Review Volkswagen Golf 8 2020: Hatchback Ikonik VW Masuki Era Modern

11/12/2019

Share this post:

Volkswagen Golf 2020

Editor rate:

Lihat promo

Volkswagen merombak hatchback lima pintu Volkswagen Golf 8 2020, menambah teknologi modern tanpa mengabaikan ciri khas yang berkontribusi pada kesuksesan Golf.

Review Volkswagen Golf 8 2020: Hatchback Ikonik VW Masuki Era Modern
Review Volkswagen Golf 8 2020: Hatchback Ikonik VW Masuki Era Modern
0 Gambar

Pengantar Volkswagen Golf 2020

Mari kita simak spesifikasi Volkswagen Golf 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Kabin mendapatkan perubahan modern

Lebih banyak teknologi baru yang dipasangkan untuk varian standar

Ada banyak pilihan mesin

Kekurangan

Desain eksterior masih mengandalkan muka lama

Harganya jauh lebih tinggi dibandingkan pesaingnya

Masih belum jelas tentang kehadirannya di Indonesia

Review Volkswagen Golf 8 2020 - Setelah berbagai spy-shot, desas-desus, hingga foto berkeliaran di media sosial, Volkswagen Golf 8 2020 diperkenalkan di Wolfsburg, Jerman, beberapa waktu lalu. Beberapa perubahan dilakukan untuk memberikan penyegaran tampang, serta lebih banyak teknologi baru. Tentu saja, mengingat generasi ketujuh ini terakhir kali diperbarui pada 2012 silam.

delapan generasi golf berjejer di sebuah ruangan

Generasi pertama Volkswagen Golf keluaran tahun 1974

Volkswagen Golf, atau VW Golf, adalah mobil kompak yang diproduksi VW sejak 1974. Golf Mk1 orisinil menggunakan penggerak roda depan dan mesin di depan, Dan diproduksi sebagai pengganti VW Beetle dengan penggerak roda belakang dan mesin di belakang. Secara historis, Golf menjadi model terlaris Volkswagen dan satu dari tiga model terlaris dunia dengan produksi ke-30 juta unit pada Juni 2013.

Golf baru menggunakan proporsi yang sama dengan model sebelumnya. Menggabungkan fasia depan yang lebih agresif, kabinnya dibuat lebih modern dengan berbagai sistem dan fitur baru disematkan. Untuk memberikan kesan baru, VW pun menambahkan tenaga hybrid dari motor 48-volt sehingga memberikan Golf yang lebih ramah lingkungan.

mobl baru Volkswagen Golf 2020 berwarna kuning

Tampilan perdana Volkswagen Golf 8 2020

Golf 8 berbagi platform MQB dengan Audi A3 dan Seat Leon generasi ketiga. Tampilan luarnya terlihat mirip dengan pendahulunya, tetapi menggunakan sudut dan desain yang mirip dengan mobil dan SUV Volkswagen terbaru. Ingin tahu lebih dekat? Simak review Volkswagen Golf 8 2020 dari Cintamobil.com berikut ini.

Daftar mobil bekas terbaru

Lihat Semua

Eksterior Volkswagen Golf 2020

Sejak dulu, Golf selalu menikmati desain mobil kompak yang sama dari masa ke masa. Eksterior Volkswagen Golf 8 2020 kali pun tak mengubah tampilan ikoniknya. Walaupun beberapa perubahan memang dilakukan untuk menawarkan wajah yang lebih segar bagi penggemar Golf di seluruh dunia.

Review Volkswagen Golf 8 2020: Eksterior Depan

Ujung depan Golf generasi kedelapan menunjukkan evolusi yang signifikan dibandingkan model sebelumnya. Front end memiliki lengkungan ke bawah yang lebih menonjol, sedangkan lampu depan dibuat lebih sipit sehingga terlihat agresif di bagian depan. Bagian atas lampu menciptakan garis yang membentang dari sisi ke sisi eksterior depan Volkswagen Golf 8 2020.

tampilan depan Volkswagen Golf 8 2020 berwarna kuning

Tampilan depan Volkswagen Golf 8 2020

Audi memiliki lampu depan matriks LED, tapi baru dipasangkan pada VW Toureg tahun 2018. Dan kali ini, giliran Golf mendapatkan lampu pintar ini. Tersedia sebagai opsi utama, IQ.LIGHT LED menampilkan 22 LED individu per matriks. Membuatnya dapat menyala secara otomtis hingga sepuluh cara yang berbeda. Ada pula “fungsi indikator belokan” yang memanfaatkan strip LED lebar untuk meningkatkan keamanan berbelok dibandingkan sein belok biasa.

Review Volkswagen Golf 8 2020: Eksterior Samping

tampilan samping Volkswagen Golf 8 2020 berwarna kuning

Tampilan samping Volkswagen Golf 8 2020

Citarasa gaya Golf baru hadir dengan velg 17 inci serta detail chrome tambahan pada eksteriornya. Dengan kombinasi garis dan lampu depan di bawah kap, Golf tampak lebih luas dibandingkan yang lama. Nyatanya, model generasi kedelapan sedikit lebih kurus dengan lebar 1.789 mm dibandingkan 1.799 mm pada generasi sebelumnya.

Review Volkswagen Golf 8 2020: Eksterior Belakang

tampilan belakang Volkswagen Golf 8 2020 berwarna kuning

Tampilan belakang Volkswagen Golf 8 2020

Perubahan desain di belakang tak cukup signifikan dibandingkan di depan. Lampu belakang sekarang telah memiliki penampilan yang lebih tajam. Logo Golf lebih besar dan terletak tepat di bagian tengah. Pipa knalpot trapezium memiliki bentuk yang serupa dan masih menyatu dengan bumper. Dibandingkan pendahulunya, jendela belakang tampak lebih kecil. Dipengaruhi oleh spoiler belakang yang menempel pada atap dan menutupi lebih banyak kaca di bawahnya.

>>> Dapatkan berbagai review dan analisa terbaru Volkswagen di sini


Interior Volkswagen Golf 2020

Perubahan pada eksterior terbilang kecil jika melihat apa yang diubah VW untuk kabin. Dibuat lebih modern, namun tetap meninggalkan kesan tradisional khas Golf. Dari gambar yang diluncurkan, lebih sedikit tombol konvensional pada interior Volkswagen Golf 8 2020.

Review Volkswagen Golf 8 2020: Dashboard

Volkswagen mengungkapkan Golf baru bersama “Innovision Cockpit”. Teknologi yang diambil dari Toureg menjadi pelopor sebagai mobil pertama di kelasnya. Setelah 45 tahun dan tujuh generasi, VW Golf berpisah dengan instrument analog. Dashboard Volkswagen Golf 2020 versi standar pun sudah memiliki layar digital. Berukuran 10,25 inci dilengkapi sistem infotainment berlayar sentuh 8,25 inci untuk versi yang lebih rendah dan 10 inci untuk model yang lebih mahal.

dashboard Volkswagen Golf 8 2020 berwarna hijau

Desain baru dashboard Volkswagen Golf 8 2020

Dan setelah menggunakan tombol yang sama selama beberapa waktu, VW akhirnya menghilangkan kontrol konvensional lampu depan dan lampu kabut untuk memberikan ruang bagi panel digital. Kontrol baru terletak di sebelah kiri instrument disandingkan dengan fungsi untuk menyalakan kaca depan yang dipanaskan dan pemanas jendela belakang. 

Review Volkswagen Golf 8 2020: Setir

setir Volkswagen Golf 8 2020 berwarna hitam

Setir Volkswagen Golf 8 2020

Kesan mewah bisa dirasakan dari tampilan chrome yang lebih banyak pada setir multi-fungsi milik Golf 8. Proyeksi gambar pada selembar kaca kecil di belakang setir akan menampilkan head-up yang tersedia untuk mobil ini. Fitur ini akan memproyeksikan gambar virtual ke kaca depan langsung di sudut pandang pengemudi. Hanya saja, Anda perlu mengeluarkan budget lebih untuk mendapatkan fitur ini.

Review Volkswagen Golf 8 2020: Kursi

kursi Volkswagen Golf 8 2020 berwarna hitam

Kursi Volkswagen Golf 8 2020

Kursi sport menjadi pembeda generasi terbaru. Mampu menampung hingga lima orang dewasa, tapi tidak ada penjelasan tentang kapasitas ruang kepala dan kaki di belakang. Dan untuk mobil kompak yang tidak termasuk merek premium di Eropa, penumpang belakang sudah mendapatkan three-zone climate control bernama Air Care Climatronic dan fungsi Smart Climate. Fitur ini akan mengantarkan pendingin bagi penumpang baris kedua.

Review Volkswagen Golf 8 2020: Bagasi

bagasi Volkswagen Golf 8 2020 berwarna hitam

Bagasi Volkswagen Golf 8 2020

Masih belum ada informasi detail tentang berapa kapasitas bagasi Volkswagen Golf 8 2020. Tapi menilik tampilan belakang hatchback ini, ruang yang dberikan cukup untuk membawa barang bawaan sehari-hari. Belum lagi terdapat beberapa kompartemen penyimpanan untuk meletakkan smartphone maupun gadget Anda di dalam kabin.

>>> Berita anyar Volkswagen bisa Anda dapatkan di sini

Fitur Volkswagen Golf 2020

Setiap kali Golf debut, banyak yang mengeluh bahwa tampilannya hampir sama dengan generasi sebelumnya. Itu mungkin benar. Tapi bagi mereka yang akrab dengan perubahan generasi Golf tahu bahwa hatchback ini mendapatkan berbagai teknologi terbaru ketika dipasarkan 2020 mendatang.

Dikembangkan oleh Amazon, asisten virtual Alexa telah diintegrasikan ke dalam Golf baru. Pengemudi bisa memutar musik, memeriksa cuaca atau berita, serta mengontrol perangkat yang kompatibel melalui kontrol suara. VW pun menyebutkan generasi kedelapan mendapatkan sistem kontrol suara yang “merespons perintah suara dan mudah dioperasikan”.

touchscreen Volkswagen Golf 8 2020 berwarna hitam

Fitur touchscreen baru dari Golf 2020

Golf 2020 juga sudah terkoneksi dengan ponsel cerdas Anda. Sehingga pengemudi bisa memeriksa melalui smartphone beberapa fitur kendaraan, seperti apakah mobil sudah terkunci, posisi parkir, dan berada jarak berdasarkan bahan bakar yang tersisa.

Review Volkswagen Golf 8 2020: Travel Assist

Teknologi Travel Assist canggih yang diperkenalkan oleh Passat di Eropa juga dipasang di Golf 8. Pada dasarnya, teknologi ini adalah sistem mengemudi semi-otonom yang dapat bekerja pada kecepatan hingga 210 km/jam. Teknologi ini memanfaatkan cruise control dan sistem lane keeping assist.

transmisi Volkswagen Golf 8 2020 berwarna hitam

Ada travel assist yang memudahkan Anda berkendara

Tetapi pengemudi masih harus memantau sistem secara permanen dan menjaga setidaknya satu tangan di setir. Ada sensor yang digunakan di roda kemudi untuk mendeteksi sentuhan pengemudi. Jika tidak mendeteksi apa pun selama lebih dari 15 detik, sinyal peringatan visual dan suara akan dikirim, bersamaan dengan sentakan pengereman. Selanjutnya, sistem pengereman darurat Golf secara otomatis menendang dan menghentikan mobil dengan aman.

Review Volkswagen Golf 8 2020: Fitur Keselamatan Aktif

Untuk fitur keselamatan, Golf memiliki layanan peringatan darurat otomatis, mengantisipasi ketika Anda mengalami kecelakaan. Saat sensor mendeteksi kecelakaan pada mobil dan Anda tidak menanggap peringatan pada smartphone Anda, maka mobil akan secara otomatis memberi tahu layanan darurat terdekat, seperti rumah sakit atau pihak kepolisian.

>>> Mobil Canggih Asal Jerman, Intip Daftar Harga Mobil Volkswagen Indonesia

Operasi Volkswagen Golf 2020

Saat diluncurkan, Golf 8 mendapatkan banyak set up mesin yang berbeda: empat mesin bensin dan dua mesin diesel. Dengan mesin diesel, ada dua pilihan tiga silnder bertenaga 90 daya kuda dan 110 daya kuda. Setelah itu, ada dua model 1,5 liter bertenaga 130 daya kuda atau 150 daya kuda. Mesin diesel 2.0 liter empat silinder bertenaga 115 daya kuda dan 150 daya kuda disebut 17% lebih ekonomis dibandingkan sebelumnya.

mesin Volkswagen Golf 8 2020 berwarna hitam

Ada banyak pilihan mesin untuk Volkswagen Golf terbaru

Mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi sebanyak mungkin, VW memasang sistem hybrid ringan di Golf yang dilengkapi mesin bensin. Mesin hybrid akan menggunakan logo eTSI dan ditawarkan dalam tiga output berbeda: yaitu unit tiga silinder 1,0 liter dan empat silinder 1,5 liter. Terlepas dari mesin yang dipilih, semuanya dihubungkan secara eksklusif dengan transmisi DSG 7- kecepatan.

Golf eTSI akan menggunakan generator starter 48-V, baterai lithium ion 48-V dan fungsi pemulihan energi dari pengereman (regenerative brake). Untuk menghemat lebih banyak bahan bakar, powertrain hybrid ringan memungkinan Golf meluncur dengan mesin dimatikan sepenuhnya. Performa juga ditingkatkan berkat dorongan listrik dan mesin yang lebih mulus karena sistem 48-V.

>>> Kembangkan Teknologi Baru, Volkswagen Malah ‘Mengharuskan’ Penumpang Mabuk di Jalan

Spesifikasi Volkswagen Golf 2020

Golf baru dipasarkan Desember untuk pasar Eropa meskipun diperkenalkan pada Oktober lalu. Dan untuk spesifikasi Volkswagen Golf 8 2020 bisa Anda lihat dari tabel berikut ini.

Dimensi Volkswagen Golf 8 2020  
   Panjang x Lebar x Tinggi  4.428 mm x 1.789 mm x 1.450 mm 
  Jarak Poros Roda   2.636 mm
  Mesin Volkswagen Golf 8 2020
 Tipe Mesin  Mesin bensin 1.0 liter dan 1.5 liter, mesin diesel 2.0 liter 
 Motor Listrik    48-volt
 Tenaga Maksimal  90 kuda - 148 daya kuda
 Torsi Maksimal  TBA  
 Percepatan    6,4 detik
  Transmisi    DGS 7-percepatan
   Kaki-Kaki Volkswagen Golf 8 2020
  Suspensi    TBA
 Rem  TBA  
 Velg   18 inci

Daftar Harga Volkswagen Golf 2020

Golf 8 mulai dijual di Eropa pada bulan Desember 2019 ini. Tetapi VW belum memutuskan apakah model legendaris ini akan dijual di Amerika Serikat dan berbagai negara lainnya. Meskipun begitu, VW masih belum mengumumkan harga Volkswagen Golf 8 2020. Diprediksi, harganya tidak lebih dari £20.000 (sekitar Rp369 jutaan). Bandingkan dengan Golf MkVII 1.4 TSI yang dibanderol mulai dari Rp600 jutaan.

Kesimpulan Volkswagen Golf 2020

Volkswagen Golf 8 2020 menjadi satu diantara ‘remake’ yang terjadi tahun ini. Salah satu remake terbaik tahun ini, dimana desain interior, teknologi, fitur bantuan mengemudi, serta pengendaraan mendapatkan peningkatan yang lebih baik dibandingkan pendahulunya. Kabinnya dibuat lebih modern serta dilengkapi berbagai fitur masa kini.

mobil baru Volkswagen Golf 2020 berwarna kuning di jalan

Tampilan baru Golf 8 yang ikonik masih dipertahankan

Sayangnya, desain eksteriornya tak mampu mengikuti perkembangan zaman. Bisa jadi VW mencoba mempertahankan desain ikonik Golf. Namun enam mesin dan teknologi hybrid menjadikannya salah satu hatchback dengan 11 pilihan tenaga. Mobil ini baru dipasarkan di Eropa bulan Desember ini, namun belum ada kepastian apakah mobil ini akan menggantikan generasi ketujuh yang dijual di Indonesia. Kita tunggu saja.

>>> Langsung klik sini untuk lihat daftar mobil lain dijual di pasar otomotif Indonesia

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Rumah Mobil Mgl

Jawa Tengah

Yo Mobil Magelang

Jawa Tengah

CARRO Automall

Jawa Barat

Review lain

Review Honda Jazz 2020: Ganti Generasi, Semakin Ramah Lingkungan

29/10/2019

Editor rate:

Honda Jazz terus mengembangkan teknologi mesin mobil yang efisien dan ramah lingkungan, tanpa mengurangi kepraktisan dan keasyikan berkendara khas Honda. Apakah bergantinya generasi hatchback legendaris ini akan mempertahankan rumus tersebut?

Lihat juga

Review Toyota Yaris 2020: Yaris Kembali Groovy

26/10/2019

Editor rate:

Akhirnya Toyota Yaris terbaru keluar juga versi terbarunya. Bentuknya kini keren dan funky membuatnya seolah kembali ‘groovy’. Meski saat ini belum dijual, akankah mobil Toyota Yaris 2020 yang akan jadi model global ini juga akan masuk Indonesia?

Lihat juga

Review Mazda3 TCR 2020: Bukan Main, Ini Jadinya Jika Hatchback Mazda Ikut Kejuaraan IMSA

18/10/2019

Editor rate:

Pada tanggal 1 Oktober 2019, Mazda Motorsports memperkenalkan model terbarunya yakni Mazda3 TCR 2020. ‘Senjata; pamungkas satu ini rencananya akan menyentuh podium IMSA Michelin Pilot Challenge pada awal Januari tahun mendatang, Apa rahasia dan kelebihan dari mobil satu ini? Mari kita cari tahu dalam review Mazda3 TCR 2020.

Lihat juga

Review Volkswagen ID.3 2019: Pembuka Fase 3, Mobil Listrik Terpenting Volkswagen

11/09/2019

Editor rate:

Sebuah pernyataan berani dari Volkswagen yang menyatakan bahwa mobil ini merupakan bab ketiga dari perjalanan panjang pabrikan asal Jerman ini. Setelah produksi Bettle yang menjadi fase pertama dan Golf yang merupakan bab kedua, Volkswagen ID.3 2019 dipersiapkan untuk menjadi tonggak sejarah Volkswagen di industri otomotif dunia.

Lihat juga

Review Mazda 2 2019: Be A Driver!

31/08/2019

Editor rate:

Mobil ini sempat menyandang the best of the best in it class di pasar mobil hatchback Indonesia pada tahun 2014 silam. Karena ia hadir dengan segudang teknologi yang tidak akan Anda temui pada rival sekelasnya. Setelah lama tidak mendapat penyegaran, kini di akhir bulan Agustus 2019 Mazda 2 ini mendapatkan facelift lumayan banyak. Berikut ini ulasan kami mengenai mobil yang punya tagline Be A Driver! ini.

Lihat juga