Review Volkswagen Golf GTI TCR 2019: Hatchback Berjiwa Balap dari Volkswagen

22/02/2019
editor rate: 4,5 user rate: 4,5
Setelah memperkenalkan edisi GTI TCR untuk Golf sebagai konsep di acara Wörthersee 2018 di Austria, Volkswagen akhirnya membuka keran pemesanan bagi konsumen. Sayangnya, Volkswagen Golf GTI TCR 2019 merupakan model khusus yang sayangnya hanya tersedia di Eropa saat ini.

PENGANTAR Volkswagen Golf 2019

Review Volkswagen Golf GTI TCR 2019Volkswagen Golf GTI TCR 2019 adalah lini GTI yang fokus untuk menyenangkan hati penggemar lintasan amatir, dan terinspirasi dalam satu hal, kompetisi TCR. Volkswagen memang sudah menjadi bagian dari seri mobil tur TCR sejak 2016 dengan kendaraan berbasis GTI yang mengagumkan. Tidak hanya itu, mobil ini bukan mobil balap, tetapi mobil produksi yang bisa Anda bawa ke jalanan dan cocok bagi Anda penyuka kecepatan.

Volkswagen Golf GTI berwarna merah

Generasi pertama Volkswagen Golf GTI 1976

Memang, di atas kerta mobil ini memiliki semua yang diinginkan mereka yang menginginkan mobil berkecepatan tinggi di jalanan. GTI TCR adalah yang terpanas dalam 43 tahun sejarah papan nama hatchback. Yang pertama pada tahun 1976 dengan 100 daya kuda, dan model terbaru mendapatkan 286 daya kuda. Hal ini menjadikan GTI TCR 2019 sebagai penggerak roda depan paling kuat dalam sejarah dan GTI tercepat yang pernah ada.

Sedangkan untuk versi jalanan, Volkswagen Golf GTI TCR 2019 yang baru akan bertarung melawan Hyundai i30N, Honda Civic Type R (yang juga bertemu pada kompetisi TCR) serta Renault Megane RS dan RS Trophy. Tetapi tampilan jalanan terbaru dari GTI TCR memiliki keunikan tersendiri, meskipun masih menggunakan beberapa komponen dari mobil balapnya.

Volkswagen Golf GTI TCR 2019 berwarna merah

Tampilan baru lebih memikat dari Volkswagen Golf GTI TCR 2019

Meskipun hanya dijual di Eropa, tak menutup kemungkinan jika Anda bisa membawa pulang mobil ini dan membawanya ke Indonesia, Nah, sebelum melakukan hal tersebut, simak review Volkswagen Golf GTI TCR 2019 dari tim Cintamobil.com berikut ini.

EKSTERIOR Volkswagen Golf 2019

Dari luar, TCR bisa dibedakan dengan GTI yang lebih rendah dengan velg matt hitam dan splitter depan yang diperluas. Bagian luar juga dilengkapi dengan difusser belakang serta roof spoiler yang membentuk aero kit TCR mengikuti desain mobil balapnya. Sedangkan tidak ada perubahan yang signifikan dari eksterior Volkswagen Golf GTI TCR 2019 dibandingkan versi sebelumnya, tetapi tetap dengan desain sporty nan maskulin.

Review Volkswagen Golf GTI TCR 2019: Eksterior Depan

tampilan depan Volkswagen Golf GTI TCR 2019 berwarna merah

Tampilan depan Volkswagen Golf GTI TCR 2019

Terinspirasi oleh mobil balap TCR, model jalanan dilengkapi dengan splitter depan untuk memberikan tampilan sporty hingga desain menawan pada tampilan depan mobil ini. Sedangkan desain lampu LED yang baru membedakan eksterior depan Volkswagen Golf GTI TCR 2019 dibandingkan generasi sebelumnya. Bagian bawah juga dilengkapi dengan gril dan intake udara pada bagian samping untuk mempermudah masukan udara, mempermudah pengapian dan performa tinggi mobil ini.

Review Volkswagen Golf GTI TCR 2019: ​Eksterior Samping

tampilan samping Volkswagen Golf GTI TCR 2019 berwarna merah

Tampilan samping Volkswagen Golf GTI TCR 2019

Bagian roda didorong keluar lebih jauh sehingga membuat mobil lebih lebar dibandingkan mobil versi jalanan. Masih menggunakan ekstensi lengkungan kotak dari sisi samping ditambah dengan pijakan kaki membuat kesan sporty juga terlihat dari sisi samping. Eksterior samping Volkswagen Golf GTI TCR 2019 juga dilengkapi dengan pelek 18 inci yang bisa Anda upgrade menjadi 19 sesuai pilihan Anda.

Review Volkswagen Golf GTI TCR 2019: ​Eksterior Belakang

tampilan belakang Volkswagen Golf GTI TCR 2019 berwarna merah

Tampilan belakang Volkswagen Golf GTI TCR 2019

Untuk memberikan aliran udara yang lebih bersih serta aerodinamika berkendara khas mobil balap, sayap belakang yang sangat besar melesat ke bak belakang dipasangkan pada eksterior belakang Volkswagen Golf GTI TCR 2019. Meskipun sayap belakang akhirnya dibongkar untuk tampilan belakang yang lebih bersih.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Volkswagen Golf 2019

Gaya mengemudi dan nuansa balapan bisa Anda rasakan ketika masuk ke dalam kabin mobil ini. Mulai dari roda kemudi dan kursi bucket seat yang kental dengan nuansa trek memenuhi interior Volkswagen Golf GTI TCR 2019. Lalu apa lagi yang bisa Anda dapatkan pada mobil ini?

Review Volkswagen Golf GTI TCR 2019: Dasbor

dasbor Volkswagen Golf GTI TCR 2019 berwarna hitam

Dasbor Volkswagen Golf GTI TCR 2019

Seperti layaknya kendaraan yang memang dikhususkan untuk kinerja dan akhirnya ditransformasi untuk pengendaraan sehari-hari, bagian dalam tidak banyak menghadirkan teknologi-teknologi dan tampilan yang fancy. Terlihat dengan bagian penumpang depan yang masih mulus, serta berbagai tampilan detail kinerja mobil ini pada layar infotainment di tengah. Instrument digital ditambahkan, setidaknya untuk menghindarkan dasbor Volkswagen Golf GTI TCR 2019 dari kesan polos nan kuno.

Review Volkswagen Golf GTI TCR 2019: Kemudi

kemudi Volkswagen Golf GTI TCR 2019 berwarna hitam

Kemudi Volkswagen Golf GTI TCR 2019

Kemudinya memiliki aksen spidol merah bergaya motorsport. Masih dengan setir palang tiga dan logo Volkswagen terpahat di tengah-tengah, roda kemudi Volkswagen Golf GTI TCR 2019 berbalut kulit memiliki bagian belubang pada posisi 3 dan 9, sedangkan tanda merah terlihat pada arah jam 12. Tetapi berbeda pada versi balapnya yang mengusung berbagai tombol layaknya setir Formula 1, Volkswagen memberikan berbagai tombol untuk mempermudah pengemudi mengakses beberapa teknologi pada mobil.

Review Volkswagen Golf GTI TCR 2019: ​Kursi

kursi Volkswagen Golf GTI TCR 2019 berwarna hitam

Kursi Volkswagen Golf GTI TCR 2019

Berada di dalam kursi balap TCR yang – sedikit mengejutkan – terkesan sangat nyaman, ada jarak yang jauh dan pas bagi kaki dan pedal-pedal mobil untuk membuat pengendaraan lebih nyaman. Tetapi tentu saja, Anda hanya bisa membawa hanya empat orang untuk menaiki hatchback ini. Pasalnya desain yang mungil membuat kursi Volkswagen Golf GTI TCR 2019 hanya mampu menampung empat orang dewasa dengan nyaman.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

FITUR Volkswagen Golf 2019

Karena diperuntukan untuk kinerja dan performa, fitur Volkswagen Golf GTI TCR 2019 masih berkutat pada teknologi seputar kecepatan.Tetapi Volkswagen tak lupa memberikan instrument digital khas VW untuk GTI TCR. Mobil ini juga dilengkapi dengan kunci diferensial gandar depan, cakram rem berventilasi, lampu LED, selector mode penggerak, hingga jok bucket grip yang mirip dengan versi balap mobil ini.

rem Volkswagen Golf GTI TCR 2019 berwarna hitam

Fitur ‘balapan’ menjadi bagian dari teknologi untuk Golf GTI TCR

Seperti GTI Performance, GTI TCR mendapatkan penguncian elektronik ‘eDiff’ VW sebagai standar, tetapi Volkswagen menambahkan rem cakram komposit yang cukup besar dan 17 kaliber yang juga digunakan dalam GTI Clubsport S lama. Sebagai standar dengan suspensi pasif yang dikembangkan dari GTI Performance, dengan peredam yang kuat dan kokoh, mobil ini mendapatkan suspensi pegas yang diperpendek untuk membuat mobil lebih dekat dengan tanah.

>>> Tips Beli VW Caravelle Bekas : MPV Mewah Rombongan Kepresidenan

OPERASI Volkswagen Golf 2019

Hatchback berbasis kinerja baru telah disusun untuk merayakan partisipasi Volkswagen dalam kejuaraan TCR, dikembangkan berdasarkan versi GK Golf 340 daya kuda yang dikembangkan oleh perusahaan Jerman, Divisi Motorsport. Dikembangkan bersamaan dengan Golf generasi kedelapan terbaru, Golf GTI TCR tampaknya diatur untuk produksi yang relatif singkat.

Tenaga dari Golf GTI berasal dari mesin bensin empat silinder 2.0 liter turbocharged yang sama dengan yang digunakan pada Golf GTI Clubsport sebelumnya. Dengan kekuatan 285 daya kuda pada 5.400 rpm dalam model overboost, mengembangkan 44 daya kuda lebih besar dari mesin Golf GTI standar dengan paket kinerja opsional. Torsi tetap berada pada level yang sama dengan yang ditawarkan pada model Golf GTI terkuat standar, mencapai puncak 370 Nm pada perputaran 1.600 rpm hingga 4.300 rpm.

mesin Volkswagen Golf GTI TCR 2019 berwarna hitam

Mesin Volkswagen Golf GTI TCR 2019

Volkswagen telah mengkonfirmasi untuk menggerakkan versi produksi dari GTI TCR dengan menggunakan mesin yang sama. Sama halnya dengan Golf GTI standar, sistem operasi Volkswagen Golf GTI TCR 2019 bisa dipilih antara empat mode berkendara yang berbeda, yaitu: Eco, Normal, Sport, dan Individual. Yang terakhir memungkinkan sistem operasi peremajaan khusus pada perangkat kemudi, pemetaan mesin dan girboks serta sistem peredam adaptif opsional.

Jelas, kekuatannya tidak sebesar Golf R, tetapi mendekati. Dipadukan dengan transmisi kopling ganda tujuh kecepatan dan perangkat elektronik yang bertindak sebagai diff slip terbatas, GTI TCR akan melesat hingga 100 km/jam dalam keadaan diam hanya dalam 5,6 detik dan mampu mencapai 250 km/jam. Kecepatan yang sudah dibatasi secara elektronik. Pasalnya, Volkswagen menyebutkan kendaraan ini bisa melaju lebih cepat lagi.

spesifikasi Volkswagen Golf 2019

Volkswagen memang mengumpulkan pecinta kecepatan untuk mobil ini. Namun jika Anda ingin mengetahui lebih lengkap tentang spesifikasi Volkswagen Golf GTI TCR 2019, Anda bisa melihat table di bawah ini.

Dimensi Volkswagen Golf GTI TCR 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

4.970 mm x 2.073 mm x 1.846 mm

Berat Kotor

1.410 kg

Mesin Volkswagen Golf GTI TCR 2019

Tipe Mesin

2 liter 4 silinder turbo 16 katup

Isi Silinder

1.984 cc

Tenaga Maksimal

285 dk @ 5.400 rpm

Torsi Maksimal

350 Nm @ 1.950 rpm

Percepatan (0-100 km/jam)

5.6 detik

Kecepatan Maksimal

250 km/jam (dibatasi otomatis)

Transmisi

7 Percepatan dual-kopling

Kaki-Kaki Volkswagen Golf GTI TCR 2019

Suspensi Depan dan Belakang

N/A

Rem

Ventilated Discs

Ban

235/35

Velg

18 inci (19 inci opsional)

kelebihan & kekurangan Volkswagen Golf 2019

Tak banyak yang bisa didapatkan dari mobil ini, karena Volkswagen juga masih tertutup dalam mengungkapkan mobil ini, atau karena masih belum dipasarkan di berbagai negara? Namun untuk saat ini, beberapa kelebihan dan kekurangan Volkswagen Golf GTI TCR 2019 diantaranya,

Kelebihan

Kekurangan

Tipe performa lintasan balap yang bisa Anda dapatkan di jalanan

Sistem hiburan tak banyak ditawarkan

Ada pilihan varian dengan kecepatan yang lebih tinggi

Belum jelas apakah akan dipasarkan di Indonesia, meskipun spekulasi VW akan memasarkan mobil ini di Australia

Meskipun desain balapan, kursi bucket masih nyaman diduduki

 

>>> Klik sini untuk lanjut baca kelebihan dan kekurangan mobil Volkswagen lainnya

daftar harga Volkswagen Golf 2019

Sayangnya mobil ini baru diumumkan untuk pasar Eropa, tepatnya diperkenalkan di negara asal Volkswagen sendiri, Jerman. Masih belum ada laporan untuk perkenalan mobil kota rasa trek ini di Amerika Serikat, apalagi di Indonesia. Tetapi untuk harga Volkswagen Golf GTI TCR 2019 di Benua Biru, Anda perlu menyisihkan uang sekitar $ 44.350, atau sekitar Rp 625 jutaan. Apalagi jika ingin membawa mobil ini ke Indonesia, tentu saja lebih susah dengan tambahan harga dan pajak. Berminat?

>>> Klik sini untuk update semua info tentang harga dan promo mobil di Cintamobil.com

Video Volkswagen Golf 2019

Memang untuk saat ini mobil ini hanya bisa didapatkan pada pasar tertentu. Tetapi baru diperkenalkan tahun lalu, lihat kembali video Volkswagen Golf GTI TCR 2019 ketika melakukan konsepnya mendapatkan debut pada Auto Zürich Car Show 2018 berikut ini.

KESIMPULAN Volkswagen Golf 2019

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Volkswagen Golf GTI TCR 2019 merupakan hatchback bagi Anda penyuka kecepatan. Menggunakan GTI TCR yang ditukar dengan karakter dinamis yang lebih menarik dan menyenangkan. Dan meskipun lebih baik, tetapi tidak seperti pendahulunya yang istimewa, GTI TCR tidak begitu lepas dari kata ‘biasa’ dan kinerja yang sudah dibatasi.

mobil baru Volkswagen Golf GTI TCR 2019 berwarna merah

Tampilan terbaru dari hatchback tercepat Volkswagen

Tetapi secara keseluruhan, mobil ini merupakan kendaraan dengan kinerja cukup tinggi dibandingkan pesaing lain di segmennya serta teknologi yang lengkap. Di trek, bahkan di jalanan, TCR sama mengesankannya. Setelah banyak uji coba, mulai dari peredam adaptif yang kokoh hingga mode mengemudi Sport, Volkswagen Golf GTI TCR 2019 menghasilkan kenyamanan yang lebih dari cukup. Mulai dari kehandalan di tikungan serta kontrol tubuh yang baik.

>>>  Jangan lupa klik sini untuk simak tulisan review mobil yang menarik lain

Padli Nurdin
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil