dalam mobil ini.

>>> Opsi Mobil Jerman Pertama, Inilah 5 Pilihan Mobil VW Bekas

Operasi Volkswagen ID 2019

Belum semua detail dikonfirmasi, tetapi Volkswagen mengungkapkan bahwa ID.3 akan hadir dengan tiga pilihan powertrain. Untuk varian entry, ID.3 akan dilengkapi dengan baterai 45 kWh dan jangkauan terendah sekitar 330 kilometer. Varian ini juga akan memiliki kinerja terendah. Namun dengan keluaran sebesar 120 daya kuda bisa dibandingkan dengan varian menengah dari Golf.

baterai Volkswagen ID.3 2019 berwarna hitam
Baterai Volkswagen ID.3 2019 di bagian lantai mobil

Sedangkan model menengah menggunakan 58 kWh yang mampu mengantarkan mobil ini sejauh 420 km dalam sekali pengisian. Sementara sistem operasi Volkswagen ID.3 2019 varian tertinggi mendapatkan 77 kWh untuk daya tempuh yang lebih jauh, yaitu 550 km.

Selain itu, mobil ini akan mendapatkan dua bentuk pengisian AC sebesar 7.2 kW dan 11 kW yang kompatibel dengan pengisian cepat hingga 125 kW. Tergantung pada ukuran baterai, pengisian 80% bisa dilakukan dalam waktu 30 hingga 45 menit. ID.3 juga akan menjadi hatchback paling kompleks dengan penggerak roda belakang. Meskipun diprediksi versi penggerak empat roda dan versi sporty akan diperkenalkan selanjutnya.

>>> Hati-Hati, Volkswagen Jelaskan Hubungan Muatan Mobil Van dengan Jarak Pengereman

Spesifikasi Volkswagen ID 2019

Meskipun tidak semua spesifikasi akan tetap tersedia dengan semua perubahan dan peningkatannya, Volkswagen sudah memperkenalkan setidaknya beberapa detail dari spesifikasi Volkswagen ID.3 2019. Berikut diantaranya yaitu,

Dimensi Volkswagen ID.3 2019
Panjang x Lebar x Tinggi 4.100 mm x 1.800 mm x 1.530 mm
Wheelbase 2.750 mm
Berat Kosong 1.500 kg
Mesin Volkswagen ID.3 2019
Tipe Mesin Baterai 48.0 kWh
Jarak Tempuh 330 km
Tenaga Maksimal 134 dk
Torsi Maksimal 300 Nm
Akselerasi (0-100 km/jam) 8 detik
Kecepatan Tertinggi 160 km/jam
Sistem Penggerak Roda Belakang
Kaki-Kaki Volkswagen ID.3 2019
Pelek 20 inci

Daftar Harga Volkswagen ID 2019

Akan ada tiga bagian dari sesi peluncuran mobil ini ke pasar. Peluncuran pertama berjumlah 30.000 unit akan dimulai dengan harga € 40.000 (Rp650 juta) yang sudah dibuka sejak beberapa waktu lalu. Sedangkan harga Volkswagen ID.3 2019 dimulai dari €33.000 di Jerman, atau jika dikonversikan menjadi Rp511 jutaan. Penjualan akan dimulai setelah September tahun ini. Konsumen diprediksi akan mendapatkan mobil ini pada kuartal pertama 2020.

>>> Ingin membeli mobil Volkswagen? Klik sini untuk melihat daftar semua mobil Volkswagen dijual dengan harga terbaik di seluruh Indonesia

Kesimpulan Volkswagen ID 2019

Di jalan, terbukti bahwa Volkswagen ID.3 2019 tidak akan menjadi mobil listrik tercepat di jalan bobotnya yang berat. Volkswagen juga mengambil pendekatan yang berbeda dengan pengereman regeneratif, dimana mobil ini tidak memiliki kontrol tersebut. ID.3 akan mendapatkan pengereman yang lebih tinggi, menegaskan kinerja yang tidak begitu tinggi, namun dengan harga yang terjangkau.

dua mobil Volkswagen ID.3 2019 berwarna putih dan hijau
Tampilan futuristik Volkswagen ID.3 2019

Volkswagen sudah membuka keran pemesanan untuk mobil ini pada awal Mei lalu dengan 30.000 unit siap diluncurkan untuk pemesanan batch pertama. Harga yang diberikan juga tidak begitu mahal, karena Volkswagen tidak menggunakan aluminium untuk bodi mobil. Jadi meskipun mobil ini terkesan berat, setidaknya hal tersebut bisa memangkas biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan Volkswagen ID.3 2019.

>>> Jangan lupa lanjut baca artikel review mobil lainnya di sini

Padli Nurdin
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Rumah Mobil Mgl

Jawa Tengah

Yo Mobil Magelang

Jawa Tengah

Dwi Jaya Mobil

DIY Yogyakarta

Review lain

Review Volkswagen ID Buzz 2017

25/11/2018

Editor rate:

Bukanlah Volkswagen namanya apabila tidak meluncurkan mobil-mobil ikonik dan berkarismatik. Seperti halnya produk konsep ID Buzz satu ini, berbodi menggemaskan dengan menggabungkan desain Retro dan unsur futuristik. Mobil satu ini bukanlah mobil sketsa saja namun sudah sempat diperkenalkan secara nyata kepada publik internasional di tahun 2017. Penasaran? Berikut kita simak review Volkswagen ID Buzz 2017.

Lihat juga

Review Volkswagen I.D. R 2018: Juara Baru Penunggu Pikes Peak

12/03/2019

Editor rate:

Artikel kali ini terbilang spesial karena Cintamobil.com hendak membahas mobil balap yang berhasil memecahkan rekor Pikes Peak International Hill Climb. Menariknya, mobil ini menggunakan tenaga elektrik yang sekaligus diklaim sebagai mobil elektrik tercepat. Berikut informasi selengkapnya dalam review Volkswagen I.D. R 2018.

Lihat juga

Review Audi S7 2019: Dari Mesin V8 Ke V6, Apakah Sebuah Penurunan Performa?

27/05/2019

Editor rate:

Audi Sport akan memiliki tiga model S terbaru dalam Portofolio mereka meliputi S6 sedan, S6 Avant dan S7 Sportback. Perlu menjadi catatan, Cintamobil.com lebih tergiur untuk membahas lebih lanjut akan Audi S7 Sportback karena alasan desain, efisiensi bahan bakar, kenyamanan berkendara serta performa mesinnya. Mari kita saksikan bersama dalam review Audi S7 2019.

Lihat juga

Review Hyundai Ioniq 2020: Mobil Masa Depan Dengan 3 ‘Rasa'

23/05/2019

Editor rate:

Tentu kita semua tahu, bahwa kendaraan di masa depan diharapkan tak lagi menggunakan bahan bakar konvensional lagi, namun sudah merambah ke arah listrik. Ya, bukan saja, masalah irit bahan bakar namun juga memberi dampak yang positif bagi lingkungan. Sama halnya dengan Hyundai Ioniq yang berdiri sebagai mobil masa depan, mengusung tiga julukan. Apakah itu? Mari kita simak bersama dalam review Hyundai Ioniq 2020.

Lihat juga

Review Peugeot 208 GT Line 2019

04/03/2019

Editor rate:

Singa Perancis siap menggebrak segmen mobil anak millenials dengan Peugeot 208 GT Line 2018. Kelebihan apa saja yang ditawarkan hatchback ini?

Lihat juga