Review UD Truck Kuzer 2018: Kabin Terluas dan Tenaga Terbesar di Kelasnya

01/04/2019

Share this post:

UD Truck Kuzer 2018

Editor rate:

Rp 310.000.000

Daftar mobil UD Trucks Kuzer dijual Lihat promo

Disebut sebagai truk dengan kabin terluas pada segmennya, UD Trucks akhirnya memasarkan UD Truck Kuzer 2018 setelah tertunda selama satu tahun. Menggunakan tagline “memberikan ekstra”, mobil ini dipenuhi dengan teknologi terbaru serta kenyamanan tingkat tinggi bagi pengemudinya untuk segmen truck light duty.

Review UD Truck Kuzer 2018: Kabin Terluas dan Tenaga Terbesar di Kelasnya
Review UD Truck Kuzer 2018: Kabin Terluas dan Tenaga Terbesar di Kelasnya
0 Gambar

Pengantar UD Truck Kuzer 2018

Mari kita simak spesifikasi UD Truck Kuzer 2018 di bawah ini.

Kelebihan

Desain kabin terluas di segmennya

Tenaga dan mesin terkuat dibandingkan pesaingnya di segmen light duty

Harga yang bersaing mengingat fitur yang diberikan

Kekurangan

Masih mengusung sistem infotainment biasa

Beberapa fitur dalam kabin terlihat biasa dengan dasbor berkesan jadul

Review UD Truck Kuzer 2018 UD Trucks yang sudah diperkenalkan sejak tahun 1984 telah mendukung pertumbuhan pasar segmen truk di Indonesia dengan memperkenalkan produk dan layanan yang efisien dan andal. Pada 2013, trus heavy duty Quester diluncurkan. Dan kali ini, UD Truck Kuzer 2018 akhirnya diluncurkan dan didistribusikan oleh mitra UD Trucks sejak awal kedatangannya di Indonesia, yaitu PT. Astra International melalui jaringan layanan nasionalnya.

truk light duty UD Trucks Kuzer 2018 berwarna merah dan putih

Desain menawan UD Truck Kuzer 2018

Nama Kuzer sendiri diilhami oleh Bahasa onomatopoesis suara angin dari bahasa Jepang, bisa mengartikan “berlari seolah-olah terbang dengan cepat melawan angin’. Dan UD Trucks menyebutkan bahwa truk ini mampu melewati akses jalan terbatas dan bermanuver secara optimal, meskipun dengan radius belokan pendek.

Memiliki kabin terbesar di kelasnya, Kuzer disebut menyediakan lingkungan mengemudi yang baik. Selain itu, desain bodi dan pengendaraan yang lebih luas membuat Kuzer mampu “memberikan kualitas ekstra: dengan memaksimalkan stabilitas truk serta kenyamanan berkendara pada kecepatan yang lebih tinggi.

tampilan UD Trucks Kuzer 2018 berwarna merah dan putih

Ud Trucks Kuzer 2018 siap mengaspal di Indonesia

Nah, apa saja yang bisa diberikan oleh UD Trucks bersama Kuzer untuk masuk ke pasar truk light duty di Indonesia? Simak review UD Trucks Kuzer 2018 dari tim Cintamobil.com berikut ini.

Eksterior UD Truck Kuzer 2018

Jika dilihat dari luar, tampilan merah yang menawan menjadi bagian langsung dari mobil ini. UD Trucks menyebutkan bahwa eksterior UD Trucks Kuzer 2018 memiliki sistem sasis yang kuat dan mampu menahan hingga 8.5 ton berat kotor kendaraan beserta muatannya, namun dengan fleksibilitas tinggi, memudahkan pengemudi bermanuver dan berkendara dalam

Review UD Trucks Kuzer 2018: Eksterior Depan

eksterior depan UD Trucks Kuzer 2018 berwarna merah dan putih

Tampilan depan UD Trucks Kuzer 2018

Desain boxy yang sama seperti truk pada umumnya jelas terlihat pada bagian depan mobil ini. Tak ada yang berbeda untuk eksterior depan UD Trucks Kuzer 2018, masih dengan logo UD pada bagian tengah serta gril berwarna hitam menghiasi kepala berwarna merah. Lampu depan terletak pada bagian bawah dengan lampu kabut untuk menemani Anda ketika berkendara di malam hari atau di tengah hujan berada tepat pada bagian bawah lampu depan.

Review UD Trucks Kuzer 2018: Eksterior Samping

eksterior samping UD Trucks Kuzer 2018 berwarna putih

Tampilan samping UD Trucks Kuzer 2018

Jarak poros roda terbagi dua, yaitu 3.350 mm untuk RKE 150 SWB dan 3.850 mm untuk dua jenis truk yang dikeluarkan oleh UD Trucks. Selain itu, lampu sein yang terletak pada bagian pintu depan menjadi pemanis eksterior samping UD Trucks Kuzer 2018, dengan tangga dari baja untuk membantu akses keluar masuk pengemudi. Meskipun UD Trucks tidak mengungkapkan berapa spesifikasi kargo mobil ini, namun pada laman resmi UD Trucks disebutkan bahwa mobil ini mampu mengangkat hingga 8.5 ton berat kotor.

Review UD Trucks Kuzer 2018​: Eksterior Belakang

eksterior belakang UD Trucks Kuzer 2018 berwarna putih

Kargo dan tampilan belakang UD Trucks Kuzer 2018

Tak banyak foto yang menunjukan bagian belakang mobil ini. Meskipun diperkirakan tidak ada yang spesial pada eksterior belakang UD Trucks Kuzer 2018. Namun dengan dimensi yang dimiliki mobil ini, kargo belakang dilengkapi dengan muatan berkapasitas 22 kubik hingga 27 kubik, tergantung varian yang Anda pilih. UD Trucks menyebutkan bahwa desain belakang mobil ini lebih besar 10% hingga 15% dibandingkan pesaingnya dalam segmen ini.

>>> Dapatkan review truk terbaru hanya di Cintamobil.com

Interior UD Truck Kuzer 2018

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh mobil ini adalah desain kabin yang lebih lebar dibandingkan truk lain pada segmen light duty. Desain interior UD Trucks Kuzer 2018 yang besar dan lapang tentunya akan menambah kestabilan berkendara serta kenyamanan pengemudi selama menempuh perjalanan jauh.

Review UD Trucks Kuzer 2018: Dasbor

dasbor UD Trucks Kuzer 2018 berwarna hitam

Dasbor UD Trucks Kuzer 2018

Tak banyak yang bisa dilihat dari bagian dalam mobil ini. Tentu saja sebagai kendaraan yang dikhususkan pada pengangkatan dan bagasi yang kuat, hampir tidak ada sistem infotainment kelas atas pada mobil ini. Pada dasbor UD Trucks Kuzer 2018 hanya terlihat sistem radio FM dan fitur AC untuk kenyamanan penumpang. Namun bisa dibilang, dasbor cukup kokoh dan nyaman untuk sekelas truk light duty.

Review UD Trucks Kuzer 2018: Kemudi

kemudi UD Trucks Kuzer 2018 berwarna beige

Kemudi UD Trucks Kuzer 2018

Sebagaimana truk pada umumnya, setir memiliki desain yang lebar guna memberikan proporsi yang baik bagi pengemudi mengendalikan mobil ini selama perjalanan. Praktis tidak ada tombol-tombol pengaturan pada kemudi UD Trucks Kuzer 2018, hanya ada satu tombol klakson pada kemudi dua palang dengan material plastik, tanpa ada balutan kulit untuk memberikan kenyamanan selama menggenggam kemudi.

Review UD Trucks Kuzer 2018: Kursi

kursi UD Trucks Kuzer 2018 berwarna beige

Kursi UD Trucks Kuzer 2018

Kursi menjadi salah satu faktor yang sangat penting bagi pengendara truk. Dan termasuk sebagai keunggulan Kuzer dibandingkan truk lainnya adalah mobil ini memiliki jok yang cukup nyaman. Tentu saja menjadi penolong bagi pengemudi yang harus berkendara siang dan malam dalam perjalanan jauh. Kursi UD Trucks Kuzer 2018 memiliki bisa yang cukup tebal untuk membuat pengemudi nyaman, sedangkan lebar jok juga memungkinkan untuk menopang badan dengan lebih baik.

Review UD Trucks Kuzer 2018: Bagasi

kargo dan bagasi UD Trucks Kuzer 2018 berwarna merah

Kargo dan bagasi UD Trucks Kuzer 2018

Berbeda dibandingkan dengan mobil biasa, mobil truk dicari karena besar dan berat yang bisa ditampung oleh bagasinya. Dan kali ini, dalam data yang diungkapkan oleh UD Trucks, Gross Vehicle Weight, atau jumlah berat yang diperbolehkan untuk mobil ini dan seluruh muatannya, bagasi UD Trucks Kuzer 2018 mampu menampung beban keseluruhan pada kisaran 8.5 ton. Cukup kuat untuk mengangkat barang-barang pindahan atau muatan lainnya.

>>> Baca juga:

Fitur UD Truck Kuzer 2018

Memang, berbeda dengan mobil pada segmen lainnya, fitur UD Trucks Kuzer 2018 tidak memiliki fitur layaknya mobil pada segmen penumpang. Jika dilihat dari dasbor, sistem infotainment masih berupa teknologi lama, seperti radio FM, serta sistem AC untuk memberikan kenyamanan selama berkendara. Selain itu, jangan harap adanya sistem infotainment kelas tinggi seperti layar sentuh maupun sistem suara bombastis.

fitur jadul UD Trucks Kuzer 2018 berwarna hitam

Teknologi dan fitur ‘jadul’ dalam UD Trucks Kuzer 2018

Review UD Trucks Kuzer 2018: UD Telematics

Untuk memaksimalkan efisiensi berkendara, UD Trucks menyebutkan sudah melengkapi mobil ini dengan teknologi UD Telematics. Layanan ini merupakan sistem komunikasi nirkabel berteknologi tinggi yang dirancang untuk membantu Anda meningkatkan profitabilitas dengan meningkatkan waktu kerja kendaraan dan memungkinkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Selain itu, teknologi ini disebut akan mengurangi penghentian yang tidak direncanakan serta biaya operasional tak terduga.

Review UD Trucks Kuzer 2018: Fitur Keselamatan Aktif

Salah satu yang menarik dari truk ini adalah sudah tersedianya fitur cruise control untuk membantu Anda ketika berkendara di jalanan basah. Selain itu, fitur keselamatan aktif UD Trucks Kuzer 2018 dilengkapi dengan dual circuit full air brakes. Tentu saja, teknologi ini diperlukan karena truk biasanya memiliki jangkauan jalan yang lebih besar dibandingkan segmen lain. Dan keamanan menjadi salah satu bagian untuk membeli sebuah truk.

>>> Mau Nyalip Truk, Hindari Titik Buta Dan Lakukan Dengan Cepat

Operasi UD Truck Kuzer 2018

Dilihat dari spesifikasi mobil ini, UD Trucks memberikan mesin GH4E 150 yang cukup kuat untuk membawa mobil ini melalui jalur pendakian dengan semua berat yang dibawanya. Sistem operasi UD Trucks Kuzer 2018 mampu menghasilkan hingga 150 daya kuda selama perjalanan, serta torsi maksimal berada pada angka 490 Nm, cukup kuat untuk mendorong truk beserta isinya di jalanan mendaki.

mesin dan sasis UD Trucks Kuzer 2018 berwarna merah

Sistem operasi dan sasis UD Trucks Kuzer 2018

Bicara masalah kekuatan, UD Trucks Kuzer 2018 merupakan salah satu truk dengan mesin bertenaga besar untuk kelas truck light duty. Bandingkan saja, dengan lawan terdekat dari Mitsubishi Canter HD-L hanya memiliki kekuatan 134 daya kuda. Sedangkan truk light duty lainnya hanya memberikan tenaga dalam kisaran 123-128 daya kuda.

Untuk memudahkan Anda membawa beban yang berat, Kuzer sudah mendapatkan konfigurasi gandar 4x2, dikawinkan dengan girboks STO0506-1 serta sistem transmisi 6 percepatan over drive. Front axle load tercatat 2.75 ton sedangkan rear axle load pada 5.75 ton. Selain itu, mobil ini juga memiliki rear axle RSS0811, dengan single reduction.

​>>> Kenali Kode Pada Tutup Radiator Agar Terhindar Dari Overheat

Spesifikasi UD Truck Kuzer 2018

Sudah diperkenalkan sejak 2017 lalu, mari kita lihat kembali spesifikasi UD Trucks Kuzer 2018 berikut ini.

Dimensi UD Trucks Kuzer 2018

Panjang x Lebar

7.153 mm x 2.206 mm (WB3850) dan 6.258 mm x 2.206 mm (WB3350)

Jarak Poros Roda

3.350 mm dan 3.850 mm

Ground Clearance

180 mm

Maksimum Gross Vehicle Weight (GVW)

8.5 ton

Front Axle Load

2.75 ton

Rear Axle Load

5.75 ton

Mesin UD Trucks Kuzer 2018

Tipe Mesin

Diesel GH4E 3.8 liter empat silinder segaris

Kapasitas Silinder

3.760 cc

Tenaga Maksimal

150 dk @ 2.800 rpm

Torsi Maksimal

490 Nm @ 1.400 – 1.800 rpm

Transmisi

STO0506-1, 6 percepatan manual

Kecepatan Tertinggi

110 – 115 km/jam

Kaki-Kaki UD Trucks Kuzer 2018

Suspensi Depan

Multi leaf

Suspensi Belakang

Multi leaf

Rem

Air brake

Ban Depan

7.5 x 16 – 14 PR RIB

Ban Belakang

7.5 x 16 – 14 PR RIB

Daftar Harga UD Truck Kuzer 2018

Meskipun diperkenalkan pertama kali pada GIIAS 2017 di ICE BSD, truk ini awalnya direncanakan untuk dipasarkan pada April 2018. Namun karena harus menunggu kesiapan layanan aftersales, pemasaran Kuzer baru bisa dilakukan pada awal 2019. Nah, bagi Anda yang ingin memiliki truk ini, harga UD Trucks Kuzer 2018 berada pada kisaran Rp310 juta hingga Rp330 juta off the road. Meskipun harga tersebut hanya berupa chasis dan belum termasuk karoseri.

>>> Klik sini untuk update harga dan promo semua mobil di pasar mobil Indonesia

Kesimpulan UD Truck Kuzer 2018

Sebagai salah satu truk pada segmen light duty, UD Trucks Kuzer 2018 sudah mendapatkan berbagai fitur yang dibutuhkan untuk kenyamanan berkendara. Namun yang paling berpengaruh adalah adanya fitur cruise control untuk keamanan di jalan serta kapasitas kabin yang lebih luas dibandingkan pesaingnya memberikan kenyamanan bagi pengemudi yang seringkali berkendara melalui perjalanan jauh siang dan malam.

UD Trucks Kuzer 2018 berwarna merah di Indonesia

UD Truck Kuzer 2018 siap menjajal segmen truk light duty di Indonesia

Beberapa keunggulan truk ini adalah kapasitas mesin terbesar di kelasnya, yang mampu menghasilkan hingga 150 daya kuda dan torsi maksimal 490 Nm, cocok untuk membawa mobil ini melaju di kondisi jalan yang sulit. Selain itu, rangka yang kuat dan fleksibel dipadukan dengan radius putar yang memungkinkan pengemudi bermanuver di tempat sempit. Tentu saja membuat Kuzer menjadi salah satu truk terbaik di segmennya.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Toyota Dyna LT 2017, For Toyota's Minded Trucker

23/03/2019

Editor rate:

Di segment light duty truck, nama Toyota memang tidak begitu santer seperti pemain lainnya di segmen ini seperti Mitsubishi Fuso, Hino, hingga UD Trucks. Namun, truk ini juga termasuk potensial untuk dibahas, inilah persembahan dari kami mengenai Review Toyota Dyna LT 2017 kembaran dari Hino Dutro ditujukan untuk para pemilik usaha yang Toyota minded.

Lihat juga

Review Volvo FH16 2012

28/02/2019

Editor rate:

Truk ini memang sengaja dibuat oleh perusahaan otomotif asal Swedia yaitu Volvo untuk membantu meringankan pekerjaan para pekerja tambang. Karena seri FH sendiri memang truk yang disiapkan untuk keperluan heavy duty. Lalu, bagaimana pendapat kami mengenai truk ini? Kami langsung melompat ke bangku pengemudi untuk mengetahui bagaimana rasa berkendara truk Volvo FH16 2012

Lihat juga

Review Mercedes-Benz Arocs 2018

12/02/2019

Editor rate:

Pernahkah terbayang di benak Anda, sebuah truk besutan Mercedes? Bilamana kita sering mendengar sedan maupun Sport Utility Vehicle (SUV) dari Mercedes, nyatanya model truk juga digarap oleh pabrikan asal Jerman tersebut yang dinamai Arocs. Apakah kendaraan satu ini mampu menarik minat para kontraktor? Mari kita cari tahu kelebihannya dalam review Mercedes-Benz Arocs 2018.

Lihat juga

Review New Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS 2019

04/02/2019

Editor rate:

Medium Duty Truck adalah salah satu kelas yang 'berdarah-darah' lazimnya seperti kelas di pasar mobil Low Multi Purpose Vehicle. Setiap pabrikan truk macam UD Trucks, Mitsubishi, Hino, hingga Isuzu melakukan berbagai strategi untuk memenangi pasar. Dan, di pertengahan bulan Januari 2019 ini PT Isuzu Astra Motor Indonesia meluncurkan New Isuzu Giga untuk bertarung dikelas ini. Dan kini kami berkesempatan untuk mengulas lebih dalam mengenai New Isuzu Giga Tractor Head tipe GXZ 60 K ABS.

Lihat juga

Review Isuzu NMR 71 HD 5.8 2016

21/10/2018

Editor rate:

Isuzu merupakan salah satu nama besar dalam segmen truk besar di Indonesia. Seringkali terlihat di jalanan membawa berbagai angkutan, Isuzu memiliki Isuzu NMR 71 HD 5.8, truk menengah yang termasuk dalam keluarga Isuzu Elf yang mulai diproduksi sejak 1959.

Lihat juga
back to top