Review VinFast Fadil 2019

16/12/2018

Share this post:

Vinfast Fadil 2019

Editor rate:

Lihat promo

Cukup membanggakan rasanya untuk membahas mobil nasional Vietnam. Pasalnya, setelah peluncuran sedan dan Sport Utility Vehicle (SUV)-nya, kini VinFast Fadil hadir sebagai mobil Hatchback. Setidaknya informasi ini bisa menjadi pendongkrak semangat bangsa, secercah inspirasi untuk kemajuan mobil nasional Indonesia yang masih tersendat-sendat. Mari kita simak review VinFast Fadil 2019.

Review VinFast Fadil 2019
Review VinFast Fadil 2019
0 Gambar

Pengantar Vinfast Fadil 2019

Mari kita simak spesifikasi Vinfast Fadil 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Kualitas audio sudah terintegrasi dengan 6 buah speaker

Performa mesin paling unggul dengan memboyong 1.4 Liter

Fitur keselamatan paling lengkap di antara banyak kompetitornya dengan menghadirkan HSA, EBD, ESC dan ABS

Harganya cukup terjangkau

Kekurangan

Dimensi Wheelbase terpendek dibanding kedua kompetitornya

Sistem audio masih mendukung format Bluetooth dan USB saja

Review VinFast Fadil 2019 - Setelah peluncuran VinFast LUX A2.0 (sedan) dan LUX SA2.0 (SUV) di acara Paris Motor Show 2018, VinFast belum lama ini menghadirkan Fadil di lini Hatchback tepat pada tanggal 20 November 2018. Sosoknya dihadirkan untuk bersaing dengan dua model yang sudah berkiprah lebih lama di Vietnam yakni Toyota Wigo (dikenal di Indonesia dengan sebutan Toyota Agya) dan Hyundai Grand i10.

VinFast Fadil merupakan produk Hatchback pertama sebagai mobil nasional Vietnam

Sosok VinFast Fadil ketika dipamerkan bersama produk VinFast lainnya

Perilisannya di Hanoi dikabarkan menjadi versi Rebadged dari Vauxhall Viva/Opel Karl dan Chevrolet Spark. Benar saja, memang kendaraan satu ini didedikasikan untuk pasar Eropa dan Jerman di bawah lisensi teknologi General Motors (GM).

Sosok VinFast Fadil 2019 terlihat sangat elegan serta sporty

Apa pendapat Anda ketika melihat mobil Hatchback nasional Vietnam ini?

Menariknya, di awal perkenalan Fadil, pabrikan VinFast mengeluarkan kebijakan, “tidak ada biaya depresiasi, tidak ada pembiayaan tambahan untuk produksi serta tidak mengambil keuntungan.” Alhasil, harga resminya yang dibanderol VND 423 juta kini menjadi VND 336 juta saja, di luar pajak Value Added Tax (VAT). Ya, inilah dampak dari kebijakan yang disebut “3 No”. Kebijakan subsidi ini dicetuskan untuk meningkatkan dukungan dari masyarakat Vietnam terhadap mobil nasionalnya. Apa saja kelebihannya dibanding kompetitornya seperti Toyota Agya? Simak jawabannya dalam review VinFast Fadil 2019.

Eksterior Vinfast Fadil 2019

Kulit luarnya mengingatkan kami akan Opel Karl Rock, Brand otomotif tertua asal Jerman yang juga berada di bawah naungan GM. Bisa disaksikan bersama bahwa bodinya mengusung dimensi Compact bergaya Urban yang tak lepas dari nuansa sporty.

Review VinFast Fadil 2019: Eksterior Depan

Demi menciptakan esensi ikonik khas Vietnam, logo depannya masih sama dengan kedua model Line-Up lainnya. Mengusung logo V-Chrome yang menyampaikan pesan bangkitnya semangat nasional Vietnam.

Eksterior depan VinFast Fadil 2019 menghadirkan lampu Halogen dan LED DRL

Eksterior depan VinFast Fadil 2019 menampilkan kesan agresif dengan logo V-Chrome

Selain itu, lampu depannya nampak tertata ciamik dengan didukungnya konfigurasi Halogen Reflectors serta LED Daytime Running Lights (DRL). Cukup cerdas menurut kami, mengingat fitur tersebut sedang tren diaplikasikan pada mobil-mobil masa kini. Meski harganya cukup terjangkau, kami cukup mengapresiasi langkah VinFast untuk produk Hatchback pertamanya ini.

Lampu depan VinFast Fadil dikemas dengan desain agresif dan sporty

Lampu depan VinFast Fadil sudah mendukung Halogen Reflectors dan LED DRL

Review VinFast Fadil 2019: Eksterior Samping

Seakan ingin memperkaya fungsinya, bodi samping Fadil juga dilengkapi dengan Roof Rail bercorak Silver. Tentu saja, hal ini memberi sedikit warna khas SUV bagi keseluruhan bodinya.

Eksterior samping VinFast Fadil 2019 dihias apik dengan Side Skirt

Menariknya lagi, eksterior samping VinFast Fadil 2019 juga dihias apik dengan Side Skirt yang memberi nuansa lebih sporty

Di sisi lain, garis bodinya yang tegas juga nampak serasi dengan ban berukuran 15 inci. Selain memberi kesan proporsional dengan bodinya yang Compact, pelek-nya juga dihias apik Dual Tone Alloy Wheels.

Velg VinFast Fadil 2019 dikemas dengan ban berukuran 15 inci

Hal menarik juga bisa diamati dari desain pelek-nya yang juga memperkuat esensi sporty dari keseluruhan bodinya

Review VinFast Fadil 2019: Eksterior Belakang

Merambah bodi belakangnya, VinFast Fadil juga tampil modern dengan LED Rear Combination Taillights. Ukuran lampunya yang besar terlihat serasi ketika dipadukan dengan bemper berwarna hitam. Jujur saja, setelah menuliskan ketiga model Line Up VinFast, kami menyadari bahwa Vietnam sudah berhasil memberi desain ikonik di setiap modelnya. Menekankan unsur elegan dengan lebih banyak menyematkan guratan tegas khas VinFast yang seakan menyuarakan semangat nasionalnya.

Eksterior belakang VinFast Fadil 2019 terlihat sangat menarik dengan Rear Spoiler dan bemper berwarna hitam

Eksterior belakang VinFast Fadil 2019 juga sudah dilengkapi LED Rear Combination Taillights dan Rear Spoiler

>>> Baca juga:


Interior Vinfast Fadil 2019

Ketika acara perilisannya di Hanoi, para awak media dan pengunjung tidak boleh memasuki kabinnya. Sehingga, tidak ada foto yang bisa ditangkap mengenai atmosfer interior VinFast Fadil 2019. Meski begitu, kami sudah mendapatkan informasi resmi mengenai fitur-fitur apa saja yang disematkan dalam kabinnya.

Review VinFast Fadil 2019: Dashboard

Dari informasi resminya, VinFast Fadil mengusung dashboard berwarna hitam seperti kedua pesaing lainnya. Memang tak dipungkiri, warna hitam sendiri sering dipercaya untuk memberi nuansa minimalis pada mobil Hatchback khususnya.

Dashboard VinFast Fadil 2019 diklaim akan menerapkan desain mirip Opel Karl

VinFast Fadil akan mengadopsi ruang interior mirip Opel Karl seperti gambar di atas

Adapun dalam masalah hiburan, Fadli sudah dilengkapi panel Head Unit berukuran 7 inci yang bisa dioperasikan dengan format Bluetooth, radio AM/FM ataupun konektivitas telepon. Bahkan, kualitas audionya diklaim lebih menggelegar karena sudah dibekali 6 buah speaker di dalam kabinnya. Berbeda dengan kompetitornya yang menerapkan 4 buah speaker layaknya pada Toyota Wigo ataupun Hyundai Grand i10.

Review VinFast Fadil 2019: Setir

Dari lini setir, Fadil menerapkan formasi Bi-Directional. Seakan tak ingin kalah dengan kompetitornya, mobil Hatchback besutan VinFast ini juga dibekali tombol pengaturan audio.

Review VinFast Fadil 2019: Kursi

Harganya yang terjangkau, tak membuat VinFast mengurangi fitur-fitur interiornya. Terbukti pada kursinya, bahannya terlihat cukup nyaman dengan balutan kulit sintetis.

Kursi VinFast Fadil 2019 mampu menampung hingga lima orang sekaligus

Hal serupa juga ditemui pada aspek kursi yang diprediksi akan sangat mirip dengan material yang digunakan pada Opel Karl layaknya foto di atas

Sayangnya, dimensi Wheelbase Fadil yang berada di angka 2.385 mm harus diakui kalah dibanding Toyota Wigo (2.455 mm) dan Hyundai Grand i10 (2.445 mm). Tentu saja, dimensi Wheelbase sangat menentukan kelegaan ruang kaki baik pada bangku depan dan belakangnya.

Review VinFast Fadil 2019: Ruang Bagasi

Meski bodinya yang dirancang mungil namun VinFast Fadil memiliki kapasitas bagasi yang cukup lumayan. Apabila bangku belakangnya dilipat 60:40 maka ruang bagasinya bisa meningkat hingga 1.013 Liter.

>>> Artikel terkait:

Fitur Vinfast Fadil 2019

Dibanding kompetitor-nya, fitur VinFast Fadil 2019 terbilang paling lengkap khususnya dalam hal keselamatan. Seakan tak ingin bermain-main dengan masalah keselamatan, VinFast memboyong berbagai teknologi mumpuni pada Hatchback pertamanya ini.

Review VinFast Fadil 2019: Fitur Keselamatan

Seperti yang kami katakan di awal bahwasannya VinFast Fadil menerapkan teknologi dari GM. Sebagai mobil nasional Vietnam, nampak VinFast terlihat sangat serius dalam hal ini. Dari data yang berhasil kami ketahui, varian tertinggi dari Fadil akan menghadirkan teknologi pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Adapun unsur keselamatannya juga ditunjang dengan Reverse Parking Camera dan 6 buah Airbags. Hal yang tak dimiliki kompetitornya adalah Electronic Stability Control (ESC) serta Traction Control System (TCS) yang berfungsi untuk memberi kestabilan lebih di area licin.

Fitur keselamatan VinFast Fadil 2019 menghadirkan ESC dan HSA

Fitur keselamatan VinFast Fadil 2019 tampil sangat lengkap dibanding kompetitor lainnya

Review VinFast Fadil 2019: Fitur Hiburan

Dari segi hiburan, Fadil menghadirkan sajian Multimedia lewat layar berukuran 7 inci. Bahkan untuk menambah kenyamanan seluruh penumpang, sistem audionya sudah terintegrasi dengan 6 buah speaker. Dipastikan penggunanya akan sangat menikmati musik-musik favoritnya, serasa berada di konser-konser ternama.

>>> VinFast LUX A2.0 juga menjadi model sedan pertama besutan Vietnam yang dilengkapi teknologi canggih

Operasi Vinfast Fadil 2019

Untuk urusan performa, operasi mesin VinFast Fadil 2019 menggunakan mesin 1.4 Liter 4 silinder segaris bertenaga bensin. Dari segi kapasitas saja, Fadli berhasil mengungguli Toyota Wigo dan Hyundai Grand i10 yang sama-sama menerapkan mesin 1.2 Liter. Tenaga yang dihasilkan dari mesinnya disalurkan ke roda penggerak depan menggunakan transmisi Continuous Variable Transmission (CVT). Racikan tersebut membuat mesinnya mampu mengeluarkan daya maksimum hingga 98 HP setara 6.200 Rpm dengan torsi puncak sebesar 128 Nm pada putaran 4.400 Rpm.

Operasi mesin VinFast Fadli 2019 mampu mengeluarkan Output hingga 98 HP

Operasi mesin VinFast Fadli 2019 juga mengungguli dua kompetitornya dengan menggunakan kapasitas 1.4 Liter

>>> Review VinFast LUX SA2.0 2019: Mobil Nasional Vietnam Dalam Wujud SUV

Spesifikasi Vinfast Fadil 2019

Sebagai pelengkap utama dari artikel kali ini, Cintamobil.com hendak melampirkan spesifikasi VinFast Fadil 2019.

SPESIFIKASI VINFAST FADIL 2019

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

3.676 mm x 1.632 mm x 1.495 mm

Jarak Poros Roda

2.385 mm

MESIN

Tipe Mesin

1.4 Liter 4 Silinder Segaris

Daya Maksimum

98 HP / 6.200 Rpm

Torsi Maksimum

128 Nm / 4.400 Rpm

Sistem Transmisi

CVT

Daftar Harga Vinfast Fadil 2019

Seperti yang sudah disinggung di segmen pengantar, daftar harga VinFast Fadil 2019 akan dibanderol mulai VND 336 jutaan atau setara Rp. 210 jutaan saja (diluar pajak). Tentu harganya terjangkau ini disebabkan oleh kebijakan "3 No" yang dihadirkan oleh VinFast dalam rangka meningkatkan semangat serta dukungan dari masyarakat Vietnam terhadap mobil nasionalnya.

>>> Anda sedang cari informasi tentang mobil lainnya, klik sini untuk baca informasi terlengkap 

Kesimpulan Vinfast Fadil 2019

Sebagai sesama negara Asia, kita boleh sedikit berbangga hati terhadap kegigihan Vietnam dalam menghadirkan mobil nasionalnya. Bayangkan saja, keseriusan VinFast dalam meracik Fadil misalnya, dibuktikan dengan memboyong pabrikan ternama, GM. Tak salah, apabila mobil Hatchback pertamanya ini terlihat sangat menggiurkan jika dibandingkan dengan kedua kompetitor utamanya. Hal menarik lain yang kami temui adalah subsidi bertajuk “No 3” membuat VinFast Fadil dibanderol sangat terjangkau untuk perkenalan tahap awalnya ini.

Lantas bagaimana pendapat Anda tentang mobil nasional Vietnam satu ini? VinFast Fadil 2019 Indonesia apakah juga akan hadir? Adakah yang bisa kita petik dari semangat berapi-api Vietnam terhadap mobil nasionalnya? Sampaikan pendapat Anda di kolom komentar ya sobat.

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top